Tips Menghadapi Ujian Nasional

geograph88.blogspot.com

Masih terbawa euforia Ujian Nasional dimana hasilnya telah diumumkan kemarin diseluruh SMA sederjat se-Indonesia. Denger-denger besok adik kelas kita yang masih duduk di kelas IX juga akan melaksanakan ujian nasional. Semangat aja buat adek-adek. Dan gue pada kesempatan kali ini pengen berbagi tips untuk semua tentang bagaimana cara-cara yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Ujian Nasional.

1.Belajar Jauh-Jauh Hari

            Belajar menjadi syarat utama yang perlu kalian lakukan dalam menghadapi Ujian Nasional kalau kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila kalian belajar dijauh-jauh hari, kalian akan punya modal dan persiapan lebih matang dalam menghadapi ujian nanti. Kalau perlu sejak kalian duduk dikelas XI/ kelas 2 kalian udah mulai mencicil pelajaran-pelajaran, biar kedepannya kalian nggak perlu belajar lebih ekstra. Tapi faktanya kita sering lalai dan terlalu bersantai-santai diawal-awal. Minimal enam bulan sebelum hari-H kalian udah harus mengambil start.

2.Buat Strategi-Strategi Dalam Belajar

            Membuat strategi dalam belajar akan mempermudah kalian nanti. Misalkan kalian dalam minggu ini belajar matematika, lalu diselingi pelajaran lain atau terserah kalian mau belajar model apa. Yang terpenting kalian harus tahu waktu dan sebisa mungkin kurangi bermain gadget dan kalau punya pacar buat dia bisa mengerti tentang kesibukan kalian, nggak perlu sampai putus kok. Gunanya agar hal itu tidak mengganggu konsentrasi kamu dalam belajar. Terlebih untuk pelajaran matematika kalian harus usaha lebih untuk bisa memahami rumus-rumus dari setiap bab. Matematika nggak bisa dipelajari dalam satu malam, ingat itu.

3. Perbanyak Referensi Soal UN

            Hal ini perlu kalian lakukan agar kalian tahu model-model soal yang diujikan. Bila perlu kalian cari kisi-kisi soal yang akan keluar di UN nanti. Dengan kisi-kisi, kalian akan lebih tahu bagian-bagian mana yang akan keluar nanti. Karena nggak mungkin juga seluruh materi akan diujikan semua, pasti ada materi-materi inti yang jadi bahan ujian. Kalian juga lebih bisa menyaring antara materi yang sekiranya perlu dipelajari atau yang nggak perlu dipelajari.

4.Buat Target

            Untuk yang satu ini terserah kalian ingin membuatnya atau tidak. Tapi minimal dengan membuat target, kita lebih termotivasi untuk menggapai target tersebut. Nggak perlu tinggi-tinggi target yang ingin kalian capai, usahakan yang sesuai dengan kemampuan kalian saat ini. Minimal target kita diatas standart, maksimal ya terserah, hehe. Dan apabila target kalian sesuai dengan harapan, bersyukur karena itu penting. Kalau belum sesuai ya bersabar aja, yang penting kita udah ikhtiar.

5.Memohon Restu Kepada Orang Tua

            Orang tua adalah orang pertama yang harus kalian mohon restunya. Jangan sampai sebelum memohon restu kepada orang tua kalian lebih dulu memohon restu kepada bapak/ibu guru, atau mungkin adek-adek kelas kalian, kan nggak lucu hehe. Dengan memohon restu dan doa mereka, insyaallah jalan kalian akan lebih mudah.

6.Berdoa dan Bertawakkal

            Perbanyaklah doa kepada Tuhan yang Maha Esa. Buat yang muslim pertebal keimanan, rajin-rajin baca al-Qur’an, rajin sholat sunah, dan mohon doa kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam belajar dan menghadapi soal-soal nanti. Untuk yang non muslim berdoalah dengan cara dan segenap keyakinan kalian masing-masing.

***

Mungkin itu aja temen-temen terutama buat adek-adek yang nanti akan menghadapi UN, tips dari gue. Jangan takut buat menghadapi UN, dia bukan monster kok. Hadapi dengan optimis dan realistis. Belajar, berdoa, dan berusaha, semoga tips ini bermanfaat dan kalian akan mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga sukses buat kalian semua.


EmoticonEmoticon