Tips-Tips yang Dapat Kita Lakukan untuk Meningkatkan Self-Improvement

source: trendingnews.news

Halo, gaes! Jumpa lagi bersama saya MogiMogy di sini. Pada kesempatan kali ini, saya pengen membagikan tips-tips ampuh yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan self-improvement pada diri kita.

Mungkin sebagian dari Sobat masih bingung, apa sih yang dimaksud dengan self-improvement? So, self-improvement merupakan segala upaya atau kegiatan yang dapat meningkatkan potensi pengembangan diri seseorang ke arah yang lebih baik. Self-improvement ini penting untuk kita pahami dan kita lakukan dalam hidup kita karena tanpa hal itu kita akan menjadi pribadi yang biasa-biasa aja dan mungkin kita akan stuck di situ-situ aja.

Baik, langsung saja yuk kita bahas bersama-sama beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan self-improvement.

1. Rutin Membaca Quotes Positif di Media Sosial

Tips pertama yang dapat kita lakukan adalah rajin membaca quotes atau kata-kata positif di media sosial. Kegiatan ini mungkin terdengar sepele, tetapi kegiatan ini punya manfaat yang luar biasa apabila kita terbiasa melakukannya.

Meskipun quotes-quotes positif terkadang seperti abal-abal, tetapi quotes tersebut dapat membangun mindset kita menjadi lebih positif dan optimis. Kita jadi lebih percaya diri dengan diri kita dan kita akan semangat mengejar tujuan-tujuan dalam hidup kita. Selain itu, sobat juga dapat membagikan quotes positif itu ke teman-teman kalian melalui story di Instagram atau Whatsapp sehingga pemikiran positif itu dapat ditularkan ke teman-teman sobat.

So, buat Sobat yang saat ini masih menggunakan medsos untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, alangkah baiknya jika Sobat mulai mem-follow akun-akun kata bijak atau motivasi yang ada di medsos.

2. Tonton Video Motivasi yang Berkaitan dengan Pengembangan Diri

Tips kedua yang dapat sobat lakukan ialah menonton video-video motivasi di media sosial. Sobat jangan hanya menonton vlog-vlog atau konten yang sifatnya senang-senang aja karena manfaat dari menonton konten semacam itu tidaklah banyak, malah justru kegiatan itu akan membuang-buang waktu sobat yang berharga.

Jika sobat ingin berkembang, sobat perlu menonton tayangan-tayangan yang lebih positif. Ada banyak channel Youtube atau akun IG yang berisi video-video motivasi, seperti channel Merry Riana, Succesbefore30, dan masih banyak lagi. Dengan menonton video motivasi, Sobat dapat belajar banyak hal yang bisa menjadi rangsangan positif untuk perkembangan diri sobat.  

3. Buat To Do List

Tips selanjutnya adalah membuat to do list atau daftar impian yang hendak sobat capai dalam hidup sobat. Menulis mimpi dan tujuan hidup itu penting karena hal itulah yang akan memacu sobat dalam melangkah dan mengambil setiap keputusan dalam hidup kita.

Hidup sobat juga akan lebih terarah dan sobat tahu apa yang harus sobat lakukan untuk menggapai mimpi-mimpi itu. Secara tidak langsung, hal itu juga akan membuat sobat berkembang ke arah yang lebih baik. Di samping itu, penelitian juga sudah membuktikan bahwa mimpi yang ditulis dalam selembar kertas memiliki peluang yang lebih besar untuk menjadi kenyataan jika dibandingkan dengan mimpi yang hanya ada dalam angan-angan. So, pikirkan apa mimpi sobat saat ini dan tulis dalam selembar kertas.

Baca juga: Tips-Tips Menulis Cerpen yang Asik dan Menarik

4. Cari Teman atau Komunitas yang Positif

Lingkungan termasuk salah satu faktor yang membentuk karakter seseorang. Oleh sebab itu, jika sobat ingin mengembangkan diri sobat, carilah teman atau komunitas yang positif dan sesuai dengan diri sobat. Pilihlah teman-teman yang mendukung cita-cita serta impian sobat. Selain itu, carilah teman-teman yang memiliki pandangan hidup visioner.

Apabila saat ini sobat berada pada lingkungan yang toxic, yang tidak mendukung impian sobat dan malah mencibir keinginan sobat, lebih baik sobat meninggalkan lingkungan yang seperti itu karena sobat tidak akan berkembang nantinya. Sobat tidak perlu memiliki teman yang banyak-banyak, cukup pertahankan beberapa teman yang benar-benar mengerti sobat.
Ingat juga pepatah lama, jika sobat berteman dengan para penjual parfum, sobat akan tertular wangi parfum tersebut. Namun, apabila sobat berteman dengan penjual ikan di lautan, tentu sobat akan tertular bau amis dari ikan tersebut.

