Bangunan dan Arsitektur Khas dari Negara-Negara di Dunia

1.Indonesia – Monas dan Candi Borobudur


Monumen Nasional (Monas) adalah monumen peringatan yang tingginya mencapai 132 meter yang didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia yang dulu berjuang merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda. Pembangunan Monas dimulai pada 17 Agustus 1961 dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Di atas tugu ini ada lidah api sebagai mahkota yang dilapisi lempengan emas sebagai lambang semangat juang yang menyala-nyala.


Candi Borobudur, merupakan sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini ddirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar abad ke-8 M pada masa pemerintahan raja Syailendra. Candi ini juga termasuk candi Budha terbesar didunia, dan juga merupakan salah satu warisan  dunia UNESCO yang menjadi daya tarik turis mancanegara.

2.Prancis – Eiffel Tower


Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Camp de Mars ditepi sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global dari Negara Prancis dan salah satu bangunan yang terkenal didunia. Nama dari menara ini diambil dari nama perancangnya yaitu Gustav Eiffel.  Banyak orang yang mengunjungi menara ini sejak pembangunannya pada tahun 1889, hal itu menjadikannya sebagai monumen bertarif yang paling banyak dikunjungi di dunia.

3.U.S.A – Statue of Liberty (Patung Liberti)


Kata Liberty dalam bahasa Indonesia adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, Amerika.

Patung ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan dari Prancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imgran, dan orang Amerika yang datang kembali. Pemahat patung ini adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel merancang struktur penyangga dalamnya. Pada tanggal 1984 patung Liberty masuk dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO.

4.Brazil – Cristo Redentor (Patung Yesus)


Cristo Redentor yang ada di Brazil ini merupakanpatung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brazil. Patung ini mempunyai tinggi 38 meter dan berada dipuncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca. Patung ini menjadi simbol umat Kristen, dan menjadi simbol kebanggaan kota.

5.Inggris – Big Ben


Big Ben adalah nama yang merujuk pada sebuah menara jam yang terletak di Gedung Parlemen di Westminter,  London, Inggris Raya, dan merupakan menara jam terbesar kedua didunia. Alasan mengapa menara ini dinamakan Big Ben karena Big Ben itu sendiri merupakan nama kecil dari lonceng didalamnya.

Menara ini dibangun sebagai bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry, setelah istana Westminter yang lama hancur karena kebakaran pada malam 22 Oktober 1834. Menara ini memiliki tinggi 96,3 meter dan dibangun dengan gaya Gothic Victoria.

6.Italy – Colosseum


Colosseum adalah tempat bersejarah yang dulu difungsikan sebagai tempat bertading para gladiator, dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan besar yang berbentuk elips yang disebut amfiteater, merupakan salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan.
            
Situs ini terletak di kota kecil di Italia, Roma, yang didirikan oleh walikota Vespasian pada masa Dominiatus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, situs ini menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun.

7.Singapura – Merlion


Merlion atau bisa diartikan Singa Laut adalah patung khas yang berkepala singa dengan badan seperti ikan. Namanya merupakan gabungan dari ikan duyung (mermaid) dan singa (lion).

Merlion memiliki tinggi 8,6 meter dan beratnya 70 ton. Patung ini dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, Lim Nang Seng.

8.Australia – Gedung Opera Sydney


Bangunan ini merupakan salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Gedung ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour.
            
Bagi jutaan turis yang datang, bangunan ini memilik daya tarik tersendiri karena bentuknya menyerupai cangkang. Selain menjadi objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukan teater, balet, dan berbagai seni lainnya. Gedung ini dkelola oleh Opera House Trust dan menjadi markas bagi Opera Australia, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra.

9.Uni Emirat Arab – Burj Dubai/Burj Khalifa



Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi didunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi didunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower. Pada tanggal 7 April 2008, struktur tertinggi didunia dari menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m dibuat pada 1974 (namun runtuh saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada tanggal 1 September 2008.

10. Malaysia – Menara Petronas


Menara Petronas adalah dua buah bangunan pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi didunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi. Menara ini dirancang oleh Adamson Accosiates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dan Associates Architects America Serikat yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1988 dengan desain inferior yang merefleksikan budaya islam yang mengakar di Malaysia.

11. Kamboja – Angkor Watt


Angkor Watt adalah sebuah kuil yang terletak dikota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil ini memerlukan waktu 30 tahun. Disekitar kuil ini juga terdapat kuil lain yang indah, namun Angkor Watt merupakan kuil yang paling terkenal.

