Tips-Tips yang Ampuh Melawan Rasa Malas


source: jojonomic.com

Halo, sobat semua. Gimana kabar kalian? Pada kali ini, saya pengen membagikan beberapa tips yang bisa sobat coba untuk melawan rasa malas yang mungkin sering menyerang kita setiap hari. Jujur saja, kita mungkin suka malas beraktivitas dan mager di kasur pada momen-momen tertentu. Penyakit malas ini jika kita biarkan tentu tidak baik untuk diri kita sobat. Kita jadi kurang produktif dan tidak memanfaatkan waktu kita dengan baik. Oleh sebab itu, rasa malas itu harus kita lawan.

Sekarang permasalahannya, gimana sih cara kita melawan rasa malas? Nah, sobat mungkin seringkali gagal dan takluk oleh rasa malas kalian sendiri. Tenang saja, saya sudah menyiapkan beberapa tips nih yang bisa membantu kalian melawan rasa malas. Langsung saja yuk kita ulas bersama tips-tips berikut ini.

1. Memotivasi Diri Sendiri
Hal yang pertama kali sobat lakukan untuk melawan rasa malas ialah memotivasi diri kita sendiri. Seringkali, kita malas melakukan sesuatu karena kita tidak punya motivasi dan kurang bersemangat. Oleh sebab itu, memotivasi diri sendiri sangat perlu kita perlukan agar diri kita tetap positif kapanpun dan dimanapun. Cara memotivasi diri sendiri sebenarnya cukup sederhana, semisal mengucapkan kata-kata positif kepada diri kita sendiri, seperti kamu bisa, kamu luar biasa, dan kata-kata positif serupa lainnya.

2. Buatlah Target dan Jadwal Kegiatan Setiap Hari
Selanjutnya, kita harus membuat target dan juga jadwal kegiatan sehar-hari kita. Catat hal itu baik-baik di kertas atau mungkin di ingatan kalian kalau malas nulis. Dengan mengetahui target serta aktivitas yang akan kita lakukan pada hari itu, paling tidak kita akan tergerak untuk melakukan hal tersebut. Berbeda ceritanya jika kita tidak punya rencana apapun dalam satu hari, ya pasti kita akan mager dan lebih memilih rebahan di kasur atau sofa.

3. Bangkit dari Tempat Tidur atau Sofa
Sadar atau tidak, tempat tidur atau sofa kadang menjadi penyebab kita merasa malas. Jujur saja, ketika kita sudah rebahan di atas kedua benda tersebut, kita akan malas bergerak dan membiarkan diri kita tiduran sampai berjam-jam. Apalagi jika ditambah dengan bermain game atau media sosial, pasti kita akan malas-malasan. Nah, untuk melawan hal itu, langkah penting yang kamu lakukan adalah bangkit dari tempat tidur dan bergeraklah.

Baca juga: Tips Menemukan Passion Buat Kamu yang Masih dalam Proses Pencarian
4. Selalu Ingat Prioritas
Tips selanjutnya adalah selalu ingat hal apa yang menjadi prioritasmu, Hal ini penting untuk kita lakukan agar kita tidak bermalas-malasan. Coba kita bayangkan, misalkan prioritas kita adalah sesuatu yang berkaitan dengan mimpi kita, akan seperti apa nantinya jika kita bermalas-malasan? Pasti tujuan kita untuk menggapai mimpi kita akan terasa sangat jauh karena dengan kita bermalas-malasan, itu artinya kita tidak bergerak satu inchi-pun dari posisi kita. Jika kita tahu prioritas kita dalam hidup, dijamin deh rasa malas kita akan berkurang.

5. Jangan Menunda-Nunda Sesuatu
Kebiasaan buruk yang sering ada pada diri kita ialah sering menunda-nunda sesuatu. Hal ini dapat membuat kita malas. Pasti kita sering demikian, ketika kita sedang ada deadline atau tugas kita merasa punya banyak waktu. Alangkah lebih baiknya jika kita memiliki tugas atau kewajiban yang harus dikerjakan, kerjakan saat itu juga. Jangan kebanyakan menunda!

6. Kurangi Bermain Medsos
Sadar atau tidak, terlalu banyak memegang gawai dan bermain medsos membuat kita lupa waktu dan malas melakukan aktivitas lain. Kita seringkali terlena ketika terlalu asyik membuka instagram atau chatting-an dengan teman kita di medsos. Kita harus pandai-pandai membatasi diri kita dalam bermain medos. Jangan sampai waktu kita terlalu banyak kita habiskan untuk bermain medsos dibandingkan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat untuk kita!

7. Aturan 5 Detik
Tips selanjutnya untuk menangkal rasa malas ialah aturan 5 detik yang dapat kita coba. Tips ini saya dapatkan dari salah satu akun motivasi di Instagram. Caranya gampang banget. Ketika kamu malas melakukan sesuatu, kamu berhitung satu sampai lima, setelah itu beraktivitaslah. Tips ini bisa kamu coba, barangkali bisa membantu mengurangi rasa malasmu.

8. Paksa Diri Kita untuk Melawan Rasa Malas
Langkah terakhir yang perlu kita lakukan untuk melawan rasa malas adalah dengan memaksa diri kita. Tips ini memang sangat sulit dilakukan. Seringkali kita gagal memaksa diri kita untuk tidak malas. Namun, ketika rasa malas mulai menyerang diri kita, hanya ada dua kata yang harus kita lakukan, yaitu paksa dan lawan. Ketika kita sudah melakukan aktivitas tertentu selama beberapa menit, rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya. So, paksa dirimu, Sobat.
***
Nah, mungkin itu saja ya Kawan beberapa tips yang dapat kita coba untuk melawan rasa malas yang ada pada diri kita. Saya yakin sobat semua pasti bisa melawan rasa malas tersebut selama sobat berusaha,

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata dalam penulisan artikel ini. Saya berharap, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Thanks.


EmoticonEmoticon