5. Aktif Berdiskusi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pebanyaklah berdiskusi dengan teman sobat atau kenalan sobat karena itu akan sangat baik bagi perkembangan diri sobat. Dengan berdiskusi, cakrawala pemikiran sobat akan terbuka karena selalu ada hal baru yang bisa dapat pelajari setelah berdiskusi dengan orang lain.

Sobat juga akan mendapatkan berbagai macam perspektif pemikiran karena setiap orang itu selalu punya pandangan yang berbeda dalam menyikapi sesuatu. Di samping itu, sobat akan belajar juga untuk menghargai pendapat orang lain, meskipun kadangkala pendapat orang lain tidak sejalan dengan pendapat kita.

6. Rajin Membaca Buku yang Berkualitas

Tips selanjutnya yang bisa sobat lakukan untuk mengembangkan diri sobat adalah membaca buku. Buku ialah jendela dunia. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan ketika membaca buku. Kita dapat menambah wawasan kita sekaligus membuat pemikiran kita berkembang. Apalagi kalau kita membaca buku-buku yang berkuatlitas, seperti buku motivasi, kisah sukses pengusaha, dll.

Selain itu, membaca buku juga dapat menjadi salah satu hobi yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu yang bermanfaat. Hal itu tentu lebih baik bukan jika dibandingkan dengan bermain media sosial yang seringkali tidak ada manfaatnya buat kita.

7. Jalani Hobi atau Passion dengan Hati

Pasti sobat punya hobi atau passion yang saat ini tengah sobat geluti. Passion itu sangat penting bagi perkembangan diri sobat karena hal itu yang akan membentuk karakter dan mungkin akan membimbing sobat menuju jalan kesuksesan.

Apabila saat ini sobat sudah memiliki hobi atau passion, pertahankan dan terus kembangakan sesuai dengan kata hati sobat. Namun, buat sobat yang belum menemukan passion hingga saat ini, jangan patah semangat. Teruslah belajar hal-hal baru yang positif bagi sobat dan apa yang paling sobat sukai, kemungkinan besar itu adalah passion sobat.

8. Rutin Berolahraga

Tips selanjutnya ialah rutin berolahraga. Selain mengembangkan pemikiran yang positif, tentu sobat juga perlu menjaga fisik sobat agar tetap fit dan bugar dalam beraktivitas. Sobat bisa mengatur jadwal berolahraga. 

Meskipun tidak rutin setiap hari, paling tidak sobat bisa berolahraga seminggu sekali atau dua kali. Yang paling penting, sobat bisa mengeluarkan keringat, entah itu dengan cara lari-lari keliling kampung, sepak bola bareng teman, atau senam bareng ibu-ibu hehe.  

9. Menjaga Pola Makan Sehat

Selain berolahraga, sobat juga perlu mengatur apa yang sobat makan untuk hidup sehat. Sobat perlu memilih makanan. Jauhi junk food dan minuman bersoda yang sekiranya kurang baik untuk kesehatan.

Jangan lupa juga makan dengan nutrisi yang seimbang, ada sayuran, karbohidrat, protein, dsb. Pola makan yang sehat dan teratur akan membuat tubuh sobat sehat dan tidak gampang down.

10. Perbanyak Ibadah dan Bersyukur

Tips terakhir yang bisa saya bagi buat sobat adalah memperbanyak ibadah dan rasa syukur terhadap Tuhan. Semakin banyak beribadah, sobat akan semakin merasa dekat dan tenang. Sobat juga akan lebih sigap dalam menghadapi kehidupan dan tidak gampang goyah apabila menemukan permasalahan dalam hidup. 

Dengan memperbanyak beribadah, hidup sobat juga akan lebih tentram dan Tuhan akan mempermudah jalan sobat ke depan. Satu lagi, selalu bersyukur atas apapun yang Tuhan berikan dalam hidup sobat karena bersyukur akan membuat hidup sobat terasa bahagia dan selalu cukup.
*****
Nah, mungkin itu saja beberapa tips yang bisa saya bagi untuk meningkatkan self-improvement pada diri kita sobat. Saya yakin, masih ada banyak kegiatan atau tips lain yang dapat mendukung perkembangan diri seseorang, selain kesepuluh tips di atas. Mungkin sobat juga punya tips lain, bisa ketik di kolom komentar.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon