Tips Menemukan Passion Buat Kamu yang Masih Dalam Proses Pencarian


source pic: careeraddict.com

Halo sobat semua. Pada kesempatan kali ini, saya pengen membagikan beberapa tips buat kalian yang sampai saat ini masih kebingungan mencari passion. Memang, tidak semua orang dapat langsung menemukan passion-nya. Kadang seseorang butuh beberapa waktu dan proses pencarian panjang.

Sebelum itu, saya pengen tanya ke kalian. Apa sih sebenarnya definisi passion itu? So, passion dapat berarti hasrat atau keinginan yang sangat kuat terhadap sesuatu. Selain itu, kita juga dapat mengaitkan passion dengan hobi yang kita sukai. Namun, yang penting untuk kita pahami juga adalah passion membuat kita senang, enjoy, dan bahagia ketika melakukan sesuatu dalam hidup kita. Dengan passion, kita juga tidak merasa terbebani ketika melakukan suatu aktivitas, meskipun hal itu berat.

Nah, mungkin itu pengantar singkat dari saya. Langsung saja yuk, kita bahas bersama beberapa tips yang dapat dicoba untuk menemukan passion kita.

1. Coba Hal-Hal Baru
Tips pertama yang harus kamu coba ialah mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan minat kamu. Saya yakin, kamu pasti punya banyak hal yang ingin dicoba, semisal ikut sepakbola, latihan nyanyi, seni tari, atau apapun. Ikutilah aktivitas yang beragam sehingga kamu akan merasakan berbagai macam pengalaman. Kalau kamu tidak mencoba hal-hal baru, kamu tidak akan pernah tahu apakah hal yang kamu tekuni saat ini adalah passion kamu.

Saya sendiri pernah mencoba banyak hal dalam hidup saya, semisal menggambar, menyanyi, desain gambar, dan juga menulis. Dari aktivitas-aktivitas tersebut, saya merasa bahwa saya sangat nyaman dengan aktivitas saya sebagai seorang penulis. Saya merasa bahwa saya bisa menjadi diri saya sendiri ketika menulis. Dengan menulis, saya pun bisa menyalurkan inspirasi serta keresahan yang ada di dalam diri saya.

Jadi, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menemukan passion kamu adalah cobalah hal-hal baru dan keluarlah dari zona nyaman.

2. Tanyakan Temanmu. Apa Saja yang Menjadi Kekuatanmu?
Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menemukan passion ialah bertanya kepada teman-teman yang kamu percayai. Tanyakan kepada mereka, apa sih yang menjadi kekuatan utamamu selama ini? Mungkin saja kamu sangat mahir di bidang desain, atau mahir bicara di depan orang lain, dan sebagainya. Usahakan mereka berkata jujur dan apa adanya karena itu sangat penting buat kamu.

Mungkin, kamu sering bingung dengan dirimu sendiri. Kamu merasa tidak berbakat di bidang X atau Y. Padahal, menurut pandangan orang lain kamu itu sangat cocok di bidang tersebut. Oleh sebab itu, pemikiran orang lain terhadapmu bisa jadi akan membantumu dalam menemukan passion-mu. So, mulailah bertanya kepada teman-temanmu ya.

Baca juga: Tips-Tips yang Dapat Kita Lakukan untuk Meningkatkan Self-Improvement

3. Berkontemplasilah dan Pikirkan Hal Apa yang Paling Kamu Sukai?
Setelah kamu mencoba banyak hal baru dan bertanya kepada teman-temanmu, saatnya kamu bertanya pada dirimu sendiri. Aktivitas atau hal apa yang paling kamu sukai? Saya yakin, kamu pasti akan memilih salah satu atau salah dua yang akan menjadi kencederunganmu. Jujurlah dengan dirimu sendiri, meskipun hal itu kadang tidak sesuai dengan keingingan orang-orang terdekatmu.

Kamu perlu ingat, kata hati tidak akan pernah berbohong. Jika kamu misalnya senang bermusik, sampai kapanpun kamu pasti akan senang bermusik, meskipun orang tuamu berharap kamu nanti akan jadi dokter atau pengacara. So, renungkanlah dan tanya dirimu dalam-dalam. Ikutilah kata hatimu.

4. Tanyakan Pada Dirimu. Apa Keinginan Terbesarmu Sejak Kecil yang Sampai Saat Ini Tidak Berubah?
Saya pernah menonton salah satu video dari Ogut, admin IG @mudacumasekali tentang passion. Dia pernah ngomong bahwa kamu akan dengan mudah menemukan passion-mu jika kamu bisa menjawab satu pertanyaan ini:

Jika kamu sudah memiliki segalanya di dunia ini – hidup yang mapan, uang yang cukup, dan punya keluarga yang harmonis, hal apa yang paling ingin kamu lakukan dan ingin kamu capai?”

Kalau saya pribadi, saya ingin menulis sebuah buku sejak dulu. Saya juga ingin menjadi seorang penulis yang mampu menginspirasi banyak orang. Sejak dulu hingga saat ini, keinginan itu masih tetap konsisten tertanam di benak saya dan tidak berubah.

Nah, jika kamu bisa menjawab hal itu, selamat kamu sudah tahu apa passion-mu. Namun, jika kamu belum bisa menjawabnya, coba deh kamu pelajari lagi tips-tips sebelumnya yang sudah saya sarankan.

5. Konsistensi
Tips terakhir yang sangat penting untuk kamu lakukan setelah menemukan passion-mu ialah konsisten dengan apa yang kamu yakin. Selain ditemukan, passion pun juga perlu dibangun dan dikembangkan.

Terkadang, jika kamu menyukai sesuatu, tetapi kamu malas dan tidak konsisten mengerjakan hal yang kamu sukai, semua itu akan sia-sia. Contoh kecil ialah kamu senang desain, tapi kamu malas belajar dan cuman desain sesukamu aja, kamu nanti akan tetap stay di zona nyama dan tidak akan berkembang. Oleh sebab itu, belajar mengembangkan passion itu penting. Apabila kamu sudah konsisten dan punya dedikasi kuat dengan passion kamu, saya percaya kamu akan jadi orang hebat suatu saat nanti.
****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menemukan passion kamu. Jangan patah semangat bila kamu saat ini belum menemukan passion kamu, sedangkan teman-temanmu sudah menemukan. Yang paling penting adalah teruslah belajar dan mencoba hal-hal baru yang positif buat kamu.

Akhir kata, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menginspirasi kamu. Thanks atas kunjungannya.



EmoticonEmoticon