Empat Kebutuhan Primer Manusia

www.ilmusiana.com

Perhatian! Ini bukanlah karya non-fiksi yang bermaksud menggeser teori ekonomi yang sudah disepakati banyak orang bahwa kebutuhan primer itu ada tiga, namun kenapa gue menambahkan satu kebutuhan lagi. Tentu gue nggak sepintar ekonom-ekonom dunia seperti Adam Smith, Keynes, Schumpeter, Karl Marx (itu tokoh sosialis kali). Tulisan ini dibuat hanya untuk hiburan semata, dan merupakan pengembangan dari teori-teori yang udah ada berdasarkan observasi kecil yang ada disekitar gue. Oke, inilah dia kebutuhan-kebutuhan primer manusia.

1.Sandang

id.wikipedia.com
Semua orang sepakat pasti bahwa sandang/pakaian adalah barang primer yang wajib dimiliki oleh semua orang. Karena hampir nggak mungkin orang di era modern kayak sekarang nggak punya pakaian alias telanjang. Namun, di era sekarang pakaian memiliki fungsi lainnya, fungsi pakaian telah menyimpang jauh dari asalnya. Kalau dahulu kala, pakaian berfungsi untuk menutup bagian yang haram diperlihatkan, sekarang pakaian berfungsi sebagai penentu status seseorang. Kalau ada orang yang pakaiannya nyeleneh dan sok ngehits udah nggak perlu dipertanyakan lagi, statusnya adalah kekinian. Berbeda dengan orang yang berpakaian apa adanya dan sesuai dengan aturan dimasyarakat, statusnya adalah orang normal atau berpendidikan.

2.Pangan


sobowarnet.blogspot.com

Masyarakat juga sepakat bahwa pangan adalah kebutuhan primer nomer dua yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup. Dulu orang makan hanya untuk mengisi energi agar bisa beraktifitas normal. Sekarang, pangan beralih fungsi sebagai ajang saling pamer. Ketika orang sedang makan-makanan mewah dikafe, difoto cekrek lalu upload deh, kasih hastag nama makanan/tempat. Menanti like dari orang lain. Aneh, tapi itu realitas di era sekarang.

3.Papan


rumahminimal.com

Papan atau tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang juga harus dipenuhi agar kita bisa istirahat atau berteduh dari hujan, hehehe. Memang dari dulu sampai sekarang fungsi tempat tinggal belum terlalu menyimpang dari asalnya. Yah mungkin buat orang berduit, mereka bisa merenovasi tempat tinggal semewah dan semegah mungkin, meskipun banyak kamar kosong yang nggak ditempati. Tapi buat kaum proletar, rumah sederhana udah cukup yang penting bisa istirahat dengan nyaman dan nggak terlilit hutang.

4.Internet


majalahinovasi.com

Mungkin ini sedikit ngawur atau memang beneran ngawur gue juga nggak tahu. Entah gue nulis ini sadar atau enggak sadar, hanya gue dan Tuhan yang tahu, hehe. Tapi, kalau gue lihat arah perkembangan teknologi saat ini, nggak bisa dipungkiri bahwa internet adalah hal yang cukup penting bagi kehidupan manusia. Internet adalah sumber informasi yang sangat banyak dan dibutuhkan oleh masyarakat luas, serta aksesnya yang mudah. Selain sebagai sumber informasi, internet juga media hiburan yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Dan fakta yang mungkin bisa kita dapati saat ini, hampir setiap rumah memiliki koneksi internet, entah itu dari wifi atau paketan data. Atas dasar itulah, gue membuat teori ini, bahwa sekarang atau suatu saat nanti, intenet merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang sangat penting bagi kehidupan.


-Sekian dan Thanks-

2 comments

emang nih termasuk kebutuhan ane (y) mantap lah :D

jadi keinget pelajaran SD :D tapi sekarang kebutuhan tambahan kaya udah jadi kebutuhan primer


EmoticonEmoticon