4 Perbedaan Mendasar Antara Perusahaan Asuransi Berbasis Syariah dan Konvensional

source: pixabay.com

Dengan begitu banyaknya perusahaan asuransi terbaik di Indonesia mungkin akan membuat sebagian orang bingung dalam menjatuhkan pilihan, ingin daftar produk dari perusahaan yang mana. Meskipun jika dilihat produknya sendiri sama, namun fasilitas dan juga premi yang dibayarkan tentunya berbeda. Banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi ini seperti halnya sebuah tabungan atau investasi di masa yang akan datang, hanya saja mungkin tidak bisa diambil seenaknya, namun tetap saja memberikan keuntungan di waktunya nanti, sehingga wajib untuk memiliki.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda bahwa perusahaan asuransi inipun terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah yang konvensional dan satu diantaranya adalah jenis syariah. Sehingga jika dilihat hampir mirip seperti sebuah bank. Tidak hanya berbeda dari segi nama, sehingga jangan sampai asal pilih, berikut ini beberapa hal yang membedakan antara keduanya, yaitu:

1. Bentuk perjanjian, pada perusahaan asuransi berbasis syariah, maka jenis akad yang digunakan adalah hibah, untuk saling tolong menolong antara kedua belah pihak. Sedangkan perusahaan asuransi konvensional menggunakan akad transaksi jual beli.

2. Dana, perusahaan asuransi akan mengelola dana dan memutar uang yang dititipkan. Pengelolaan dana memiliki konsep tolong menolong yang di gunakan untuk kemaslahatan umat (dana tabarru).

3. Bagi hasil, bentuk pembagian hasilnya sendiri juga berbeda, karena pada perusahaan asuransi syariah semua keuntungan yang diterima akan dibagi kepada pemilik dan juga pengelola secara merata, sedangkan pada perusahaan asuransi konvensional, maka keuntungan tersebut adalah milik perusahaan.

4. Keberadaan zakat dan wakaf, untuk perusahaan asuransi biaya sudah menerapkan kewajiban kepada pemiliknya untuk ikut serta dalam membayar zakat maupun wakaf, sedangkan perusahaan asuransi konvensional tidak menerapkan hal tersebut.

Itulah diantara beberapa perbedaan mendasar antara perusahaan asuransi konvensional dan juga yang berbasis syariah. Ingin beli produk asuransi jiwa murah terpercaya, maka bisa secara langsung dipercayakan kepada Generally.


EmoticonEmoticon