12 Tipe-Tipe Dosen di Kampus


source: m.malangtimes.com

Halo sobat sekalian. Kemarin saya telah menulis tentang beberapa tipe mahasiswa di kampus. Nah, kali ini saya ingin membahas tema yang masih seputar kampus dan mungkin menarik untuk dibahas yaitu tipe-tipe dosen.

Memang, ada berbagai tipe dosen yang mengajar di kelas baik itu yang disukai mahasiswa atau tidak. Saya sendiri juga sudah bertemu dengan berbagai macam dosen dengan ciri khas masing-masing dalam mengajar. Saya menulis artikel ini berdasarkan observasi kecil-kecilan serta referensi dari artikel di internet. Baik langsung saja kita bahas bareng-bareng berikut ini.

1. Dosen Nyentrik

Dosen nyentrik adalah dosen yang dari segi penampilan sangat berbeda dengan dosen-dosen lain. Tidak semua dosen berpenampilan formal dan rapi ketika mengajar di dalam kelas. Ada beberapa dosen yang kalau mengajar memakai pakaian kasual ala anak muda atau kacamata hitam sebagai tambahan aksesori biar terkesan keren. Selain itu, dosen tipe ini juga punya ciri khas lain seperti rambut gondrong dll. Dosen tipe ini biasanya gampang dihafal oleh mahasiswa dan sangat ikonik.

2. Dosen Muda

Sesusai dengan julukannya, dosen tipe ini adalah beliau-beliau yang usianya masih sangat muda. Mereka masih baru dalam mengajar di kelas perkuliahan. Meskipun muda, dosen-dosen muda juga memiliki kemampuan mengajar yang sangat bagus tentunya karena untuk diangkat menjadi dosen juga ada seleksi ketat. Dalam mengajar, dosen muda biasanya sangat energik dan gampang membaur dengan para mahasiswa. Dosen tipe ini biasanya sangat disukai oleh mahasiswa terutama jika dosen tersebut ganteng atau cantik.

3. Dosen Old Classic

Berbeda dengan di poin sebelumnya, dosen tipe ini adalah beliau-beliau yang sudah sangat senior di kampus dan hampir pensiun. Dosen tipe ini biasanya kalau mengajar memakai metode ceramah dan sangat klasik (kurang up to date). Oleh sebab itu, mahasiswa terkadang gampang jenuh dan ngantuk ketika diajar oleh dosen tipe ini.

4. Dosen Motivator

Dosen motivator merupakan dosen yang selalu memberikan kata-kata motivasi di sela-sela perkuliahan. Dapat dikatakan sebelas dua belas dengan Mario Teguh. Beliau sering memberikan motivasi-motivasi yang bagus untuk perkembangan mahasiswa. Biasanya dosen tipe juga termasuk salah satu dosen yang sangat disukai oleh mahasiswa.

5. Dosen Pelawak

Dosen pelawak merupakan dosen yang sangat sering sekali membuat mahasiswa tertawa di dalam kelas. Selalu ada topik-topik lucu yang disampaikan oleh dosen tipe ini. Hal ini sangat bagus dilakukan untuk mengurangi kejenuhan dalam proses pembelajaran. Dosen semacam ini biasanya juga disukai oleh mahasiswa.

6. Dosen Killer

Dosen ini adalah dosen yang sebisa mungkin dihindari oleh mahasiswa. Ketika bertemu dosen semacam ini, mahasiswa harus pintar-pintar menyelamatkan diri. Ketika dosen killer menjelaskan materi, mahasiswa harus diam setengah mati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, apabila dosen killer mengajukan pertanyaan sebaiknya mahasiswa segera menjawabnya.

7. Dosen Hemat Nilai

Dosen hemat nilai adalah beliau-beliau yang suka memberi nilai pas-pasan. Nilai B mungkin adalah standar nilai yang paling mentok. Jadi meskipun mahasiswa sudah berusaha mati-matian dalam belajar dan mengerjakan tugas sebaik mungkin, maka pasrah saja kalau ketemu dosen tipe ini.

8. Dosen Sibuk

Dosen sibuk adalah dosen yang sangat jarang muncul di kelas bahkan di kampus. Dosen semacam ini biasanya hanya mengajar beberapa pertemuan saja, selebihnya mungkin dikasih tugas. Dosen sibuk juga biasanya sering pergi keluar kota karena acara-acara tertentu. Dosen semacam ini juga ada kemungkinan disukai mahasiswa karena mereka sering mendapatkan jam kosong.

9. Dosen Teladan

Dosen teladan adalah dosen yang sangat patut diacungi jempol. Dosen ini selalu on time dalam mengajar. Ilmu yang disampaikan sangat berbobot dan gampang dipahami oleh mahasiswa. Selain itu, beliau juga ramah dan gampang memberikan nilai sesuai kemampuan mahasiswa. Sayangnya,tidak semua dosen memiliki sikap demikian.

10. Dosen Perfeksionis

Dosen perfeksionis adalah dosen yang super ketat dalam penilaian. Ciri utama dari dosen tipe ini adalah beliau sering bilang “revisi, revisi dan revisi”, meskipun pikiran mahasiswa sudah mentok karena bingung apalagi yang harus direvisi. Dosen perfeksionis juga selalu menuntut hal yang lebih kepada para mahasiswa seperti datang tepat waktu, tidak boleh pakai jeans dsb.

11. Dosen Setengah Jam

Dosen setengah jam mungkin hampir sama dengan dosen sibuk. Namun dosen semacam ini selalu mengusahakan untuk bisa hadir mengajar di dalam kelas. Meskipun beliau hanya bisa mengajar setengah jam saja yang penting ilmu yang beliau sampaikan bisa bermanfaat. Dosen tipe ini juga cenderung disukai mahasiswa.

12. Dosen Biasa

Dosen biasa adalah dosen-dosen pada umumnya yang tidak ada kesan tertentu bagi para mahasiswa. Dosen semacam ini biasanya mengajar dengan normal dan tidak ada kesan menonjol yang membekas di hati mahasiswa.

*****

Nah, barangkali itu saja sobat beberapa dosen yang ada di kampus. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Saya juga tidak bermaksud menyinggung pihak tertentu karena saya berharap tulisan ini dapat menghibur dan memberikan secercah inspirasi bagi kalian sobat. Sekian dari saya, terimakasih.



EmoticonEmoticon