10 Film Bollywood yang Romantis dan Sedih


Film Bollywood selalu memiliki kesan tersendiri di hati para penggemarnya, khususnya para warga Indonesia. Film atau sinetron India yang bertemakan cinta sangat laris manis dan menjadi tontonan menarik bagi ibu-ibu atau keluarga-keluarga rukun tetangga. Salah satu ciri khas yang membuat film Bollywood disukai banyak kalangan adalah alur drama yang anti mainstream dan adegan joget-joget ria bersama di beberapa part film.


Nah, kali saya ingin membagikan sedikit opini tentang film-film Bollywood yang romantis dan kebanyakan memiliki sad ending serta recommended untuk ditonton. Artikel ini saya tulis berdasarkan riset pribadi saya dan tentu terdapat unsur subjektifitas yang mungkin tidak senada dengan pemikiran soba. Baik, langsung saja ini adalah film-film cinta Bollywood yang romantis dan sedih versi MogiMogy.

1. Kuch Kuch Hota Hai

source: tribunnews.com

Film ini merupakan film yang sangat legend dan hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia tahu mengenai film ini. Sampai-sampai soundtrack dari lagu ini sudah hafal di luar kepala. Film ini diperankan oleh Sakhrukh Khan, Rani Mukerji, dan Kajol. Cerita dari film ini adalah seputar cinta segitiga, keluarga dan ketabahan hati seorang perempuan.

Diceritakan bahwa Rahul (Sakhrukh Khan) berteman akrab dengan Anjalie Sharma (Kajol). Mereka sudah bersahabat sejak lama dan diam-diam Anjalie juga menaruh hati kepada Rahul. Namun, keadaan tiba-tiba berubah semenjak kedatangan Tina (Rani Mukerji) ke tengah-tengah mereka berdua. Rahul ternyata jatuh cinta dengan Tina, hal itu membuat Anjelie patah hati dan memutuskan untuk pergi.

Dari pernikahan tersebut, Rahul dan Tina memiliki seorang putri yang diberi nama Anjelie. Sayangnya, Tina meninggal dunia setelah melahirkan Anjelie. Ia kemudian menuliskan delapan pucuk surat yang akan dibacakan kepada putrinya tepat pada saat ulang tahunnya. Nah, pada surat terakhir Tina menjelaskan tentang sosok Anjelie yang pernah menjadi sahabat baiknya dulu. Anjelie kecil penasaran dengan sosok yang diceritakan ibunya dan membuat ia mencari tahu tentang keberadaan Anjelie.

Anjelie kecil pun berhasil menemukan sosok yang ia cari. Saat menemui anaknya, Rahul secara tidak sengaja kemudian bertemu dengan Anjelie, orang yang pernah mencintainya. Pada saat itu, Anjelie sudah dijodohkan dengan orang lain. Hal itu membuat Rahul sedih karena di lubuk hatinya ia memiliki rasa cinta kepada Anjelie. Namun, pernikahan itu digagalkan karena calon suami Anjelie tahu bahwa Anjelie juga mencintai Rahul.

2. Mohabbatein

source: www.indiatvnews.com

Sejujurnya saya sangat suka dengan film ini karena ceritanya yang epic dan ending-nya pun sangat manis. Film ini berkisah tentang cinta abadi, meskipun si kekasih telah mati tapi cinta itu tetap hidup. Pemeran utama dari film ini adalah Shahkrukh Khan, Aishwariya Rai, Amitabh Bachhan dan beberapa artis lainnya.

Setting dari film ini adalah sebuah universitas ternama, Gurukul. Para mahasiswa di universitas itu dituntut belajar dengan tekun dan hubungannya dengan dunia luar sangat diawasi ketat. Mereka takut dengan pemimpin di universitas itu, Narayan Shankar (Amitabh Bachhan) yang terkenal galak dan tidak menolerir kesalahan.

Suatu ketika, Raj Mahotra (Shahkrukh Khan) datang ke Gurukul dan menawarkan diri untuk menjadi guru musik di sana. Hal itu merupakan tantangan yang berat karena Narayan Shankar tidak suka terhadap perubahan. Namun, Raj tetap bersikukuh dan berhasil menyakinkan Narayan Shankar.

