Mengenal Anggota Bajak Laut Shirohige


source: tumblr.com

Selamat malam gan, jumpa lagi bersama saya di sini. Pada kesempatan kali ini, saya pengen mengulas mengenai bajak laut Shirohige, salah satu bajak laut terkuat yang ada di dunia One Piece. Bajak laut Shirohige juga tercatat dalam sejarah di dunia One Piece karena telah terlibat perang besar dengan angkatan laut di Marineford demi menyelamatkan Ace yang hendak dieksekusi. Namun, saat ini bajak laut Shirohige telah bubar menempuh jalan masing-masing pasca pertarungan mereka dengan Kurohige untuk membalas dendam karena kematian Shirohige, ayah mereka.

Nah, langsung saja yuk gan kita bahas bersama siapa saja anggota bajak laut Shirohige ini.

CAPTAIN
Edward Newgate (deceased)


Edward Newgate a.k.a Shirohige dikenal sebagai salah satu legenda bajak laut yang kekuatannya setara dengan Gol D. Roger, sang raja bajak laut. Ia pun mendapatkan julukan sebagai manusia terkuat karena pada dasarnya dia sendiri sudah seperti monster dan sangat sulit dikalahkan.

Shirohige memakan buah setan Gura Gura no Mi yang membuatnya mampu menciptakan getaran atau gempa. Kekuatan ini sangat mengerikan. Terbukti ketika dia mampu mengundang gempa dan tsunami di Marineford. Untung saja waktu itu ada Aokiji yang dapat membekukan tsunami itu dengan kekuatan esnya. Dengan kekuatan itu juga, Shirohige dapat dengan mudah meretakkan tulang dan tengkorak kepala musuh-musuhnya. Meskipun kekuatannya sangat mengerikan dan dia dapat dengan mudah menggantikan posisi Roger, Shirohige lebih memilih untuk tidak menduduki tahta raja bajak laut dan memilih menjaga tahta tersebut sampai dia menemukan pewaris atau orang yang memiliki semangat dari Roger.

Dalam perang Marineford, dia gugur dengan gagah berdiri setelah menerima puluhan tembakan serta tusukan dari angkatan laut, bajak laut Kurohige, dan juga serangan mematikan dari Akainu. Sebelum meninggal, dia memberikan sebuah pesan terakhir tentang One Piece dan juga perang yang akan melibatkan seluruh dunia.

MAIN CREW
1st Commander - Marco the Phoenix


Marco adalah komandan divisi pertama bajak laut Shirohige. Dia memiliki perawakan yang kurus dan tubuh normal dengan rambut kuning sebagai ciri khasnya. Marco memiliki kemampuan buah setan tipe Zoan mistik yaitu Tori Tori no Mi model Phoenix. Dengan kekuatan itu, dia mampu berubah menjadi burung legenda Phoenix dan mampu menciptakan api biru yang bersifat menyembuhkan. Oleh sebab itu, dia mampu meregenarasi luka-luka yang didapatnya dengan sangat cepat. Di samping itu, dia sendiri juga memiliki kemampuan medis sebagai seorang dokter.

Kekuatan Marco bisa dikatakan hampir setara dengan salah satu admiral angkatan laut. Dia mampu bertarung secara imbang dengan Kizaru di Marineford. Dia pun juga sempat berhadapan dengan admiral Aokiji tanpa rasa gentar sedikit pun.Namun, dia kalah telak ketika berhadapan dengan Garp yang waktu itu menjaga panggung eksekusi Ace. Maklum, Garp adalah salah satu legenda angkatan laut yang kekuatannya dianggap setara dengan Roger. 

Selain menggunakan kemampuan buah setan, Marco juga termasuk salah satu karakter yang mahir menggunakan haki khususnya Bushosoku no Haki. Hal ini tentu saja terlihat ketika dia bertarung dengan para admiral yang rata-rata memiliki kemampuan buah iblis Logia. Marco pun juga memiliki otoritas yang tinggi setelah sang kapten. Dia mampu memberikan komando dan mengarahkan para anggota bajak laut untuk lari menuju kapal setelah peperangan mendekati akhir.

