21 Lagu Linkin Park Terbaik Sepanjang Masa


source: digitalmusicnews.com

Linkin Park merupakan grup musik asal California, Amerika Serikat yang ber-genre nu metal dan rock alternatif. Grup musik ini digawangi oleh mendiang Chester Bennington (vokal), Mike Shinoda, Rob Bourdon, Brad Elson, Dave Farrell, dan Joe Hahn. 

Linkin Park juga sempat beberapa kali berganti nama, antara lain Xero, Hybrid Theory, hingga nama Linkin Park saat ini. Istilah Linkin Park sendiri merupakan plesetan  dari nama sebuah taman di Los Angeles, Lincoln Park. Grup musik ini sudah mengeluarkan sekitar 8 album dalam perjalanan bermusiknya. Namun, kabar duka menghampiri Linkin Park di tengah-tengah kesuksesan karier mereka. Pada tahun 2017, Chester meninggal dengan cara bunuh diri di rumahnya di California. Sontak, kematian Chester meninggalkan duka yang mendalam bagi para anggota Linkin Park dan para fans di seluruh dunia.

Nah, jujur saya sendiri juga senang dengan lagu-lagu Linkin Park sejak masih SMP. Khususnya ketika saya sedang down dan depresi, teriakan Chester dalam lagu-lagunya seolah membangkitkan semangat saya dan menyadarkan saya bahwa hidup memang terkadang keras. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini saya pengen mengulas lagu-lagu terbaik Linkin Park yang bisa didengarkan sembari mengenang sosok Chester Bennington.

1. In The End


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang perjuangan seseorang yang sudah berusaha sekuat tenaga dan mengerahkan segala hal yang ia punya hingga dia mampu melangkah jauh. Ia pun bahkan sampai kehilangan banyak hal. Namun, ia merasa pada akhirnya hal itu bukanlah masalah. Paling tidak, dia sudah mencoba meski hasilnya berantakan.

2. From The Inside


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang tidak tahu lagi kepada siapa lagi dia harus percaya. Hal ini disebabkan oleh kekecewaannya karena mungkin telah ditipu oleh seseorang. Tidak masalah jika segala sesuatu darinya telah diambil dan hilang sia-sia karena dia telah berjanji bahwa dia tidak akan percaya lagi terhadap orang yang mengkhianatinya.

3. Shadow of The Day


source: en.wikipedia.org

Lagu ini ditulis oleh Chester Bennington pada tahun 2007. Cerita dari lagu ini berkisah tentang seseorang yang mengalami perjalanan yang sulit dalam beberapa periode waktu tertentu. Ia merasa berada pada sebuah keadaan yang tidak menguntungkan dan tidak ada yang berpihak padanya. Ia merasa selalu terjebak pada masalah dan susah menemukan solusi dan hidupnya seolah-olah berada di abwah bayangan yang kelabu.

4. Crawling


source: en.wikipedia.org

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengalami trauma dan depresi yang berkepanjangan. Lagu ini mungkin juga mewakili perasaan Chester yang pernah mengalami masa lalu yang buruk karena dulu dia pernah menjadi korban pelecehan seksual dan korban bullying. Ia merasa luka-luka lama itu tidak akan hilang dan akan menghantuinya kapanpun.

5. What I’ve Done


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang pengakuan serta penyesalan seseorang atas kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu. Dia ingin jujur dengan dirinya sendiri dan ingin memperbaiki kesalahan tersebut. Ia ingin menjadi orang yang lebih baik dan berharap agar kesalahan itu tidak diungkit-ungkit lagi. Oleh sebab itu, ia ingin memulai segalanya dari awal.

Baca juga: 8 Lagu Coldplay yang Enak Didengarkan

6. Leave Out All The Rest


source: amazon.com

Lagu ini bercerita tentang sebuah permintaan maaf kepada seseorang yang dicintainya. Seseorang di lagu ini berharap bahwa jika waktu kematiannya sudah tiba, kekasihnya akan memaafkan segala kesalahannya dan semoga dia menemukan alasan untuk dikenang. Ia juga meminta agar kekasihnya tidak lagi marah dan tetap mengingatnya ketika kekasihnya merasa hampa.

