8 Novelis Indonesia yang Dapat Menginspirasimu untuk Menulis

Dunia pernovelan di Indonesia memang sangat populer di kalangan anak muda. Ada begitu banyak novelis dengan gaya tulisan serta ciri khas mereka masing-masing dalam menulis. Selain itu, genre novel yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri untuk membacanya.

Dari sekian banyaknya penulis, kali ini saya pengen mengambil beberapa penulis novel yang sangat keren dan punya ciri khas masing-masing. Mereka telah mengahasilkan karya-karya luar biasa dan best seller serta beberapa karya mereka sudah diangkat ke layar film. Dengan karya mereka, penulis-penulis ini mampu menginspirasi kalian untuk menulis. Langsung saja ini dia.

1. Dee Lestari

via blog.mizanstore.com

Dee Lestari merupakan salah satu penulis wanita terkenal di Indonesia. Ia telah menghasilkan beberapa buku yang sukses di pasar. Contoh saja Perahu Kertas, Filosofi Kopi, Rectoverso dan Supernova yang telah berhasil diangkat menjadi sebuah film. Dee Lestari memiliki imajinasi yang luar biasa dalam menulis. Ia mampu memadukan antara sisi ilmiah dengan dunia sastra menjadi sebuah kombinasi yang luar biasa. Di samping itu, Dee juga mampu membuat cerita yang menarik dengan konflik yang kadang tidak pernah terbayangkan.

2. Habiburrahman Al Shirazy

via fosmatif.ihasanulfikri.sch.id

Buat kalian yang suka novel islami, karya-karya Habiburrahman sangat pas untuk kalian nikmati. Salah satu ciri khas dari novel Habiburrahman adalah unsur-unsur islami yang sangat kental. Habiburrahman mampu membuat sebuah cerita tentang kisah cinta romantis yang tentunya tidak melanggar syariat Islam. Meskipun demikian, kisah-kisah dalam novel Habiburrahman selalu menarik dan tersimpan banyak hikmah yang dapat kita pelajari. Beberapa novel Habbiburrahman yanv paling terkenal adalah Ayat-Ayat Cinta dan Dalam Mihrab Cinta.

3. Andrea Hirata


via seminarjatim.com

Novelis lulusan Sorbonne ini sangat menginspirasi orang-orang di luar sana untuk berani bermimpi. Andrea Hirata telah berhasil menuangkan kisah hidupnya serta impian-impiannya melalu karya-karyanya yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Novel Tetralogi Laskar Pelangi merupakan novel dengan alur cerita yang luar biasa. Keempat novel itu menceritakan petualangan Andrea dari masa kecil di pulau terpencil hingga mampu kuliah di luar negeri. Cerita-cerita dalam novelnya mampu memantik semangat dalam diri pembaca. Novel Laskar Pelangi sendiri saat ini telah diterjemahkan ke beberapa bahasa dan dicetak di berbagai negara.

4. Tere Liye


via brillio.net

Penulis ini mengajarkan kita bahwa semua orang mampu menulis tanpa memandang latar belakang mereka. Bang Tere merupakan lulusan Akuntansi dari Universitas Indonesia yang telah menghasilkan beberapa novel yang best seller di pasar buku. Beberapa novel Bang Tere juga telah berhasil difilmkan seperti Moga Bunda Disayang Allah dan Hafalan Shalat Delisa. Tulisan Bang Tere memiliki bahasa yang lugas dan enak dinikmati. Kadang terselip bumbu-bumbu komedi serta nilai-nilai kehidupan. Yang tak kalah penting, alur cerita yang ditulis Bang Tere kadang rumit dengan plot twist di akhir cerita.

5. Asma Nadia


via detik.com

Asma Nadia merupakan salah satu penulis buku islami yang memiliki banyak penggemar. Bukunya Surga Yang Tak Dirindukan sangat laris di pasaran dan berhasil diangkat menjadi sebuah film dengan lebih dari satu juta penonton.Ia juga pernah diundang dalam Lowa Internatial Writing Program di Amerika Serikat. Selain menulis, Asma Nadia juga mengelola sebuah penerbitan buku.

6. Raditya Dika


via liputan6.com

Radit adalah merupakan penulis yang multi talenta. Ia sangat mahir menulis novel komedi serta merangkan sebagai Stand Up komedian. Selain itu, Radit juga menekuni dunia Youtube serta menjadi seorang sutradara film. Kisah Bang Radit mulai dari seorang blogger hingga menjadi seorang novelis terkenal mampu menginspirasi banyak orang. Salah satu ciri khas novel Bang Radit adalah bahasanya yang gaul dan lucu serta anti mainstream jika dibandingkan dengan penulis lainnya.

7. Ahmad Fuadi


via liputan6.com

Ahmad Fuadi merupakan seorang wartawan yang sukses dengan bukunya yang berjudul Negeri 5 Menara. Dalam buku itu, ia menceritakan kisah hidupnya selama menempuh pendidikan di pesantren. Ia mengulas hal-hal seputar kehidupan anak pesantren yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang. Selain itu, ia dan teman-temannya juga mampu mewujudkan impian mereka untuk bisa ke luar negeri.

8. Pidi Baiq

via merahputih.com

Siapa yang gak kenal Dilan? Pidi Baiq adalah penulis novel Dilan 1990 yang sukses di pasar dan mendapatkan tempat di hati para remaja. Selain itu, novel itu juga sukses diangkat ke layar lebar dengan jutaan penonton. Pidi Baiq memiliki bahasa yang lugas dan enak dibaca dan mengundang tawa bagi para pembaca.


EmoticonEmoticon