2nd Commander – Portgas D. Ace (deceased)


Portgas D. Ace adalah anak kandung dari Gol D. Roger sang raja bajak laut. Dia juga merupakan saudara angkat Luffy dan Sabo pasca upacara tukar cawan sake. Ace memulai karir sebagai bajak laut ketika ia berumur 17 tahun. Dia juga memiliki kemampuan buah setan logia Mera Mera no Mi yang memiliki daya serang yang tinggi. Berkat kekuatannya, nama Ace cepat dikenal oleh masyarakat dan Pemerintah Dunia mulai menaruh perhatian terhadap dia. Dia diberikan tawaran untuk menjadi salah satu Ouka Sichibukai, namun Ace menolak tawaran itu mentah-mentah.

Dalam perjalanannya, Ace ingin menjadi yang terkuat dan akhirnya menentang Shirohige. Sebelum bertemu dengan Shirohige, Ace dihadang terlebih dahulu oleh Jinbei. Mereka pun akhirnya bertarung hingga berhari-hari sampai akhirnya Shirohige muncul di depan Ace. Karena beda pengalaman, bisa ditebak bahwa Ace saat itu kalah di hadapan orang terkuat di dunia itu.

Pasca insiden itu, Ace pun terpaksa ikut berlayar di kapal Shirohige. Awalnya dia masih berambisi untuk membunuh Shirohige dengan berbagai cara. Namun, lambat laun dia merasakan hal lain dan mulai menerima kenyataan. Di tempat itu, Ace merasa bahwa dia diakui sebagai seorang anak oleh Shirohige. Meskipun Shirohige tahu bahwa Ace adalah putra kandung musuhnya, dia tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Sebagai seorang komandan bajak laut Shirohige, kekuatan Ace tentunya bukan main-main. Di Arabasta, ia mampu menenggelamkan enam kapal milik Billion bawahan Crocodile hanya dengan sekali serang – teknik ini dikenal dengan istilah Hiken. Oleh sebab itu, Ace juga mendapatkan julukan Hiken no Ace atau Ace si tinju api. Pada pertarungannya melawan Kurohige di pulau Banaro, Ace pun juga menunjukkan totalitas kekuatannya. Dengan tekniknya yang bernama Dai Enkai, ia mampu menciptakan bola api raksasa yang dapat menghancurkan sebuah pulau. Sayangnya, kekuatan Ace waktu itu tidak sebanding dengan Kurohige. Ace kalah dan kemudian dibawa ke penjara Impel Down, menunggu untuk dieksekusi.

Meskipun Ace sempat diselamatkan oleh Luffy dari panggung eksekusi, pada akhirnya Ace meninggal setelah menyelamatkan Luffy dari serangan Akainu. Dia pun gugur dengan tersenyum di Marineford sekaligus meninggalkan luka yang dalam bagi banyak orang.

3rd Commander – Diamond Jozu


Jozu merupakan komandan ketiga bajak laut Shirohige. Dia memiliki perawakan yang besar dan terlihat sangat gagah. Dia memakan buah setan tipe Paramacia yang membuatnya mampu merubah bagian tubuhnya menjadi berlian. Oleh sebab itu, Jozu mendapat julukan “Diamond” Jozu.

Kekuatan Jozu pun cukup mengerikan. Pada arc Marineford, dia cukup sering menunjukkan aksinya. Sama seperti Marco, kekuatan Jozu hampir setara dengan kekuatan admiral angkatan laut. Jozu dapat dengan mudah memberikan serangan kepada admiral Aokiji dengan tekniknya. Serangan itu sampai membuat Aokiji mengeluarkan sedikit darah di mulutnya.

Tidak hanya itu, gerakan Jozu pun terbilang sangat cepat untuk ukuran tubuhnya yang besar. Dia pun dapat mengatasi serangan Crocodile yang waktu itu hendak membunuh Shirohige dan memberikan serangan balik. Jozu juga mampu membalikkan tebasan pedang dari Mihawk yang dapat membelah gunung es dengan kekuatannya. Memang, kekuatan fisiknya tidak dapat dianggap remah. Ia juga mampu mengangkat sebongkah es raksasa dan melemparkannya ke arah musuh.

Selain mengandalkan kemampuan buah setan dan juga kekuatan fisik, Jozu juga merupakan pengguna haki. Dia mampu menggunakan Bushosoku no Haki dan kemungkinan juga Kenbunshoku no Haki. Sayangnya, Jozu dibekukan oleh Aokiji karena kelengahannya di Marineford.

