Dimanakah Letak Kebahagiaan Itu?

muslim.or.id

Halo, sobat MogiMogy yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini, saya pengen membahas masalah kebahagiaan yang mungkin seringkali sulit untuk kita dapatkan. Kita merasa susah menemukan kebahagiaan, padahal kita sudah mencoba berbagai cara serta berpetualang ke berbagai tempat untuk mencarinya. Namun tetap saja, kadang kita tidak dapat menemukan kebahagiaan yang kita cari.

Saya pernah mendengar ceramah ustad Abdul Somad mengenai letak kebahagiaan. Dalam ceramah itu, beliau berkata bahwa bahagia itu terletak pada syukur. Selama kita bersyukur, maka kita akan merasa bahagia. Memang, kita seringkali merasa bahwa kita akan bahagia setelah mendapatkan sesuatu seperti jabatan, harta, atau apapun sesuai harapan kita. Namun, ketika kita telah mendapatkan apa yang kita inginkan, semua terasa hambar dan kita merasa kurang bahagia. Kita berpikir bahwa kebahagiaan kita ada pada hal yang lain atau di tempat lain. Hal itu menjadi sebuah siklus yang berlangsung tiada henti. Penyebab dari ketidakbahagiaan itu ialah kita kurang bersyukur. Kita sejatinya sudah bahagia, namun kita terkadang suka mengeluh dan lupa bersyukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita. 

Berbicara tentang kebahagiaan, saya sudah menulis artikel tentang teknik sederhana agar kita bisa bahagia. Artikel itu saya tulis berdasarkan pengamatan serta pengalaman saya setelah melalui berbagai cerita dalam kehidupan. Salah satu teknik bahagia yang saya paparkan dalam artikel itu yaitu memperbanyak rasa syukur. Dalam hidup kita memang diharuskan untuk selalu bersyukur karena kita tidak akan mampu menghitung nikmat yang Tuhan anugerahkan dalam hidup kita. Meskipun terdengar simple, bersyukur itu memiliki faedah yang luar biasa. Dengan bersyukur, kita akan lebih legowo atau lapang dada atas apa yang kita miliki saat ini.

Baca juga: Memaknai Realitas yang Tak Sesuai Harapan dengan Cara Pandang yang Positif

Mari kita renungkan sejenak! Di luar sana, masih ada banyak orang yang hidup kekurangan. Kita  saat ini mungkin bisa menikmati makanan enak dengan lauk pauk yang bernutrisi, tetapi di tempat lain masih banyak saudara-saudara kita yang kelaparan dan berada dalam keadaan kekurangan. Kita saat ini memiliki pekerjaan yang layak tapi masih juga mengeluh, padahal masih banyak orang yang nganggur pengen dapat kerja. Kita seharusnya sadar bahwa hidup kita masih jauh lebih enak jika dibandingkan dengan orang-orang yang berada di bawah kita. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita memperbanyak rasa syukur kita atas apa yang kita miliki.

Saya tahu, tidak semua orang terbiasa untuk bersyukur, karena butuh pembiasaan diri agar kita bisa bersyukur setiap waktu. Saya dulu juga suka mengeluh jika merasa ada yang kurang dalam hidup. Hingga pada akhirnya saya sadar bahwa masih ada banyak hal yang patut saya syukuri. Dengan bersyukur, kita akan selalu merasa cukup dalam hidup dan insyaallah nikmat kita akan ditambah oleh Allah SWT.

Barangkali, hanya ini yang bisa saya sampaikan mengenai letak kebahagiaan yang dicari oleh banyak orang. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi. Thanks.


EmoticonEmoticon