6 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton One Piece

1.Karakter yang Unik dan Beraneka Ragam



Dalam sebuah manga, karakter menjadi ikon penting dalam berjalannya cerita dari awal hingga akhir nanti. Ketika karakter-karakter dalam sebuah manga tidak memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, tentunya pembaca tidak akan bersemangat dong untuk membacanya.

Dalam serial One Piece, tokoh utamanya adalah Monkey D Luffy, orang yang bermimpi menjadi raja bajak laut dan kelak ia akan menduduki tahta tersebut. Ia bersama rekan-rekannya berlayar di Grand Line hingga ke ujung dunia, Raftel, yang konon disitulah One Piece (harta karun terbesar)  berada. Luffy memiliki kekuatan buah setan Gomu-Gomu, sehingga ia berubah  menjadi manusia karet.
            
Penggambaran karakter oleh pengarangnya, Eichiro Oda juga menjadi nilai plus dalam manga ini. Bagaimana tidak, adakalanya karakter yang dibuat oleh Oda terinspirasi dengan tokoh didunia nyata. Selain itu, masing-masing karakter mempunyai kekuatan yang berbeda-beda, hampir tidak ada satupun karakter yang berkekuatan persis dalam bertarung. Misalkan penggambaran tokoh Franky yang terinspirasi dari Jim Carrey, adalagi Peeply Lulu yang terinspirasi dari vokalis Queen, Enel yang mirip dengan Eminem.

Kekuatan karakter di One Piece, tidak sebatas pada satu macam genre, ada yang memakai buah setan, kekuatan fisik murni dan bela diri : Kenpo, Kapoera (Sanji), Karate, dan Free Fighter, spesial ability: sniper, samurai, ninja, assassins, hipnotis, bahkan ada robot juga didalam serial manga ini. Berikut beberapa tokoh yang terinspirasi dari dunia nyata.






2.Tempat di Dunia One Piece yang Mirip dengan didunia Nyata
            
Bukan hanya karakter yang menjadi salah satu pembaca setia menimati manga ini, tempat-tempat yang digambarkan oleh Oda, juga menjadi daya tarik utama. Ada beberapa tempat yang memang benar-benar ada didunia ini. Bisa dibilang Oda memang benar-benar jenius sebagai seorang mangaka.

Kita mulai dari arc Alabasta, sebuah negeri padang pasir dimana telah terjadi kudeta karena kekeringan panjang, mirip dengan negara Mesir. Ada lagi Pulau Jaya, yang terkenal dengan kota emas Shandora, suku yang masih primitif dan hutan belantara yang masih asri, bukankah ini mirip dengan pulau Irian Jaya di Indonesia. Dari nama pulaunya saja udah bisa dipastikan, hehe.
            
Water seven, kota air, mirip dengan kota Venice, Italy. Pulau Amazaon Lilly dengan Kuil Hanging in Negara Hunyuan, Kota Datong, Provinsi Shanxi, China. Dan masih banyak yang lainnya. Pulau Sabaody, yang juga mirip dengan hutan bakaunya Indonesia. Dan yang paling baru adalah Pulau Zou, pulau yang berbentuk seperti gajah, dan itu benar-benar ada didunia nyata. Berikut beberapa tempat di dunia One Piece yang juga mirip didunia nyata :






Baca juga: 44 Tempat di One Piece yang Mirip dengan Dunia Nyata

3. Atmosfer Cerita yang Dinamis (Romance, Drama, Action, Adventure)
            
Ini yang paling membuat manga ini masih asik diikuti dari dulu sampai sekarang. Padahal bukan hal yang mudah membuat para penggemar itu tetap tertarik membaca sebuah manga, apalagi manga ini sudah memasuki chapter ke 820. Namun dichapter yang terbaru kemarin, banyak hal yang mulai terkuak. One Piece mendekati titik akhir dari keseluruhan cerita.
            
Apabila kalian mengikuti serial ini dari awal, mungkin bukan hal yang aneh bila kalian tertawa sendiri, bersemangat, dan menangis sejadi-jadinya. Kalian mungkin akan tertawa apabila melihat kekonyolan dari Luffy, dan teman-temannya yang juga memiliki tingkah konyol. Usopp yang suka berbohong, Zoro yang suka tersesat, Sanji yang maniak perempuan, dan tentu banyak lagi jokes-jokes yang ada didalam cerita. Berbalut bumbu petualangan, yang makin lama makin menegang karena lawan yang dihadapi saat ini bukanlah lawan yang sembarangan. Mereka penguasa lautan yang harus dihadapi Luffy untuk menggapai mimpinya menjadi raja bajak laut.