4th Commander – Tatch (deceased)


Tatch adalah komandan keempat Shirohige yang tewas dibunuh oleh Teach. Pembunuhan itu dilakukan oleh Teach karena Tatch baru saja menemukan buah iblis Yami Yami no Mi. Di kapal bajak laut Shirohige, terdapat sebuah peraturan bahwa siapa yang menemukan buah iblis, maka dialah yang berhak memakannya. Oleh sebab itulah, Teach melakukan cara licik untuk mencuri buah iblis itu dengan cara membunuh Tatch lalu pergi meninggalkan kapal Shirohige. Melihat temannya dibunuh, Ace yang waktu itu sebagai komandan dari Teach tidak terima. Dia pun nekat untuk mengejar Teach meskipun sudah dicegah oleh rekan-rekannya.

Tatch sendiri adalah sosok yang ramah. Dia memiliki perawakan yang cukup tinggi. Sebagai seorang komandan, kemungkinan besar dia memiliki kekuatan yang cukup layak diperhitungkan. Dia terlihat menggunakan dua buah pedang dalam pertarungan melawan Decalvan’s Brother. Jadi, dia kemungkinan adalah pendekar pedang yang cukup berbakat.

5th Commander – Flower Sword Vista


Vista adalah pendekar pedang terbaik di bajak laut Shirohige. Salah satu ciri khasnya adalah dia memiliki rambut yang kribo serta kumis yang melengkung unik. Dia menggunakan dua buah pedang dalam bertarung dan mendapatkan julukan Kaken no Vista (si pedang bunga).

Sebagai seorang pendekar pedang yang berbakat, kemampuan bertarung Vista sangat mumpuni. Dia mampu mengimbangi serangan-serangan Mihawk, pendekar pedang terkuat di dunia. Bahkan, Mihawk sendiri mengakui kemampuan bertarungnya. Vista sendiri memiliki refleks yang cukup bagus. Terbukti ketika dia menghadang serang Mihawk yang mengarah ke arah Luffy. Salah satu teknik yang sempat dia tunjukkan adalah Rose Rondo, dengan teknik ini Vista mengayunkan pedangnya sembari meluncurkan kelopak-kelopak mawar. Efeknya masih belum terlihat signifikan karena Mihawk berhasil memblokir serangan tersebut.

Selain menguasai teknik berpedang, Vista juga merupakan pengguna Bushosoku no Haki. Dia terbukti mampu memberikan sedikit goresan pada Akainu yang waktu itu baru saja melukai Ace dengan serangan magmanya yang ganas.

6th Commander – Blamenco


Blamenco adalah komandan keenam bajak laut Shirohige. Dia memiliki tubuh yang gendut namun juga kuat. Tak hanya itu, dia memiliki dua buah kantong yang ada di dekat lehernya. Di dalam kantong itu kemungkinan dia mampu menyimpan berbagai macam barang atau senjata, tentunya ada batasan tertentu yang dia punya. Dilihat dari kemampuannya, kemungkinan dia adalah pengguna buah setan.

Salah satu senjata yang disimpan di kantong itu adalah sebuah palu yang berukuran raksasa. Didukung dengan kekuatan fisiknya, Blamenco dapat dengan mudah mengayunkan palu itu dan menghempaskan beberapa angkatan laut dalam sekali serang.

7th Commander – Rakuyo


Rakuyo adalah komandan ketujuh bajak laut Shirohige. Sama seperti komandan lainnya, dia pun juga memiliki kekuatan yang cukup kuat. Dia juga tidak terlihat mengalami cedera yang serius pasca bentroknya dengan salah satu admiral.

Dalam bertarung, dia menggunakan sebuah senjata yaitu bola berduri yang terlihat hidup seperti anjing yang memiliki gigi tajam serta rantai yang melekat di bola tersebut. Senjata itu dapat bergerak seperti ular dan apabila ia ingin menyerang, ia hanya harus melemparkan bola berduri itu ke arah lawan. Senjata itu dapat menggigit lawan dan memberikan dampak kerusakan yang cukup kuat. Kemungkinan besar, senjata itu telah dimodifikasi dan dikombinasikan dengan salah satu kemampuan buah setan.

8th Commander – Namur


Namur adalah komandan kedelapan bajak laut Shirohige. Dia merupakan keturuan dari ras Merman atau manusia ikan. Dia terlihat seperti manusia ikan hiu yang memiliki gigi taring yang terlihat mengerikan. Dari situ dapat dilihat bahwa Namur memiliki kekuatan fisik upnormal seperti manusia ikan pada umumnya.

