10 Diksi Inspiratif Untuk Menulis Ungkapan Kata-Kata

Halo, Sahabatku semuanya. Kali ini saya pengen membagikan beberapa diksi yang mampu menginspirasi seseorang untuk menulis kata-kata. Barangkali, ini tulisan yang kurang penting bagi sebagian orang. Namun saya berharap bahwa tulisan ini dapat memotivasi dan mampu memantik secercah inspirasi dalam diri Sobat semua, terutama dalam berkarya melalui kata-kata.


Terkadang kata-kata itu tidak lahir dari sekadar spontantas, tetapi berdasarkan pengalaman hidup atau isi hati seseorang. Di balik indahnya kata-kata, ada seseorang atau hal yang menginspirasi sang penulis untuk menyusun kata-kata tersebut secara eksotis. Nah, beberapa hal ini dapat kalian jadikan sebagai alasan untuk menulis kata-kata ketika senggang atau pas lagi galau memikirkan seseorang.

1. Kenangan

source: majalahouch.com
Saya yakin hampir semua orang yang pernah jatuh cinta tahu apa makna dari kata ini. Kenangan adalah sebuah memori yang tertinggal di masa lalu dan mungkin saja masih membekas di ingatan kita hingga saat ini. Entah itu kenangan manis atau pahit. Kita sering menjumpai diksi ini dalam susunan kata-kata atau puisi buah cipta seseorang.

Contoh:
* Ada kenangan yang telah membeku pada miliaran detik yang telah berlalu.

* Mencintaimu kini hanyalah kenangan yang tak mungkin dapat terulang.

2. Hujan

source: mitrawakaf.com

Diksi ini mungkin lumrah terdengar bagi kebanyakan orang. Akan tetapi diksi ini memiliki kemampuan untuk menggalaukan perasaan seseorang dalam sekejap mata. Barangkali kita sering menjumpai puisi-puisi yang salah satu unsur atau tema dasarnya adalah tentang hujan. Dan uniknya lagi, diksi ini sangat erat kaitannya dengan kenangan tentang seseorang. Nah, mungkin kalian bisa mencoba merangkai kata-kata dengan diksi “hujan”.

Contoh:
* Hujan tak kunjung reda, dan yang paling menyedihkan adalah kau telah tiada.

* Tak ada yang lebih ikhlas dari hujan, yang rela kembali meski jatuh berkali-kali.

3. Kopi

source: coffeland.co.id

Minuman yang diminati jutaan kalangan ini pun tak mau kalah. Kopi merupakan diksi yang cukup populer dan mampu memberikan banyak inspirasi kepada seseorang untuk menuliskan kata-kata. Barangkali, diksi “kopi” tak seromantis hujan atau kenangan. Tetapi diksi “kopi” memiliki kekhasannya sendiri ketika dirangkai dalam kata-kata.

Contoh:
* Kopi pahit adalah pelipur lara bagi lelaki-lelaki patah hati.

* Secangkir kopi pahit adalah cara sederhana untuk mengabaikan luka.

4. Senja

source: hipwee.com
Menurut saya diksi “senja” adalah diksi yang paling romantis dan elegan untuk dijadikan kata-kata. Entahlah, diksi ini menurut saya cukup sederhana tapi mengena di hati. Kebanyakan para perangkai kata-kata kerap menggunakan diksi ini dalam karya mereka. Kalian pun juga dapat menggunakan diksi ini sebagai inspirasi untuk menulis kata-kata.

Contoh:
* Senja tak lebih merah dari gincu di bibirmu, Sayang.

* Pada senja yang mulai menghilang, aku memikirkanmu.

5. Waktu

source: kinyu-z.net

Saya pribadi seringkali menggunakan diksi ini dalam menuliskan kata-kata. Diksi “waktu” menurut saya sangat fleksibel untuk dirangkai dengan indah. Waktu pun sangat berkaitan erat dengan peristiwa hidup seseorang yang terjadi secara kronologis.

