Tips-Tips Presentasi yang Menarik di Sebuah Forum


Photo by mentatdgt from Pexels

Halo sobat sekalian. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan beberapa tips yang bisa sobat lakukan ketika presentasi di depan kelas atau di sebuah forum. Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang jarang speak up atau ngomong di depan orang banyak, mereka seringkali gugup ketika presentasi di depan orang lain. Hal itulah yang membuat saya tertarik untuk menulis artikel ini.

Saya dulu juga orangnya suka gugup ketika harus presentasi di depan orang lain. Namun, saya selalu mengusahakan yang terbaik dan terus belajar agar bisa berbicara dengan lantang dan lancar di depan banyak orang. Memang, keberanian untuk bisa bicara di sebuah forum itu tidak dapat didapatkan secara instan. Kita perlu belajar pelan-pelan sampai kita bisa.

Nah, tips-tips berikut ini bisa kalian coba agar presentasi kalian lancar dan menarik. Langsung saja yuk kita ulas bersama.

1. Persiapkan Materi Presentasi Sebaik Mungkin
Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum presentasi tentunya mempersiapkan materi yang hendak kita sampaikan di depan forum dengan baik. Langkah ini merupakan langkah wajib agar kita paham betul dengan materi yang akan kita sampaikan.

Apabila kita memahami materi itu dengan baik dan menghafalnya di luar kepala, tentu kita tidak akan kesulitan menyampaikan materi tersebut kepada orang lain. Berbeda halnya jika kita hanya membacanya sekilas tanpa memahaminya lebih dalam. Kita nanti pasti akan kelabakan dan nge-blank di tengah-tengah presentasi. Persiapan ini ibarat sebuah bekal dan amunisi yang harus kita siapkan matang-matang sebelum berperang.

2. Buat Poin-Poin Penting di Power Point
Kebanyakan dari kita seringkali menaruh semua materi ke dalam satu slide. Padahal, hal itu keliru karena akan membuat kita terpaku dengan teks materi tersebut. Di satu sisi, slide yang penuh dengan kata-kata akan membuat audiens bosan dan tidak memperhatikan kita ketika presentasi.

Tulislah poin-poin penting atau inti materi yang akan kita sampaikan kepada audiens. Poin-poin itu nanti yang akan menuntun jalannya presentasi kita dan membuat kita tahu step by step materi yang kita presentasikan.

3. Desain Power Point dengan Simple dan Menarik
Selain mencatat poin-poin penting, hal lain yang tak kalah penting dalam slide Power Point kita adalah desain yang menarik. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi desain yang simple dan menarik mampu membuat audiens lebih tertarik mendengarkan presentasi kita, apalagi kalau kita menambahkan gambar yang relevan dengan materi yang kita sampaikan. Gambar itu akan menjadi nilai plus yang membuat audiens tidak bosan.

Di samping itu, kalian juga perlu memperhatikan pemilihan font dan juga kesesuaian warna font dengan background. Usahakan font tulisan tersebut tidak bertentangan dengan warna background. Hal ini diperlukan agar kata-kata di layar Power Point bisa dibaca dengan baik oleh audiens.

4. Sering-Sering Latihan di Depan Cermin
Setelah kita memahami materi dan juga membuat Power Point, kita perlu melakukan latihan presentasi paling minimal satu kali, tergantung seperlunya kita. Kita bisa latihan sendiri di depan cermin atau mungkin di depan teman dekat kita.

Dengan kita latihan berkali-kali, mental kita akan lebih siap untuk presentasi nanti. Selain itu, kita juga akan mengetahui apa yang masih kurang dan perlu diperbaik melalui latihan tersebut.

5. Santai, Rileks, Perbanyak Doa Sebelum Tampil
Pada saat H-beberapa jam sebelum presentasi, usahakan diri kita merasa rileks dan tidak terbebani dengan hal apapun. Kita perlu membuat diri kita santai dan menghilangkan rasa grogi kita dengan baik, entah itu dengan minum kopi, mendengarkan lagu, atau cara-cara lain yang mampu membuat diri kita tenang. Jangan lupa juga kita memperbanyak doa kepada Tuhan agar kita diberi kemudahan dan kemampuan yang fasih dalam berbicara.

5. Sugesti Diri dengan Penuh Rasa Percaya Diri
Sebelum presentasi, kita sebaiknya sering-sering mensugesti diri kita agar lebih percaya diri dan tidak minder. Bila diperlukan, kita bisa menggunakan pakaian terbaik yang membuat kita merasa nyaman dan lebih percaya sendiri. Kalau saya pribadi, biasanya saya lebih senang menggunakan pakaian hitam ketika presentasi karena saya merasa lebih pede kalau menggunakan pakaian tersebut.

