Spirit Berkarya dalam Lagu Zona Nyaman Karya Fourtwnty


source: youtube.com

Halo, sobat semua. Kali ini saya ingin membahas sebuah lagu yang sangat saya suka yaitu Zona Nyaman dari Fourtwnty. Lagu ini termasuk salah satu lagu favorit saya dan saya seringkali mendengarkan lagu ini ketika tengah suntuk dan pikiran buntu. Buat saya, lagu ini adalah lagu wajib yang harus saya dengarkan terutama untuk memacu motivasi saya untuk terus berkarya dan keluar dari zona nyaman. Selain itu, lagu ini dapat dinobatkan sebagai himne berkarya bagi saya dan mungkin untuk kalian juga.

Begini teman-teman, dalam berkarya itu kita perlu motivasi agar kita mampu survive dengan segala kondisi dan konsisten terhadap jalan yang telah kita pilih. Seiring berjalannya waktu, akan selalu ada rintangan dan hambatan bagi kita semua untuk berkarya. Dan salah satu hambatan utama bagi seseorang untuk berkarya adalah rasa malas. Untuk itu, kita perlu something yang dapat memantik motivasi dari dalam diri kita untuk beraksi dan membunuh rasa malas tersebut. Lagu milik Fourtwnty ini menurut saya adalah salah satu hal yang dapat membangkitkan semangatmu untuk terus berkarya.

Entah disadari atau tidak, saya merasa bersemangat dan terpacu untuk terus berkarya semenjak mengenal lagu ini. Menurut saya spirit berkarya dalam lagu ini sangat kental dan tercermin dalam setiap lirik lagu tersebut. Hal ini juga didukung dengan cara Fourtwenty yang khas dalam membawakan lagu ini sehingga pesan dari lagu itu sampai kepada penikmatnya.

Untuk detail yang lebih jelas, alangkah lebih baiknya jika kita bahas bersama lirik lagu ini sepenggal demi sepenggal. Let’s go.

Pagi ke pagi kuterjebak di dalam ambisi.
Seperti orang-orang berdasi yang gila materi.
Rasa bosan membukakan jalan mencari peran.
Bergeraklah dari zona nyaman.
Interpretasi:
Dalam berkarya, saya yakin setiap orang dipenuhi dengan ambisi dari hari ke hari. Ambisi yang dalam lagu ini diibaratkan seperti para pegawai berdasi yang bekerja demi mencari uang serta kekayaan. Kemudian, rasa bosan yang kerapkali kita alami, terkadang malah justru memaksa kita bergerak dan mencari sebuah aktivitas baru yang dapat kita lakukan. Dan pada lirik ini, kita diajak untuk bergerak keluar dari zona nyaman. Dan itu penting untuk dilakukan.

Sembilu yang dulu biarlah berlalu.
Bekerja bersama hati, kita ini insan bukan seekor sapi.
Sembilu yang dulu biarlah berlalu.
Berkarya bersama hati.
Interpretasi:
Reff dari lagu ini pun memiliki pesan yang sangat penting bagi kita semua. Fourtwnty mengingatkan kita bahwa dalam berkarya itu kita harus menggunakan hati. Karena dengan hati, karya yang akan kita hasilkan pasti akan lebih bernilai dan punya rasa tersendiri. Berbeda kasusnya, apalagi dalam berkarya kita hanya mengejar materi belaka.
Waktu ke waktu perlahan kurakit egoku.
Merangkul orang-orang yang mulai sejiwa denganku.
Ke-BM-an, membukakan jalan mencari teman.
Bergeraklah dari zona nyaman.  
Interpretasi:
Pada penggalan lirik ini, kita diajarkan bahwa pentingnya menekan ego dan membangun relasi dengan orang yang sepemikiran dengan kita. Karena terkadang dalam berkarya, kita tidak dapat berdiri sendiri. Kita akan butuh bantuan dari orang lain dan boleh jadi dengan orang-orang tersebut kita akan jadi sebuah tim yang solid serta dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

Diam dan mati milik dia yang tak bisa berdiri.
Berdiri di kakinya sendiri.
Interpretasi:
Dan yang terakhir adalah pesan untuk mencoba survive dengan kemampuan diri sendiri dan tidak tergantung dengan orang lain. Karena ketika kita sudah dapat berdiri sendiri maka kita tidak akan mati berkreasi.

Kesimpulan:
Lagu ini memiliki spirit berkarya yang sangat khas dan sangat pas untuk kalian dengarkan ketika berkarya. Pesan dari lagu ini adalah kita harus selalu bergerak dari zona nyaman kita. Dan yang paling penting, ketika berkarya kita harus selalu menggunakan hati.

Terima kasih atas kunjungan kalian di artikel ini. Salam berkarya!


EmoticonEmoticon