Review & Opini Manga One Piece 957: Identitas Bajak Laut Rocks Akhirnya Terungkap

source: youtube.com

Halo, gaes. Jumpa lagi bersama saya MogiMogy di sini. Kali ini, saya pengen me-review manga One Piece chapter terbaru ini yang berjudul “Ultimate”. Chapter kali ini rasanya sungguh menarik dan jauh lebih wow dibandingkan chapter kemarin.

Meskipun pada chapter kali ini tidak ada adegan pertarungan, tetapi chapter kali ini saya rasa sangat informatif dan membuat pembaca tercengang, khususnya terkait bajak laut Rocks yang dulu sempat mejadi perbincangan. Selain itu, bounty seluruh Yonkou pun akhirnya terungkap pada chapter ini.

Langsung saja yuk kita bahas bersama-sama dari poin per poin.

Diskusi Antara Fujitora & Akainu serta Project SSG

Awal cerita pada chapter ini dibuka dengan percakapan antara Fujitora dan Akainu yang membicarakan masalah pembubaran Sichibukai serta projek pemerintah yang baru. Akainu sepertinya masih kurang puas dengan pembubaran sistem Sichibukai, tetapi Fujitora tetap bersikukuh bahwa itu adalah yang terbaik.

Pembubaran Sichibukai memang membuat keseimbangan dunia hancur dan lautan pasti akan kacau. Namun, Fujitora yakin hal itu akan segera teratasi dengan project SSG dan pasukan sains yang diciptakan oleh pemerintah. Sejauh ini, project SSG masih misterius. Yang jelas project ini berkaitan dengan Dr. Vegapunk yang ahli di bidang sains. Kemungkinan, ia menciptakan pasukan pemusnah masal, seperti Pacifista. Namun, kali ini skala kekuatannya lebih besar dan mampu menjadi aset berharga bagi angkatan laut untuk membasmi para bajak laut. Mari kita tunggu saja seperti apa bentuk dari project sains tersebut.

Pada bagian ini, Fujitora juga terlihat memakai perban. Kemungkinan, luka itu dia dapat setelah melalui pertempuran yang sengit dengan Sabo dan pasukan komandan yang lain. Di samping itu, kabar mengenai aliansi Big Mom dan Kaido juga sudah sampai ke telinga Akainu dan Fujitora. Kabar itu merupakan kabar yang sangat mengejutkan bagi mereka berdua.

Anggota Bajak Laut Rocks

Hal yang sangat menarik untuk dibahas pada chapter kali ini adalah tentang bajak laut Rocks. Bajak laut ini disinggung pertama kali pada saat arc Reverie pada chapter 907 ketika Hina bercakap-cakap dengan Garp. Bajak laut ini aktif sekitar 38 tahun yang lalu dan pertama kali terbentuk pada saat melakukan pertemuan di pulau Hachinosu, pulau bajak laut.

merupakan ancaman yang sangat berbahaya bagi angkatan laut saat itu. Kelompok bajak laut ini sering melakukan aksi terorisme dan pembunuhan yang membuat masyarakat ketakutan. Mereka pun tidak segan-segan melakukan pembunuhan terhadap kawan ataupun lawan.

Anggota dari bajak laut Rocks ialah para bajak laut besar yang ketenaran serta kekuatannya sudah melegenda di lautan, seperti Shirohige, Kaido, Big Mom, Shiki, Silver Axe, Captain John dan Ou Choku. Sejauh ini, identitas Silver Axe dan Ou Choku masih misterius, sedangkan Captain John telah meninggal dan bangkit kembali menjadi zombie bawahan Moria. Namun, mereka yang bergabung dengan bajak laut Rocks bisa dipastikan sebagai karakter yang sangat kuat.

Selain karakter-karakter kuat tersebut, saya berasumsi masih ada beberapa bajak laut lain yang kemungkinan tergabung dengan bajak laut Rocks. Mungkin saja Shakky dulu juga anggota dari bajak laut tersebut. Ia sempat mengaku bahwa dulu dia dikejar-kejar oleh Garp pada saat muda. Meskipun dia terlihat seperti wanita biasa, dia sebenarnya juga kuat. 

Aliansi Garp & Roger serta Insiden God Valley

Suatu hari, kapten Rocks tiba-tiba menghilang di pulau God Valley. Hal itu membuat para anggota di luar kendali dan terjadilah bentrok antara anggota bajak laut Rocks dengan angkatan laut. Pada saat itulah, Garp yang bertugas untuk menghentikan kebrutalan mereka. Namun, kekuatan Garp sendiri tidak mampu mengatasi hal tersebut. Ia pun meminta bantuan Gol D. Roger untuk menghentikan para anggota bajak laut Rocks. Yang membuat hal ini semakin runyam adalah Garp waktu itu juga harus melindungi para Tenryuubito serta budak-budaknya di pulau tersebut.

