8 Lagu Rhoma Irama Yang Patut Didengarkan Generasi Muda

source: republika.co.id

Bang Rhoma merupakan raja dangdut Indonesia yang sangat dikenal oleh banyak kalangan. Beliau telah menciptakan lagu-lagu yang fenomenal dan sangat enak untuk dinikmati baik itu lagu tentang cinta, kehidupan, agama, serta lagu yang kritis terhadap kehidupan sosial. 

Mungkin buat kita anak jaman now sudah jarang mendengarkan lagu dangdut ciptaan beliau. Kita lebih senang mendengarkan lagu-lagu barat atau lagu cinta yang melow. Meskipun demikian, sebaiknya kita juga perlu menyempatkan diri untuk mendengarkan lagu-lagu dangdut agar tetap lestari. Nah, maka dari itu lagu-lagu Bang Rhoma berikut ini pas banget didengarkan oleh para kawula muda.

1. Begadang


Begadang merupakan kegiatan yang kurang bermanfaat bagi remaja karena dapat mengganggu kesehatan. Akan tetapi, pada kenyataannya banyak yang masih melakukan kegiatan ini. Nah, Bang Rhoma menciptakan lagu ini sebagai pengingat buat kalian yang masih suka begadang. Beliau menyampaikan pesan untuk mengurangi begadang dan lebih memperhatikan kesehatan tubuh. Sebenarnya, lagu ini pas banget buat kalian para mahasiswa yang hobi begadang karena nugas.

2. Mirasantika


Minuman keras dan narkotika adalah barang haram yang dilarang keras oleh negara dan agama. Kedua barang haram itu sudah sepatutnya dijauhi oleh para pemuda karena dapat merusak moral dan sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Bang Rhoma menciptakan lagu ini sebagai langkah persuasif kepada masyarakat untuk menghindari barang haram tersebut, khususnya para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa. 

3. Judi


Lagu ini juga masih bercerita tentang perbuatan yang dilarang keras oleh agama dan negara yaitu perjudian. Memang,  judi berdampak buruk terutama bagi kehidupan perekonomian seseorang. Ketika mereka menang mungkin mereka akan mendapatkan kekayaan, tapi itu sifatnya hanya sementara. Kalau mereka kalah, pasti mereka akan rugi besar. Sudah banyak kejadian orang kaya yang jatuh miskin karena perjudian. Oleh sebab itu, Bang Rhoma ingin mengingatkan bahaya perjudian melalui lagu ini.

4. Darah Muda


Khusus untuk lagu yang satu ini, Bang Rhoma sengaja ingin memberikan nasihat kepada para pemuda dan pemudi agar selalu berhati-hati dalam kehidupan di masa muda. Beliau menggambarkan bahwa anak muda itu semangatnya berapi-api dan selalu ingin menang sendiri. Selian itu, beliau berpesan agar para pemuda berpikir lebih bijak dalam menentukan keputusan agar tidak menyesal di kemudian hari. Bang Rhoma menciptakan lagu ini mungkin karena khawatir melihat pergaulan remaja yang dari waktu ke waktu kian memprihatinkan.

5. Keramat


Judul dari lagu ini mungkin terdengar agak serem dan mistis, namun lirik dan makna di dalam lagu ini sangat dalam dan penuh petuah bijak. Bang Rhoma menyerukan kepada kita untuk senantiasa berbakti kepada ibu, karena beliau telah melahirkan dan membesarkan kita dengan kasih dan sayang. Doa ibu kita merupakan keramat karena akan dikabulkan oleh Tuhan. Barangkali, kesuksesan yang telah kita raih saat ini adalah doa-doa ibu kita yang beliau panjatkan pada sepertiga malam.

6.Perjuangan dan Doa


Kita mungkin pernah mendengar peribahasa berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian yang artinya kita harus bersakit-sakit terlebih dahulu sebelum bersenang-senang. Pepatah ini pas buat kalian yang tengah mengejar impian dalam hidup. Selagi masih muda, kita sebaiknya berusaha memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membangun masa depan yang cerah. Meskipun hal itu menyakitkan dan melelahkan. Bang Rhoma juga berpesan di lagu ini bahwa selain perjuangan yang kita butuhkan, adalah doa yang tak boleh kita lupakan. Karena kunci kesuksesan adalah ikhtiar dan doa.

7. Santai


Ketika kita keasyikan bekerja keras berhari-hari kadang kita melupakan waktu untuk bersantai sejenak. Melalui lagu ini, Bang Rhoma berpesan agar kita bersantai agar otot kita tidak tegang. Santai sedikit tidak apa-apa buat kita untuk merelesaksikan diri dan melupakan tugas-tugas kita sementara waktu. Setelah waktu santai kita dirasa cukup, baru kita lanjutkan pekerjaan kita. Antara kerja dan santai memang harus seimbang agar hidup kita terasa lebih nyaman.

8. Kata Pujangga


Pujangga mengatakan bahwa hidup tanpa cinta itu bagaikan taman tanpa bunga. Lagu ini mungkin cocok buat kehidupan asmara kalian. Karena kita tidak mungkin hidup tanpa adanya cinta. Cinta mampu memberikan dukungan dan motivasi kepada kehidupan kita. Asalkan jangan cinta buta ya gaes.

***

Mungkin itu saja lagu-lagu Bang Rhoma yang cocok didengarkan bagi para pemuda. Ini hanya sekadar opini dari penulis, mungkin kalian punya pendapat yang lain. Terakhir pesan dari saya untuk kalian untuk melestarikan lagu dangdut agar tidak punah. Karena dangdut merupakan musik khas Indonesia sekaligus sebagai hiburan yang murah nan meriah khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah.


EmoticonEmoticon