7. Heavy


pinterest.com

Lagu ini juga termasuk salah satu lagu Linkin Park yang bercerita tentang depresi. Sesuai dengan judulnya, seseorang di lagu ini merasa begitu berat menghadapi beban dan tekanan kehidupan. Ia merasa tidak bisa lepas dari jeratan gravitasi dan dia sendiri merasa gila karena memikirkan hal tersebut.

8. Faint


source: id.wikipedia.org

Lagu ini berusaha ungkapan hati seseorang yang merasa dikucilkan dan diabaikan oleh lingkungan sekitarnya. Ia merasa frustasi karena dia tidak dianggap oleh orang lain. Meskipun Linkin Park membawakan lagu ini dengan musik yang keras dan penuh teriakan, lirik lagu ini sebenarnya sangat sedih dan menggambarkan kesepian hati seseorang.

9. Breaking The Habit


source: caratulandia.net

Lagu ini mungkin bercerita tentang emosi dan kemarahan seseorang yang terjebak pada kebiasaan buruk yang menghancurkan kehidupannya. Ia sendiri tengah bertarung dengan dirinya sendiri untuk keluar dari kebiasaan tersebut. Ia merasa jengah karena dia tidak tahu harus bertarung dengan siapa, ia merasa marah tapi tidak tahu alasannya. Di satu sisi, ia juga sering melukai dirinya sendiri. Oleh sebab itu, dia ingin merubah kebiasaan buruk itu sekuat tenaganya.

10. Numb


source: id.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang mati rasa. Ia merasa sangat lelah dan terbebani dengan segala ekspektasi dari orang tua atau lingkungan yang membuatnya tertekan. Sampai-sampai ia merasa asing ketika berada di lingkungan sekitar dan tidak ada orang yang mempedulikannya. Melalui lagu ini, Linkin Park juga berpesan kepada kita untuk menjadi diri kita sendiri, bukan menjadi apa yang diinginkan oleh orang lain.

11. One More Light


source: youtube.com

Berbeda dengan lagu yang lainnya, lagu Linkin Park yang satu ini bercerita tentang seseorang yang peduli dengan permasalahan hidup orang lain. Dia merasa ingin membantu mengurangi rasa sakit orang yang sedang tertekan oleh permasalahan ketika yang lain tidak peduli bahkan apatis. Dia juga tidak ingin cahaya kehidupan seseorang itu meredup. Oleh sebab itu, dia akan membantu orang itu keluar dari masalahnya.

12. Battle Simphony


source: genius.com

Lagu ini bercerita tentang perjalanan panjang seseorang yang telah melalui banyak hal dalam kehidupannya. Dia pun berusaha menemukan jawaban atas segala pertanyaan yang menghampirinya dan dia masih belum menemukan jawaban tersebut. Di samping itu, dia pun mencari sebuah kedewasaan dan keberanian untuk menghadapi musuh-musuhnya (depresi atau hal yang menakutkan bagi dia). Simfoni di sini mungkin sebuah kiasan dari berbagai suara dukungan atau cacian yang membuat batinnya bergolak.

13. Not Alone


source: linkinpedia.com

Lagu ini merupakan lagu Linkin Park yang didedikasian untuk para korban bencana gempa di Haiti pada tahun 2010. Lagu ini berisi semangat dan pesan untuk para korban untuk mengikhlaskan segala hal yang hilang. Mereka tidak sendirian karena banyak orang di luar sana yang merasakan kehilangan serupa. Selalu ada cahaya dan harapan yang nanti akan menghampiri mereka di masa depan.

14. Burn It Down


source: en.wikipedia.org

Makna dari lagu ini cukup sulit untuk dipahami. Namun, kemungkinan besar lagu ini berkisah tentang pertentangan dari sebuah hubungan antara sepasang kekasih. Mereka selalu bertengkar dan berada dalam hubungan yang toxic sehingga menyebabkan hancurnya hubungan tersebut. Meskipun demikian, mereka kadang menyesal dan ingin memulai kembali hubungan itu dari awal. Dan siklus itu pun terjadi berulang-ulang.

