Cerita Inspiratif - Ucapan sang Kerbau


sumber ilustrasi : www.patongguesthousephuket.com

Sehabis pulang dari sawah, kerbau rebahan dikandang dengan wajah capek dan nafas yang berat. Datanglah anjing, kemudian kerbau berkata, “Ahh teman lama, aku sungguh capek hari dan besok mau istirahat sehari”

Anjing kemudian pergi dan bertemu dengan kucing di sudut tembok, dan berkata, “Tadi saya bertemu kerbau, dia besok istirahat dulu,pantaslah sebab bos memberi pekerjaan terlalu berat untuknya”

Kucing kemudian bercerita kepada kambing dan berkata, “Kerbau komplain kepada bos karena dia memberikan pekerjaan terlalu banyak dan berat. Besok gak mau kerja lagi”

Kemudian kambing bertemu dengan ayam dan berucap: “Kerbau gak suka kerja untuk bos lagi, sebab mungkin ada bos lain yang lebih baik”

Setelah itu, ayam berjumpa dengan monyet lalu berkata, “Kerbau tidak akan kerja untuk bos lagi dan ingin mencari bos ditempat yang lain”

Pada saat makan malam monyet bertemu dengan bos dan berterus terang, “Bos, si kerbau akhir-akhir ini sudah berubah sifatnya dan mau meninggalkan bos untuk bekerja dengan bos lain”

Mendengar ucapan sang monyet, Bos pun marah besar dan membunuh kerbau karena dinilai telah mengkhianatinya.

Padahal ucapan asli sang kerbau: aku sungguh capek hari dan besok mau istirahat sehari. Lewat beberapa teman akhirnya ucapan ini sampai ke telinga bos dan perkataan kerbau berubah menjadi: si kerbau akhir-akhir ini sudah berubah sifatnya dan mau meninggalkan bos untuk bekerja dengan bos lain.

Hikmah : Adakalanya ucapan itu harus berhenti sampai ditelinga kita saja. Tidak usah kita teruskan kepada orang lain. Juga jangan mudah percaya kepada omongan orang lain meskipun ia dekat dengan kita. Kebiasaan meneruskan perkataan orang lain dengan menambah atau mengurangi fakta yang ada, bahkan menggantinya dengan pendapat sendiri bisa berakibat fatal. Apabila kita ragu-ragu dengan berita harusnya kita langsung tanya kepada orangnya langsung. Terakhir, ketika kita hendak menyampaikan berita kepada orang lain pikirkan hal ini  : benar atau tidaknya berita, baik atau buruknya berita, berguna atau tidaknya berita.

sumber: Facebook/Cerita-Cerita Motivasi


EmoticonEmoticon