12.Thailand – Grand Palace


Grand Palace adalah kompleks bangunan istana di Bangkok, Thailand. Istana ini berfungsi sebagai kediaman resmi raja-raja Thailand dari abad ke-18 dan seterusnya.Istana ini mulai dibangun pada tahun 1782, pada masa pemerintahan Raja Rama I, ketika ia memindahkan ibukota kerajaan menyeberangi sungai dari Thonburi ke Bangkok. Istana ini telah diperluas beberapa kali dan bangunan-bangunan tambahan telah dibangun seiring berjalannya waktu.

13.India – Taj Mahal


Taj Mahal adalah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. Pada tahun 1983, Taj Mahal diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

14.China – Great Wall (Tembok Besar)


Tembok Besar China juga dikenal dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li, juga merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Tiongkok. Bangunan ini juga termasuk kedalam salah satu Tujuh Keajaiban Dunia, dan dimasukkan dalam situs warisan dunia UNESCO.

15.Korea Selatan – Gyeongbokgung Palace



Gyeongbokgung Palace adalah istana yang terletak disebelah utara kota Seoul, Korea Selatan. Istana ini termasuk dari lima istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh dinasti Joseon. Istana Gyeongbok aslinya dibangun tahun 1394 oleh Jeung do Jeon, seorang arsitek. Istana ini hancur pada saat invasi Jepang ke Korea tahun 1592-1598, dan dibangun lagi pada tahun 1860-an.

16.Arab Saudy – Ka’bah


Ka’bah adalah Bait Suci atau tempat ibadah kepada Allah yang pertama kali didirikan di muka bumi. Bentuk bangunan ke’bah hampir mendekati bentuk kubus yang terletak ditengah Masjidil Haram di Mekah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi kaum muslim dan merupakan patokan arah kiblat bagi kaum muslim saat mendirikan sholat. Selain itu bangunan ini setiap tahun dikunjungi oleh umat muslim pada saat musim haji.

17. Yordania – Petra


Petra merupakan sebuah situs arkeologi di Maan, Yordania. Tempat ini terkenal dengan bangunan arsitektur yang dipahat pada bebatuan serta sistem pengairannya. Diperkirakan dibangun pada awal tahun 312 SM, sebagai ibukota dari Nabath, dan sekarang menjadi simbol Yordania, dan juga menjadi tempat wisata favorit bagi para turis.

18.Bahrain – Bahrain WTC


Bahrain WTC adalah gedung yang terletak di Bahrain yang dibangun pada tahun 2008 dengan tinggi 240 m. Bahrain WTC menjadi skyscraper pertama yang mengintegrasikan turbin angin dengan struktur gedungnya. Turbin-turbin itu menyumbang sekitar 11%-15% kebutuhan energi listrik dikedua tower tersebut.

19.Qatar – Qatar National Museum


Museum ini memiliki daya tarik lain bagi wisatawan di Doha, Qatar. Struktur bangunan arsitekturnya luar biasa, menunjukkan ketrampilan para arsitek Qatar. Museum ini dahulunya adalah istana Sheikh Abdullah Al-Thani. Gedung tampak lebih seperti sebuah istana daripada museum. Ada beberapa macam pameran yang diadakan pada tiap tahun. Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak diadakan pameran alam, perhiasan, tradisional, dll.

20. Kuwait – Kuwait Tower


Kuwait Tower adalah salah satu ikon utama negara Kuwait. Kuwait Tower terdiri dari tiga menara menara ramping di Kuwait City. Menara ini diresmikan pada tanggal 26 Februari 1977 sebagai landmark dan simbol Kuwait Modern. Menara utama memiliki tinggi 187 meter dengan dua bola

21. Iran – Tehran Azadi


Tehran Azadi adalah sebuah menara yang berada dikota Teheran, Iran. Juga merupakan tanda pintu masuk sebelah barat menuju pusat kota. Bangunan yang berada disekitar Bandara Internasional Marabad, Iran. Menara ini sangat indah ketika malam hari dengan cahaya lampu yang menghiasi menara tersebut. Arsitek menara ini adalah Hossein Amanat, yang menggabungkan unsur Sassanid dan arsitektur Islam.

