Tips Mudah Belajar Akuntansi

sumber ilustrasi: uangteman.com

Buat temen-temen SMA yang pengen masuk ke jurusan IPS atau mungkin buat siapa aja yang pengen belajar akuntansi, berikut saya ingin berbagi tips buat kalian. Simak ulasan berikut:

            1.Siapkan Materi/Buku Akuntansi
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan buku akuntansi dong untuk belajar. Kalau nggak ada buku panduannya kita akan kesulitan nantinya, atau mungkin dengan memperbanyak referensi yang ada diinternet untuk kita pelajari.

            2.Pahami Dasar Akuntansi
                        Memahami dasar dari akuntansi sendiri adalah syarat pertama yang harus kamu pahami untuk bisa melangkah ke step selanjutnya. Kalau dasar aja kamu nggak ngerti pastinya kamu akan kesulitan nantinya. Konsep dasar akuntansi adalah sisi debet harus sama dengan sisi kredit (menurut saya).  Jadi yang perlu kalian garisbawahi disini adalah dalam kamus akuntansi, konsep ini wajib ada. Kalau sisi debet nggak sama dengan sisi kredit, bisa dipastikan pekerjaan kamu belum benar.

            3.Analisa Akun-Akun yang Ada dalam Akuntansi
            Setelah kita tahu konsep dasar akuntansi, nah kita harus tahu apa saja akun yang ada, dan kita harus menganalisa akun tersebut dan kita juga harus menentukan apakah akun tersebut masuk ke sisi debit atau sisi kredit. Contoh akun debet: kas, perlengkapan, piutang, peralatan, beban dll. Contoh akun kredit: modal, utang, pendapatan, dll

4.Praktik Selangkah Demi Selangkah
                        Kalau kalian udah tahu akun-akun yang ada dan udah bisa menentukan dimana akun itu harus dimasukkan ke sisi yang mana. Kalian bisa mempraktikannya dengan membuat persamaan akuntansi sederhana, membuat laporan laba/rugi sederhana, dan  neraca modal sederhana. Untuk selanjutnya kalian bisa membuat jurnal umum, mem-posting ke buku besar, membuat neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, jurnal penutup, neraca saldo setelah penutupan, laporan keuangan. Mungkin terdengar sedikit rumit, tapi kuncinya satu adalah cermat dan teliti, karena satu step salah bisa dipastikan step-step selanjutnya ikut-ikutan salah.

5.Konsultasi kepada Ahli
                       Mungkin masih ada yang bingung atau belum paham atau bahkan belum ngerti. Kamu bisa bertanya dengan orang yang lebih ngerti misalkan guru kamu, atau kakak kelas kamu, bisa juga mbah google. Dengan bertanya minimal kamu terbantu untuk bisa memahami lebih dalam. Nggak usah sungkan bertanya.

6.Tekun dan Sabar
           Kunci dari sebuah keberhasilan adalah ketekunan dan kesabaran dalam melakukan sesuatu. Kita memulai dari nol, lalu kita mencoba sedikit demi sedikit, yakinlah bahwa kita akan bisa pada waktunya. Perbanyak latihan dan jangan mudah menyerah.

            Mungkin inilah beberapa tips mudah belajar akuntansi dari saya, barangkali saya akan mengeposkan materi-materi tentang akuntansi dilain waktu. Ingat, jangan lupakan konsep dasar, karena itu penting sekali.  Semoga artikel ini bermanfaat !


Baca juga:Tips Belajar Bermain Gitar
                        


EmoticonEmoticon