11 Channel Youtube yang Dapat Memotivasi Kamu untuk Hidup dengan Lebih Baik


source: yourstory.com

Halo, sobat semua. Pada kesempatan kali ini, saya pengen membahas beberapa channel Youtube yang menyajikan konten edukatif sekaligus inspiratif yang dapat merubah hidup kamu. Tidak bisa kita pungkiri bahwa Youtube merupakan media sosial yang sangat populer saat ini. Sayangnya, tidak semua konten Youtube itu bermanfaat. Ada juga konten yang sifatnya hanya hiburan dan kadang juga tidak ada manfaatnya. Konten semacam itu malah membuang-buang waktu kita.

Nah, buat sobat sekalian, tentu kalian ingin memanfaatkan waktu kalian dengan bijak, kan. Maka dari itu, alangkah baiknya kalau kita menonton konten-konten positif yang ada di Youtube.  Berikut adalah channel-channel Youtube yang saya rekomendasikan buat kalian semua sobat. Langsung kita bahas bareng-bareng aja kuy.

1. TEDx Talks



TED merupakan sebuah organisasi media dari Amerika yang sering memposting konferensi keren yang bertujuan untuk membagikan ide segar yang layak dibagikan sekaligus menginspirasi orang lain. Mereka memiliki sebuah slogan yang berbunyi “ideas worth spreading”.

Melalui channel Youtube mereka yang bernama TEDx Talks, mereka menyajikan berbagai macam konferensi dengan beragam topik, seperti teknologi, bisnis, motivasi, dan ide-ide brilian. Di channel ini, kalian akan mendapatkan banyak ilmu baru serta ide segar dari para tokoh hebat yang mungkin belum kalian ketahui. Tokoh dari Indonesia seperti Ridwan Kamil, Sudjiwo Tedjo, Anies Baswedan, dan juga Ade Rai pernah menjadi pembicara di Tedx Talks.

Oleh sebab itu, buat kalian yang belum subscribe channel ini, langsung aja kalian subscribe sekarang dan temukan banyak motivasi di channel TEDx Talks.

2. School of Life



School of Life merupakan sebuah organisasi yang memiliki dedikasi untuk membantu perkembangan diri seseorang dan mendorong orang lain agar hidup mereka terasa lengkap. Ada banyak hal dalam hidup yang tidak dipelajari di sekolah atau universitas. Hal-hal tersebut justru malah kita dapatkan ketika kita menjalani kehidupan.

Oleh sebab itu, School of Life memiliki misi untuk membantu seseorang memahami dirinya sendiri, meningkatkan relasi, karir, dan juga kehidupan sosial ke arah yang lebih baik. Untuk memfokuskan hal tersebut, mereka menyajikan enam tema utama, yaitu hubungan atau relasi, pekerjaan, self knowledge, lingkungan sosial, sikap atau kepribadian, dan juga gaya hidup dan juga budaya. Mereka juga memanfaatkan beragam media untuk menyebarkan pemikiran positif mereka, seperti blog, buku, workshop, dan juga video yang mereka sebarkan melalui Youtube.

3. Deddy Corbuzier



Siapa yang tidak tahu Deddy Corbuzier? Pria yang merupakan mentalis terkenal sekaligus pembawa acara Hitam Putih ini juga melakoni profesi sebagai seorang Youtuber. Melalui channel Youtube-nya, Deddy Corbuzier membawakan opini-opini segar dan juga cerdas terhadap banyak hal, seperti tentang kesuksesan, dunia pendidikan, masalah politik, dan juga hal-hal yang tengah menjadi topik hangat di masyarakat.

Deddy Corbuzier selalu mengungkapkan opininya dengan penyampaian yang cerdas sekaligus logis sehingga memberikan perspektif baru terhadap para penonton video Youtube-nya. Di samping itu, Deddy Corbuzier juga termasuk orang yang senang belajar hal baru dan konten-konten yang ia sajikan juga ikut berkembang.

Sekarang, terdapat konten podcast di channel Youtube-nya yang berisi percakapan menarik antara Deddy Corbuzier dan publik figur atau para Youtuber, seperti Uya Kuya, Andhika Kangen Band, Candra Liow, Om Indro, Sandiaga Uno, dll. Topik yang mereka perbincangkan pun menarik dan juga penuh inspirasi.

4. Succesbefore30



Succesbefore30 merupakan channel yang dikelola oleh Candra Putra Negara, seorang enterpreneur sekaligus penulis buku Badai Pasti Berlalu. Melalui channel itu, dia membagikan pemikiran positif sekaligus pengalaman-pengalaman dia dalam meraih kesuksesan.

Channel ini juga merupakan wadah bagi orang-orang yang ingin belajar bisnis dan juga aspek-aspek yang diperlukan orang untuk sukses. Channel ini bertujuan untuk mengedukasi orang lain. Di channel ini, kalian akan menemukan beragam topik positif yang menarik dan dapat membantu meningkatkan kualitas diri kalian, seperti karir, motivasi kehidupan, bisnis, kisah-kisah inspirasi, mindset, keluarga, dan juga relasi.

5. Pagar Kehidupan



Pagar Kehidupan adalah sebuah channel motivasi yang didirikan oleh Arian Surya, seorang motivator muda asal Indonesia. Kalian yang saat ini tengah berada di fase galau, gak ada semangat, atau butuh inspirasi, sangat dianjurkan untuk mendengarkan video-video motivasi di channel ini.