Baca Juga: 25 Adegan Terbaik One Piece
            
Namun adakalanya cerita ini berubah menjadi drama yang menguras air mata. Misalkan ketika pemakaman kapal Going Merry, kapal pertama yang menemani perjalanan Luffy dalam mengarungi Grand Line. Berpisahnya kelompok Topi jerami di pulau Shabaody. Lalu adalagi kematian kakak dari Luffy, Portgas D Ace, dimana ia harus mengorbankan nyawanya demi melindungi Luffy dari ancaman musuh yang kuat.
            
Belum lagi ada flashback dari salah satu kru Luffy. Kadangkala juga menguras airmata, seperti kisah Zoro yang kehilangan teman baiknya sewaktu kecil, Nami yang kehilangan ibunya atas kekejaman bajak laut Arlong, Robin yang hidup sendiri karena kampung halamannya disapu habis oleh tangan-tangan keji angkatan laut, Sanji yang berhutang budi kepada Zeff, janji seorang laki-laki antara Brook dan Laboon (seeokr paus) selama lima puluh tahun. Masih ada banyak part dimana cerita ini berubah menjadi moment yang mengharukan.
            
Kadangkala Oda juga menggambarkan realitas sosial yang terjadi didunia nyata kedalam ceritanya, seperti para pemimpin yang korup, diskriminasi antar ras, penguasa yang diktato, bangsawan yang sombong. Dan yang paling penting, Oda sering banget memberikan kejutan diakhir chapter yang ia buat, pastinya bikin para fans penasaran.

Beberapa moment yang bikin nangis para fans :


Pemakaman Going Merry




Kekalahan SHP di Sabaody



Kematian Portgas D Ace



4.Pertarungan Yang Menegangkan
           
Memang kalau dibandingkan dengan manga yang lain seperti Bleach, dan HxH, dalam pertarungan One Piece emang gak sesadis kedua manga tersebut. Kalau misalkan di HxH potong kepala, ya dibuat scene nya, di Bleach potong lengan, ya dipotong lengannya, kesannya realistis. Tapi di One Piece enggak kayak gitu, Oda kalau membunuh karakter nggak sesadis itu, bertarung yang bertarung tapi gak mengandung unsur kanibalisme.
    
Kalau di One Piece, bertarung dengan menonjolkan kekuatan masing-masing. Kebanyakan gak ada pertarungan yang nggak adil di One Piece, semua pertarungan itu adil. Para karakter punya porsi masing-masing dalam pertarungan, kapten melawan kapten, pendekar pedang lawannya juga pendekar pedang. Tapi meskipun begitu, variasi jurus dan teknik yang digunakan masing-masing karakter membuat pertarungan mereka menjadi lebih menarik.
            
Contoh kasus pertarungan antara Luffy dan Rob Lucci, CP9. Mereka bertarung habis-habisan, sampai titik darah penghabisan, dengan gaya bertarung masing-masing. Luffy dengan teknik gear 2 dan gear 3, dan Lucci dengan kekuatan harimaunya , pertarungan ini bisa dikatakan seimbang, dan pada akhirnya Luffy lah pemenangnya. Adalagi pertarungan antara Es milik Aokiji dan Magma miliki Akainu, sehingga membuat tempat mereka bertarung terpecah menjadi dua sisi berlainan, disatu sisi dipenuhi salju dan es abadi, disisi yang lain daratan berubah menjadi volkano yang sangat panas.


Musuh-Musuh Luffy yang kuat:


Crocodile (Manusia Pasir)



Enel (Manusia Petir)


Rob Lucci (Pembunuh, Manusia Macan Tutul)


Moria (Pengendali Bayangan)


Magellan (Manusia Racun)


Doflamingo (Pengendali Benang)




5. Alur Cerita yang Konsisten, dan Misteri yang Belum Terpecahkan
            
Alasan kenapa para fans masih setia mengikuti manga ini adalah misteri dari cerita ini yang masih belum terkuak, selain itu Oda juga tetap konsisten, ia tidak menyimpang dari konsep awal yang telah ia buat. Tentunya para fans juga sangat-sangat menantikan saat dimana misteri-misteri ini akan terkuak nantinya.

Berikut beberapa misteri yang masih menjadi tanda tanya:

#Will of D, salah satu rahasia terbesar yang disembunyikan Oda. Nama yang mengguncangkan dunia, mereka yang menyandang nama ini bukan tokoh sembarangan.



