8 Pelajaran Penting yang Dapat Kita Ambil dari Permainan Catur


pixabay.com

Catur merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan strategi dan pikiran. Permainana ini memanfaatkan papan hitam putih berselang-seling dan juga bidak catur yang berjumlah 32 (16 bidak putih dan 16 bidak hitam). Bidak-bidak tersebut terdiri dari 1 raja, 1 ratu, 2 menteri, 2 kuda, dan 2 benteng. 

Selama permainan berlangsung, para pemain menggerakkan bidak-bidak tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku. Setiap pemain menyusun strategi dan memikirkan langkah agar bisa memenangkan pertandingan. Apabila pemain dapat membuat skakmat lawan, dialah yang nanti akan menjadi juara pertandingan.

Nah, sobat sekalian, pernah nggak sih kita merenung lebih dalam terkait permainan catur ini? Ada banyak pelajaran lho yang bisa kita petik dari permainan ini. Untuk itulah, saya menulis artikel kali ini. Langsung saja yuk kita bahas bersama, apa saja pelajaran-pelajaran penting dari permainan catur ini.

1. Penyusunan Strategi yang Matang

pixabay.com

Dalam pertandingan catur, penyusunan strategi yang matang itu sangat penting bagi para pemain. Tanpa strategi yang jelas, ritme permainan akan berantakan dan pemain akan dengan mudah dikalahkan oleh lawan. Oleh sebab itu, para pemain tidak serta merta bergerak secara sembarangan. Selalu ada pertimbangan juga strategi yang telah disusun untuk mencapai kemenangan.

Pelajaran ini dapat kita praktikkan dalam hidup kita pada beragam situasi. Ketika kita ingin mencapai suatu target atau kemenangan, maka kita harus menyusun strategi yang berpotensi untuk mendekatkan kita pada sesuatu yang ingin kita capai.

Semisal, ketika kita ingin diterima di sebuah perguruan tinggi ternama, kita harus mempersiapkan banyak hal dan tidak melangkah secara asal-asalan. Kita harus belajar rutin, mengulik informasi tentang perguruan tinggi tersebut, dan mengamati berapa pesaing kita di luar sana sehingga peluang kita untuk diterima di sana menjadi lebih besar.

2. Mengamati Pergerakan Musuh

pixabay.com

Selama permainan berlangsung, para pemain sangat berhati-hati dengan pergerakan lawan. Mereka tidak hanya fokus pada strategi mereka, tetapi juga memprediksi gerak-gerik lawan. Jika pemain itu ceroboh dan melewatkan sesuatu, bisa jadi ritme permainan akan dikacaukan lawan dan itu akan mendekatkan dia kepada kekalahan. Oleh sebab itu, mengamati pergerakan lawan adalah hal yang wajib dilakukan oleh para pemain.

Dalam hidup, kita pun harus demikian, khususnya dalam sebuah pertandingan atau kompetisi. Kita harus tahu dengan siapa kita bertanding. Kita harus tahu bagaimana sepak terjang sekaligus pergerakan mereka karena informasi mengenai musuh atau saingan itu sangat penting untuk keberhasilan kita.

Jika kita menjalankan sebuah bisnis, kita harus tahu kapabilitas pesaing kita. Dengan itu, kita bisa memikirkan langkah yang lebih baik dalam menarik konsumen agar mereka lebih senang dengan produk kita.

3. Timing yang Tepat, Kapan Harus Maju dan Mundur

pixabay.com

Dalam menjalankan bidak catur selama permainan berlangsung, pemain tidak bisa bergerak secara asal-asalan. Dia harus dengan hati-hati menjalankan bidak tersebut sesuai strategi yang ia buat. Adakalanya, bidak tersebut bergerak maju memasuki pertahanan lawan dan adakalanya bidak tersebut harus mundur dan kembali ke daerah pertahanan sendiri. Yup, menentukan timing yang tepat dalam bergerak juga merupakan bagian dari permainan.

Dalam suatu proses kehidupan, timing merupakan hal yang perlu kita perhatikan. Kita harus tahu kapan kita harus terus melaju atau mungkin berhenti sejenak sebelum melanjutkan langkah. Di samping itu, kita juga harus tahu kapan kita harus mundur. Dengan mengetahui timing tersebut, kita bisa menjadi lebih bijak dalam melangkah.

