10 Sikap yang Perlu Dilatih untuk Menuju Kesuksesan


source: viralmaaya.com

Kesuksesan adalah sebuah proses perjalanan panjang yang penuh lika-liku. Kesuksesan tidak dapat diraih dengan cara yang instan. Mi instan saja perlu dimasak sebelum bisa dinikmati. Kadangkala malah kita perlu memberikan tambahan sayur serta telur untuk menambah sedapnya cita rasa mi instan.

Kesuksesan pun kurang lebih hampir serupa. Perjuangan untuk sampai ke sana itu memerlukan waktu dan fase-fase yang kadang sangat sulit untuk dilalui. Kesuksesan itu juga dipengaruhi oleh banyak faktor terutama sikap seseorang. Dan berikut ini adalah beberapa sikap yang sepatutnya kita latih jika kita ingin menjadi orang yang sukses – sukses dalam definisi kita masing-masing. Karena saya percaya, sikap berikut ini adalah sikap-sikap yang dimiliki oleh orang-orang sukses.

1. Kreatif

source: marketeers.com

Orang sukses cenderung memiliki pemikiran yang kreatif dan berbeda dengan orang lain. Mereka memikirkan ide dan cara-cara baru yang menarik dan mampu menarik masyarakat luas. Berpikir kreatif itu artinya mereka tidak suka meniru atau menduplikat karya milik orang lain. Mereka lebih senang berkarya dengan karya mereka yang unik dan berbeda dengan yang lain. Meskipun konsekuensinya tak banyak orang yang dapat menerima karya tersebut.

Sedikit gambaran, coba kita sedikit membayangkan seolah-olah kita sedang menjual sebuah produk yang sama dengan pesaing kita di satu tempat. Produk yang kita tawarkan kepada pelanggan sama bentuknya hanya saja mungkin beda varian. Apabila kita mau berpikir kreatif dalam penjualan kita dengan cara-cara yang menarik pelanggan, maka kemungkinan besar produk kita akan lebih menarik pengunjung dibandingkan milik pesaing-pesaing kita.

2. Memiliki Dedikasi yang Tinggi

source: jawaban.com

Dedikasi dapat diartikan sebagai sebuah bentuk pengabdian. Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa orang-orang sukses itu menaruh dedikasi yang sangat tinggi terhadap sesuatu yang dia tekuni. Mereka akan mengerahkan segala waktu, biaya dan tenaga demi kemajuan usaha atau bidang yang sedang mereka rintis.

Memiliki dedikasi yang sangat tinggi itu penting dalam hal apapun. Orang yang berdedikasi tinggi tidak memiliki tekad yang setengah-setengah. Ia memiliki tekad yang penuh. Contoh saja Bill Gates yang sukses membangun Microsoft. Coba Anda bayangkan jika Bill Gates tidak punya dedikasi atau dia hanya setengah-setangah dalam merintis Microsoft, mungkin saja perusahaannya juga akan setengah jalan atau malah tidak jalan sama sekali. Oleh sebab itu, dedikasi sangat diperlukan ketika kita ingin membangun sebuah usaha.

Baca juga: Kiat-Kiat Menjadi Jomblo Berkualitas

3. Selalu Fokus dalam Mengerjakan Sesuatu

source: iphincow.com

Pengertian fokus di sini adalah kita harus setia terhadap satu pekerjaan. Kita harus mengerahkan segenap pemikiran dan tenaga kita untuk satu hal yang kita kerjakan dalam satu waktu. Hal ini penting agar hasil yang kita dapatkan nanti juga maksimal.

Apabila fokus kita terpecah menjadi dua atau malah menyebar kemana-mana, maka hasil yang akan kita dapatkan pun juga pasti tidak maksimal. Selain itu, fokus yang tak terarah malah membuat tenaga kita terkuras. Alangkah lebih baiknya ketika kita menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu sebelum beralih ke pekerjaan yang lain. Sekali lagi, kekuatan fokus itu penting.

4. Disiplin

source: news.okezone.com

Salah satu sikap yang melekat pada orang-orang sukses adalah dispilin yang tinggi terutama disiplin masalah waktu. Bagi orang sukses, waktu itu sangat berharga. Ia akan memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Ketika mereka membuat janji untuk urusan bisnis atau hal penting lainnya mereka selalu tepat waktu.

Kata “malas” sebaiknya kita buang jauh-jauh apabila kita ingin sukses. Karena malas adalah salah satu kebiasaan buruk yang seringkali menghambat kita dalam melakukan sesuatu. Kita harus menanamkan disiplin dalam diri kita mulai saat ini. Dengan disiplin, paling tidak kita akan menjadi individu yang lebih baik.

5. Berpikir Besar

source: thinkbigpartners.com

Orang sukses adalah mereka yang memilki mimpi dan pemikiran yang besar. Mereka memiliki visi dan misi yang jelas dalam hidup mereka untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang telah mereka buat. Orang sukses juga berpikir realitas terkait mimpi-mimpi mereka. Mereka menata setiap langkah dan perencanaan yang sangat baik tentang masa depan mereka.

