8 Teknik Sederhana Untuk Membuat Hidup Lebih Bahagia


Kebahagiaan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan memiliki kebahagiaan, hidup seseorang akan lebih bermakna. Ketika seseorang bahagia, dia seolah tiada memikul beban di pundaknya. Kita bisa menatap dunia dengan lapang dan barangkali dengan sudut pandang yang berbeda.

Hanya saja, orang-orang terkadang berpikir terlalu jauh tentang definisi kebahagiaan. Padahal, kebahagiaan itu bisa dicari dari hal-hal sederhana lho, Sobat. Nah, buat Sobat semua sekalian, pada postingan kali ini saya ingin membagikan teknik sederhana untuk membuat hidup Anda lebih bahagia.

“Kok bisa ya? Ah, paling artikel ini hanya omong kosong belaka?”

Saya yakin, banyak dari Sobat yang berpikiran seperti kalimat tersebut. Tidak masalah jika Anda menganggap tulisan ini hanya sekadar bualan atau omong kosong. Akan tetapi, saya berharap Anda berkenan membaca tulisan ini sampai akhir. Setelah membaca sampai selesai, Anda boleh membuat kesimpulan sendiri.

Marilah kita singkirkan terlebih dahulu pemikiran negatif dan mencoba membuka hati untuk belajar bagaimana cara membuat hidup Anda lebih bahagia dan bermakna.

Selamat membaca. Sobat!.

1. Bersyukur

Bersyukur merupakan kunci kebahagiaan yang sering orang lalaikan. Ini adalah teknik yang paling sederhana untuk membuat hidup Anda lebih bahagia. Meskipun demikian, tak banyak orang mampu mempraktekkan hal ini dalam setiap segi kehidupan mereka. Anda pun barangkali seperti itu.

Anda mungkin sering lupa bersyukur dan suka menatap orang-orang yang berada di atas Anda. Anda merasa iri, merasa tersaingi pun merasa gengsi ketika orang lain berada di atas Anda. Secara tidak langsung, Anda menyiksa diri Anda dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Anda boleh bekerja keras, banting tulang, pergi pagi pulang pagi untuk mendapatkan apa yang Anda mau. Tetapi jika Anda lupa bagaimana caranya bersyukur, kebahagiaan itu hanyalah sia-sia. Anda tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang telah Anda miliki. Akan selalu ada hal-hal menarik di luar sana yang ingin Anda kuasai hingga melupakan kebahagiaan sejati.

Coba deh, sesekali Anda menengok ke jalanan, ke pelosok-pelosok negeri, panti asuhan atau juga orang-orang yang berkebutuhan khusus. Anda pasti akan menyadari bahwa Anda masihlah beruntung dibandingkan mereka yang barangkali tak pernah mencicipi nikmat yang Tuhan sudah berikan kepada Anda. Saya yakin, Anda tidak akan mampu menghitung seberapa banyak nikmat Tuhan.

Oleh sebab itu, jangan lupa bersyukur atas apa yang Anda miliki. Karena orang yang bersyukur itu tidak pernah merugi, bahkan Tuhan akan memberikan nikmat yang lebih untuk mereka yang selalu bersyukur.

2. Mengusir Rasa Iri dan Dengki

Terkadang, rasa iri itu muncul ketika orang lain mendapatkan nikmat sedangkan kita tidak mendapatkan apa-apa. Hampir semua orang pernah merasakan hal sedemikian rupa. Apakah Anda pernah merenung bahwa rasa iri itu justru menghambat kebahagiaan Anda?

Ketika hati Anda dipenuhi rasa iri, jangan berharap Anda bisa hidup dengan tenang. Anda akan terus merasa sesak dan menderita sampai Anda mendapatkan apa yang orang lain dapatkan. Anda tidak akan pernah bisa berbahagia jika masih menyimpan rasa iri tersebut.

Cara agar Anda bisa lebih berbahagia adalah dengan membuang rasa iri dan dengki itu jauh-jauh. Jangan mendoakan yang buruk-buruk kepada orang yang membuat Anda iri, karena doa yang buruk akan kembali ke diri Anda.