15. Waiting for The End


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang berada di ambang sebuah kehancuran atau hendak menemui akhir. Dia merasa apa yang ingin dia capai gagal dan ia berusaha menerima sesuatu itu sekuat yang ia mampu. Dia tahu caranya untuk melanjutkan hidup, tapi tetap saja rasanya sangat sulit untuk membohongi dirinya sendiri. Ikhlas adalah satu-satunya cara yang bisa ia lakukan.

16. New Divide


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang hubungan sepasang kekasih yang sudah mulai retak. Salah satu dari pasangan itu meminta agar pasangan yang lain dapat menunjukkan kesalahannya sehingga ia benar-benar mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Di satu sisi, ada lirik lagu ini yang mengisyaratkan bahwa kekasihnya bisa mendapatkan pengganti yang layak dan menjalani bagian baru dalam kehidupan yang berarti mereka harus berpisah dan memulai jalan masing-masing.

17. Castle of Glass


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bermakna tentang kerapuhan hati seseorang yang seperti kaca yang rentan retak kapanpun apabila terkena benturan sedikit. Ia ibarat pecahan kaca yang tak ada apa-apanya dibandingkan dengan istana kaca yang sangat luas. “Istana kaca” disini mungkin sebuah metafora dari dunia yang sangat luas. Karena ia hanya pecahan kaca, maka tak ada sesuatu yang bisa dia banggakan untuk dilihat oleh orang lain.

18. Papercut


source: en.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang pergolakan batin seseorang. Dia merasa bahwa ada sesuatu yang salah pada dirinya. Ia merasakan siang seperti malam dan dia dihinggapi ketakutan. Ia merasakan ada sisi lain dari dalam dirinya yang sering menuding kesalahan-kesalahannya. Lagu ini mungkin cocok untuk orang-orang yang kurang percaya diri dan merasa ragu dengan dirinya sendiri.

19. Somewhere I Belong


source: id.wikipedia.org

Lagu ini berkisah tentang seseorang yang merasa bersalah. Dia dihantui oleh rasa sakit serta penyesalan atas perbuatannya itu. Dia merasa dirinya sangat hampa dan dia ingin melepaskan diri dari hal tersebut. Ia ingin sembuh dan dia mencari tempat yang tepat dimana dia seharusnya berada. Lagu ini juga berpesan bahwa kita selalu membutuhkan dukungan serta bantuan orang lain untuk keluar dari depresi yang berkepanjangan.

20. Nobody Can Save Me


source: youtube.com

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang dilanda depresi atas permasalahan hidup. Untuk keluar dari permasalahan itu, dia melampiaskannya dengan cara-cara yang terlarang, seperti meminum minuman keras. Dia pun merasa bahwa tidak ada yang dapat menyelematkannya saat ini. Lagu ini mungkin juga sebuah ungkapan hati Chester yang merasa bahwa tidak ada lagi orang yang mampu menyelamatkannya.

21. Final Masquerade


source: id.wikipedia.org

Lagu ini bercerita tentang sebuah hubungan sepasang kekasih yang sudah mendekat akhir. Kenyataannya, mereka tidak lagi saling terbuka dan menyamar dengan topeng mereka masing-masing. Ada banyak pertengkaran yang terjadi dan terlalu banyak sandiwara yang mereka mainkan. Kenangan lama yang indah pun berubah menjadi bayang-bayang yang akan menimbulkan luka. Dan perpisahan kemungkinan adalah jalan satu-satunya untuk mengakhiri hubungan yang sudah tidak mampu dipertahankan itu.

****

Nah, mungkin itu saja ya gaes beberapa lagu Linkin Park yang terbaik sepanjang masa. Penafsiran dari lirik lagu di atas murni dari pendapat penulis sendiri berdasarkan berbagai referensi dari internet. Mungkin sobat sekalian punya penafsiran tersendiri.

Akhir kata, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Thanks.


EmoticonEmoticon