6 Penyebab Salah Jurusan Ketika Kuliah


source pic: youthmanual.com

Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya pengen sharing tentang penyebab salah jurusan ketika kuliah. Nah, kuliah di jurusan yang salah mungkin terdengar sepele, tetapi itu mempengaruhi motivasi kita lho gaes ketika kuliah. Apabila kita tidak nyaman dengan jurusan yang kita pilih, boleh jadi kita tidak akan bersemangat kuliah dan mungkin saja kita akan memilih drop out dari kuliah. Oleh sebab itu, pertimbangan yang baik itu penting lho gaes sebelum kita memutuskan untuk kuliah di jurusan tertentu.

Nah, saya sudah merangkum beberapa penyebab salah jurusan yang dialami oleh sebagian orang. Langsung saja yuk kita bahas bareng-bareng.

1. Tidak Tahu Passion
Mungkin banyak dari kita yang sampai saat ini belum tahu passion kita. Nah, ini juga berimbas lho ketika kuliah gaes. Misalkan, kita punya passion di bidang otomotif, tetapi kita malah kuliah di jurusan kimia, itu kan kurang sesuai.

Pengetahuan tentang passion itu perlu kita gali sejak dini agar kita dapat menyesuaikan diri kita dengan tuntutan kehidupan. Kalau kita tahu passion kita, kemungkinan salah jurusan itu pasti kecil.

2. Kurang Referensi
Penyebab lain mengapa orang salah jurusan ialah kurangnya referensi tentang jurusan-jurusan perkuliahan. Sebagian dari kita mungkin malas mencari info tentang jurusan-jurusan di perguruan tinggi. Alhasil, kita hanya tahu jurusan yang itu-itu saja.

Di samping itu, kadang kita juga kurang mencari informasi mengenai jurusan yang hendak kita pilih sehingga kita kadang merasa salah jurusan ketika kita sudah kuliah. Oleh sebab itu, banyak-banyak mencari referensi tentang jurusan di perkuliahan ya gaes.

3. Ikut-Ikutan Teman
Nah, ini salah satu penyakit yang masih sering kita temui di sekitar kita, ngikut-ngikut teman. Gak selamanya ngikut temen itu buruk ya gaes. Namun, kadangkala kita harus punya pendirian sendiri dan mengikuti kata hati kita sendiri, khususnya terkait pilihan jurusan kuliah.

Mungkin, banyak dari teman kita yang memilih jurusan X dan kita pengen ikut dengan alasan supaya tetap bisa bareng-bareng. Akan tetapi, belum tentu jurusan yang dipilih oleh teman kita itu sesuai lho dengan keinginan kita gaes. Oleh sebab itu, pertimbangkan baik-baik ya sebelum mengikuti pilihan teman daripada kita nanti malah salah jurusan.

4. Ngikut Pacar
Nah, ini malah terdengar lebih absurd lagi. Hanya karena kita sayang dengan pacar kita dan takut menjalani hubungan LDR, bukan berarti kita mengikuti dia sampai ke bangku kuliah lho gaes. Belum tentu, keputusan kita untuk kuliah sejurusan dengan pacar kita itu pilihan yang tepat. Bisa jadi, kita kurang sreg dengan jurusan itu lho gaes. Namun, kalau memang kita yakin, ya gapapa gaes lanjut aja.

5. Pemikiran yang Penting Kuliah
Penybebab salah jurusan berikutnya ialah pemikiran bodo amat yang penting bisa kuliah. Orang-orang dengan pemikiran semacam ini biasanya berpikir bahwa semua jurusan sama aja, toh persaingan kerja nanti sama-sama susahnya. Pemikiran semacam ini gak buruk-buruk amat, tetapi kadang bisa jadi bumerang buat diri kita sendiri.

Kadang, kita termakan gengsi dan memilih kuliah di jurusan tertentu yang kadang gak sesuai dengan passion atau keinginan kita. Kita berpikir yang penting kuliah daripada nggak kuliah sama sekali karena gengsi dengan teman-teman lain yang kuliah.

6. Faktor Keluarga
Penyebab terakhir mengapa orang salah jurusan sewaktu kuliah adalah faktor keluarga. Banyak dari kita yang mungkin kuliah di jurusan tertentu karena paksaan orang tua. Misalkan, orang tua kita pengen kita kuliah di jurusan kedokteran, padahal kita tidak tertarik sama sekali terhadap jurusan tersebut. Kasus semacam ini bukan hal asing lagi di sekitar kita.

Sebagai seorang anak, kadang kita tidak punya kuasa apa-apa ketika melawan kehendak orang tua. Namun, sesekali kita harus punya keberanian untuk menyuarakan pendapat dan mengungkapkan keinginan kita sebagai seorang anak. Oleh sebab itu, kalau memang orang tua kita memaksa kita di jurusan tertentu dan kita kurang sreg, mungkin lebih baik kita ngomong baik-baik dengan mereka dan mencari solusi terbaik.

****
Nah, mungkin itu saja ya gaes beberapa penyebab orang salah jurusan ketika kuliah. Mungkin sebagian dari sobat sekalian pernah punya pengalaman serupa seperti yang saya paparkan di atas. Pesan terakhir saya buat kalian yang saat ini merasa salah jurusan, yaitu salah jurusan bukanlah hal yang buruk. Hidup memang tidak dapat kita rencanakan. Bisa jadi, jurusan yang salah akan menuntun kita pada hal-hal baik di masa mendatang. Gitu gaes, rencana Tuhan pasti indah.

Oke, sekian dulu yang bisa saya share. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian ya gaes. Thanks.

Baca juga: Kuliah Buat Apa?


EmoticonEmoticon