Dalam pertempuran, Namur lebih sering menggunakan tangan kosong. Dia kemungkinan juga mahir menggunakan teknik karate manusia ikan. Namun, dia juga sesekali menggunakan taringnya dalam pertarungan. Taringnya mampu menghancurkan sebuah kapak besi dengan mudah.

9th  Commander – Blenheim


Blenheim adalah komandan kesembilan bajak laut Shirohige. Dia merupakan pria yang sangat berotot dan memiliki perawakan yang besar. Dia memiliki jenggot serta gaya rambut yang dikelabang. Sama seperti beberapa komandan lainnya, Blenheim menggunakan sebuah pedang yang digunakan dalam bertarung.

Memang, pertarungannya tidak diperlihatkan begitu jelas. Namun, dia kemungkinan cukup kuat melawan para wakil admiral melihat posisinya sebagai salah satu komandan bajak laut Shirohige, terlepas dia pun memiliki fisik yang kuat. Mendekati akhir dari perang Marineford, dia berlari sambil menggendong tubuh Jozu yang dibekukan oleh Aokiji.

10th Commander – Curiel


Curiel merupakan komandan kesepuluh bajak laut Shirohige. Dia menggunakan dua buah pistol serta dua buah bazooka untuk bertarung. Melihat hal itu, kemungkinan besar dia adalah penembak jitu di kapal Shirohige.

Dalam peperangan Marineford, Curiel juga tidak gentar berhadapan dengan Gecko Moria yang berstatus sebagai Sichibukai. Curiel mampu menembak serangan kelelawar bayangan Moria dengan cepat dan akurat. Sayangnya, Curiel dikalahkan oleh Akainu. Maklum, Akainu memang terlalu kuat untuk dia.

11th Commander – Kingdew


Kingdew merupakan komandan kesebelas bajak laut Shirohige. Dia memiliki perawakan yang cukup tinggi dan berotot dengan rambut blonde yang pendek. Sama seperti komandan lainnya, dia memiliki sikap yang sangat loyal dan rela mati demi menyelamatkan Ace ketika di Marineford.

Dia memiliki refleks yang cukup bagus. Terbukti ketika dia mampu menghindari serangan bola meriam dengan mudah. Selain itu, stamina yang dia miliki juga bagus karena dia mampu bertarung dengan beberapa petinggi marine yang kuat tanpa menunjukkan tanda kelelahan. Dalam pertarungan, dia sepertinya mengandalkan tangan kosong. Dia menggunakan sarung tangan besi besar di tangannya untuk meningkatkan daya serangannya.

12th Commander – Haruta


Haruta adalah komandan kedua belas bajak laut Shirohige. Dia memiliki tubuh kecil dan terlihat masih seperti bocah. Melihat posisinya sebagai seorang komandan, kekuatan Haruta juga tidak bisa dianggap remeh. Dia menggunakan sebuah pedang tipe saber dengan gagang ungu dalam bertarung melawan musuh-musuhnya.

Ketimbang mengandalkan kekuatan, Haruta lebih terlihat cenderung mengandalkan kegesitan serta kecepatan dalam bertarung. Sebelum menyerang, dia terlihat meloncat lebih dulu dengan sangat gesit sambil mengayunkan pedangnya ke arah musuh. Serangan itu mampu membelah tameng besi musuhnya di Marineford.

13th Commander - Water Buffalo Atmos


Atmos adalah komandan ketiga belas bajak laut Shirohige. Dia memiliki perawakan yang besar seperti Jozu. Dia juga menggunakan sebuah helm khas seperti gaya lama orang-orang Asia. Selain itu, dia terlihat memiliki gigi seperti singa laut.

Dalam bertarung, Atmos menggunakan dua buah pedang yang cukup besar. Dia sempat bentrok dengan Doflamingo di Marineford tanpa rasa takut. Sayangnya, dia malah berakhir dikendalikan oleh Doflamingo dan meyerang anak buahnya. Salah satu bukti kekuatannya adalah serangannya mampu menghancurkan senjata-senjata anak buahnya ketika dikendalikan.

14th Commander – Speed Jiru



Speed Jiru adalah komandan keempat belas bajak laut Shirohige. Dia memiliki perawakan seperti manusia normal pada umumnya. Dia menggunakan kopiah cokelat dengan lambang bajak laut Shirohige dan jubah putih.

