2 Penyebab Terjadinya Iritasi Pada Bayi

source: mommyasia.id

Kulit merupakan organ bagian terluar yang berguna untuk melindungi tubuh, dan kulit juga merupakan organ yang rentan mendapatkan gangguan kesehatan seperti munculnya masalah kulit. Iritasi adalah salah satu masalah kulit yang biasa dialami dari mulai bayi hingga dewasa, namun kulit bayi yang sensitif membuat bayi sangat rentan terhadap iritasi. Karena itulah, sangat penting untuk diperhatikan oleh bunda yang memiliki bayi untuk mengetahui penyebab adanya masalah pada kulit si kecil, agar dapat segera ditangani lebih dini. Jika sudah terjadi iritasi pada kulit bayi, maka sang buah hati akan merasa tidak nyaman dan cenderung rewel. Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas bunda, dan untuk mengatasinya bunda bisa harus mengetahui penyebabnya seperti :

Penggunaan popok yang tidak tepat

Pemakaian popok memang menjadi sebuah kebutuhan bunda yang memiliki bayi, karena lebih praktis dan tidak perlu sering mengganti celana apalagi jika musim hujan. Namun penting untuk diperhatikan dalam penggunaan popok bagi si kecil, karena kepraktisannya tersebut, sehingga bunda sering lupa untuk menggantinya dengan yang baru. Apalagi jika kotoran bayi sudah lama dan membuat suhu di dalam popok menjadi lebih panas, sehingga bakteri akan mudah berkembang dan menyebabkan iritasi. Dan tak hanya popok, pakaian bayi pun harus dicuci dengan deterjen khusus baju bayi seperti sabun sleek baby yang lebih aman dan anti iritasi serta bakteri.

Bayi dengan riwayat alergi

Iritasi kulit bayi bisa dengan mudah dialami oleh si kecil ketika dirinya memiliki riwayat alergi. Kulit bayi yang sensitif akan lebih mudah terkena iritasi dan karena itulah, bunda harus benar-benar memperhatikan produk yang digunakan, agar bayi bisa terhindar dari alergi dan terjadi iritasi.

Selain kedua penyebab di atas, masih banyak penyebab lainnya seperti keringat dan kotoran yang bisa saja menempel pada kulit bayi yang sensitif. Bunda harus memahami dan tau cara mengatasinya, minimal dengan menghindarkan penyebab adanya iritasi. Gunakan selalu sleek baby yang merupakan produk aman untuk kulit bayi.


EmoticonEmoticon