15 Jajanan Pasar yang Legendaris dan Tetap Eksis Sampai Saat Ini


Selamat malam gaes. Pada kesempatan kali ini, saya pengen membahas beberapa jajanan pasar tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Mungkin, kalian dulu juga sering nyemil jajanan berikut ini sewaktu masih kecil, apalagi ketika ibu kalian pergi ke pasar untuk beli sayur-sayuran, pasti kalian juga sekalian beli jajanan pasar. Namun, jajanan ini barangkali sudah kalah populer dibandingkan makanan-makanan junk food yang lebih disukai oleh generasi milenial.

Nah, daripada berbasa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas beberapa jajanan pasar yang tetap eksis sampai saat ini. Check it out.

1. Klepon

liputan6.com

Klepon merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat-bulat seperti bola dan didalamnya berisi gula merah. Kemudian, dimasak dalam air mendidih. Apabila sudah masak, klepon digelindingkan di atas parutan kelapa. Klepon yang sudah siap disajikan pasti terlihat cantik dengan taburan kelapa tersebut dan apabila dimakan rasanya manis dan gula merahnya terasa meluber di mulut hehe.

2. Cenil
reseponline.info

Cenil ialah jajanan pasar yang terbuat dari pati ketela pohon dan dibentuk bulatan-bulatan kecil kemudian diberikan warna sesuai selera sebelum direbus. Dalam penyajiannya, cenil biasanya ditaburi dengan parutan kelapa dan cairan gula merah yang manisnya bikin nagih. Rasanya pun kenyal-kenyal empuk ketika dinikmati.

3. Getuk

tokopedia.com

Getuk ialah jajanan pasar yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Cara pembuatannya pertama-tama singkong dikupas dan direbus dalam air mendidih. Kemudian, singkong yang sudah direbus ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu ditambahkan gula dan pewarna makanan sesuai selera. Dalam penyajiannya, getuk juga sering ditaburi parutan kelapa agar terasa lebih nikmat.

4. Kue Lapis

cookpad.com

Sesuai namanya, kue lapis ini merupakan kue yang terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Bahan dasar dari kue ini ialah tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam serta pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini terasa manis ketika dinikmati dan biasanya kita tidak memakan kue ini secara langsung, tetapi menikmatinya per lapis demi lapis, iya kan? Hehe.

5. Onde-Onde

fimela.com

Onde-onde ialah jajanan pasar yang terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi biji wijen. Di dalam onde-onde juga berisi kacang hijau yang sudah berbentuk bubuk dan rasanya pun sangat manis. Makanan ini sangat khas dan terkenal di Mojokerto sejak zaman Majapahit. Legend banget ya gaes.

6. Kue Putu Ayu

tokomesin.com

Kue putu ayu merupakan jajanan pasar yang terbuat dari tepung sebagai bahan utamanya. Kue ini dibuat dengan cara dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki bau yang harum khas daun pandan dan rasanya manis, seperti janjinya mantan hehe. Selain itu, rasanya juga gurih yang membuat kita lebih berselera untuk memakannya.

7. Dadar Gulung

palmia.co.id

Dadar gulung juga bisa disebut dengan pancake. Bedanya, pancake biasanya tidak digulung, namun jajanan pasar yang satu ini digulung sesuai dengan namanya. Dadar gulung ini terasa manis dan di dalamnya terdapat isi parutan kelapa yang telah dimasak dan juga cairan gula. Biasanya, dadar gulung berwarna hijau yang membuatnya menjadi khas. Namun, seiring berjalannya waktu, dadar gulung pun menggunakan berbagai macam warna sesuai selera.

8. Nagasari

cookpad.com

Jajanan pasar yang satu ini berbahan dasar tepung beras dan satan. Kemudian, di dalamnya diisi dengan pisang yang manis kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu, nagasari dimasak dengan cara dikukus hingga matang. Rasa pisangnya yang manis dijamin bakal bikin ketagihan deh. Jajanan ini kadang juga masih sering ditemui pada acara hajatan, semisal resepsi nikah atau acara selametan.

9. Lemper

bacaterus.com

Lemper merupakan jajanan pasar yang terbuat dari ketan dan berisi daging ayam yang sudah dicincang atau abon dan dibungkus dengan daun pisang. Cara memasak lemper ini adalah dengan cara dikukus hingga matang. Selain sebagai cemilan, lemper ini juga dapat dimakan sebagai pengganjal perut lho ketika lapar hehe.

10. Kue Lumpur

selerasa.com

Kue lumpur ialah jajanan pasar yang terbuat dari santan dan tepung terigu yang dicampur dengan kentang, telur, vanilla, dan kismis di atas kuenya. Rebusan kentang sebagai bahan tambahan dapat membuat tekstur kue lumpur ini terasa lembut seperti lumpur. Aroma vanilla pandan yang khas juga menambah daya tarik kue ini. So, kue ini pas banget dijadikan cemilan di kala senggang hehe.

11. Semar Mendem

anekamenuresep.blogspot.com

Semar mendem ialah jajanan pasar yang mirip seperti lemper, namun tidak dibalut dengan daun. Sebagai pembungkusnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadapt. Di dalamnya diisi ayam dan biasanya disajikan dengan aren atau santan kelapa yang kental.

12. Pukis

fimela.com

Pukis merupakan jajanan pasar yang terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan. Adonan ini kemudian dituangkan di dalam cetakan setangah bulan dan dipanggang di atas api. Taburan pada kue ini pun bisa bervariasi, bisa ditaburi cokelat butir, keju, selain nanas, atau juga kacang tergantung selera. Rasanya manis dan pas mantap di lidah.

13. Bikang

style.tribunnews.com

Bikang merupakan jajanan pasar yang berbahan dasar tepung beras. Kue ini memiliki bentuk seperti bunga yang tengah merekah dan memiliki warna yang bervariasi, kadang warna-warni. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut dan berserat. Cara memanggang kue ini adalah dengan cara dipanggang dalam cetakan khusus kue bikang.

14. Lumpia

fimela.com

Lumpia ini dikenal sebagai makanan khas Semarang. Bahan dasar dari jajan pasar ini ialah tepung gandum yang dimasak dan dibuat lembaran tipis sebagai pembungkus isi lumpia itu sendiri, seperti sayur, daging ayam, telur, atau makanan laut. Makanan ini juga dimasak dengan cara digoreng dan disajikan dengan saus atau cabai.

15. Kue Cucur

jabar.idntimes.com

Kue cucur merupakan jajan pasar yang biasaya memilih warna merah bata dengan rasa yang manis menggoda. Jajanan ini terbuat dari campuran gula aren dan tepung terigu yang digoreng. Kue ini biasanya tebal di bagian tengah dan tipis di pinggirnya. Rasanya pun manis dan cocok dijadikan cemilan.

****

Nah, mungkin itu saja ya yang bisa saya share kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata atau penyampaian kalimat. Semoga artikel ini mampu mengobati kerinduan akan jajanan pasar dan menambah selera makan kalian hehe. Thanks atas kunjungannya.



EmoticonEmoticon