4. Mengatur Sinergi antar Bidak Selama Permainan

pixabay.com

Semua bidak dalam permainan catur itu pada dasarnya saling bersinergi. Sinergi antar bidak dalam hal ini berarti peran atau posisi bidak di sini yang saling berkaitan. Jadi, para bidak yang digerakkan oleh para pemain memiliki tugas mereka masing-masing. Di samping itu, bidak-bidak ini juga saling melindungi dari serangan musuh, semisal benteng yang melindungi ratu ketika hendak menyerang atau mungkin kuda yang melindungi raja ketika diincar oleh bidak musuh.

Pelajaran yang bisa kita petik dari hal ini adalah kita perlu menyinergikan segala hal yang ada di sekitar kita. Misalkan, kita saat ini memiliki waktu luang, hobi, pekerjaan, relasi dll. Apabila kita bisa membuat semua hal itu bersinergi, tentu hal itu akan membuat hidup kita lebih baik.

5. Pion Dapat Menjadi Superior

pixabay.com

Sepintas, pion merupakan bidak yang paling lemah karena dia hanya bisa berjalan maju satu langkah. Namun, jangan salah. Keberadaan pion ini jika dimanfaatkan dengan baik dapat mengalahkan bidak-bidak lawan yang tangguh. Di samping itu, pion yang mampu melangkah sampai deret baris terakhir dapat naik jabatan menjadi benteng, kuda, menteri, atau bahkan setingkat ratu.

Kita sebagai manusia pun juga demikian. Kita mungkin saat ini biasa-biasa aja dan terlihat tidak spesial. Apabila kita mampu memaksimalkan potensi yang ada pada diri kita, kita nanti pasti akan naik level dan menjadi apa yang kita impikan, entah itu jadi pengusaha sukses, aktor, penulis, dsb.

6. Pengorbanan Terkadang Diperlukan untuk Mencapai Kemenangan

pixabay.com

Untuk mencapai kemenangan, terkadang para pemain harus mengorbankan bidak-bidaknya. Hal itu merupakan sebuah konsekuensi dari jalannya duel. Mau tidak mau, dia harus mengorbankan bidak yang dapat membantunya selangkah lebih dekat dengan kemenangan. Tanpa pengorbanan, mustahil kemenangan dapat dicapai.

Hidup pun juga demikian. Untuk menggapai apa yang kita cita-citakan, kita pun harus rela mengorbankan banyak waktu, tenaga, biaya, juga bahkan momen-momen berharga bersama orang terdekat kita. Namun, yakinlah bahwa semua pengorbanan itu akan membuahkan hasil.

7. Bersikap Tenang pada Situasi yang Tak Terduga

pixabay.com

Bersikap tenang merupakan hal yang tak kalah penting untuk dimiliki pemain catur. Seringkali, mereka harus berhadapan dengan situasi yang tidak terduga, seperti kehilangan ratu atau mungkin bidak-bidak berharga yang lain. Atau bahkan ketika raja sedang dipojokkan oleh bidak-bidak musuh. Setiap pemain harus bersikap tenang dalam menghadapi situasi tak terduga semacam ini.

Dalam hidup pun kita juga sering dihadapkan dengan keadaan semacam ini, kita mungkin sering khawatir dan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita memerlukan ketenangan dalam kondisi semacam ini agar pikiran kita tetap jernih dan kita mampu menemukan solusi atas masalah yang kita hadapi.

8. Jika Kita Gagal dalam Satu Pertandingan, Masih Ada Next Match yang Dapat Kita Menangkan

pixabay.com

Tidak semua pemain dapat memenangkan semua pertandingan. Adakalanya dia harus gagal ketika menghadapi musuh yang memang lebih kuat dari dirinya. Namun, itu bukan menjadi alasan untuk dia berhenti bermain catur. Hal itu menandakan bahwa dia masih perlu belajar agar bisa memenangkan pertandingan selanjutnya.

Kegagalan dalam hidup kita pun konsepnya demikian. Jika kita gagal hari ini, kita masih punya kesempatan untuk menang di kemudian hari. Selama kita mau belajar, berdoa dan berusaha, saya yakin pasti ada jalan untuk meraih kemenangan.

****

Nah, mungkin itu saja ya beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan catur. Saya kira, hanya itulah yang bisa saya sampaikan dalam tulisan kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata atau kekurangan dari penulis yang kurang berkenan bagi sobat sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi. Thanks.


EmoticonEmoticon