#Poneglyph, batu yang bertuliskan huruf-huruf kuno dimana dalam batu ini berisikan sejarah dan informasi tersembunyi. Dalam manga ini membaca Poneglyph, merupakan sebuah kejahatan dan dia diburu oleh Pemerintah dunia.



#Pasukan Revolusi, sebuah pasukan yang dipimpin oleh ayah Luffy, Monkey D Dragon. Ia memiliki misi untuk menggulingkan pemerintahan, pergerakan mereka saat ini masih menjadi suatu misteri bagi pembaca.



#Ancient Kingdom, kerajaan kuno yang dulu pernah berjaya. Namun kerajaan itu tiba-tiba menghilang, dan informasi tentang keberadaannya dihapuskan oleh pemerintah.

#Void Century (Abad Kekosongan), ini terjadi sekitar 800 tahun yang lalu. Prediksi para fans bahwa pada abad ini banyak terjadi pembantaian besar-besaran oleh segelintir tokoh yang berkuasa saat ini di dunia One Piece. Sampai-sampai mereka menghapus sejarah agar kedoknya tidak terkuak.

#Raftel, pulau terakhir Grand Line. Bagaimanakah pulau itu, dimana tempatnya, menjadi misteri yang juga dinantikan fans. Namun dichapter kemarin, dijelaskan bahwa untuk mencapai Raftel, Luffy harus mencari keempat road Poneghlyp yang akan membimbingnya ke pulau tersebut.

#One Piece, harta karun terbesar. Misteri terbesar dalam manga ini, emang One Piece itu apa? Belum ada yang tau jawabannya sampai sekarang. Ada yang bilang itu harta karun, senjata, ada banyak pendapat.

Makanya sayang banget kalau menikmati manga ini setengah-setengah. Semua misteri itu merupakan kepingan-kepingan puzzle, yang nantinya akan menjadi sesuatu yang wow apabila seluruh kepingan itu disatukan. Selain misteri diatas, satu hal lagi yang menjadi perhatian para fans “THE LAST WAR” , perang akhir yang melibatkan seluruh dunia, para tokoh-tokoh besar akan bentrok dalam perang ini.

Jadi buat kalian yang belum baca manga ini, silahkan baca dari awal dan rasakan sensasinya. Atau bisa downl0ad animenya.

6. Pesan Moral, Sisi Lain dari Kehidupan
            
Satu hal yang tidak kalah penting, ketika kita menonton One Piece ada banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil.




Arti sebuah persahabatan, ketika salah seorang teman ada yang terluka, kita harus berada didekatnya untuk membantunya bangkit dari keterpurukannya. Ketika mereka terjatuh kita ada disana untuk membantunya berdiri, ketika mereka butuh bantua, kita ulurkan tangan kita untuk mereka.




Arti sebuah kepemimpinan, pemimpin bukan mereka yang mendeklarasikan diri mereka sendiri, pemimpin mereka yang mendapat pengakuan dari orang lain. Pemimpin mereka yang mampu berdiri dibarisan paling depan, ketika anak buahnya kesulitan. Pemimpin, orang yang mampu menyesuaikan diri dalam berbagai kondisi, kadang ia harus bersikap konyol seperti biasa terhadap bawahannya, adakalanya dia bersikap serius. Yang terpenting, pemimpin bukanlah orang yang memperbudak bawahannya, namun memperlakukan mereka seperti seorang teman.




Arti sebuah perjuangan, pantang mundur dan pantang menyerah. Sesulit apapun rintangan, mereka tetap berjuang semampu mereka. Mereka berjuang bukan untuk mati tapi untuk bertahan hidup, mereka berjuang bukan untuk kalah tapi untuk meraih kemenangan. Meskipun badai menerjang, petir yang menyambar langit-langit, mereka tetap melangkah maju melewati arus itu.




Arti sebuah mimpi, dalam manga ini mimpi menjadi hal yang sakral bagi setiap tokoh. Mereka rela mempertaruhkan apapun demi menggapai impian mereka, impian yang terdengar konyol dan tak jarang pula banyak orang yang menertawakan mimpi-mimpi mereka. Tapi dengan mimpi, mereka memiliki alasan untuk menjalani hidup, mimpi merekalah yang membuat mereka terus melangkah maju. Satu hal yang mereka yakini, bahwa suatu hari nanti mimpi itu akan menjadi sebuah kenyataan.


“A Man Dream Will Never Die”
Marshall D Teach



EmoticonEmoticon