Bermimpi besar itu sangat penting karena itu merupakan faktor pemicu motivasi kita untuk melangkah dan berjuang. Jika mimpi kita itu kecil, maka kesuksesan yang akan kita dapat juga akan sekecil mimpi kita.

6. Tidak Gampang Menyerah

source: bean-project.blogspot.com

Salah satu resep untuk menjadi orang sukses yang wajib kita miliki adalah sikap tidak gampang menyerah. Hanya karena kita ditolak sekali bukan berarti dunia kita berhenti. Hal itu tidak serta membuat kita menyurutkan langkah. Kita harus tetap menyulut api semangat dalam diri kita agar tetap menyala meski tidak terlalu terang.

Orang-orang sukses yang ada saat ini seperti Bill Gates, Jack Ma, Mark Zuckerberg dll adalah bukti bahwa mereka tidak gampang menyerah dalam sebuah kondisi yang tidak menguntungkan. Jack Ma pernah ditolak berkali-kali ketika meminjam uang untuk modal pendirian Alibaba. Namun ia tidak berhenti, ia malah terus melangkah dan merintis Alibaba hingga akhirnya bisa terkenal sampai sekarang. Mungkin apabila Jack Ma berhenti waktu itu, maka dia tidak akan bisa membuat Alibaba sebesar saat ini.

7. Kerja Keras

source: thebreakingtimes.com

Tidak gampang menyerah dan kerja keras adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kerja keras di sini berarti kita selalu berusaha dan berusaha untuk mengembangkan bisnis atau usaha kita. Konsep sederhana dari kerja keras bagi saya adalah kita senantiasa bergerak meskipun progres kita lambat. Tanpa kerja keras, saya yakin apa yang telah kita mulai tidak akan sampai pada tujuan.

Ketika kita gagal, kita harus bangkit lagi dan mencoba lagi sampai kita bisa. Istirahat sejenak sesekali boleh, tapi itu bukan menjadi alasan untuk kita berhenti bekerja. Karena sukses tanpa kerja keras, that’s bullshit.

8. Berani Mengambil Resiko

source: estrategiasdeventa.com

Sikap berani mengambil resiko ini mungkin tidak semua orang mampu melatihnya. Namun, hal ini juga sangat penting ketika kita ingin sukses. Karena terkadang di balik sebuah resiko itu terdapat peluang besar yang akan menanti kita. Kita tidak mungkin terjebak dalam zona nyaman kita yang begitu-begitu saja. Sesekali kita perlu bergerak dan melihat peluang yang ada di sekitar kita.

Contoh sederhana kalau kita berdagang sebuah produk, ada resiko rugi dan modal tidak balik. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Gagal itu pasti ada ketika kita melakukan sesuatu karena tidak mungkin kita nanti akan terus berhasil dengan apa yang kita lakukan. Kegagalan akan memberikan kita pelajaran untuk menjadi lebih baik ke depannya. Lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali.

9. Selalu Bersyukur

source: wels.net

Bersyukur adalah sikap yang sudah sepatutnya kita latih dalam hal apapun. Dengan bersyukur hati kita akan lapang dan kita akan merasakan nikmat yang luar biasa. Ketika gagal, kita boleh kecewa sebentar tapi tidak boleh lama-lama. Untuk apa menyesali sesuatu yang telah berlalu.

Kadang kita harus bersyukur dengan apa yang telah kita miliki dan kita capai meski itu belum terlalu berarti bagi kita. Akan tetapi, dengan bersyukur maka Tuhan akan menambah nikmat kita menjadi lebih banyak.

10. Optimis dengan Masa Depan

source: dokter.id

Jack Ma pernah mengatakan bahwa orang-orang sukses itu optimis dengan masa depan. Optimis itu sangat diperlukan bagi diri kita. Ketika kita ingin membangun sebuah usaha atau ketika kita memiliki mimpi dalam hidup, kita harus memiliki keyakinan dan rasa optimis tentang masa depan.

Kita percaya dengan sepenuh hati dan doa bahwa mimpi itu akan terwujud di masa depan. Orang lain boleh menganggap remeh kita, namun kita jangan pernah menjadikan diri kita pesimis dan beranggapan bahwa kita lemah. Kita harus tetap optimis menatap masa depan kita.
****
Barangkali itu saja sobat beberapa sikap yang perlu kita latih jika kita ingin sukses. Penulis menulis artikel ini bukan perkara penulis sudah sukses atau lebih sukses dari kalian. Penulis hanya ingin memotivasi diri penulis sendiri dan semoga memberikan secercah motivasi dan inspirasi untuk kalian. Semoga tulisan kali ini memberikan manfaat dan untuk kalian yang membaca tulisan ini saya doakan kalian sukses dengan impian serta cita-cita kalian. Thanks.


Baca juga: Filosofi Kuda Hitam


EmoticonEmoticon