8 Alasan Mahasiswa Memilih Drop Out Kuliah


source: bigdaddy.co.id

Perjalanan kuliah tidak selalu mulus dan datar-datar saja. Terkadang, beberapa mahasiswa dihadapkan pada pilihan yang sangat sulit antara bertahan atau hengkang. Apabila mahasiswa tersebut tidak memiliki solusi serta jalan keluar, maka drop out adalah pilihan utama yang mereka ambil.

Dalam perjalanan saya kuliah selama ini, teman-teman saya banyak yang berguguran satu persatu dan memilih untuk drop out dan tidak meneruskan studi mereka. Sebagai seorang teman seperjuangan, terkadang saya menyesalkan keputusan mereka. Namun, itu adalah pilihan mereka. Dan kali ini saya ingin mengupas beberapa alasan utama para mahasiswa memutuskan untuk drop out kuliah.

1. Masalah Ekonomi

Masalah ekonomi merupakan masalah yang paling mendasar dan sangat urgent. Banyak mahasiswa yang memutuskan tidak melanjutkan kuliah mereka karena faktor ini. Sebenarnya masalah ini dapat diatasi dengan mencari beasiswa dari kampus ataupun luar kampus serta juga dapat meminta keringanan dari pihak kampus. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan. Selain itu, dalam kondisi tertentu permasalahan ini tidak dapat diatasi dengan mudah. Alhasil, beberapa mahasiswa memilih untuk hengkang dari bangku perkuliahan.

2. Salah Jurusan

Alasan kedua mahasiswa memilih drop out kuliah adalah faktor salah jurusan. Mereka terpaksa mengambil jurusan tersebut karena tidak ada opsi lain bagi mereka. Mereka kuliah dengan cara yang terpaksa karena merasa tidak sesuai dengan keinginan mereka. Contoh saja mereka awalnya ingin kuliah di jurusan Hukum, akan tetapi malah diterima di jurusan Sastra Indonesia. Alasan semacam ini kerapkali ditemukan dalam beberapa kasus drop out-nya mahasiswa.

3. Pekerjaan

Beberapa mahasiswa biasanya memiliki pekerjaan sampingan ketika kuliah. Mereka bekerja untuk menambah pundi-pundi keuangan mereka. Mahasiswa semacam ini harus pandai-pandai mengatur waktu untuk kuliah dan bekerja. Namun dalam kondisi tertentu, mahasiswa semacam ini harus menentukan satu pilihan antara pekerjaan dan kuliah. Dan apabila mereka terlalu mencintai pekerjaan mereka, maka dengan berat hati mereka harus meninggalkan kuliah mereka.

4. Terlalu Berat dengan Perkuliahan

Meskipun mahasiswa kuliah di jurusan yang tepat, akan tetapi bukan berarti mereka nyaman dan mampu beradaptasi dengan tugas-tugas yang kuliah. Mereka mungkin pada awalnya semangat. Namun ketika mereka mengalami kesulitan dalam tugas dan tidak menemukan solusi yang tepat, mereka akan frustasi dan puncaknya mereka akan menyerah dan memutuskan untuk berhenti berjuang.

5. Passion

Masa perkuliahan adalah masa untuk menemukan jatidiri. Para mahasiswa biasanya mencoba menemukan passion mereka dengan berbagai cara seperti mengikuti organisasi-organisasi tertentu atau mungkin komunitas yang sesuai dengan minat mereka. Terkadang saking asiknya mengikuti kegiatan, mereka lupa dengan tugas-tugas kuliah dan kadang suka membolos. Hal ini yang terkadang menjadi nilai minus dan mereka biasanya mendapatkan surat peringatan.

6. Kurang Nyaman dengan Suasana Kampus

Salah satu alasan mahasiswa drop out adalah mereka tidak nyaman dengan suasana kampus. Mereka mungkin merasa tidak menemukan teman yang cocok dengan pemikiran mereka. Hal ini menyebabkan mereka tidak merasakan kenyamanan ketika kuliah. Suasana kuliah memang sangat jauh berbeda dengan suasana saat masa putih abu-abu.

7. Kehilangan Motivasi

Selanjutnya, alasan mahasiswa memilih drop out kuliah adalah mereka kehilangan motivasi belajar. Kehilangan motivasi dapat disebabkan oleh banyak hal seperti putus cinta, sudah tidak sreg dengan apa yang dipelajari atau bahkan ada tujuan dalam hidup dia yang lebih penting selain kuliah. Mereka yang dalam kondisi ini biasanya merasa kosong dan tidak menemukan makna apapun mesipun mereka telah belajar dengan sangat baik.

8. Masalah X

Alasan terakhir mahasiswa drop out adalah masalah X atau masalah khusus selain yang disebutkan sebelum-sebelumnya. Bisa jadi mahasiswa memilih drop out karena masalah keluarga atau mungkin karena sakit parah serta hamil di luar nikah. Alasan-alasan ini sangat jarang terjadi dan hanya dialami oleh orang-orang tertentu saja.

****

Nah, barangkali itu saja beberapa alasan mahasiswa drop out kuliah. Drop Out sebenarnya sah-sah aja bagi mereka yang memilih jalan ini, asalkan mereka mampu menanggung segala konsekuensi dari hal tersebut. Karena sukses itu tidak hanya melalui bangku kuliah semata, tetapi ada banyak jalan lain.

Untuk kalian yang saat ini sedang menempuh bangku perkuliahan, manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin untuk membanggakan kedua orangtua kalian. Masih ada banyak orang di luar sana yang ingin kuliah, namun tidak memiliki kesempatan seperti kalian. Jadi, bersyukurlah jika kalian masih diberi kesempatan untuk kuliah. Thanks. Salam inspirasi.


EmoticonEmoticon