10 Pertarungan Terbaik Monkey D. Luffy



Dalam perjalanan untuk menggapai impiannya menjadi raja bajak laut, Luffy harus menemui rintangan yang sulit. Ia harus berhadapan dengan lawan-lawan kuat yang terkadang memiliki kepentingan dan idealisme yang berbeda dengannya. Selain itu, salah satu alasan utama Luffy bertarung adalah karena ia ingin menolong sahabatnya yang disakiti oleh pihak musuh serta ingin merobohkan tirani musuh dalam sebuah wilayah atau negara.

Nah, berikut ini adalah beberapa pertarungan Luffy yang terbaik versi MogiMogy.

10. Monkey D. Luffy vs Don Krieg


Mungkin buat sobat pertarungan ini terlihat biasa-biasa saja, tapi menurut saya pertarungan ini sangat menarik untuk dinikmati. Luffy yang waktu itu hanya bermodalkan tekad dan nekad mampu mengalahkan Don Krieg dengan ribuan senjata yang terpasang di tubuhnya. Pertarungan ini mengajarkan arti sebuah keyakinan dan tekad untuk mampu berjuang sesulit apapun keadaannya. Tekad kuat Luffy pun mendapatkan pujian dari Zeff. Keyakinan Luffy itulah yang memotivasi Sanji untuk ikut berpetualang bersama dirinya di Grand Line.

9. Monkey D. Luffy vs Bellamy


Pertarungan Luffy dan Bellamy merupakan salah satu pertarungan yang menarik sekaligus meninggalkan kesan mendalam di benak para penggemar. Pertarungan pertama mereka terjadi di sebuah kota yang bernama Mock Town. Pemicu konfrontasi antara Luffy dan Bellamy adalah ulah Bellamy yang mencuri emas milik paman Cricket. Luffy pun  marah karena hal itu. Yang paling menarik dari pertarungan ini adalah one hit K.O yang diberikan Luffy kepada Bellamy. Ia langsung tepar setelah mendapatkan pukulan dari Luffy.

Di Dressrosa mereka dipaksa untuk bertarung lagi karena ulah Doflamingo yang memanfaatkan Bellamy. Luffy sudah tidak menaruh dendam lagi terhadap Bellamy, malah justru ia menganggap Bellamy sebagai temannya. Pertarungan ini terbilang cukup dramatis dan setiap scene-nya seolah diputar ulang seperti pertarungan pertama mereka di Mock Town.
8. Monkey D. Luffy vs Don Chinjao


Ini merupakan salah satu pertarungan Luffy yang disebabkan oleh hal konyol dan sepele. Pertarungan ini merupakan pertarungan antar dua generasi yang berbeda. Dahulu kala, Chinjao dikalahkan oleh Garp kemudian ia kehilangan kekuatan utamanya yaitu kepala yang mampu membelah es. Kekalahan itu membuat Chinjao depresi dan memutuskan untuk menaruh dendam kepada Garp dan semua keturunannya.

Pertarungan antara Luffy dan Chinjao di Koloseum berlangsung sangat heboh. Mereka sama-sama memiliki haohshoku no haki sehingga menimbulkan benturan kuat di antara mereka. Pemenang dari pertarungan itu adalah Luffy. Namun yang paling menggelikan adalah serangan Luffy malah membuat kepala Chinjao kembali seperti semula. Chinjao mendapatkan kekuatannya kembali dan ia malah berterimakasih kepada Luffy dengan menawarkan anak cucunya untuk menjadi pengikut Luffy.

7. Monkey D. Luffy vs Magelan


Kadangkala Luffy harus menerima kekalahan ketika bertarung melawan musuh-musuh yang lebih kuat darinya. Salah satu musuh kuat yang dihadapi Luffy adalah Magelan, seorang kepala sipir penjara Impel Down. Luffy nekad memasuki penjara tersebut untuk menyelamatkan Ace yang hendak dieksekusi. Namun, ia harus berhadapan dengan Magelan yang memiliki kekuatan buah iblis Doku Doku no Mi sehingga membuatnya mampu memproduksi racun mematikan dalam skala besar.

