10 Lagu Tulus yang Paling Enak Didengarkan

source: suaramerdeka.com

Tulus ialah salah satu musisi Indonesia yang berasal dari Bandung yang memiliki suara yang unik didengar. Lagu-lagunya pun sudah dikenal oleh masyarakat luas karena liriknya yang seringkali puitis dan nadanya juga enak didengar.

Di samping itu, Tulus juga telah mendapatkan beragam penghargaan sepanjang kariernya, seperti AMI Awards, Indonesien Choice Awards, Rolling’s Stone Editor’s Choice Awards, dan masih banyak lagi. Karya-karyanya memang sangat bagus sehingga tak mengherankan jika beragam prestasi mampu diraih oleh Tulus.'

Nah, kali ini saya pengen membahas lagu-lagu Tulus yang terbaik dan paling enak didengarkan. Saya yakin, kalian semua sudah sangat familiar dengan lagu-lagu berikut ini. Langsung saja yuk, kita bahas bersama.

1. Pamit



Menurut saya, lagu Tulus yang satu ini adalah lagu Tulus yang paling melow dan membuat kita sedih ketika mendengarkannya, khususnya buat kita yang sedang berada pada akhir sebuah hubungan dengan seseorang.

Lagu ini bercerita tentang dua insan yang sudah tidak bisa lagi menjalani hubungan bersama. Mereka sudah memiliki perasaan yang berbeda dan tak ada titik temu dalam hubungan mereka. Oleh sebab itu, seseorang di lagu ini memutuskan untuk pamit dengan cara baik-baik daripada terjebak dalam hubungan yang memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Meskipun demikian, mereka tetaplah teman baik walau sudah tak bersama.

2. Jangan Cintai Aku Apa Adanya



Seringkali kita mendengar sebuah ungkapan bahwa kita harus mencintai seseorang itu apa adanya. Namun, Tulus memberikan perspektif yang berbeda dalam lagu ini. Dia ingin agar seseorang yang dia cintai menuntutnya sesuatu agar dia bisa memberikan yang terbaik untuk orang yang dicintainya.

Kalau dipikir-pikir benar juga, kalau kita mencintai apa adanya, ya kita tidak akan gitu-gitu saja. Menuntut sesuatu itu memang penting, asalkan itu tidak memberatkan dan juga demi kebahagiaan bersama.

3. Sewindu



Lagu ini pas banget buat kita yang pernah berjuang lama untuk seseorang, tetapi seseorang itu lebih memilih orang lain. Dalam lagu ini, seseorang itu telah berjuang untuk mendapatkan cinta seseorang selama sewindu atau delapan tahun.

Dia sudah berusaha susah payah semampu yang dia bisa. Memberikan usaha dan senyuman terbaik. Namun, sialnya seseorang yang ia perjuangkan malah lebih memilih pangeran lain yang datang sekelebat dengan menawarkan pesona dan harapan serta bualan cinta di masa depan.

4. Gajah


Lagu ini termasuk salah satu lagu Tulus yang sangat unik karena bercerita tentang hewan gajah. Tentang segala seluk beluk gajah. Namun, di balik lagu ini terdapat makna yang cukup dalam.

Lagu ini mungkin menggambarkan perasaan Tulus yang dulu sempat menjadi korban bully dan dipanggil gajah. Meskipun begitu, Tulus mampu membuktikan bahwa dirinya adalah sosok yang tangguh dan mampu membuktikan kepada orang-orang yang pernah meremehkannya bahwa dia bisa sukses seperti sekarang ini.

5. Teman Hidup



Lagu ini sangat cocok untuk kita nyanyikan kepada orang yang kita sayangi, khususnya kepada ia yang akan menjadi teman hidup kita hari ini hingga kelak. Lirik dari lagu ini sangat romantis karena bercerita tentang harapan serta perasaan seseorang kepada orang yang dia cintai.

