Philopobhia (Takut Jatuh Cinta)

         

              
Pernah denger istilah tersebut ? mungkin ada yang baru denger istilah tersebut. Itu adalah sebuah istilah untuk orang yang takut jatuh cinta atau takut dengan semua hal yang berhubungan dengan cinta. Kata philo sendiri berarti cinta, dan pobhia artinya ketakutan.

Di dunia ini ada banyak macam pobhia, orang yang memiliki pobhia biasanya memiliki keresahan dan ketakutan ketika ia berada dalam kondisi tertentu. Misal, ada orang yang memiliki pobhia ketinggian, maka ia akan takut ketika berada ditempat yang tinggi. Jantungnya berdegup kencang, keringat membasahi sekujur tubuhnya, dan sebisa mungkin orang yang memiliki pobhia akan menghindari kondisi-kondisi atau penyebab dari pobhianya tersebut.

Orang yang takut jatuh cinta, biasanya memiliki kejadian yang tak diharapkan dalam menjalin hubungan cinta dengan orang lain. Ia mungkin pernah disakiti, dikhianati, atau faktor lain, sampai ia berada pada satu titik dimana ia telah kehilangan kepercayaan akan cinta. Hal itu yang mendasari seseorang sehingga ia menjadi pobhia terhadap cinta.

Dibawah ini ciri-ciri orang yang mengidap philopobhia:

1. Merasa resah ketika ada orang yang dekat dengannya, sebisa mungkin ia akan menghindar. Untuk alasan tertentu, mungkin ia takut tidak dapat memenuhi harapan orang yang mendekatinya.

2.Ada yang masih suka teringat mantan, menyimpan kenangan tentang mantan. Entah itu foto, ataupun kado dari dia. Kadang ia seringkali menangis dan menyesali masa lalunya.

3.Tak berani berkomitmen, karena ia selalu bertanya-tanya dalam hati apakah orang yang saat ini bersamanya adalah orang yang tepat.

4. Selalu berfikiran negatif dan pesimis ketika ada orang lain yang mencoba mendekat.

5. Memiliki rasa takut yang tak jelas ketika bersama orang yang ia sukai.

6.Ada keraguan dalam hati, apakah ia sudah pantas mencintai dan dicintai

7. Sering terjebak dalam masa lalu, meskipun ia sadar itu salah namun ia tidak mudah membuka hati untuk orang lain.

8. Saat telah memiliki orang yang dicintai, ia cenderung menghindar, kadang bersikap cuek seolah tidak memperdulikan orang tersebut, padahal dalam hati ia begitu memperhatikan orang yang dicintainya namun ia hanya tidak ingin menunjukkannya. Ia mengharapkan orang yang tak pernah menyerah menghadapi dirinya.

Itu tadi ciri-ciri orang yang memiliki philopobhia, jika anda merasa ada salah satu dari ciri-ciri tersebut yang melekat pada diri anda, mungkin anda termasuk orang yang memiliki philopobhia. Untuk solusinya, mungkin anda perlu belajar perlahan-lahan memahami sisi baik dari cinta.

Dan untuk anda yang mencintai dan memiliki perasaan terhadap orang yang memiliki philopobhia, anda harus bisa bersabar dan senantiasa membuat dia merasa nyaman dan merasa yakin bahwa anda bisa jadi pasangan yang baik untuk dia. Jangan malah pergi meninggalkan dia, karena itu hanya akan membuat dia lebih takut lagi terhadap cinta.

“Ada orang yang sangat ingin dipertahankan dan diperjuangkan bahkan meskipun dia berkata sangat ingin pergi karena pada dasarnya orang itu tidak ingin ditinggalkan karena itu mereka lebih cenderung pergi meninggalkan”



Sumber rujukan: likeavanillalatte.blogspot.com


EmoticonEmoticon