Dengan penyampaiannya yang gampang dipahami, Arian Surya mampu mengajak kita untuk tetap berpikir positif dan juga bersemangat kembali dalam menjalani pahit manisnya kehidupan. Di channel ini, Arian Surya seringkali membagikan tips-tips untuk mengejar kesuksesan sekaligus kebahagiaan dalam hidup.

6. Merry Riana



MerryRiana merupakan seorang motivator, direktur, dan penusaha dari Indonesia yang dikenal dengan julukan “wanita sejuta dolar”. Bukunya yang berjudul “Mimpi Sejuta Dolar” sukses di pasar, bahkan sampai diangkat menjadi film.

Melalui channel Youtube-nya, Merry Riana membagikan berbagai macam konten motivasi serta edukasi yang mampu memberikan inspirasi kepada orang lain. Merry Riana juga memiliki resolusi untuk memberikan dampak positif dalam kehidupan jutaan orang Indonesia. Konten yang dia sajikan pun juga beragam, yaitu Spoken Word, Motivasi Merry, Merry Riana Show, dan juga Vlog Merry Riana.

7. Thomas Frank



ThomasFrank merupakan seorang penulis, Youtuber, dan juga podcaster di @CollegeInfoGeek. Melalui channel ini, Thomas Frank membagikan tips dan trik yang bagus untuk belajar. Channel wajib banget ditonton oleh kita yang saat ini berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa di universitas.

Thomas Frank akan mengajari kita bagaimana cara mengatur jadwal belajar, cara membaca cepat, cara presetasi, cara mencatat yang baik, dan beragam tema lain seputar belajar yang menarik untuk ditonton. Kalian juga akan mendapatkan wawasan baru dan juga membangun mindset kalian setelah menonton video dari Thomas Frank.

8. Fightmediocrity



Sesuai dengan nama channel ini, tujuan dari channel ini adalah membuat kita sebagai kaum medioker (biasa-biasa aja) menjadi lebih hebat dengan ide-ide yang kreatif dan luar biasa. Ada beragam konten dari Fightmediocrity yang mengajak kita untuk merenung sekaligus memikirkan cara memaknai waktu yang kita miliki selama masih hidup dan bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin.

Selain itu, kita juga akan belajar bagaimana mencari kesempatan yang tepat dan juga menjadi pribadi yang semakin berkualitas setiap harinya. Semua video dalam channel ini dikemas dengan animasi dan ilustrasi yang menarik sehingga tidak membosankan.

9. Absolute Motivation



Absolute Motivation merupakan channel Youtube yang membahas video-video motivasi serta beragam ide menarik yang dapat membangkitkan semangat seseorang. Channel ini juga memiliki misi untuk meningkatkan pengalaman seseorang dengan merangsang pemikiran yang akan membuka wawasan serta meningkatkan pemikiran kita melalui praktik yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Video-video yang ada di channel ini dikemas dengan memadukan remix sekaligus mash-up video yang menarik untuk ditonton. Tema yang diangkat pun juga sangat memotivasi, seperti cara memecahkan persoalan hidup, cara melawan rasa takut dan orang-orang yang meragukan diri kita, serta konten positif yang mendorong kita ke arah perubahan yang lebih baik.

10. Big Think



Big Think ialah channel yang menyediakan beragam informasi yang sangat penting tentang pendidikan, bisnis, kehidupan, relasi, dan juga teori-teori sains yang mampu membuka wawasan kita. Tujuan dari channel ini adalah membantu orang-orang untuk mendapatkan ide, pengalaman, skill, dan solusi sebuah permasalahan yang dapat diterapkan dalam kehidupan.

Dalam menyajikan video, Big Think juga menggandeng para ahli seperti Bill Nye dan para ahli lain yang akan menjelaskan berbagai macam ide-ide besar. Maka dari itu, buat kalian yang belum tahu channel ini, segera cek di Youtube dan dapatkan beragam ide-ide menarik yang belum kalian ketahui.

11. Menjadi Manusia



Menjadi Manusia adalah sebuah platform sosial yang membagikan cerita-cerita inspiratif tentang kehidupan dari beragam sudut pandang. Harapan dari channel ini adalah menjadi sebuah tangga untuk mendapatkan setitik harapan bagi orang-orang yang memiliki persoalan-persoalan dalam kehidupan.

Kita terkadang tidak tahu menahu soal kehidupan orang-orang yang memiliki kekurangan atau bahkan pernah mengalami fase sulit dalam kehidupan, seperti dikucilkan dan sebagainya. Channel ini mengajak kita untuk bisa memahami orang-orang yang hidupnya pernah mengalami kesulitan, seperti orang-orang yang menderita penyakit mental, kisah orang yang pernah di penjara, dan pengalaman-pengalaman inspiratif lainnya. Channel ini akan membuka pandangan kita untuk memandang orang lain dengan pandangan positif. Sesuai nama channel ini, kita akan belajar menjadi manusia seutuhnya yang mampu menghargai sesama manusia.
****
Nah, mungkin itu saja ya teman-teman, beberapa channel Youtube yang dapat memotivasi kalian. Saya yakin, masih ada banyak channel-channel motivasi serta inspiratif lainnya selain yang saya sebutkan di atas. Paling tidak, artikel ini bisa memotivasi kalian untuk lebih bijak dalam memanfaatkan media sosial, khususnya Youtube. Pesan saya, gunakan waktu kalian dengan bijak serta tontonlah hal-hal yang baik untuk perkembangan diri Sobat sekalian.

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel kali ini. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga menginspirasi.


EmoticonEmoticon