Pertarungan mereka pun berlangsung tak cukup lama, Luffy dalam mode gear 2’nd memang berhasil memukul Magelan, tetapi hal itu menjadi bumerang bagi Luffy. Seluruh tubuhnya terkena racun dari Magelan hingga membuatnya terkapar tak berdaya. Meskipun pertarungan ini dimenangkan oleh Magelan, menurut saya pertarungan ini memiliki kesan tersendiri bagi Luffy.

6. Monkey D. Luffy vs God Enel


Di pulau langit, istilah ‘dewa’ merujuk kepada orang yang memimpin di wilayah tersebut. Akan tetapi, istilah tersebut diselewengkan oleh God Enel yang berpura-pura menjadi dewa sungguhan. Ia memberikan ketakutan dan ancaman-ancaman kepada para penduduk langit terutama bagi mereka yang menentang Enel. Mendengar istilah ‘dewa’ mungkin membuat orang-orang takut. Akan tetapi hal itu tidak berlaku bagi Luffy. Ia malah dengan terang-terangan menentang keberadaan Enel.

Pertarungan antara Enel dan Luffy menarik karena ini merupakan pertarungan alami antara kedua pengguna buah iblis. Luffy yang memiliki kekuatan karet tidak mempan dengan serangan-serangan listrik milik Enel. Ada momen-momen lucu yang diperlihatkan oleh Luffy ketika mendapatkan serangan dari Enel.

Pertarungan ini menjadi lebih sulit bagi Luffy karena Enel memiliki kemampuan untuk membaca serangan Luffy. Kemampuan ini adalah “Mantra” yang merupakan nama lain dari kenbunshoku no haki. Final dari pertarungan ini menurut saya juga sangat epic ketika Luffy berhasil membunyikan lonceng emas raksasa yang sekaligus mengakhiri sengeketa berkepanjangan di pulau langit.

5. Monkey D. Luffy vs Charlotte Cracker


Cracker merupakan salah satu komandan manis Big Mom yang memiliki bounty 850 juta. Dia memiliki kekuatan Basu Basu no Mi yang memungkinkannya untuk memproduksi biskuit yang tebal dan kuat. Foto yang terpasang di bounty-nya merupakan boneka biskuit yang diciptakannya. Hanya Luffy yang berhasil menghancurkan boneka biskuit itu dan memaksa Cracker untuk mewujudkan sosok aslinya.

Pertarungan mereka terbilang cukup lama hampir setengah hari. Serangan-serangan awal Luffy dalam mode gear 4’th tak membuahkan hasil yang signifikan. Biskuit-biskuit milik Cracker dapat diciptakan dengan mudah dan cepat, hal itu membuat Luffy kewalahan. Kemudian Luffy dibantu oleh Nami dengan clima tact-nya yang mampu menurunkan hujan sehingga biskuit-biskuit milik Cracker menjadi lembek.

Kekonyolan Luffy terlihat saat dia memakan biskuit-biskuit itu sehingga membuat tubuhnya menggembung. Dengan mode Tankman versi full-nya, Luffy akhirnya berhasil mengalahkan Cracker yang terjebak di dalam perut besarnya, kemudian Luffy menerbangkannya hingga ke wilayah utama Whole Cake Island. Kekalahan Cracker pun membuat Big Mom marah dan memerintah anak buahnya untuk menangkap Luffy.

4. Monkey D. Luffy vs Sir Crocodile


Menurut saya pertarungan antara Luffy dan Crocodile merupakan pertarungan yang keren dan menegangkan. Pertarungan ini terbagi menjadi tiga ronde, namun sayang Luffy harus kalah pada dua ronde pertama. Crocodile merupakan lawan yang lumayan tangguh bagi Luffy yang masih baru menjelajahi Grand Line. Ia yang juga menyandang status Sichibukai membuat garis perbedaaan kekuatan yang cukup kentara di antara mereka.