Raj kemudian mendapatkan murid-murid yang tertarik untuk belajar musik. Sembari mengajar musik, ia juga memberikan nasihat-nasihat tentang cinta. Hal itu memotivasi tiga mahasiswanya yang saling bersahabat erat. Mereka melalui jalan cinta masing-masing dan Raj mendukung kisah cinta mereka bertiga.

Alasan sesungguhnya Raj datang ke Gurukul adalah untuk meluluhkan hati Narayan Shankar yang sudah kehilangan kebahagiaan semenjak putrinya, Megha (Aishwariya Rai) meninggal. Megha memutuskan untuk bunuh diri karena hubungannya dengan Raj tidak mendapat persetujuan oleh ayahnya. Di akhir cerita, Raj akhirnya berhasil melunakkan hati Narayan dan mewariskan Gurukul untuk dipimpin oleh Raj.

3. Mann

source: ridhazizah.blogspot.com

Mungkin beberapa dari sobat masih lumayan asing dengan film ini. Film ini diperankan oleh Amir Khan dan Manisa Khoirala. Alasan mengapa saya menganggap film ini bagus adalah alur ceritanya yang tidak tertebak dan ending yang mampu membuat sobat menitikkan air mata.

Dev Karan Singh (Amir Khan) merupakan seorang playboy yang memiliki banyak utang dan terpaksa menikahi seorang perempuan dari keluarga terpandang. Pada saat liburan ia tidak sengaja bertemu dengan Priya (Manisha Khoirala) di kapal pesiar. Mereka pada awalnya saling bertengkar karena hal-hal sepele. Lambat laun, ada rasa ketertarikan di antara mereka berdua. Perasaan itu terasa nyata ketika mereka berdua singgah di rumah nenek Dev.

Menyadari bahwa mereka sama-sama sudah terikat hubungan dengan orang lain, membuat hati mereka menjadi gundah. Kemudian sebelum berpisah, mereka memutuskan untuk bertemu di sebuah tempat enam bulan kemudian. Namun, pertemuan itu tidak dapat terjadi karena Priya mengalami kecelakaan yang membuat kedua kakinya harus diamputasi.

Dev sedih karena berpikir bahwa cintanya telah dikhianati oleh Priya. Tanpa sengaja mereka berdua bertemu di sebuah teater, tetapi ia masih sedikit menaruh amarah kepada Priya. Dev tidak menyadari bahwa Priya kini tidak bisa berjalan. Tak lama setelahnya, ia mengadakan pameran lukisan dan Priya membeli salah satu lukisan Dev. Pada akhirnya Dev tahu kebenaran yang selama ini Priya sembunyikan. Mereka kemudian menikah di akhir cerita.

4. Kabhi Khusi Khabi Ghum

source: timesnownews.com

Film Bollywood kadang tak selalu soal percintaan antara dua insan semata, kadang konflik dalam keluarga juga menjadi unsur yang menarik dalam cerita. Film ini pun berkisah tentang cinta yang tak direstui. Dikisahkan bahwa Rahul (Shakhrukh Khan) merupakan seorang anak tiri dari keluaraga terpandang. Ia kemudian jatuh cinta kepada Anjeli (Kajol) yang berasal dari keluarga menengah ke bawah. Rahul menikahi Anjeli secara diam-diam setelah ayah Anjeli meninggal dunia. Pernikahan itu pun terdengar di keluarga Rahul dan membuat ayahnya marah. Rahul kemudian diusir oleh ayahnya dan tidak dianggap anak lagi di keluarga tersebut.

Rahul bersama Anjeli pun pindah ke London untuk meniti kehidupan yang baru. Di tengah kebahagiaan mereka, ibu Rahul merasa sedih karena berpisah dengan anak yang disayanginya. Melihat hal itu, Rohan (Hrithik Roshan) adik Rahul memutuskan untuk menjemput kakaknya di London. Ia ingin mempersatukan keluarga mereka kembali. Di akhir cerita, hati ayah Rahul pun luluh karena pada dasarnya ia juga sedikit menyesal telah mengusir anaknya.