Berdasarkan penuturan Sengoku, Garp dan Roger dipastikan memenangkan pertempuran tersebut. Akibat dari insiden tersebut, para anggota bajak laut Rocks pun bubar dan mengambil jalan masing-masing di dunia bajak laut. Mereka berlayar dan membentuk bajak laut mereka sendiri. Shirohige membentuk keluarga di lautan dengan mengadopsi anak-anak yang terbuang. Kaido yang terobsesi dengan bajak laut dengan pemakan Zoan terkuat. Big Mom yang  ingin mendirikan bajak laut dengan berbagai macam ras di dalamnya. Masing-masing memiliki pemikiran dan tujuan yang berbeda.

Berkat itulah, Garp mendapatkan gelar pahlawan angkatan laut. Sementara itu, keberadaan pulau God Valley dan informasi mengenai bajak laut Rocks pun telah dimusnahkan dan dirahasiakan oleh angkatan laut serta pemeritah dunia. Hanya orang-orang tertentu yang masih memiliki informasi mengenai bajak laut Rocks, seperti Sengoku dan para veteran angkatan laut.

Pada bagian ini, saya juga ingin membahas hubungan antara Garp dan Roger. Meskipun kadangkala mereka saling bertarung satu sama lain di lautan, mereka sejatinya adalah sahabat yang baik. Hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh faktor ikatan keluarga mereka yang sama-sama menyandang inisial D. Hal itulah yang mungkin membuat Garp mau melindungi dan mengadopsi Ace saat itu. Ia ingin membalas budi terhadap Roger yang dulu pernah membantunya melawan Rocks.

Alasan Garp Tidak Menjadi Admiral

Chapter ini pun akhirnya menjelaskan alasan mengapa Garp tidak naik pangkat menjadi admiral angkatan laut. Padahal, kekuatannya sangat menakutkan dan bahkan jauh di atas para admiral angkatan laut saat ini. Ia ternyata memiliki idealisme sendiri yang tidak mau patuh dan tunduk langsung di bawah Tenryuubito.

Naluri inisial D. miliknya mungkin yang membuatnya memiliki idealisme seperti itu. Kita tahu kan bahwa D. merupakan musuh alami dewa. Di samping itu, Garp sendiri tahu kelakuan busuk apra Tenryuubito yang suka sewenang-wenang terhadap rakyat biasa. Mungkin hal itu juga mendasarinya untuk tidak tunduk pada para Tenryuubito. Meskipun sikapnya tidak disukai oleh para Tenryuubito, Garp tidak dikeluarkan dari angkatan laut karena prestasinya yang gemilang di angkatan laut.

Saya juga berasumsi bahwa Garp sendiri masih sepemikiran dengan Roger terkait rahasia dunia serta abad kekosongan. Mereka hanya memilih jalan yang berbeda. Garp memilih berada di angkatan laut, sedangkan Roger memilih menjadi bajak laut yang bebas di lautan. Saya yakin, Garp memiliki misi dan alasan khusus yang ingin ia lakukan ketika berada di angkatan laut.  

Identitas Asli Kapten Rocks

Setelah membahas insiden God Valley, Sengoku kemudian mengungkap identitas asli kapten Rocks. Ia juga merupakan penyandang inisial D. Nama aslinya adalah Rocks D. Xebec. Saya sendiri tidak pernah menyangka bahwa Rocks ialah penyandang D. Kabar ini tentu menjadi kejutan yang luar biasa bagi para fans. Rocks sendiri pun dengan tegas menyatakan perlawanan terhadap pemerintah dunia secara terang-terangan. Namun, motifnya masih sangat misterius. Kita tidak tahu apakah Rocks memiliki kehendak yang sama seperti Roger yang ingin mengungkap misteri dunia atau dia memiliki motif lain.

Sengoku berasumsi bahwa Rocks saat ini sudah mati. Akan tetapi, asumsi ini masih tidak berdasar karena belum dikonfirmasi secara real oleh Oda. Yang jelas, Rocks menghilang tiba-tiba dan keberadaannya pun belum diketahui. Apakah dia sengaja menghilang? Atau dia sengaja dibunuh oleh Gorosei atau Im-sama? Kita semua tidak tahu.

Apabila dia memang sudah mati, mungkin dia memang dibunuh oleh Gorosei yang sekiranya memiliki kapasitas untuk mengalahkan Rocks. Kemungkinan lain, dia juga bisa saja dengan sengaja menghilangkan dirinya dan menyusun rencana tertentu sebelum ia memunculkan dirinya kembali suatu saat nanti.

Satu hal yang paling menarik ialah kapal milik Teach memiliki nama Xebec. Selain itu, Teach saat ini juga menguasai pulau Hachinosu sebagai salah satu wilayah teritorinya. Apakah ini sebuah kebetulan? Sebenarnya ada dua kemungkinan yang paling logis, yaitu Teach adalah anak dari Rocks atau Teach hanya penggemar dari Rocks.