Pertarungan pertama terjadi di gurun pasir, Crocodile dengan kekuatan logianya tak mampu disentuh oleh Luffy. Crocodile mengalahkan Luffy hanya dalam waktu beberapa menit dengan kait khas bajak laut di tangannya. Kemudian Luffy ditimbun bersama pasir hisap yang membuatnya tak berdaya. Dari pertarungan itu, Luffy akhirnya tahu kelemahan besar Crocodile. Meskipun demikian, di ronde kedua Luffy memang memiliki kesempatan yang cukup besar untuk mengalahkan Crocodile. Namun lagi-lagi dia harus kalah setelah kadar air di dalam tubuhnya dihisap habis oleh kekuatan khas Crocodile. Setelah jeda beberapa waktu, Luffy akhirnya tersadar berkat air yang dibawanya sebelum pertarungan di muali.

Pertarungan terakhir mereka terjadi di bawah tanah, tepat di makam keramat keluarga Nefertari. Di tempat itu tersimpan Poneglyph yang selama ini diincar oleh Crocodile. Luffy pun sekuat tenaga menghajar Crocodile sebagai bentuk kekesalannya atas perbuatan jahatnya kepada Vivi dan kerajaan Arabasta. Berkat darah yang mengalir di tangannya, Luffy bisa menghajar Crocodile sampai titik darah penghabisan. Meskipun ia sendiri juga terkena racun mematikan dari Crocodile. Overall, i like this battle.

3. Monkey D. Luffy vs Donquixote Doflamingo


Sama seperti Crocodile, Doflamingo merupakan Sichibukai yang kalah di tangan Luffy. Ia juga karakter yang sangat ditakuti oleh pemerintah karena ia mengetahui rahasia besar yang ada di Mariejoa. Doflamingo merupakan salah satu keturunan bangsawan dunia, namun ayah mereka memutuskan untuk meninggalkan gelar tersebut dan memilih menjadi rakyat biasa.

Kedatangan Doflamingo di kerajaan Dressrosa menimbulkan tragedi bersejarah bagi rakyat Dressrosa. Ia mengambil alih pemerintahan dan memimpin dengan sesuka hatinya. Mereka yang menentang pemerintahan Doflamingo dikutuk menjadi boneka. Meskipun Dressrosa terlihat lebih mewah dan megah semenjak kepemimpinan Doflamingo, secara diam-diam kebencian yang selama ini ada kian tumbuh besar. Hal itu memicu konflik dan rencana dari para bonek dan suku Tontata untuk melakukan kudeta. Luffy dan kawan-kawan pun turut andil dalam rencana tersebut.

Pertarungan antara Luffy dan Doflamingo merupakan pertarungan sejati antara kaum langit (ternyubito) dan para penyandang D. Mereka merupakan musuh bebuyutan yang tidak akan pernah bisa bersatu. Keduanya pun juga sama-sama memiliki kemampuan haohshoku no haki sehingga kesempatan menang di antara mereka pun lumayan seimbang.

Yang menarik dari pertarungan ini adalah debut pertama Gear 4’th milik Luffy yang mengesankan. Luffy yang pada mulanya kesulitan mengimbangi serangan Doflamingo, dalam mode ini dia bisa memberikan serangan yang cukup fatal. Meskipun dia masih perlu jeda beberapa waktu karena kehabisan haki setelah memakai mode tersebut. Selain itu, di pertarungan ini Doflamingo memaparkan konsep awakening miliknya. Ia telah berhasil mencapai level tinggi buah setannya.

Hasil akhir dari pertarungan itu adalah kemenangan Luffy setelah melancarkan jurus andalannya King Kong Gun yang merupakan kombinasi antara Gear 3’rd dan Gear 4’th. Kekalahan Doflamingo juga merupakan nasib buruk bagi Luffy karena hal itu memicu kemarahan para monster-monster yang menjalin bisnis dengannya. Monster yang paling mengerikan adalah Kaido.