Seperti namanya, Jiru mengandalkan kecepatan dalam bertarung. Dia mampu menghindari serangan-serangan Kizaru ketika bertarung di Marineford. Padahal serangan Kizaru sangat cepat dan susah untuk dihindari. Di samping itu, Speed Jiru juga menggunakan tameng serta tombak untuk menyerang dan bertahan. Dengan kecepatannya pula, dia juga mampu menembus pertahanan musuh dengan mudah.

15th Commander – Fossa


Fossa adalah komandan kelima belas bajak laut Shirohige. Dia merupakan pria bertubuh besar dan berotot dengan bekas luka jahitan yang ada di dahi sebelah kanan. Sepanjang cerita, dia juga terlihat selalu menghisap rokok. Kemungkinan dia adalah perokok berat.

Dalam bertarung, dia menggunakan sebuah pedang. Berbeda dengan pedang milik lainnya, pedang milik Fossa dapat terbakar dan dilapisi api. Entahlah, hal itu masih menjadi misteri apakah api itu dikombinasikan dengan dial atau mungkin teknik lainnya. Namun, kemungkinan besar Fossa melapisi pedangnya dengan cairan atau minyak yang mudah terbakar.

16th Commander – Izo



Izo adalah komandan keenam belas bajak laut Shirohige. Dia memiliki penampilan yang cukup nyentrik yaitu memakai sebuah kimono dengan dandanan ala Geisha khas Jepang. Dia sepertinya berasal dari negeri Wano.

Dalam bertarung, dia menggunakan dua buah pistol jenis flintlock. Kemampuan menembaknya juga terbilang cukup menakutkan. Dia mampu membelah sebuah pedang musuhnya di Marineford dengan peluru yang ditembakkan dari pistolnya. Pada akhir peperangan, dia terlihat juga membawa sebuah pedang. Kemungkinan dia juga bisa menggunakan pedang.

OTHER CREW
Spade Pirates


Bajak laut Spade adalah bajak laut yang dibentuk oleh Ace pada awal perjalanannya mengarungi lautan. Namun, pasca kekalahan Ace melawan Shirohige, bajak laut Spade pun tunduk dan bergabung menjadi anggota bajak laut Shirohige.

Marshall D. Teach (Ex-Crew)


Teach sebelumnya pernah bergabung dengan bajak laut Shirohige. Ia memang sudah sejak lama bersembunyi di balik bayangan dan menunggu waktu yang tepat untuk menunjukkan kekuatannya seperti yang sudah dikatakan oleh Shanks. Dulu, mereka pernah bertarung dan Teach berhasil memberikan luka di mata kiri Shanks.

Teach resmi keluar dari bajak laut Shirohige setelah insiden pembunuhan Tatch. Dia pun membentuk kelompok bajak lautnya sendiri dan menyebut dirinya sebagai Kurohige. Kini dia berhasil menduduki gelar kaisar lautan menggantikan posisi Shirohige yang telah meninggal.

Kouzuki Oden (Ex-Crew)


Sebelum bergabung dengan Roger, Oden bersama dua pengawalnya (Inuarashi & Nekomamushi) sempat berlayar di kapal Shirohige. Namun, sepertinya hal itu tidak berlangsung lama. Oden tidak menemukan apa yang dia cari di kapal tersebut berhubung tujuan Oden dengan tujuan Shirohige itu berbeda. Alhasil, dia pindah ke kapal Roger dan bersama-sama pergi ke Raftel untuk mengungkap misteri Poneglyph dan rahasia dunia.

Inuarashi & Nekomamushi (Ex-Crew)


Inuarashi dan Nekomamushi juga sempat berlayar di kapal Shirohige demi mengikuti kehendak Tuan Oden. Hal itu pernah disinggung pada saat arc Zou. Informasi tentang itu sempat membuat Usopp dan segenap kru Topi Jerami lainnya terkejut.

Meskipun mereka berdua telah berhasil sampai ke ujung dunia, namun sepertinya mereka sendiri tidak tahu tentang rahasia dunia itu sendiri. Mungkin tuan Oden tidak ingin mereka berdua menanggung beban yang berat. Hal itu sudah disinggung oleh Kinemon dan kawan-kawan ketika di Zou.
****
Nah, mungkin itu saja ya sobat anggota-anggota bajak laut Shirohige. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga artikel ini dapat menambah referensi kalian tentang One Piece. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon