Pengalaman Nabung dan Cetak Emas di Aplikasi Tamasia

Investasi merupakan salah satu kegiatan penting dan bermanfaat buat finansial kita di masa depan. Dibandingkan menghambur-hamburkan uang kita untuk hal yang kurang penting, alangkah baiknya jika kita menggunakan uang kita untuk berinvestasi.

Akan tetapi, mungkin banyak dari kita yang bingung untuk berinvestasi. Ada banyak produk yang cocok untuk investasi, seperti saham, properti, emas, dan aset sejenisnya yang memiliki peningkatan nilai dari waktu ke waktu.

Buat kalian yang masih bingung, mungkin kalian bisa memulai berinvestasi dengan membeli emas. Seperti yang kita tahu, emas merupakan logam mulia yang sangat bernilai dan harganya terus semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat grafik perkembangan harga emas yang dilansir dari goldprice.org berikut ini.

 

Melihat perkembangan harga emas yang seperti itu, kita bisa mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi emas mulai dari saat ini.

Saya sudah berpikir untuk mulai berinvestasi kecil-kecilan sejak lama, tetapi hal itu baru terealisasikan pada akhir tahun 2019. 

Dari berbagai pilihan investasi, saya memilih emas sebagai produk investasi saya atas dasar beberapa pertimbangan, seperti cara investasi yang praktis, sesuai dengan budget saya yang masih kerja paruh waktu, dan lain-lain.

Suatu ketika pas saya ngopi dengan temen kuliah dari jurusan Ekonomi, dia merekomendasikan saya untuk mulai nabung di aplikasi Tamasia. Katanya, emas yang kita tabung di Tamasia bisa kita cetak dan dikirim ke rumah.

Hal itu membuat saya pun tertarik dengan aplikasi ini. Saya mencoba mencari tahu lebih lanjut tentang aplikasi ini hingga saya pun mantap untuk mulai menabung emas di Tamasia. Sampai hari ini, Alhamdulillah saya masih aktif menabung di Tamasia.

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya selama menabung Tamasia. Langsung saja yuk kita masuk ke pembahasan!

Apa itu Tamasia?

Di lansir dari situs resminya, Tamasia merupakan sebuah platform investasi emas secara online yang diluncurkan oleh PT Tamasia Global Sharia. Melalui aplikasi ini, kita bisa membeli emas minimal senilai Rp 10.000 kapanpun dan di manapun.

Emas yang kita tabung di sini bisa kita jual atau transfer ke orang lain dan bisa juga kita cetak guys. Selain itu, emas yang dicetak itu telah bersertifikat Antam dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia.

Apakah Tamasia aman dan terpercaya?

Tentu saja, Tamasia aman dan terpercaya. Sebagai bukti, Tamasia telah terdaftar di KEMKOMINFO dan diawasi oleh BAPPEPTI. Nggak hanya itu aja, Tamasia telah menjalin kerja sama dengan banyak mitra, seperti PT Antam Tbk, Jenius, OVO, Dinar Mulia, Alfamart, Pos Indonesia, dan SuccesBefore30.

Saya pribadi telah mencetak emas yang saya tabung di Tamasia. Oleh karena itulah, saya ingin merekomendasikan aplikasi ini kepada sobat sekalian karena investasi emas di Tamasia bisa dipastikan aman dan tidak abal-abal.

Fitur apa sajakah yang ada dalam aplikasi Tamasia?

Dalam aplikasi ini, ada beberapa fitur utama yang bisa mendukung kita dalam melakukan transaksi jual beli emas. Untuk lebih jelasnya, kita bisa lihat berikut ini.

1. Beli Emas

Kita bisa membeli emas sesuka hati kita dan sesuai dengan budget yang kita miliki. Minimal pembelian emas di aplikasi ini adalah Rp 10.000 sepeti yang saya singgung sebelumnya.

Selain itu, berapapun nominal yang kita keluarkan nanti akan langsung dikonversi ke dalam gram emas. Untuk pembayarannya, ada beberapa metode pembayaran yang bisa kita pilih salah satu, yaitu transfer bank (melalui Virtual Account), Kantorpos, Jenius Pay, OVO, Paytren, LinkAja, GO-PAY, Shopeepay, Alfamart, Alfamidi, dan DAN+DAN.

Untuk setiap pembayaran, kita nanti akan dikenakan biaya transfer atau biaya admin tergantung dari metode pembayaran yang kita pilih. 

Kalau saya pribadi, biasanya saya melakukan pembayaran melalui transfer bank BRI dengan biaya transfer sebesar Rp 3.000.

2. Jual Emas

Kalau kita bisa beli emas, tentu kita bisa menjualnya kembali dong. Akan tetapi, kita harus memiliki saldo emas sebesar 1 gram agar kita bisa menjual emas kita untuk pertama kalinya. Sejujurnya, saya tidak merekomendasikan untuk menjual emas kalian karena tujuan utama kita nabung emas kan buat investasi hehe.