Menjadi teman hidup memang perlu mempersiapkan hal. Perlu menyatukan visi dan misi bersama. Menyamakan tujuan dan saling mengerti satu sama lain. Dan bersama-sama mengarungi beragam suka dan duka. Hal itulah yang ingin disampaikan Tulus dalam lagu ini.

6. Sepatu


Lagu ini bercerita tentang dua pasang insan yang ingin bersama, tetapi tidak bisa bersatu, seperti sepasang sepatu yang hanya bisa berjalan beriringan. Seseorang di lagu ini merasa lengkap ketika dia berada di dekat kekasihnya. Dan ketika kekasihnya tak ada, ia pun merasakan hal yang kurang.

Melalui lagu ini, Tulus berpesan bahwa cinta itu memang beragam bentuknya. Ada yang bisa bersatu dan bahagia bersama, tetapi tak jarang juga ada kisah cinta yang tak dapat disatukan karena suatu alasan.

7. Monokrom



Lagu Tulus yang satu ini bercerita tentang kehidupan, khususnya tentang kenangan-kenangan di masa lalu pada sebuah lembar foto hitam putih yang membuat kita bernostalgia. Melalui lagu ini, Tulus mengajak kita untuk mengenang kembali sosok yang pernah memeluk kita dan memberikan kisah yang manis di hidup kita, entah itu dengan keluarga, sahabat, atau mungkin seseorang.

Kenangan bersama mereka di masa lalu memang sangat berharga karena merekalah yang membuat kita mengenal dunia dan memberikan warna-warni dalam kehidupan kita sehingga kita bisa seperti sekarang ini. Meskipun rasanya sakit, mau tak mau ya gimana lagi.

8. Ruang Sendiri



Lagu ini pas banget buat kita yang tengah menjalin hubungan dengan seseorang dan memerlukan ruang sendiri atau quality time dengan diri kita sendiri. Dengan ruang sendiri itu, kita bebas melakukan apa yang kita inginkan tanpa terkekang. Selain itu, kita juga akan lebih bisa merasakan kerinduan terhadap orang yang kita cintai karena jarang bertemu.

Melalui lagu ini, Tulus juga mengajak kita untuk lebih menghargai arti dari sebuah kesepian. Kadangkala, kesepian itu terasa bermakna dalam kehidupan kita. Kita bisa lebih memahami diri kita sendiri.

9. 1000 Tahun Lamanya



Lagu ini adalah lagu Jikustik yang diaransemen dan dibawakan ulang oleh Tulus dengan cara bernyanyinya yang khas. Cerita dari lagu ini adalah tentang seseorang yang berusaha mendapatkan hati seseorang yang belum siap menerima cinta yang baru. Seseorang yang dia suka masih terjebak dalam masa lalunya.

Namun, dia masih berusaha dan yakin akan datang suatu saat nanti ketika orang yang dia suka akan membuka hati dan menjadi bagian dari hidupnya nanti. Seseorang di lagu ini akan terus berjuang, tak peduli walau itu harus menunggu seribu tahun lamanya.

10. Tukar Jiwa



Lagu ini bercerita tentang seseorang yang sangat sulit mendefinisikan perasaan dan rasa cintanya terhadap orang yang dicintainya. Dia pun juga sulit untuk melupakan seseorang yang dicintainya karena rasa yang dia miliki. Lagu ini juga menggambarkan perasaan cinta yang cukup dalam sehingga susah untuk dijelaskan.

Dalam lagu ini, dia berpikir bahwa seseorang yang dicintainya akan mengerti perasaannya dan cara dia memandang kekasihnya apabila mereka bisa bertukar jiwa satu hari saja. Dengan cara itu, pasti ia akan mengerti.
 ***
Nah, itu saja kawan beberap lagu Tulus yang paling enak didengarkan menurut saya. Mungkin kalian punya pendapat lain. Hal itu bukanlah masalah. Akhir kata, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini. Thanks atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon