Sedekah dan Keajaiban-Keajaiban dalam Hidup


source: dream.co.id

Halo, sobat-sobat semua. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai sedekah dan hal-hal ajaib yang mengiringinya. Saya ingin membahas topik kali ini dengan bahasa yang ringan dan saya ingin menyisipkan sedikit unsur-unsur religius khususnya tentang anjuran bersedekah dalam Islam. Namun yang ingin saya tekankan kali ini adalah sedekah dan manfaat buat kita serta orang lain.

Saya percaya bahwa sobat yang membaca tulisan kali ini adalah orang-orang baik dan orang-orang yang disayang Tuhan. Karena jika sobat bukan orang baik, pasti sobat tidak akan menyempatkan diri untuk mampir sejenak di tulisan saya kali ini. Dan perlu sobat tahu juga bahwa saya menulis artikel ini karena terinspirasi dari akun Youtube Pagar Kehidupan dan saya ingin meneruskan pesan positif serta membagikan inspirasi untuk bersedekah kepada sobat semua.

Sekarang saya ingin bertanya, sudah berapa banyak sedekah yang kalian berikan kepada orang lain? Apakah itu sebanding dengan harta yang Tuhan anugerahkan kepada sobat saat ini?

Coba sobat renungkan terlebih dahulu pertanyaan tersebut. Mungkin banyak dari kita yang hidupnya berkecukupan atau bahkan memiliki rezeki yang lebih. Namun masalahnya, kita kadang lupa terhadap rezeki yang telah Tuhan berikan kepada kita. Kita lupa bahwa ada orang di bawah hidup kita yang hidupnya masih berkekurangan. Ada anak-anak di luar sana yang terlantar dan dirawat di panti asuhan. Ada banyak orang di luar sana yang menderita penyakit dan mengalami kesulitan untuk membiayai pengobatan.

Pernah nggak, terlintas di benak sobat untuk membantu mereka-mereka yang kondisi hidupnya tidak seperti sobat yang berkecukupan?

Nah, saya yakin kalian pasti pernah mendengar sebuah nasihat yang berbunyi bahwa sebagian rezeki yang kita miliki itu sejatinya adalah milik orang lain. Dan oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita menyisihkan sebagian dari rezeki kita untuk kita berikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Karena ada satu hal yang perlu dicatat baik-baik.
“Memberi itu tidak akan pernah merugikan kita. Justru sebaliknya, apa yang telah kita berikan kepada orang lain akan kembali kepada diri kita dengan jumlah yang mungkin sama dan bahkan berkali-kali lipat.”

Dan saya termasuk percaya bahwa banyak orang di luar sana yang telah membuktikan hal tersebut. Mungkin dari perhitungan manusia, memberi itu akan mengurangi harta kita. Secara eksplisit mungkin benar, namun secara implisit kadang hal itu salah. Karena matematika manusia dengan matematika Tuhan itu berbeda.

Dalam Islam, ketika kalian menyumbangkan sebagian harta di jalan yang di ridhoi Allah, maka harta tersebut akan dilipatgandakan menjadi 700 kali. Wow, angka yang sungguh fantastis bukan. Jika diibaratkan mungkin begini, jika kalian memiliki 10.000 rupiah, kemudian kalian menginfaq-kan uang tersebut 2.000 rupiah, maka secara eksplisit uang yang kalian miliki saat ini adalah 8.000 rupiah. Namun secara implisit, uang itu sejatinya sedang dilipatgandakan oleh Allah sesuai rumus tadi menjadi 1.408.000 (8.000 + (2.000x700)). Wow, angka yang besar bukan. Itu adalah contoh kecil, jika jumlah yang kalian sumbangkan lebih besar, maka bukankah hasil yang kalian dapatkan akan lebih banyak juga.

Tapi begini mas bro, saya sudah bersedekah tapi kok uang saya gak kembali berlipat-lipat?

Ini pertanyaan yang sangat bagus dan masuk akal. Namun ketika kita tidak dapat menemukan jawaban atau esensi dari pertanyaan ini, kita malah ragu dan malas untuk bersedekah. Saya sendiri pernah berpikir demikian. Pada akhirnya, saya menemukan sebuah jawaban yang menurut saya sangat logis. Kalian perlu tahu, rezeki itu ada banyak bentuknya. Dalam hal ini, rezeki tidak hanya berupa materi. Adalah SALAH BESAR, jika sobat menganggap bahwa rezeki itu hanyalah berupa uang.

Rezeki itu ada banyak. Contoh saja adalah kesehatan, anak yang sholeh, kemudahan dalam pekerjaan, keluarga yang harmonis dan semua nikmat yang Allah berikan kepada kita itu merupakan rezeki dan kita tidak akan dapat menghitungnya. Jadi bisa jadi, kesehatan yang kalian miliki saat ini, kehidupan harmonis yang kalian miliki saat ini adalah buah dari kebaikan yang pernah kalian berikan kepada orang lain di masa lalu.

Saya ada beberapa kisah tentang keajaiban sedekah yang mungkin dapat menginspirasi sobat sekalian. Saya memiliki saudara yang merantau ke luar negeri dan membuka warung kecil-kecilan namun penghasilannya lumayan. Saudara saya ini memang ringan tangan dan suka memberi. Saya seringkali dikasih uang buat jajan atau beli rokok. Nah, pada suatu kesempatan saudara saya ini ingin membantu seorang gadis tuna netra yang hidupnya berbeda dengan orang normal pada umumnya. Saudara saya ini memberikan sejumlah uang kepada gadis itu dengan niat membantu tanpa maksud lain. Entahlah, seperti sebuah keajaiban, dagangan saudara saya hari itu diborong habis dan sangat ramai jika dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Aneh, tapi itu nyata. Sedekah yang diberikan oleh saudara saya tadi langsung dibalas oleh Allah dengan cara dagangannya habis semua.

Ada satu lagi kisah tentang sedekah yang sangat terkenal dan mungkin sudah sobat ketahui yaitu kisah tentang Tukang Bubur Naik Haji. Hingga kisah tersebut dibuat sinetron hingga mencapai ratusan episode. Nah, dalam kisah itu diceritakan bahwa Sulam yang bekerja sebagai seorang tukang bubur bercita-cita untuk menghajikan ibunya yang sudah tua. Ia pun bekerja lebih keras dan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Selain itu, ia juga memberi sedekah dengan mengajak anak yatim beserta pengurus yayasan makan bersama. Hingga suatu ketika, Sulam menang undian di bank dan mendapatkan hadiah berupa sedan mewah. Hadiah itulah yang digunakan Sulam untuk berangkat haji bersama keluarganya. Saya percaya bahwa di luar sana masih banyak cerita tentang keajaiban sedekah.

Namun ada satu hal yang menurut saya perlu sobat ketahui juga bahwa sedekah itu tidak hanya berupa materi saja. Sedekah itu dapat berupa kebaikan atau jasa yang kalian lakukan untuk menolong orang lain yang sedang kesusahan. Suatu ketika saya pernah mengalami sebuah masalah yang saya tidak tahu solusinya. Saya buntu dan belum menemukan solusi. Nah pada saat itu ada salah satu tetangga saya yang motornya mogok di jalan. Saya pun membantu sebisa saya dan alhamdulillah motor itu bisa jalan. Entah itu ada kaitannya atau tidak, pada hari itu juga saya telah menemukan solusi atas permasalahan saya.

Lalu apa manfaat sedekah itu?

Jika benar-benar kita renungkan, manfaat sedekah itu adalah melatih empati kita terhadap orang-orang yang hidupnya masih di bawah kita serta dapat meringankan beban hidup mereka. Selain itu, sedekah juga akan memberikan pengaruh positif terhadap rohani atau hati kalian. Saya yakin kalian pernah merasakan sebuah perasaan atau kesan yang tidak bisa dijelaskan ketika seseorang yang kalian tolong mengucapkan rasa berterima kasih kepada kalian dengan tulus. Rasanya ada rasa lega, bahagia dan secara nggak langsung kita telah melakukan sesuatu yang bermanfaat kepada orang lain. Selain itu, insyaallah sedekah akan membuat hidup kalian lebih berkah dan segala permasalahan dalam hidup kalian dengan seizin Allah akan dilancarkan dan dimudahkan. Dan perlu diingat juga bahwa sedekah khususnya sedekah jariyah itu pahalanya akan terus mengalir hingga kalian wafat nanti. Dan yang paling penting, dengan bersedekah hidup kalian akan terasa cukup dan segala keperluan kalian akan dipenuhi oleh Allah. Insyaallah.

Kemudian, bagaimana cara kita melatih sedekah itu sendiri?

Syarat utama dalam bersedekah itu sebenarnya satu, jangan riya’ atau memiliki rasa pamrih untuk dipuji orang karena Tuhan tidak suka terhadap orang yang riya’. Niatkan sedekah kalian itu sebagai bentuk murni kepedulian kalian terhadap orang lain. Perihal ikhlas atau tidaknya, menurut saya itu urusan belakangan. Yang penting kalian membiasakan diri terlebih dahulu untuk senantiasa bersedekah sesuai kemampuan dan kapasitas kalian. Jika kalian sanggup memberi sedikit, maka berilah yang sedikit itu daripada tidak memberi sama sekali. Karena saya yakin, meskipun itu sedikit buat kalian tapi boleh jadi itu bernilai besar bagi mereka yang kalian berikan.

Sebagai penutup dari tulisan saya kali ini, saya ingin merekomendasikan sebuah platform yang sangat bagus yaitu Kitabisa. Kitabisa adalah sebuah platform yang bergerak di bidang sosial untuk membantu orang-orang di seluruh nusantara yang membutuhkan bantuan. Kalian bisa mendonasikan sebagian harta kalian melalui Kitabisa. Selain itu, kita juga bisa menggalang dana di sini. Untuk mengakses platform Kitabisa, kalian langsung ke webnya atau bisa juga dengan aplikasi yang dapat didapatkan di Google Playstore. Dengan itu, kalian bisa dengan mudah berbagi kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sekian dari saya. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata. Thanks atas kunjungannya. Semoga menginspirasi dan selamat bersedekah, Sobat.


EmoticonEmoticon