3. Transfer Emas

Tamasia memiliki fitur transfer emas yang membuat kita bisa mengirim emas kita ke orang lain. Caranya sangat mudah karena kita tinggal memasukkan nomor HP penerima dan nominal emas yang hendak kita kirim. 

Meskipun demikian, saya pribadi belum sempat mencoba fitur ini karena saya fokus menabung emas untuk diri sendiri.

4. Cetak Emas

Fitur yang paling menarik dari Tamasia adalah fitur cetak emas. Setelah kita berhasil menabung emas dalam jumlah banyak, kita bisa mencetaknya loh buat kita simpan sebagai aset kita di masa mendatang.

Di Tamasia, ada pilihan cetak emas dengan berbagai pilihan, mulai dari 0,5 gram hingga 500 gram. Selain itu, kita bisa mencetak emas yang kita tabung dalam bentuk Dinar. Menarik, kan?

Kalau kita ingin mencetak emas, kita harus membayar biaya cetak sesuai dengan pilihan emas yang kita cetak. Berikut ini adalah harga cetak emas berdasasarkan situs resmi dari Tamasia per 12 November 2020.

Ada beberapa opsi yang bisa kita pilih untuk mengambil emas yang telah dicetak. Kita bisa mengambilnya ke kantor PT Tamasia Global Sharia jika memungkinkan. Selain itu, kita bisa mengambilnya di Kantor Pos atau dikirim melalui jasa kurir (RPX/FinFleet).

Kalau kita memilih opsi pengambilan emas melalui Kantor Pos atau jasa kurir, kita diwajibkan untuk membayar biaya pengiriman. Saya pribadi dulu memilih opsi Kantor Pos karena lebih murah dan praktis menurut saya.

Ketika emas saya sudah sampai di Kantor Pos, saya waktu itu ditelpon oleh petugas Kantor Pos. Kemudian, saya langsung menuju ke Kantor Pos terdekat untuk mengambil emas saya. 

Pada saat itu, emas yang saya cetak sebesar 0,5 gram. Berikut ini adalah bukti foto dari emas yang sudah saya cetak melalui Tamasia dan telah bersertifikasi Antam.

Selain fitur-fitur utama di atas, ada fitur lain di Tamasia yang menyajikan grafik perkembangan emas dalam beberapa bulan terakhir. 

Grafik tersebut memudahkan kita untuk melihat statistik harga emas dari waktu ke waktu.

Bagaimana cara daftar di Tamasia?

Setelah kalian membaca ulasan saya sebelumnya, apakah kalian tertarik untuk ikut menabung emas di Tamasia?

Buat kalian yang tertarik, langsung aja yuk daftar di aplikasi Tamasia. Caranya cukup mudah dan enggak ribet kok.

Pertama, kalian harus download dulu aplikasi Tamasia di Google Playstore

Setelah itu, kalian buka aplikasinya dan kalian nanti akan diminta untuk memasukkan nomer HP kalian. Pihak Tamasia nanti akan mengirimkan kode OTP kepada kalian.

Setelah melewati proses tersebut, kalian sudah bisa membeli emas loh guys.

Akan tetapi, kalian perlu melengkapi beberapa persyaratan pendaftaran agar akun kalian terverifikasi dan memudahkan kalian untuk bertransaksi ke depannya, seperti jual emas dan cetak emas. 

Persyaratannya cukup mudah kok. Kalian hanya harus melengkapi beberapa informasi yang diperlukan, yaitu identitas data diri, alamat email, KTP dan foto selfie dengan KTP, nama ibu kandung, dan rekening bank. 

Setelah itu, kalian tinggal menunggu proses verifikasi yang berlangsung selama kurang lebih 2x24 jam.

Jika kalian berkenan, kalian bisa memasukkan kode referal saya berikut ini VHB2AAR pada saat mendaftar nanti. Semoga nanti bisa menjadi berkah ke sobat sekalian. Aamiin.

Penutup

Sebagai tambahan informasi buat sobat, akun kita akan memasuki masa tenggang jika kita tidak melakukan transaksi beli emas selama 5 bulan berturut-turut di Tamasia.

Setelah masa tenggang kalian berakhir, kalian akan dikenakan biaya dorman sebeser 0,01 gram. 

Namun, sobat enggak perlu khawatir dengan hal ini karena sobat hanya perlu membeli mas secara rutin, paling tidak Rp. 10.000 aja tiap bulan.

Selama kita punya tekad yang kuat untuk berinvestasi, tentu hal itu bukanlah halangan bagi kita. 

Mungkin, sekian dulu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sukses luar biasa!

Previous Post Next Post

Contact Form