2. Monkey D. Luffy vs Rob Lucci


Rob Lucci merupakan anggota terkuat CP9 yang memiliki 4000 doriki atau setara dengan kekuatan tempur 400 orang angkatan laut. Ia termasuk salah seorang musuh terkuat bagi Luffy. Terbukti bahwa dia harus bersusah payah untuk mengalahkannya.

Saya yakin, banyak para penggemar di luar sana yang sangat menyukai pertarungan mereka. Pertarungan yang super greget antara dua orang dengan buah iblis berbeda dan latar belakang yang berbeda. Lucci memakan buah setan Neko Neko no Mi model Leopard sehingga membuatnya mampu berubah bentuk menjadi manusia setengah Leopard dan full berbentuk Leopard. Kombinasi antara kemampuan buah setan serta teknik Rokushiki miliknya membuat Luffy kewalahan. Luffy menerima banyak serangan yang mampu memberikannya luka yang cukup fatal.

Luffy menggunakan teknik Gear 2’nd dan Gear 3’rd untuk mengalahka Lucci. Namun, Luffy kehabisan tenaga setelah menggunakan kedua gear itu. Di tengah keadaan yang kritis itu, Usopp datang dan menyemangati Luffy untuk bangkit. Tekadnya yang kuat akhirnya mampu menumbangkan Rob Lucci, Kemenangan tersebut membuat bounty Luffy naik tiga kali lipat.

1. Monkey D. Luffy vs Charlotte Katakuri


Charlotte Katakuri adalah musuh sekaligus rival yang sangat keren dan gentle-man untuk Luffy. Ia adalah salah satu komandan manis Big Mom yang memakan kekuatan buah setan Mochi Mochi no Mi. Konsep buah iblisnya hampir mirip dengan Luffy sehingga ia mampu meniru beberapa jurus andalan Luffy.

Masih lekat di benak para penggemar bahwa Katakuri dan Luffy telah menyuguhkan pertarungan yang sangat epic dan greget dan layak dinobatkan sebagai pertarungan terbaik selama ini. Meskipun ada banyak pro dan kontra dari para penggemar terkait kemenangan Luffy yang seolah dipaksakan. Menurut saya, kemenangan Luffy itu adalah hal yang wajar karena pertarungan mereka hampir seimbang.

Selain kekuatan buah iblisnya, yang menakutkan dari Katakuri adalah kemampuannya dalam melihat masa depan. Ia telah menguasai kenbunshoku no haki di level yang sangat berbeda. Pertarungan ini juga merupakan pertarungan hidup dan mati, Luffy tidak bisa lari lagi dari pertarungan ini karena ia sudah berjanji dengan teman-temannya. Seiring berlalunya pertarungan mereka, kenbunshoku milik Luffy meningkat cukup drastis hingga Katakuri mengakui bahwa Luffy kini berada setingkat dengannya.

Katakuri bertarung dengan Luffy dengan sangat gentle. Ia tidak mau orang lain mengusik pertarungannya. Mereka bertarung habis-habisan dengan jurus masing-masing. Luffy dengan Gear 4’th milikinya dalam mode Snakeman dan Katakuri dengan jurus andalannya juga.  Hasil akhir dari pertarungan itu hampir seimbang, hanya saja Katakuri tumbang setelah berdiri dan bercakap-cakap ringan dengan Luffy. Sebagai bentuk penghormatan terakhir, Luffy menaruh topi hitam khas mafia-nya di atas mulut Katakuri.

***
Barangkali itu saja, Sobat. Pertarungan-pertarungan di atas adalah murni opini saya. Saya melihat hal itu dari beragam sisi bukan hanya dari segi pertarungan saja. Saya yakin ada beberapa di antara sobat yang setuju atau mungkin memiliki pendapat lain. Saya juga mohon maaf apabila ada informasi yang kurang lengkap, namun saya berharap semoga artikel ini menghibur. Thanks.

Baca juga: 8 Pertarungan Terbaik Vinsmoke Sanji


EmoticonEmoticon