Inilah 5 Makanan yang Kaya Kandungan DHA untuk Mencerdaskan Anak



DHA dan kecerdasan anak, pastinya tak asing lagi dengan istilah yang satu ini, DHA memang termasuk senyawa yang sangat penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan otak buah hati, bahkan sejak dalam kandungan. Itulah mengapa wanita yang sedang hamil begitu disarankan untuk konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang tinggi kadar DHA nya. Jika menginginkan bayi yang mereka lahirkan nantinya cerdas.

DHA ini sendiri nantinya berada di dalam darah ibu hamil yang akan ditransfer kepada janin dalam kandungan, bahkan ketika bayi sudah lahir, nantinya mereka akan menyusu dan mendapatkan sumber DHA ini dari asi yang dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang dikenal tinggi kandungan DHA diantaranya adalah:

1. Salmon

cooking.nytimes.com

makanan laut yang satu ini tak hanya dikenal enak, melainkan juga kaya akan senyawa bermanfaat, seperti diantaranya adalah DHA, EPA hingga asam lemak omega 3 yang kesemuanya memiliki peran penting dalam menunjang perkembangan otak anak, sehingga membuatnya jadi lebih cerdas.

2. Telur


paluekspres.fajar.co.id

Selain salmon, maka telur sendiri juga dikenal sebagai sumber DHA alami yang sangat mudah dijumpai dan harganya juga murah. Namun ketika sedang hamil pastikan hanya mengkonsumsi telur dalam kondisi benar-benar matang, untuk menghindari resiko bakteri berbahaya.

3.Buah jeruk

kupang.tribunnews.com

Buah masam ini ternyata juga mengandung DHA yang cukup tinggi. Selain itu, buah jeruk mengandung vitamin C yang bagus dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Selai kacang 

lifestyle.kompas.com

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti diantaranya adalah kacang tanah memang kaya akan sumber DHA, tak hanya itu bahkan antioksidan yang ada di dalamnya juga sangat tinggi, sangat bagus di dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit.

5. Sayuran yang berwarna

republika.co.id

Contohnya seperti wortel, labu, tomat hingga bayam, sayuran dengan warna mencolok ini tak hanya kaya akan kandungan zat besi saja, melainkan juga DHA, namun agar tidak kehilangan nutrisinya, maka pastikan untuk memasaknya dengan benar.

Jika masih kurang, maka bisa dicukupi dengan mengkonsumsi suplemen DHA yang banyak dijual di pasaran, cek di Go Apotik. Tak hanya DHA senyawa lain yang sangat dibutuhkan wanita hamil adalah asam folat, pentingnyaasam folat untuk ibu hamil dan mau hamil ini untuk mencegah bayi lahir cacat.


EmoticonEmoticon