Rasa percaya diri akan membuat kita lebih sigap dalam presentasi. Ketika kita sudah yakin dengan apa yang kita presentasikan dan tak ada keraguan, secara tidak langsung hal itu akan membuat presentasi kita lebih lancar dan tanpa ada hambatan.

6. Buka Presentasi dengan Hal yang Menarik dan Suara yang Lantang
Ketika memulai presentasi, bukalah presentasi itu dengan hal yang menarik dan membuat audiens antusias mendengarkan kita. Misalkan, kita bisa memancing audiens dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik presentasi kita. Atau kita bisa memancing mereka dengan sebuah permasalahan yang nanti akan kita bahas dalam presentasi tersebut.

Di samping itu, usahakan suara kita lantang dan bisa didengar oleh semua audiens, khususnya yang duduk di bangku belakang. Suara yang lantang dan tegas akan membuat para audiens lebih fokus menyimak presentasi kita.

7. Bicara Lugas Tanpa Beban dengan Gaya Kita Sendiri
Ketika presentasi, sebisa mungkin gunakanlah bahasa yang lugas dan gampang dipahami sesuai gaya kita masing-masing. Meskipun topik yang kita sampaikan berat, bukan berarti kita menyampaikan hal itu dengan penyampaian yang berat juga. Kita bisa menggunakan kata-kata sehari-hari yang mudah dipahami, tentunya menggunakan bahasa yang formal.

Apabila kita terlalu menggunakan bahasa yang berat dan terlalu teoretis, terkadang malah membuat audiens bingung dan susah mengerti. Alhasil, mereka jadi kehilangan fokus dan asik bermain dengan diri sendiri atau malah ngobrol dengan teman di sampingnya.

8. Mainkan Gestur Tubuh
Dalam presentasi, suara saja tidaklah cukup. Kita juga perlu memainkan gestur tubuh kita selaras dengan apa yang kita presentasikan, seolah-olah kita sedang bercerita kepada para audiens.

Percaya atau tidak, apabila kita hanya bersuara, tetapi kita diam di tempat tanpa memainkan gestur, presentasi kita akan terlihat lebih pasif dan kurang interaktif. Oleh sebab itu, penggunaan gestur tubuh ini penting untuk kita lakukan.

9. Tatap Mata Audiens
Hal lain yang tak kalah penting untuk kita lakukan selama presentasi adalah menatap mata para audiens. Dengan menatap mata para audiens, mereka akan merasa lebih dihargai dan juga terjadi semacam koneksi antara kita yang tengah presentasi dengan mereka.

Jika kita gugup dan sepintas lupa dengan apa yang kita sampaikan, kita bisa mencoba melihat ke depan sejenak untuk menutupi rasa gugup kita. Namun, yang jelas, kita jangan sampai menghindari kontak mata dengan para audiens karena hal itu akan membuat mereka kurang antusias dengan apa yang kita sampaikan.

10. Selipkan Humor untuk Memecah Kebosanan
Menyelipkan humor ketika presentasi itu sifatnya opsional. Namun, hal ini sangat dianjurkan apabila presentasi kalian berlangsung lama. Tujuan menyelipkan humor dalam presentasi ialah untuk memecah keheningan dan juga kebosanan karena para audiens tidak setiap saat tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Seringkali, mereka kehilangan fokus dan bosan melihat penyampaian materi kita yang monoton dan membosankan.

11. Tutup Presentasi dengan Kesimpulan
Ketika kita berada di penghujung presentasi, jangan lupa kita memberikan sebuah kesimpulan dari semua hal yang kita presentasikan. Hal ini perlu kita lakukan agar para audiens yang sempat kehilangan fokus atau mungkin kurang menyimak bisa tahu secara garis besar isi presentasi kita. Kesimpulan ini juga berfungsi untuk menyampaikan kembali materi yang sudah kita presentasikan dengan kalimat yang lebih ringkas, padat, dan jelas.
***
Nah, mungkin itu saja sobat beberapa tips yang bisa kita lakukan agar presentasi kita lebih menarik didengar oleh para audiens. Tentu, masih ada banyak tips lain dari kalian yang mungkin punya cara sendiri. Saya sendiri juga masih perlu belajar banyak hal agar bisa lebih fasih berbicara di depan umum.

Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata atau kalimat dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, ya, Guys. Thanks.


EmoticonEmoticon