5. Rab Ne Bana Dil Jodi

source: amazon.com

Film Bollywood yang satu ini mengajarkan keteguhan hati dan ketulusan seorang pria untuk mendapatkan hati seorang perempuan yang tidak pernah bisa mencintainya. Taani (Anushka Sharma) mendapatkan luka yang sangat dalam di hari pernikahannya. Ia baru saja mendapatkan kabar bahwa calon mempelai pria mengalami kecelakaan di perjalanan. Tak lama kemudian, ayahnya pun juga meninggal karena suatu alasan. Sebelum meninggal, ia menitipkan pesan kepada Suri (Shakhrukh Khan) untuk menikahi putrinya dan selalu menjaganya.

Mereka berdua pun menikah, namun Taani berkata bahwa dia tidak akan pernah bisa mencintai Suri. Hal itu tentu menjadi beban tersendiri di hati Suri. Namun, Suri tidak pernah menyerah, ia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada istrinya. Ia yang awalnya kaku dan terlihat culun perlahan mulai merubah penampilannya. Ada sedikit unsur komedi di tengah-tengah cerita yang membuat film ini menarik.

Dengan penampilan yang baru, Suri mencoba mencuri perhatian Taani. Perhatian-perhatian kecil dari Suri yang menyamar, membuat Taani luluh dan jatuh cinta kepada dia. Hingga akhirnya, Taani tahu apa yang selama ini dilakukan oleh Suri hanya untuk membahagiakan dirinya.

6. Veer Zara

source: weheartit.com

Kisah cinta antara Veer (Shakhrukh Khan) dan Zaara (Preity Zinta) ini sangat recommended untuk ditonton. Film ini mengajarkan tentang arti kesetiaan dan cinta sejati yang tak terbatas waktu dan usia. Veer merupakan seorang tentara angkatan udara di India yang seringkali membantu orang-orang. Ia bertemu Zaara secara tidak sengaja. Pada waktu itu Zaara mengalami kecelakaan bus dan hampir jatuh ke jurang, namun Veer menyelamatkannya.

Zaara merupakan wanita asal Pakistan. Ia datang ke India untuk mengembalikan abu neneknya yang sudah meninggal. Veer menemani dan menjaga Zaara selama di India. Ia juga mengajak Zaara ke kampung halamannya yang berada di desa. Setelah melalui waktu bersama, mereka sadar kalau mereka sama-sama menaruh hati. Akan tetapi, Zaara tidak bisa bersama Veer karena ia sudah dijodohkan dengan salah satu tokoh ternama di Pakistan.

Mendekati pesta pernikahan, Veer datang ke Pakistan untuk menemui Zaara. Hal itu kian membuat Zaara sedih ketika melihat kedatangan Veer. Namun kejadian tak terduga dialami oleh Veer. Ia dijebak oleh calon pengantin Zaara dan harus mendekam di penjara seumur hidup. Hal ini dilakukan oleh Veer karena ancaman bahwa jika ia menolak Zaara tidak akan pernah bahagia dengan pernikahannya. Sedangkan di satu sisi, Zaara mendengar kabar bahwa Veer telah meninggal karena kecelakaan bus. Ia sedih dan membatalkan pernikahannya, kemudian ia memutuskan untuk kembali ke kampung halaman Veer dan menghabiskan sisa umurnya di sana.

Setelah bertahun-tahun lamanya, Veer dan Zaara akhirnya bisa bertemu kembali di pengadilan. Berkat bantuan pengacara muda yang cerdas, Veer dinyatakan tidak bersalah dan ia dibebaskan dari penjara. Meskipun keduanya sudah menua, tetapi cinta mereka masih tetap ada.

7. Chori Chori Chupke Chupke

source: tribunnews.com

Saya baru menonton film ini beberapa minggu yang lalu dan secara pribadi saya menganggap film ini menarik untuk ditonton. Alur ceritanya lumayan bagus dan cukup membuat hati tersentuh di akhir cerita. Ada nilai moral yang dapat penonton ambil dari film ini.