22.Brunei Darussalam – Istana Nurul Iman



Istana Nurul Iman adalah kediaman resmi dari Sultan Brunei, Sultan Hassanah Bolkial dan pusat dari pemerintahan Brunei. Istana ini terletak di daerah pemekaran, di tepi sungai dengan bukit yang hijau di tepi sungai Brunei, beberapa kilometer di selatan Bandar Seri Begawan. Ibukota Brunei.

23.Uzbeskistan – Sher Dor Madrasah


Masjid yang terkenal di Uzbekistan, yang juga merupakan salah satu peninggalan dan bukti kejayaan Islam dimasa lampau, terutama dibidang arsitektur. Masjid ini tak hanya difungsikan untuk sholat saja, tapi juga berfungsi sebagai madrasah atau sekolah.

24.Myanmar – Swhedagon



Swhedagon juga dikenal sebagai Pagoda Emas, merupakan stupa setinggi 98 meter yang berlapis emas dan terletak di Yangon, Myanmar. Pagoda ini terletak dibagian barat Danau Kandawgy, di bukit Singuttara, dan mendominasi pemandangan kota Yangon. Stupa Buddhis ini adalah yang paling suci bagi bangsa Birma karena menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Sidharta Gautama, Buddha Historis.

25.Yerusalem – Masjidil Aqsa


Masjid ini merupakan salah satu tempat suci agama Islam yang menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Kota Lama Yerussalem. Kompleks masjid ini didalamnya juga termasuk Kubah Batu dikenal oleh umat Islam dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau “tanah suci yang mulia.”

26.Bhutan – Tiger Nest Monestry

            
Bangunan ini merupakan biara yang paling terkenal di Buthan. Berdiri kokoh pada batu karang pada ketinggian 3.120 meter, sekitar 700 meter diatas lembah Paro. Kuil ini hadir sebagai objek wisata yang sangat digemari karena view panorama alamnya yang indah. Kuil yang terletak di tepian lembah Paro ini tak bisa ditempuh dengan kendaraan apapun. Bila anda ingin berkunjung kesana, siapkan stamina untuk mendaki gunung lewati lembah dan jangan lupa bawa parasut kalau tiba-tiba ngga sengaja kepleset.

27.Pakistan – Masjid Badsashi

            
Masjid ini dibangun oleh raja ke-enam Kesultanan Mughal, Raja Aurangzeb tahun 1671 di Lahore, Pakistan. Masjid Badashi merupakan masjid dan sebagai landmark serta tujuan, wisata utama kota Lahore.

28. Taiwan – Tapei 101

            
Tapei 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertnggi kedua di dunia.

29.Mesir – Piramida

            
Mesir dikenal dengan sebutan “negeri piramida” sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban suku Maya. Di Mesir umumnya piramida digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak guna dialam baka, sekalipun diberi perlindungan dengan semacam kutukan-kutukan untuk mencegahnya.

30.Belanda – Kincir Angin Kinderdirjk

            
Kinderdirjk adalah sebuah desa di Belanda, mlik pemerintah kota Lekkerland, di provinsi Holland, sekitar 15 km sebelah timur dari Rotterdam. Kinderdirjk terletak antara pertemuan Polder dari Sungai Lek dan Noord. Untuk menguras air laut agar menjadi daratan dengan menggunakan Polder yang berbentuk kincir angin, sistem dari 19 kincir angin dibangun sekitar 1740. Kelompok kincir angin ini adalah tempat pengurasan dengan menggunakan sistem Polder berbentuk kincir angin terbesar dan tertua di Belanda. Jaringan kincir angin dar Kinderjijk adalah salah satu tempat wisata terkenal di Belanda. Tempat ini juga ditetapkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

31.Turki – Hagia Sophia

            
Hagia Sophia (Kebijaksanaan Suci) dulu adalah gereja orthodox. Tapi setelah Istanbul jatuh dibawah pemerintahan kaisar Ottoman, gereja orthodox dirubah menjadi sebuah masjid. Bangunan ini memiliki keunikan dengan adanya akulturasi dari arsitek gereja dan masjid. Namun, setelah turki membangun masjid biru atau Blue Mosque, Hagia Sophia berubah menjadi museum.

32.Germany – Gerbang Bradenburg
            

Gerbang Brandenburg merupakan bekas gerbang kota dan salah satu simbol utama BerlinJerman. Terletak antara Pariser Platz dan Platz des 18. März dan merupakan satu-satunya gerbang yang tersisa yang sebelumnya pintu masuk ke Berlin. Satu blok ke utara berdiri Reichstag. Gerbang ini mengawali pemindahan Unter den Linden, jalan terkenal dengan pohon linden yang mengarah langsung ke kediaman kerajaan. Diusulkan oleh Friedrich Wilhelm II sebagai simbol perdamaian dan dibangun oleh Carl Gotthard Langhans sejak 1788 hingga 1791.

