8 Penyebab Utama Mahasiswa Malas Kuliah


source: bangsaku.web.id

Halo sobat semua! Kali ini, MogiMogy pengen mengulas beberapa penyebab mahasiswa malas kuliah. Buat kalian yang sudah duduk di bangku kuliah pasti pernah mengalami malas untuk masuk kuliah dan selalu ada aja alasan untuk kita gak masuk kuliah.

Nah, kali ini saya sudah merangkum beberapa alasan-alasan utama tersebut. Tulisan ini juga terinspirasi dari pengalaman saya sendiri hehe. Oke, tanpa perlu basa-basi panjang lebar, langsung saja yuk kita bahas penyebab mahasiswa males untuk datang kuliah.

1. Kuliah Pagi

Kuliah pagi memang merupakan momen mager semager-magernya. Apalagi ditambah gravitasi kasur yang sangat berat. Hal itu membuat kita-kita males untuk bangun dan kalau bisa kita lebih memilih untuk melanjutkan tidur nyenyak kita.

Selepas bangun, kita masih memerlukan beberapa waktu sejenak untuk mengumpulkan sisa-sisa nyawa yang masih bergentayangan entah kemana dan juga memantapkan hati untuk pergi ke kamar mandi. Ketika sudah sampai di kamar mandi pun kita masih suka ngelamun sejenak sampai kita benar-benar niat untuk menyentuh air. Dari berbagai sebab itulah, kuliah pagi adalah salah satu penyebab utama orang males kuliah.

2. Sibuk Organisasi

Kuliah adalah masa-masa yang bergejolak bagi para mahasiswa yang ingin menunjukkan eksistensinya. Pada masa ini, kebanyakan mahasiswa tengah getol-getolnya mengikuti berbagai macam kegiatan baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus.

Sayangnya, kebanyakan kegiatan semacam ini seringkali membuat mahasiswa lalai dengan kuliahnya. Saking sibuk dan senangnya berorganisasi, mereka menjadi malas dan tidak bersemangat untuk mengikuti perkuliahan. Kalaupun datang ke kelas, mereka seringkali nyawa mereka tidak di sana, tetapi malah kepikiran proker atau kegiatan organisasi. Yah, ikut organisasi itu bagus, namun jangan sampai lupa tujuan utama kuliah. Begitu gaes.

3. Kebanyakan Tugas

Alasan ketiga orang males kuliah adalah kebanyakan tugas. Kerapkali, tugas adalah momok bagi mahasiswa. Mengerjakan tugas satu saja kadang membutuhkan waktu yang lama dan kita kadang suka males di awal tapi ngebut di akhir mendekati deadline. Apalagi jika tugas itu banyak, rasa-rasanya banyak mahasiswa khususnya yang cewek pada ngeluh dan pengen nikah aja haha.

4. Dosen Kurang Enak

Masing-masing dosen itu selalu memiliki ciri khas masing-masing dalam mengajar. Ada dosen yang enak dalam mengajar, namun ada juga beberapa dosen yang killer dan kurang enak cara mengajarnya. Dosen yan kurang enak ini biasanya kurang disenangi oleh mahasiswa. Hal itu kadang membuat mahasiswa yang kurang senang tersebut jadi males kuliah dan memilih bolos menghabiskan jatah bolos selama satu semester.  

Baca juga: 12 Tipe-Tipe Dosen di Kampus

5. Masalah Asmara

Tidak dapat dipungkiri bahwa masalah asmara itu dapat merembet ke berbagai segi kehidupan. Ya, salah satu segi yang terkena imbasnya adalah kehidupan perkuliahan. Mungkin buat kita-kita yang baru patah hati atau cintanya bertepuk sebelah tangan, kita jadi tidak bersemangat menjalani hari dan kebanyakan melamun memikirkan si doi. Apalagi, si doi itu merupakan teman sekelas kita. Kadang kita bukannya fokus mendengarkan materi dari dosen, tapi malah mikirin si doi yang tidak mungkin kita miliki.

6. Merasa Salah Jurusan

Salah jurusan adalah salah satu penyebab utama para mahasiswa malas untuk datang kuliah. Hal ini kerap saya temui pada teman-teman saya. Kebanyakan dari mereka pada awalnya semangat kuliah. Namun, lambat laun mereka jadi malas dan tidak begitu bersemangat karena basic-nya mereka tidak cocok dengan jurusan yang mereka ambil. Alhasil, banyak dari mereka yang lebih memilih drop out dan mengambil jurusan baru di universitas lain.

7. Mikir Bisnis atau Kerja Sampingan

Bisnis atau kerjaan juga termasuk salah satu hal yang membuat mahasiswa tidak fokus kuliah. Mereka lebih fokus dalam mencari uang dan menggeluti bisnis yang sedang mereka jalani. Mahasiswa semacam ini adalah mahasiswa yang bermental wirausaha dan merasa malu jika harus meminta uang saku kepada orang tua.

Namun, kadang juga ada mahasiswa yang bekerja paruh waktu dari sore sampai larut malam. Seringkali, keesokan harinya mereka ngantuk dan kurang bersemangat mengikuti perkuliahan karena kelelahan setelah bekerja semalaman.

8. Sakit

Penyebab orang malas kuliah yang terakhir adalah sakit yang tiba-tiba menyerang. Hal itu mungkin wajar jika sakitnya cukup parah dan harus istirahat. Namun, ada juga mahasiswa yang hanya terserang flu dan sedikit meriang, namun sudah menjadi alasan untuk tidak masuk kuliah. Meskipun demikian, ada juga mahasiwa yang menjadikan sakit bukan sebagai alasan untuk tidak masalah. Semua balik lagi kepada niat dan tekad masing-masing individu.

***

Nah, mungkin itu saja gaes beberapa penyebab utama mahasiswa malas kuliah. Saya yakin di antara kalian pernah mengalami salah satu atau salah dua dari berbagai penyebab di atas.  Meskipun kita malas kuliah, namun bukan berarti kita lalai dengan kewajiban kita sebagai mahasiswa. Kita juga harus selalu ingat orang tua yang telah membiayai kuliah kita, gaes. 

Sekian dari saya. Thanks sudah berkunjung ke artikel ini. Jangan lupa, tulis di kolom komentar kalau kalian ada pengalaman serupa seperti di atas.


EmoticonEmoticon