Mengenal Lebih Dekat Sakunosuke Oda dalam Cerita Bungo Stray Dogs


Buat kalian yang mengikuti cerita Bungo Stray Dogs, kalian pasti familiar dengan anggota Port Mafia yang bernama Sakunosuke Oda. Dia merupakan salah satu sahabat Dazai yang paling penting dan berpengaruh besar dalam kehidupan Dazai.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut tentang sosok Sakunosuke Oda dalam cerita Bungo Stray Dogs. Penasaran? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Sifat dan Kepribadian

Terlepas dari pekerjaannya sebagai anggota mafia, Sakunosuke Oda dikenal sebagai pria yang ramah dan baik hati. Dia pun sangat loyal sebagai seorang teman. Selain itu, dia mempunyai tekad yang kuat untuk tidak lagi membunuh seseorang. 

Oda pun mampu memahami Dazai dengan baik. Dia pun suka merawat anak-anak yang terlantar. Meskipun dia biasanya tampil santai, dia bisa berubah menjadi sosok yang kejam dan agresif apabila ada seseorang yang melukai orang-orang terdekatnya.

Latar Belakang

Di masa lalu, Oda berprofesi sebagai seorang pembunuh bayaran. Dia seringkali menjalankan misi pembunuhan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Namun, kehidupannya yang kelam itu berubah setelah dia bertemu dengan seorang pria tua yang hobi membaca buku.

Pria tua itu seringkali bercerita tentang isi buku yang di abaca. Hal itupun membuat Oda menjadi tersentuh dan mendapatkan perspektif baru dalam menjalani kehidupan. Dia jadi punya impian untuk menjadi seorang penulis novel.

Meskipun begitu, Oda merasa bahwa dirinya tidak pantas menjadi penulis selama dia masih melakukan pekerjaan kotor sebagai pembunuh. Dia pun bertekad untuk berhenti menjadi pembunuh dengan harapan agar dia bisa menggapai impiannya sebagai penulis.

Oda pun juga melakukan hal-hal baik demi menebus dosa-dosanya di masa lalu. Dia mengasuh anak-anak yang terlantar serta membiayai kehidupan mereka dengan uang hasil pekerjaannya di Port Mafia.

Berteman Baik dengan Dazai dan Ango

Oda menjalin pertemanan yang sangat akrab dengan Dazai dan Ango. Mereka saling menaruh respek terhadap satu sama lain. Mereka pun sering nongkrong di sebuah bar ketika mereka sedang tidak menjalankan misi.

Oda mempunyai peran penting dalam hidup Dazai. Sebelum dia meninggal, dia sempat berpesan kepada Dazai untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Pesan terakhir itulah yang menyakinkan Dazai untuk keluar dari Port Mafia hingga dia bergabung dengan Detektif Bersenjata.

Mampu Melihat Sekilas Masa Depan

Sakunosuke Oda mempunyai sebuah kemampuan spesial bernama Flawless. Kemampuan tersebut memungkinkan Sakunosuke untuk memprediksi apapun yang terjadi dalam lima hingga enam detik di masa depan.

Dengan kemampuan ini, Oda mampu menghindari serangan dari lawan dan menggagalkan rencana lawan sebelum mereka beraksi. Selain itu, masa depan yang bisa dilihat oleh Oda tergantung dari keputusan yang dibuat olehnya pada saat itu.

Ahli dalam Menggunakan Pistol

Selain mengandalkan kemampuan melihat masa depan, Oda merupakan seorang pengguna pistol yang handal. Ketika dia sudah serius, dia mampu menembak titik vital musuhnya dengan sangat akurat.

Kemampuan menembak Oda terlihat jelas ketika dia berduel melawan Gid, pemimpin organisasi Mimic. Keduanya sama-sama kuat sehingga duel mereka berlangsung dengan sangat sengit. Sayangnya, Oda tewas dalam pertarungan tersebut. 

Terinspirasi dari Penulis Jepang

Di dunia nyata, Sakunosuke Oda merupakan seorang penulis Jepang yang berasal dari Osaka. Dia  biasa dikelompokkan bersama Osamu Dazai dan Ango Sakaguchi sebagai Buraiha. Hubungan mereka di dunia nyata juga bisa dilihat dalam cerita Bungo Stray Dogs.

Sakunosuke Oda biasa menulis tentang potret Jepang di zaman Perang Dunia 2. Dia menyoroti kehidupan di kota kelahirannya serta tata krama masyarakat umum di sana. Ada beberapa karyanya yang menarik, seperti Zokushu, Meoto Zenzai, dan Roppakukinsei.

***

Itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan seputar karakter Sakunosuke Oda dalam cerita Bungo Stray Dogs. Apabila kalian merasa tulisan ini menarik, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan kepada penulis!

Previous Post Next Post

Contact Form