33.Spanyol – Plaza de Toros de Las Ventas

            
Bangunan ini merupakan bullring paling terkenal di Spanyol. Arena tarung kota Madrid ini dibangun pada tahun 1922-1929 di sebuah kawasan yang saat itu disebut Las Ventas del Espiritu Santo. Bullring yang diresmikan pada tahun 1931 itu, dibangun dengan mengadaptasi gaya neo-mudejar yang dipopulerkan oleh bangsa Moor pada abad ke-12. Arena ini mampu menampung sebanyak 23.798 penonton dilahan seluas 45.800 m2. Kapasitas tersebut membuat Las Ventas menjadi arena tarung banteng terbesar di Spanyol.

34. Rusia – Katedral St. Basil

            
Bangunan ini merupakan gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang di kompleks Lapangan Merah, Moskwa, yang secara tradisional dipandang sebagai simbol posisi unik Rusia antara Eropa dan Asia.

35. Vatikan – Basilika Santo Petrus

            
Merupakan sebuah basilika utama Katolik di kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma. Bangunan ini digambarkan sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (luas 23.000 m2, kapasitas 60.000) dan salah satu situs tersuci Kekristenan.

36. Jepang – Himeji Kastil

            
Kastil ini terletak dikota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Pesona keindahan plesteran warna tembok istana menjadikan istana Himeji memiliki sebutan lain “Istana burung kuntul putih.” Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting. Istana ini merupakan salah satu Warisan Dunia UNESCO.

37.Swedia – Istana Drottningholm

            
Istana ini merupakan tempat kediaman pribadi keluarga Kerajaan Swedia. Terletak di Drottnngholm, Dibangun diatas pulau Lovon, bangunan ini merupakan salah satu dari istana Kerajaan Swedia. Selain digunakan sebagai kediaman keluarga, istana ini merupakan atraksi turis yang populer.

38.Peru - Machu Picchu

            
Machu Picchu (bahasa Quechua Machu Pikchu, "Gunung Tua" sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut CuscoMerupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.
39.Austria – Wiener Riesenrad



Wiener Riesenrad adalah sebuah kincir ria yang berada di pintu gerbang taman ria Wurstelprater di Leopoldstadt, Wina. Dibangun tahun 1897 dalam perayaan hari peringatan ulang tahun emas Franz Josef I, kincir ria ini merupakan salah satu dari kincir ria pertama di dunia. Perancangnya adalah orang Inggris bernama Walter Bassett sehingga diameter kincir dibuat persis berukuran 200 kaki (kira-kira 61 m). Riesenrad adalah salah satu markah tanah dan tempat wisata terkenal di Wina. Kincir ria ini awalnya memiliki 30 gondola, namun rusak berat pada Perang Dunia II. Setelah dibangun kembali, kincir ria ini hanya memiliki 15 gondola. Jari-jari dibuat dari kabel baja yang ditegangkan. Mesin penggerak berada di bagian dasar kincir ria.

40.Iraq – Reruntuhan Hatra

            
Hatra adalah kota kuno di Kegubernuran Ninawa dan region Al-Jazira, Irak. Kota ini juga dikenal sebagai al-Hadr, nama yang pernah muncul dalam prasasti kuno yang ditemukan di provinsi Persia kuno Khvarvaran. Kota ini terletak 290 km disebelah barat laut Baghdad dan 110 km di sebelah barat daya Mosul.

*****

Catatan: "Postingan ini sebagian mengandung unsur subyektifitas penulis, bangunan diatas ada yang menjadi ikon negara ada juga yang hanya sekedar bangunan unik namun memuliki peran penting dan sejarah tetapi bukan menjadi ikon negara. Jadi postingan ini tidak bisa dijadikan rujukan kalau semisal kalian mendapatkan tugas ataupun makalah"

Sumber Referensi :
www.bonjourbag.com
firmanwahyu1998.blogspot.com
fauziamidruddin176.blogspot.com
id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_Situs_Warisan_Dunia_UNESCO

Sumber Gambar : Google Image          

1 comments:

terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MCUqF6


EmoticonEmoticon