Kita tahu, nama asli Teach saat ini ialah Marshall D. Teach. Bisa jadi, nama depan itu ia ambil dari nama ibunya. Seperti pada kasus Ace yang mengambil nama depan Portgas dari ibunya, bukan dari ayahnya Gol D. Roger. Ini masih asumsi, tetapi kita tunggu saja ke depannya.

Bounty Para Yonkou

Yang tak kalah menarik pada chapter kali ini adalah diungkapnya harga kepala para Yonkou. Berikut adalah daftar bounty para Yonkou mulai dari yang terkecil hingga terbesar: Marshall D. Teach 2.247.000.000 Berry, Red Hair Shanks 4.048.900.000 Berry, Charlotte Linlin 4.388.000.000 Berry, Kaido 4.611.100.000 Berry, Edward Newgate 5.046.000.000 Berry, dan Gol D. Roger 5.568.400.000 Berry. Sejauh ini, bounty tertinggi masih dipegang oleh Gol D. Roger, sang raja bajak laut.

Di antara para Yonkou yang aktif saat ini, Teach menduduki posisi terendah dan Kaido yang memiliki bounty tertinggi di antara Yonkou yang lain. Meskipun demikian, bounty bukan menjadi satu-satunya tolak ukur utama kekuatan seorang karakter. Di samping itu, dulu juga sempat beredar kabar bahwa Shanks memiliki bounty yang tertinggi di antara Yonkou yang lain. Namun, kabar tersebut terbantahkan pada chapter kali ini. Ia juga mendapat gelar Yonkou baru enam tahun yang lalu. Jadi, waktu Shanks bertemu dengan Luffy dulu, ia masih menjadi bajak laut biasa.

Melihat harga kepala para Yonkou tersebut membuat saya merinding. Aura mereka terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan bajak laut biasa. Selain itu, harga kepala Yonkou hampir tiga kali lipat bounty komandannya. Contoh saja Big Mom yang memiliki bounty tiga kali lipat dari Katakuri atau Kaido yang bounty-nya juga hampir tiga kali lipat dari Queen. Memang, perbedaan kekuatan para Yonkou dan komandan Yonkou cukup signifikan.

Oleh sebab itu, kabar aliansi antara Big Mom dan Kaido menjadi ancaman besar bagi angkatan laut. Mereka sampai ragu apakah mereka bisa mengatasi kombinasi bajak laut bar-bar tersebut. Pasalnya, sejauh ini tidak ada bajak laut yang melampaui kepala Roger. So, dengan bergabungnya Big Mom dan Kaido tersebut merupakan sebuah bencana besar bagi angkatan laut dan mungkin juga bagi seluruh dunia.

Hubungan Oden & Wano dan Aliansi Big Mom-Kaido

Bagian terakhir yang tak kalah penting adalah percakapan antara Sengoku dan Akainu. Percakapan antara dua generasi angkatan laut yang berbeda itu seperti mengisyaratkan sebuah clue tentang jalan cerita ke depan. Akainu pada awalnya skeptis dan tidak mau ikut camput terkait konflik di negara Wano dan juga aliansi Big Mom dan Kaido. Akan tetapi, Sengoku memiliki sudut pandang yang lain. Ia merasa bahwa inti dari semua kekacauan ini berada di Wano.

Yang paling menarik adalah Sengoku menyebut Kouzuki Oden sebagai bajak laut yang disukai oleh Roger, Shirohige, dan juga Shanks. Mungkin itu hal yang lumrah apabila Oden dekat dengan Roger dan Shirohige karena dia pernah berlayar di kapal kedua orang hebat itu. Lalu, apa kaitannya Shanks dengan Oden? Ini adalah hal yang cukup menarik untuk kita bahas. Asumsi saya, Shanks dulu pernah belajar teknik berpedang dengan Oden. Kita tahu bahwa Oden merupakan pendekar pedang yang sangat mahir dan mampu memberikan luka pada Kaido. Apakah ini juga semacam clue bahwa Shanks juga akan turut andil dalam perang besar di Wano? Saya sendiri tidak bisa berasumsi banyak karena jalan pikiran Oda sangat sulit ditebak hehe.

Namun, asumsi terbaik yang bisa saya simpulkan di sini adalah angkatan laut mau tidak mau akan turut mengintervensi perang yang ada di Wanokuni. Hal ini tersirat dari ucapan Sengoku yang seolah memberikan saran kepada Akainu untuk mengirim pasukan ke Wano. Mereka mungkin akan mengirimkan beberapa pasukan terbaik di bawah pimpinan admiral, mungkin saja mereka akan mengirim Ryokugyu. Di sana pun sudah ada Drake selaku pemimpin pasukan khusus SWORD dan juga bawahannya yang juga angkatan laut. Mereka kemungkinan juga akan bergabung ke kubu Luffy dan aliansi yang akan berperang melawan pasukan Big Mom, Kaido, dan Orochi. Mari kita tunggu saja.

1 comments:

Masih penasaran banget dengan sosok Rocks. Kekuatannya sepertinya ngeri


EmoticonEmoticon