Contoh:
* Masih lekat dalam ingatan, waktu kita masih bergandengan tangan.
* Aku rindu waktu-waktu yang kunikmati bersamamu.

6. Malam

source: kaffeinkode.com

Diksi ini pun jangkauannya juga sangat luas, dari satu diksi dapat dijabarkan menjadi beberapa diksi yang saling berkaitan. Semisal, malam yang di dalamnya terdapat bintang gemintang, rembulan yang bundar kekuningan, juga hembusan angin yang dingin. Diksi ini pun dapat kalian jadikan inspirasi untuk menulis kata-kata.

Contoh:
* Malam datang membawa rindu yang menyesakkanku.

* Rembulan di langit malam terasa menenangkan seperti senyumanmu, Sayang.

7. Rindu

source: annisarahmah-dongenglangit.blogspot.co.id

Diksi populer selanjutnya adalah rindu. Diksi ini kerapkali kita temukan pada kata-kata atau puisi seseorang. Terutama ketika dia sedang dilanda rasa rindu kepada seseorang yang sudah pergi atau jauh dari kita. Rindu sendiri kadang terasa menyakitkan ketika dia tidak tersampaikan.

Contoh:
* Ada rindu yang tertinggal setelah kepergianmu, Kekasih.
* Mulai detik ini, aku berjanji tidak akan menaruh rindu kepadamu lagi.


8. Luka

source: fiscuswannabe.web.id

Luka sangat erat kaitannya dengan patah hati yang dilanda seseorang. Luka yang mungkin tidak kentara tapi amat terasa sangat menyakitkan di relung hati seseorang. Diksi ini pun dapat memantik inspirasi kalian untuk menuliskan kata-kata terutama puisi kesedihan sebagai bentuk curahan hati yang sejak lama terpendam.

Contoh:
* Kepergianmu menyisakan luka yang sukar untuk disembuhkan.

* Aku tak ingin menemuimu kembali karena aku yakin hal itu akan berujung luka.

9. Cinta

source:.kincir.com

Untuk yang satu ini tak perlu diperdebatkan panjang lebar karena cinta mampu memberikan sejuta inspirasi dalam menuliskan kata-kata. Barangkali, di luar sana sudah terdapat jutaan puisi yang bertemakan cinta dan pilihan diksinya pun tak jauh beda. Cinta pun juga memiliki banyak makna serta beragam penafsiran dari orang-orang.

Contoh:
* Cinta adalah kekuatan yang dapat menguatkan diri seseorang.

* Kadangkala, cinta hadir karena ketidaksengajaan.

10. Kamu

source: kincir.com

“Kamu” adalah diksi yang menurut saya paling inspiratif untuk dipakai menulis kata-kata. Kamu dapat memiliki beragam makna dan merujuk kepada siapapun tergantung si penulis. “Kamu” yang bisa jadi adalah seseorang yang kita kagumi atau seseorang yang telah lama pergi. Intinya diksi “kamu” ini adalah diksi yang sangat populer dan dapat menjadi inspirasi terbesar bagi seseorang untuk menulis kata-kata.

Contoh:
* Kamu adalah kisah yang tak mungkin kuulang kembali.

* Karena kamu, aku mampu belajar bagaimana mengikhlaskan seseorang.

PENUTUP


Nah, barangkali itu saja Sobat beberapa diksi inspiratif yang dapat kalian gunakan untuk menuliskan kata-kata. Saya yakin di luar sana masih terdapat banyak diksi yang pas dan romantis untuk dirangkai menjadi kata-kata puitis yang menarik untuk dibaca.

Tulisan ini murni pendapat pribadi saya dan anggap saja sebagai hiburan di kala senggang. Saya hanya bisa berharap semoga tulisan ini mampu memberikan manfaat positif dan secercah inspirasi bagi Sobat semuanya. Thanks


EmoticonEmoticon