Coba deh, Anda mendoakan yang baik-baik untuk dia semisal, “Tuhan, semoga dia lebih berbahagia dengan atas apa yang dia capai. Saya ikut senang.” Saya yakin hidup Anda akan lebih plong dan rasa iri itu tidak lagi bersarang di dalam diri Anda.

3. Bersedekah

Sedekah adalah kunci untuk mengundang rezeki ke dalam kehidupan Anda. Ini merupakan sebuah teori mutlak yang sudah Tuhan firmankan dalam kitab suci-Nya. Jangan Anda tolak atau sanggah. Ketika Anda bersedekah, itu artinya Anda telah berbagi kebahagiaan kecil kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Anda harus ingat juga bahwa terkadang rezeki yang Tuhan berikan kepada Anda itu sebagian adalah bukan hak Anda, melainkan milik orang lain.

Tenang saja, sedekah tidak akan membuat Anda miskin. Malah akan menambah rezeki dalam hidup Anda baik materi, kelapangan hati atau bisa jadi rezeki yang berupa nikmat sehat.

Coba deh, ketika Anda bersedekah lihat bagaimana cara orang yang mendapatkan kebaikan dari Anda berterimakasih dan tersenyum tulus kepada Anda. Rasakan bagaimana bahagianya orang yang telah mendapat bantuan dari Anda. Saya yakin, dengan bersedekah Anda akan lebih berbahagia dalam hidup Anda.

4. Senantiasa Tersenyum

Tersenyum adalah salah satu cara bersedekah yang paling mudah. Anda tidak butuh modal yang banyak untuk tersenyum. Cukup dengan melebarkan bibir Anda dan bersikap ramah kepada orang lain. Ketika Anda tersenyum itu berarti Anda telah mengundang energi positif dari dalam maupun luar diri Anda.

Setiap senyuman yang Anda sebarkan, paling tidak akan Anda akan menerima balasan senyuman dengan jumlah yang sepadan. Senyuman orang lain secara tidak langsung adalah kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang datang dari luar dan itu akan berkesan di dalam hati Anda.

Memang, dalam situasi-situasi tertentu kadang tersenyum adalah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Namun, bukankah tersenyum dalam tangis masihlah lebih baik untuk diri Anda daripada memasang raut wajah yang muram?

Maka dari itu, jangan lupa tersenyum.

5. Mencoba Berpikir Positif
Salah satu alasan yang terkadang membuat orang itu sulit bahagia adalah pemikiran-pemikiran negatif yang lebih dominan daripada pemikiran positif. Anda boleh saja memikirkan hal negatif sebagai antisipasi atau persiapan mental apabila keinginan Anda tidak sesuai dengan kenyataan.

Namun jika Anda terlalu banyak berpikir negatif, hal itu malah akan mengurangi kebahagiaan dalam diri Anda. Dalam hati, Anda akan terus merasa cemas tanpa dasar yang disebabkan oleh pemikiran-pemikiran negatif tersebut. 

Coba sesekali Anda membuang pemikiran negatif itu dan mencoba mengganti perspektif Anda dengan hal-hal yang positif. Karena ketika kalian berpikir negatif, belum tentu apa yang Anda pikirkan akan menjadi kenyataan. Bukankah alangkah lebih baik apabila Anda bisa berpikir positif setiap waktu. Minimal hal itu akan menjadi semangat dalam diri Anda.

6. Memaafkan Segala Kesalahan Orang Lain di Masa Lalu

Bahasa yang lebih mudah dari kalimat tersebut adalah hidup tanpa dendam. Ada beberapa orang di dunia ini yang hidup dengan membawa dendam dan kebencian atas sakit hati yang pernah dialaminya di masa lalu. Memang hal itu tidak apa jika hanya dalam waktu dekat, tapi bisa Anda bayangkan jika mereka membawa dendam itu sepanjang hidup mereka. Betapa tersiksanya kehidupan mereka, sudah berapa banyak kebahagiaan yang terenggut oleh dendam yang tak berkesudahan.

