8 Pekerjaan Keren yang Tidak Memerlukan Gelar Sarjana



Kuliah merupakan salah satu jalan yang dapat membantu seseorang untuk bisa sukses. Bermodalkan ijazah S-1, seseorang memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Memang, di dunia modern saat ini, persaingan kerja semakin ketat. Jumlah pelamar pekerjaan tidak berbanding lurus dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia. Oleh sebab itu, kuliah saja tidak cukup. Apabila memungkinkan, kita harus memikirkan berbagai alternatif pekerjaan lain yang sesuai dengan skill kita.

Nah, beberapa pekerjaan di bawah ini dapat membuat kita sukses apabila ditekuni dengan sepenuh hati. Pekerjaan-pekerjaan ini dapat kita pelajari tanpa harus melalui bangku kuliah. Kuncinya adalah konsistensi. Baiklah, tanpa basa-basi langsung saja inilah beberapa pekerjaan keren yang tidak memerlukan gelar sarjana.

1. Designer


Semua orang dapat menjadi seorang designer selama mereka memiliki kemauan untuk belajar. Memang, di beberapa universitas terdapat jurusan desain dan sebagainya. Namun di era digital ini, belajar desain tidak harus melalui bangku kuliah. Kita dapat belajar desain secara online dan mandiri melalui web-web atau video di youtube. Setelah kita mengetahui dasar-dasar yang diperlukan dalam bidang ini, hal yang harus kita lakukan ialah mengembangkan kreatifitas kita dan menawarkan desain-desain kita kepada orang lain atau pihak yang membutuhkan.

Kalian bisa menjadi seorang designer grafis, interior atau bahkan di dunia fashion. Kreatifitas kalian serta keunikan kalian akan sangat berpengaruh terhadap pasar. Selama kalian memberikan kualitas yang terbaik, maka kalian akan mendapatkan klien yang tertarik dengan desain kalian dan akan menjadi pelanggan tetap kalian.

2. Musisi


Menjadi seorang musisi tidak harus memiliki gelar sarjana di bidang musik. Banyak musisi-musisi hebat yang di luar sana yang sukses di bidang musik tanpa mengandalkan gelar sarjana. Mereka merintis dengan penuh perjuangan dan konsistensi serta memberikan yang terbaik agar karya-karya mereka diterima oleh masyarakat. Mereka yang bertahan adalah mereka yang punya ciri khas dalam karya mereka.

Nah, buat kamu yang memiliki minat atau hobi di bidang musik. Maka yang harus kamu lakukan adalah mengasah kemampuan tersebut. Kalian bisa membentuk sebuah grup band dengan teman kalian dan menciptakan lagu-lagu sesuai genre dan kreatifitas kalian. Kemudian, kalian bisa menyebarluaskan karya kalian melalui media sosial. Kalian juga bisa mencari label rekaman yang pas untuk karya kalian entah itu melalui major label atau secara indie.

3. Blogger


Menulis adalah hobi yang menyenangkan dan juga dapat menghasilkan. Menjadi seorang blogger adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menyalukan hobi menulis kita. Kalian bisa menulis hal-hal yang kalian sukai di blog kalian dan membagikan tulisan kalian kepada orang-orang. Memang, menjadi seorang blogger tidaklah mudah dan penuh perjuangan. Terlebih ada banyak blogger-blogger keren di luar sana.

Pekerjaan ini dapat membuahkan hasil apabila kalian mau menekuninya. Buktinya ada banyak blogger-blogger sukses di luar sana yang memiliki penghasilan yang lumayan. Kalian dapat mendapatkan penghasilan dari Adsense atau penyedia jasa layanan iklan lain. Selain itu, kalian juga bisa menawarkan kerja sama dengan brand-brand tertentu yang produknya ingin ditampilkan di blog kalian.

4. Content Creator


Zaman sekarang, pekerjaan ini sudah mulai banyak ditekuni oleh orang-orang khususnya para remaja. Mereka menjadi content creator baik itu di Instagram atau di Youtube. Menjadi seorang content creator juga tidak memerlukan gelar sarjana. Selama kalian punya ide yang fresh serta konsistensi untuk menghasilkan sebuah karya yang menarik bagi masyarakat, maka kalian akan bisa survive.

