10 Sitkom Indonesia yang Paling Lucu dan Populer


Program situasi komedi atau sitkom merupakan salah satu acara TV yang sangat populer dan nggak kalah pamornya dengan acara sinetron. Dalam dunia pertelevisian, ada beberapa acara sitkom yang sangat lucu dan berkualitas.

Berikut ini, saya ingin mengulas daftar sepuluh sitkom Indonesia yang paling lucu dan populer pada masanya. Langsung saja yuk kita ulas bersama berikut ini.

1. Bajaj Bajuri

Sitkom yang satu ini merupakan salah satu acara TV paling legendaris. Bajaj Bajuri pertama kali ditayangkan di Trans TV pada tahun 2002. Cerita dari sitkom ini berkisah tentang kehidupan rumah tangga Bajuri yang selalu diwarnai humor-humor segar.

Sehari-hari, Bajuri bekerja sebagai tukang bajaj dan dia memiliki istri bernama Oneng. Selain itu, ada Emak Eti si mertua Bajuri yang sangat galak. Selain berfokus pada keluarga Bajuri, cerita juga semakin lucu dengan adanya tetangga-tetangga yang memiliki ciri khas sendiri, seperti Ucup, Mpok Minah, Mpok HIndun, dan Pak RT.

2. Abdel dan Temon

Sesuai dengan judulnya, sitkom ini berfokus pada kehidupan Abdel dan Temon yang penuh warna-warni.  Sitkom ini pertama kali tayang di Global TV pada tahun 2008. Saat menonton sitkom ini, kita akan disajikan kekonyolan-kekonyolan mereka berdua dalam menjalani aktivitas mereka.

Abdel biasanya selalu beruntung, berbeda dengan Temon yang suka sial. Nggak hanya itu, mereka juga sering ribut nggak jelas, tapi pada akhirnya mereka akan akur kembali. Kelucuan mereka menjadi lebih menarik dengan adanya karakter pendukung, seperti Muklis yang sering dihutangi Temon, Mami Abdel yang super hot, Udin yang kocak, dan Mbak Fitri yang jadi idaman.

3. OB (Office Boy)

Sitkom yang satu ini berlatar di perkantoran dan mengambil sudut pandang dari para OB. Sitkom ini mulai tayang di stasiun TV RCTI pada tahun 2006. Ada banyak keseruan yang lucu dalam sitkom ini berkat OB yang sangat lugu bernama Sayuti.

Sayuti seringkali terlibat dialog yang kocak dengan pegawai lain atau bahkan dengan kepala HRD. Selain itu, ada lagi OB lain yang tak kalah konyol, seperti si Mail dan Susi. Lalu, ada lagi sosok Gusti dan Pak Taka yang seringkali bersaing untuk mendapatkan perhatian dari Saschya yang sangat menyukai warna ungu.

4. Suami-Suami Takut Istri

Sesuai dengan judulnya, sitkom yang satu ini bercerita tentang kehidupan para suami yang sangat takut dengan istri mereka. Sitkom ini pertama kali ditayangkan di Trans TV pada tahun 2007 dan sangat populer pada masanya.

Tingkah para suami yang kocak dan suka genit dengan wanita cantik pasti akan membuat kalian tertawa saat menontonnya. Endingnya, mereka pasti dimarahin oleh istri mereka masing-masing yang sangat galak.

5. Police 86

Police 86 merupakan sitkom komedi yang ditayangkan di Trans TV pada tahun 2010. Seperti judulnya, sitkom ini berkisah tentang kehidupan para petugas kepolisian dalam menumpas kejahatan di masyarakat.

Namun, kehidupan kepolisian dalam sitkom ini dikemas dengan bumbu-bumbu komedi yang mengocak perut. Ada banyak karakter lucu yang memiliki latar belakang sekaligus sifat yang berbeda, seperti si Broto, Alex, Oxcel, Veronica, dan Ojim. Saat bertugas, bisa dipastikan mereka akan melakukan tindakan konyol.

6. OK-JEK

Sitkom yang ditayangkan oleh Net TV mengambil tema yang cukup menarik, yaitu kehidupan tukang ojek online. OK-JEK pertama kali ditayangkan pada tahun 2016.  Sudut pandang dalam cerita sitkom ini kebanyakan berdasarkan sisi pengendara OK-JEK.

Saat menonton sitkom ini, kita akan disuguhkan keseruan pengendara OK-JEK saat bekerja dan mencari pelanggan. Cerita dari sitkom ini memang relate banget dengan kehidupan masyarakat saat ini yang memang membutuhkan jasa ojek online sehari-hari.

7. Awas Ada Sule

Siapa yang enggak kenal dengan pelawak kondang yang bernama Sule? Komedian yang satu ini memang sering tampil di berbagai acara televisi. Salah satu acara Sule yang paling populer pada masanya adalah sitkom Awas Ada Sule yang selalu bikin penonton ketawa saat menontonnya.

Dalam sitkom itu, Sule bekerja sebagai pembantu di rumah kanjeng Mami. Dengan adanya Sule, rumah kanjeng Mami selalu dipenuhi dengan warna-warni. Tak hanya Sule aja, ada sopir pribadi kanjeng Mami yang bernama Makmur yang kekonyolannya sepaket dengan Sule.

8. Kelas Internasional

Sitkom dari NET TV yang satu ini juga tak kalah menarik dari sitkom-sitkom sebelumnya. Tema yang diambil dalam cerita pun sangat kreatif karena bercerita tentang kehidupan para bule yang belajar bahasa Indonesia bersama Pak Budi yang diperankan oleh Tara Budiman.

Uniknya, ada banyak bule dari berbagai negara yang dihadirkan dalam sitkom ini. Mereka menunjukkan kelucuan mereka saat belajar berbahasa Indonesia. Karena itulah, Pak Budi harus banyak-banyak bersabar saat mengajar mereka.

9. Superhero Kocak

Sitkom yang satu ini adalah sitkom yang ditayangkan di Global TV pada tahun 2011. Sesuai dengan judulnya, sitkom ini berkisah tentang parodi superhero luar negeri, seperti Superman, Hulk, Spiderman, dan Wonder Woman.

Hanya saja, superhero yang hadir dalam sitkom ini sangat jauh dari kata berwibawa karena tingkah mereka yang sangat kocak ketika beraksi. Kelucuan-kelucuan mereka membuat sitkom ini sangat lucu dan keren pada masanya.

10. Tetangga Masa Gitu

Terakhir nih, ada sitkom Tetangga Masa Gitu yang menjadi salah satu program andalan NET TV. Sitkom yang ditayangkan sejak tahun 2014 ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dua pasangan suami istri yang hidup bertetangga dalam satu kompleks.

Buat kalian yang hobi nonton acara ini, pasti kalian akan dibuat ketawa dengan tingkah Mas Adi yang seringkali konyl dan membuat istrinya yang bernama Angel menjadi kesal. Selain itu, adalagi sosok Bastian dan Bintang yang tak kalah lucu, khususnya saat mereka bersama Mas Adi.

Previous Post Next Post

Contact Form