Apa Itu Trombosit dan Bagaimana Menjaga Kadarnya dalam Darah?

source: hellosehat.com

Darah manusia terdiri dari beberapa sel darah dan plasma darah. Salah satu jenis sel darah tersebut adalah sel darah merah yang fungsinya untuk mengedarkan oksigen dan membawa sari makanan ke seluruh tubuh. Sel darah merah inilah yang disebut dengan trombosit. Trombosit memiliki peranan yang besar dalam menjaga metabolisme tubuh agar bisa berjalan dengan lancar dan normal. Jika metabolisme bisa berjalan dengan lancar dan normal, manusia dapat melakukan aktivitasnya dengan lancar. Sebaliknya, jika trombosit mengalami penurunan akibat penyakit tertentu maka manusia akan menjadi sering lelah dan lemas akibat tubuh kekurangan oksigen.

Selain sebagai pembawa oksigen dan sari makanan, trombosit juga berperan dalam proses pembekuan darah. Jika Anda mengalami luka hingga darah hingga darah keluar dari tubuh maka trombosit memiliki peranan untuk membekukan darah disekitar pembuluh darah tersebut kemudian membentuk jaringan ikat baru untuk menutup luka sehingga darah tak lagi keluar. Kadar normal trombosit dalam darah adalah 150.000 - 400.000 sel per mikroliter darah. Jika kadar trombosit kurang dari kadar normalnya maka tubuh dapat lebih sulit untuk membekukan darah dan mencegah pendarahan saat terjadi luka.

Kekurangan sel trombosit dalam darah bisa disebabkan karena kurangnya makan makanan zat besi. Zat besi sendiri berfungsi sebagai katalisator pembentukan trombosit sehingga jika Anda mengalami defisiensi zat besi otomatis produksi sel darah dalam tubuh akan berkurang. Anemia merupakan kondisi umum dimana kadar trombosit darah berkurang dan tubuh menjadi lemas. Penyebab lainnya adalah penyakit yang dapat mempengaruhi kadar sel darah seperti pada demam berdarah. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah antara lain dengan transfusi atau distimulasi menggunakan makanan kaya zat besi termasuk suplemen.

Bagi Anda yang menderita anemia ataupun baru saja terkena demam berdarah, mungkin kadar trombosit darah belum mencapai kadar normal. Untuk itu lakukan penanganan lebih lanjut meningkatkan kadar trombosit dengan membeli suplemen zinc. Anda dapat membeli suplemen zinc di apotek terdekat ataupun apotek online yang memiliki pilihan suplemen lengkap untuk dipilih satu yang terbaik.


EmoticonEmoticon