Dikisahkan Raj Maholtra (Salman Khan) dan Priya Malhotra (Rani Mukerji) ingin memiliki keturunan karena keluarga besarnya sudah lama mendambakan. Priya sudah tidak bisa lagi menjadi seorang ibu karena kecelakaan yang dialaminya sewaktu hamil. Mereka berdua memutuskan untuk mencari ibu yang bersedia melahirkan anak untuk mereka. Raj mencoba mencari orang yang mau mengambil peran tersebut. Namun, hal itu tidaklah mudah karena tidak semua orang mau.

Kemudian, ia bertemu dengan Madhubala (Preity Zinta) yang bekerja di klub malam. Madhu merupakan perempuan jalanan yang tidak tahu tata krama. Raj menawarkan Madhu untuk menjadi perempuan yang bersedia melahirkan anak untuk mereka dengan bayaran yang lumayan besar. Madhu pun bersedia karena uang yang ditawarkan jumlahnya sangat besar. Raj kemudian memberikan segala keperluan Madhu dan mengajarinya sopan santun.

Lambat laun, Madhu bisa berubah menjadi perempuan yang lebih santun dan berkelas. Ia bersama Raj dan Priya kemudian pergi ke Swiss untuk merahasiakan rencana tersebut dari keluarga mereka. Di akhir cerita, awalnya Madhu sempat bimbang untuk memberikan anaknya. Ia merasa menjadi seorang ibu yang bisa menjaga anaknya. Namun, karena ketulusan hati Priya, Madhu berhasil luluh dan berkenan memberikan anaknya sesuai kesepakatan awal. Ia pun harus berpisah dengan Raj dan berjanji bahwa dia bukan lagi Madhu yang dulu berada di jalanan.

8. Kal Ho Naa Ho

source: id.wikipedia.org

Film Bollywood yang satu ini merupakan film yang romantis, lucu dan juga menyedihkan. Mungkin cerita dari film ini lumayan klise yaitu tentang perjuangan seseorang yang jatuh cinta dan di satu sisi ia harus melawan penyakitnya.

Amar (Shakhrukh Khan) merupakan seorang pemuda yang periang dan selalu memberikan warna bagi orang-orang di sekitarnya. Ia bertemu dengan Nania (Preity Zinta) di sebuah tempat dan seketika ia jatuh cinta kepada perempuan itu. Semenjak bertemu dengan Amar, hidup Nania berubah menjadi lebih ceria dan bahagia dibandingkan sebelumnya. Nania juga menaruh perasaan yang sama kepada Amar, namun ia tidak berani mengungkapkannya.

Di lain tempat, Rohit (Saif Ali Khan) yang merupakan sahabat Nania juga memiliki perasaan sejak lama terhadap Nania. Ia bingung bagaimana mendapatkan cinta dari Nania. Kadang ia meminta pendapat dari Amar tanpa tahu kenyataan bahwa Amar juga mencintai Nania. Melihat kondisi kesehatannya yang mulai memburuk, Amar mencoba menyusun rencana untuk menikahkan Nania dan Rohit. Hal itu harus ia lakukan demi kebahagiaan Nania, meskipun hal tersebut menyakiti batinnya. Di akhir cerita, Amar meninggal dunia, tetapi sosoknya tetap dikenang oleh Nania dan Rohit sepanjang waktu.

9. Dil Hai Tumhara

source: apnemedia.pk

Film ini merupakan film yang bercerita tentang konflik dalam sebuah keluarga yang dibumbui kisah-kisah cinta antar tokoh. Dalam film ini, Shalu (Preity Zinta) adalah seorang anak tiri. Ia memiliki seorang kakak bernama Nimmi (Mahima Chaudhary).  Sarita (Rekha) sangat membenci Shalu karena dia adalah anak dari hasil perselingkuhan suaminya dan perempuan lain. Keduanya meninggal dalam sebuah kecelakaan dan ia menitipkan Shalu kepada Sarita.