Apabila Anda merasakan hal demikian, sudah sepatutnya Anda merenungkan kembali dan mencoba untuk berdamai dengan keadaan yang menyiksa Anda. Saya yakin, Anda tidak akan pernah nyaman hidup dengan membawa dendam. Dan cara yang paling tepat untuk menghilangkan dendam itu adalah dengan memaafkan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kekuatan untuk memaafkan.

Anda harus mencoba memaafkan segala kesalahan orang yang pernah menyakiti diri Anda. Meski sulit di awal, tetapi cobalah pelan-pelan. Ingatlah satu saja kebaikan orang yang Anda benci dan doakan yang terbaik untuk orang yang menyakiti Anda. Dengan itu, dendam dan kebencian itu pasti akan menghilang sedikit demi sedikit.

Saya yakin, Anda akan lebih mudah meraih kebahagiaan jika dalam hidup Anda tidak memiliki satupun dendam.

7. Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Tua

Jika hidup Anda susah dan merasa ada yang kurang dalam hidup, barangkali ada masalah antara Anda dan orang tua Anda. Coba deh, bagaimana hubungan Anda sejauh ini dengan kedua orang tua Anda.

Perlu Anda ingat bahwa restu Tuhan itu bergantung kepada restu kedua orang tua Anda. Apabila kalian berlaku baik kepada orang tua Anda, maka Tuhan akan berbaik pula kepada Anda. Namun, jika Anda bersikap buruk kepada orang tua Anda, maka jangan heran jika Tuhan menyusahkan hidup Anda.

Anda mungkin lupa bahwa doa yang paling mustajab di dunia ini adalah doa seorang ibu. Doa seorang ibu itu sangat membantu Anda dalam melangkah dan mewujudkan cita-cita Anda. Tanpa perjuangan seorang ibu, Anda tidak akan dapat hidup di dunia ini. Begitu juga dengan peran Ayah yang selalu setia banting tulang untuk menghidupi keluarganya.

Maka dari itu, bahagiakanlah kedua orang tua Anda. Jangan pernah membuat mereka bersedih. Jika orang tua Anda bahagia, hidup Anda pun pasti juga akan bahagia.

8. Rutin Beribadah dengan Tuhan

Kunci kebahagiaan terakhir adalah dengan cara rutin beribadah kepada Tuhan. Karena bisa jadi sumber penghalang kebahagiaan Anda adalah dosa-dosa yang membuat Anda jauh dari Tuhan. Anda lupa untuk datang menemui-Nya, karena terkadang Tuhan rindu serta ingin berdialog dengan Anda.

Ketika hidup Anda banyak masalah, coba deh datang kepada Tuhan dengan merendah. Curahkan segala permasalahan kepada Tuhan yang Maha Agung. Tuhan akan selalu menerima Anda dengan tangan terbuka dan doa-doa Anda pasti akan didengar oleh-Nya.

Untuk Anda yang muslim, perbanyaklah sujud kepada Allah. Coba deh, dulu yang mungkin sholatnya masih bolong-bolong dirutinkan dan kekhusyukannya ditambah. Kalau dulu masih suka males ngaji, coba deh ngaji walaupun hanya satu ayat. Lakukan itu dengan konsisten, hidup Anda pasti akan berubah lebih baik perlahan demi perlahan. Hati yang dulu kosong dan gampang down, dengan mengingat Allah maka hati itu akan tenang.

Penutup

Kunci dari keberhasilan teknik-teknik tersebut adalah praktek. Anda mungkin sedikit termotivasi dengan membaca artikel ini dan mendapatkan pandangan baru. Teknik-teknik di atas sebenarnya adalah teknik sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Hanya saja, mereka enggan memulai dan enggan belajar untuk konsisten.

Jika Anda berkenan dan bisa melakukan salah satu atau ke semua teknik di atas, saya yakin kebahagiaan-kebahagiaan itu akan datang kepada Anda bagaimanapun bentuknya. Anda hanya perlu mencoba praktek dan memulai pelan-pelan untuk hidup yang lebih bahagia. Dengan ijin Tuhan, semua itu akan dapat Anda capai. Insyaallah.

Salam semangat dari saya untuk kalian, Sobat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Thanks

Baca juga: Menjejaki Perjalanan Inspiratif Raditya Dika, From Blogger be A Film Director

1 comments:


EmoticonEmoticon