8 Realita Kuliah yang Tak Semanis Khayalan Anak SMA


source: pencaricerah.com

Ketika kita masih duduk di bangku SMA, terkadang terlintas di benak kita untuk segera menikmati bangku perkuliahan. Kita membayangkan betapa seru dan indahnya kuliah karena kita bisa lebih bebas daripada di SMA.

Buat kamu yang masih berpikiran semacam itu, mungkin bisa kamu singkirkan sejenak. Karena pada kenyataannya kuliah itu tidak semudah dan semanis itu. Berikut hal ini dapat membuktikan bahwa kuliah itu tak semanis khayalan anak SMA.

1. Tugas-tugas perkuliahan tidak segampang mengerjakan PR dari guru di SMA.

source: wovgo.com

Mungkin kamu berpikir bahwa mahasiswa identik dengan buku dan perpustakaan. Mereka mencari referensi-referensi dari sana untuk menyusun tugas atau makalah yang sudah diberikan oleh dosen. Boleh jadi kamu menganggap itu sebuah hal yang keren. Namun faktanya, menyusun makalah yang baik dan benar itu tidak semudah mengerjakan soal esai atau pilihan ganda seperti saat SMA. Apalagi kalau tema yang dibahas di makalah itu berat dan minim sumber buku, bisa dibayangkan bagaimana nyeseknya.

2. Begadang sembari ngopi pun sudah menjadi rutinitas wajib.

source: tribunnews.com/

Efek dari kebanyakan tugas adalah kurangnya waktu tidur kita. Mungkin kamu yang sekarang duduk di bangku SMA masih bisa tidur di bawah jam 10 malam. Coba deh, ketika kamu sudah kuliah nanti paling tidak kamu akan keseringan begadang sembari ngopi untuk merampungkan tugas-tugas yang deadline-nya mepet. Atau yang paling parah adalah kamu harus melek seharian karena kalau tidur nanti kamu akan kesiangan dan ketinggalan untuk mengumpulkan tugas.

3. Dapat tidur siang itu adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan.

source: dagelan.co

Ketika kamu kecil, sudah menjadi kebiasaan rutin untuk tidur di siang hari. Kadang, ibu kamu malah memarahi kamu kalau kamu bandel tidak mau tidur siang. Sewaktu kuliah, tidur siang itu seperti hal yang langka dikarenakan kesibukan kamu yang mungkin cukup padat. Oleh sebab itu, jika ada waktu luang di siang hari untuk tidur, manfaatkanlah sebaik mungkin karena itu adalah anugerah yang tidak boleh disia-siakan.

4. Pengen sibuk jadi aktivis di berbagai macam organisasi, tapi itu hanya mitos.

source: integrasi-edukasi.org

Salah satu cita-cita keren bagi anak SMA adalah mereka bisa aktif di berbagai macam organisasi kampus. Namun, realitanya itu hanyalah mitos belaka. Memang bukan hal yang mustahil untuk ikut di berbagai kegiatan, tetapi itu tentu sangat menguras tenaga. Mengikuti satu kegiatan saja kadang sudah membuat tugas-tugas kuliah keteteran, makanya lebih baik fokus di satu organisasi yang sesuai passion.

5. Mandi sehari saja sudah syukur, apalagi bisa dua kali.

source: vonvon.id

Kebanyakan mahasiswa yang sibuk beraktifitas dari pagi sampai malam kadang lupa untuk mandi. Mereka memiliki jadwal yang padat sehingga tidak ada waktu untuk mandi sejenak. Paling-paling mandi di pagi hari saja sudah cukup. Bahkan, kabarnya anak-anak teknik itu malah jarang mandi karena sibuk mengerjakan tugas dan proyek mereka.

Baca juga: Kuliah Buat Apa?

6. Homesick yang kadang melanda.

source: lifehacker.com

Hal ini biasa terjadi pada anak rantau yang jarang berpisah dari orang tuanya. Mungkin sewaktu kamu masih dekat dengan orang tua, ada sedikit rasa ingin hidup mandiri dan tidak mau diatur-atur oleh mereka. Rasanya kamu ingin cepat-cepat kuliah agar bisa bebas dari aturan orang-orang di rumah. Tetapi, ketika kamu nanti sudah merantau adakalanya kamu akan rindu bagaimana cerewetnya orang tua kamu di rumah.

7. Semester tua tak senyaman semester baru.

source: youthmanual.com

Barangkali ini adalah hal yang lumrah. Kamu mungkin bisa bersantai dan menikmati waktu luangmu di semester awal saat kamu masih mahasiswa baru. Akan tetapi, ketika kamu sudah menginjak semester-semester tua jangan harap kamu bisa bermalas-malasan karena materi yang dipelajari pun juga akan semakin susah.

8. Jaga sikap dan selalu hormat kepada dosen. Karena dosen tidak seperti guru di SMA.

source: edunews.id

Ini mungkin yang paling penting untuk kamu perhatikan. Dosen itu tidak sama dengan guru kamu di SMA. Jangan harap dosen akan mengejar-ngejar kamu masalah tugas atau nilai, karena hal itu tidak penting bagi beliau. Berbeda dengan guru kamu di SMA, yang mungkin masih suka mengingatkan kamu kalau ada nilai kamu yang kosong. Intinya selalu bersikap sopan dan selalu menaruh rasa hormat terhadap dosen yang akan mengajar kamu nanti, tak peduli seberapa menyenangkan atau menjenuhkan beliau.

Penutup

Poin-poin di atas adalah opini pribadi saya berdasarkan pengalaman selama menjalani kuliah hampir dua tahun ini. Intinya, kuliah tak seperti yang digambarkan di ftv-ftv karena kenyataannya kadang jauh berbeda. Mungkin sobat memiliki pendapat yang berbeda, kalian bisa share di komentar. Dan buat teman-teman anak SMA yang mau kuliah, jangan takut dan persiapkan mental serta tekad yang kuat karena kuliah itu akan sia-sia jika kalian tidak sungguh-sungguh menjalaninya.

Thanks atas kunjungannya. Semoga memberikan secercah inspirasi dan motivasi untuk sobat sekalian.

2 comments

Setuju masss,., 8 hal yang sangat benar.
Dan 8 hal ini sangat sangatku rindukan mas, moment kuliah yg tidak akan pernah terlupakan.

Wkwkwkwk, bikin nostalgia ya mas.Saya juga demikian


EmoticonEmoticon