Meskipun Shalu adalah anak ceria dan selalu mencoba berbuat baik kepada ibunya, namun hal itu tidak mampu meluluhkan kebencian yang dipendam Sarita. Ia terus saja memperlakukan Shalu dengan buruk dan lebih menyayangi putri kandungnya. Suatu ketika, Shalu bertemu dengan pria kaya dan ternama bernama Dev Khanna (Arjun Rampal). Dev menyukai Shalu sejak pertemuan pertama mereka. Shalu pun demikian, meskipun ia cuek terhadap Dev tapi sejujurnya ia juga menyukai lelaki tersebut.

Di satu sisi, Nimmi juga menyukai Dev yang menurutnya sangat tampan. Ia merasa bahwa Dev juga menyukainya. Melihat kakaknya juga menyukai Dev, Shalu mencoba untuk mengalah demi kebahagiaan kakaknya. Shalu memiliki seorang sahabat bernama Samir (Jimmy Shergil) dan berpura-pura mencintai sahabatnya itu untuk menutupi kesedihannya.
Sarita segera merencanakan pernikahan antara putri kandungnya dengan Dev. Ia tidak ingin kebahagiaan Nimmi diambil oleh Shalu karena takut dengan trauma masa lalunya. Namun, menjelang pernikahan mereka Sarita mendapatkan gosip yang buruk yang mengancam nama baiknya. Shalu yang mendengar kabar itu pun segera memberitahu keluarga Dev dan meminta agar pernikahan terus berlanjut. Sarita melihat keberanian Shalu dan betapa tulusnya Shalu terhadap ibu tirinya. Hal itu membuat hati Sarita terbuka dan ia ingin merubah sikapnya yang dulu dingin.

Di akhir cerita, Nimmi memutuskan untuk membatalkan pernikahannya atas saran dari Samir. Karena hal itu adalah sandiwara belaka dan malah justru menyakiti kedua belah pihak. Dev dan Shalu saling mencintai dan mereka pantas untuk bersatu. Berkat keputusan Nimmi, akhirnya Dev menikahi Shalu.

10. Dilwale Dulhania Le Jayange

source: indianexpress.com

Sebagai penutup, film ini adalah film Bollywood yang patut kamu tonton paling tidak sekali dalam hidupmu. Meskipun tak sepopuler film Kuch Kuch Ho Ta Hai, film ini merupakan salah satu film yang paling laris dan sukses di India pada masanya. Film ini bercerita tentang Raj Maholtra (Shakhrukh Khan) dan Simran Singh (Kajol) yang bertemu saat melakukan perjalanan di Eropa. Mereka berdua awalnya saling bertengkar karena hal sepele dan terlalu gengsi untuk mengakui perasaan masing-masing. Namun, sayangnya cinta Raj tidak mendapatkan balasan yang cukup baik dari Simran karena perempuan itu telah lama dijodohkan sejak lama oleh ayahnya.

Raj tidak menyerah begitu saja, ia malah justru datang ke rumah Simran dan membantu segala persiapan pernikahan Simran. Sejujurnya Raj ingin membatalkan pernikahan itu, ia juga telah menelpon ayahnya untuk menemui ayah Simran. Akan tetapi, bukannya mendapatkan hasil yang baik, Raj malah diusir dan dicaci maki oleh ayah Simran.

Kabar mengenai Raj juga sampai di telinga calon pengantin Simran. Calon pengantin Simran sudah pernah sekali bertemu dengan Raj, ia kemudian marah besar dan mengeroyok Raj bersama teman-temannya di stasiun. Perkelahian itu akhirnya bisa dilerai setelah kedatangan Simran dan ayahnya. Akhir cerita, Simran dilepaskan oleh ayahnya untuk mengejar kebahagiaannya sendiri. Ia memilih untuk ikut bersama Raj dan meninggalkan pesta pernikahannya.
***
Baiklah, mungkin itu saja sobat beberapa film romantis Bollywood yang dapat saya share kali ini. Saya yakin masih ada banyak film-film Bollywood lainnya yang bagus dan romantis. Namun film-film di atas adalah film yang menarik berdasarkan pendapat saya. So, jika sobat punya pendapat yang berbeda bisa ditulis di kolom komentar. Thanks gaes, semoga memberikan secercah inspirasi untuk kalian.


EmoticonEmoticon