Apabila kalian menjadi content creator di Youtube, kalian bisa mendaftarkan channel kalian ke Adsense dan memonetize-nya. Dengan itu, kalian dapat memperoleh penghasilan dari Youtube. Kalau menjadi content creator di Instagram, kalian bisa membuka jasa endorse atau paid promote yang akan mendatangan pundi-pundi uang bagi kalian.

5. Fotografer


Menjadi fotografer juga tidak memerlukan gelar sarjana. Kalian yang punya hobi fotografi bisa mengembangkan skill ini sendiri. Kalian bisa belajar memotret dengan baik dan menghasilkan hasil jepretan yang bagus. Selain itu, kalian bisa mencari objek-objek yang keren di luar sana untuk difoto dan memamerkan karya kalian di pameran foto.

Kalian juga dapat menawarkan jasa fotografi kalian kepada orang-orang yang membutuhkan seperti foto pre-wedding, foto album tahunan sekolah dsb. Apabila kalian memiliki modal lebih, kalian bisa mendirikan studio foto sendiri.

6. Programmer


Programmer adalah salah satu pekerjaan keren yang juga sangat dibutuhkan di era modern ini. Kalian bisa belajar ilmu coding secara online atau secara manual melalui buku-buku coding tanpa perlu melalui bangku kuliah. Memang coding adalah hal yang sulit bagi sebagian orang, tetapi apabila ada kemauan pasti ada jalan. Yang penting adalah konsistensi dan ketekunan untuk bisa.

Dengan ilmu coding, kalian bisa mengembangkan sebuah software atau game. Kalian bisa menjual game atau software kalian kepada orang-orang yang membutuhkan. Kalian juga bisa menawarkan jasa kalian kepada klien yang memerlukan bantuan tentang pemrograman.

7. Gamer


Di masyarakat kita, gamer mungkin masih dipandang sebelah mata. Banyak yang menganggap hobi ini hanya buang-buang waktu dan tidak menghasilkan. Namun, anggapan itu tidak selamanya benar. Adakalanya menjadi seorang gamer dapat menghasilkan uang. Buktinya ada beberapa gamer di luar sana yang sukses dan memiliki penghasilan tinggi dari nge-game. Mereka mengikuti turnamen-turnamen atau event sejenis yang hadiahnya berupa uang dsb.

Selain itu, gamer juga bisa merambah ke dunia Youtube. Kalian bisa mengunggah hasil permainan kalian yang mungkin seru atau menegangkan dan bahkan menarik untuk ditonton oleh jutaan orang. Sudah banyak gamer yang merangkap profesi menjadi Youtuber. So, pekerjaan ini berpotensi untuk menghasilkan uang.

8. Pengusaha


Semua orang bisa menjadi seorang pengusaha tanpa perlu memerlukan gelar sarjana. Kita bisa mulai merintis usaha kita secara mandiri berbekal modal dan tekad yang kuat. Kita bisa memanfaatkan medsos, aplikasi jual beli online untuk memasarkan usaha kita. Memang, perjalanan dalam berwirausaha tidaklah mudah karena pasti ada aral yang melintang di depan.

Selain memiliki modal dan tekad yang kuat, paling tidak kita juga harus belajar berbisnis dan berpikir strategi-strategi penjualan agar usaha kita berkembang dan tidak rugi. Dengan menjadi seorang pengusaha, kita berarti juga bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang-orang di lingkungan kita.
****
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa pekerjaan keren yang tidak memerlukan gelar sarjana. Saya menulis ini bukan berarti saya menyuruh sobat untuk berhenti kuliah, melainkan saya ingin memberikan perspektif baru kepada sobat sekalian bahwa kuliah bukan satu-satunya jalan yang bisa menuntun kesuksesan kita. Kuliah itu penting tapi tidak cukup. Kita juga harus melatih skill-skill kita yang lain karena itu akan sangat mendukung setelah kita lulus kuliah.

Sekian dari saya. Terima kasih sudah berkunjung ke tulisan saya kali ini.

sumber gambar: pixabay.com

2 comments

Jadi gamer kayaknya asyik banget ya, jadi pengen, tapi kok nggak bakat maen game. Baru beberapa level aja kalau udah nggak bisa langsung unistal. He..he...😁😁
Mending jadi blogger sajalah...


EmoticonEmoticon