Daftar Lengkap Robot/Mecha yang Ada dalam Cerita Gransazer

Buat kalian yang dulu suka nonton Gransazer, kalian pasti sudah enggak asing dengan robot atau mecha yang disebut sebagai Chouseishin. Robot tersebut merupakan salah satu senjata utama Gransazer untuk membasmi musuh atau alien raksasa yang mengancam keselamatan bumi.

Selain robot utama yang dimiliki para Sazer, ada beberapa robot lain yang muncul dan menghiasi jalan cerita serial tokusatsu ini. Berkaitan dengan itu, MogiMogy kali ini pengen mengulas daftar mecha yang ada dalam cerita Gransazer. Langsung saja yuk kita lihat berikut ini!

1. Chouseishin Garuda

Chouseishin milik dari suku Api yang satu ini merupakan robot kedua yang terbangun dalam cerita. Ia telah tertidur cukup lama di dalam gunung Houhou. Dalam bentuk live mode, Garuda memiliki bentuk seperti burung phoenix dan memiliki tembakan yang diselimuti oleh api.

Dalam bentuk warrior, Garuda bertarung dengan mengandalkan cakar di bagian belakang tinjunya. Selain itu, Garuda memiliki pedang yang disebut Burning Sabre. Serangan final dari Chouseishin ini adalah Firebird Slash, tebasan api yang sangat kuat.

2. Chouseishin Dolcross

Dolcross adalah Chouseishin yang pertama kali bangkit dalam cerita dan robot ini tertidur di dalam gunung Kabuto. Saat masih dalam live mode, robot milik suku angin ini berbentuk seperti kumbang badak dan dilengkapi dengan berbagai macam meriam yang bisa digunakan untuk menghancurkan target.

Ketika berubah ke dalam warrior mode kekuatan Dolcross masih berpusat pada senjata meriam dan peledaknya, tetapi serangannya lebih bervariasi. Chouseishin ini memiliki serangan akhir bernama Hercules Hurricane untuk mengakhiri pertempuran.

3. Chouseishin Guncaesar

Selanjutnya, ada Guncaesar yang dimiliki oleh suku Tanah. Chouseisin ini tertidur di gurung Sishioh terbangun beberapa waktu setelah kebangkitan Garuda dan Dolcross. Dalam bentuk live mode, Guncaesar memiliki bentuk seperti harimau dengan cakar yang tajam dan dilengkapi meriam di punggungnya.

Kekuatan Guncaesar akan meningkat saat berubah menjadi warrior mode. Meriamnya yang bernama Liger Riots sangatlah kuat dan berpotensi untuk meledakkan musuh. Dengan senjata itu, Guncaesar dapat menunjukkan serangan akhirnya yang bernama Gravity Burst.

4. Chouseishin Leviathan

Leviathan adalah Chouseishin terakhir yang bangki dalam cerita Gransazer. Robot milik suku Air ini telah tertidur lama di pulau Shinkujira bertepatan dengan kedatangan Impactor ke bumi. Leviathan terlihat mirip ikan paus saat masih dalam live mode dan menyerang lawan dengan tubuhnya secara langsung.

Dalam bentuk warrior mode, Leviathan dipersenjatai dengan Maelstrom Blades yang bisa digunakan untuk melancarkan serangan final yang bernama High Tide Break. Nggak cuman itu aja, Leviathan juga menggunakan Ocean Shield untuk bertahan sekaligus untuk mengeluarkan teknik Mirage Shield.

5. Chouseishin Guntras

Chouseishin yang satu ini cukup unik karena robot ini bekerja secara sendirian. Guntras hanya bisa dikontrol dengan menggunakan AI canggih dan kekuatannya lebih superior dibandingkan keempat Chouseishin sebelumnya. Guntras telah lama bersembunyi di Andes dan disebut sebagai Great Shadow dalam legenda Peru.

Guntras bangkit setelah Guncontroller miliknya diperbaiki dan sempat dimanfaatkan oleh Logia untuk melancarkan rencana jahatnya menghancurkan bumi. Namun, Tenma berhasil mendapatkan Guncontroller itu dan membuat Guntras menjadi sekutu yang sangat berharga bagi Gransazer.

Kekuatan Guntras sangatlah hebat karena robot ini dilengkapi dengan berbagai macam senjata canggih dan mematikan, seperti baterai laser, meriam di kepalanya, dan peluncur rudal di dalam tubuhnya. Nggak cuman itu, Guntras memiliki serangan penghancur bernama Twin Crusher.

6. ChouSeiJuuren Cloud Dragon

Dalam cerita Gransazer, ChouSeiJuuren Cloud Dragon lebih berperan sebagai pendukung para Sazer. Chouseishin ini merupakan sisa-sisa peradaban kuno yang tinggal di dalam lapisan ozon untuk melindungi bumi dari serangan penjajah asing.

Cloud Dragon hanya akan muncul apabila para Sazer memanggilnya dalam pertempuran. Kekuatan dari Cloud Dragon nggak bisa dianggap remeh karena robot ini memiliki serangan super kuat bernama Galactica Prominence Cannon yang mampu menghancurkan asteroid menjadi kepingan-kepingan kecil.

7. Fusion Beast-King DaiSazer

DaiSazer bisa dibilang sebagai senjata terkuat yang dimiliki oleh Gransazer. Chouseishin yang satu ini merupakan gabungan dari keempat Chouseishin (Garuda, Dolcross, Guncaesar, dan Leviathan) ditambah dengan Guntras.

Kekuatan dari DaiSazer cukup agresif hingga menuntut keempat pilot harus fokus dan bekerja sama untuk mengendalikan Daisazer. Chouseishin ini sangat mematikan karena Daisazer dipersenjatai dengan deflector dan serangkaian laser di tubuhnya. Nggak hanya itu, Daisazer dapat memberikan serangan mentah yang sangat kuat saat menghadapi musuh-musuhnya.

8. DaiLogian

Jika mecha-mecha sebelumnya adalah milik Gransazer, mecha yang satu ini merupakan senjata khusus yang dimiliki oleh Logia, salah satu Impactor yang sangat berbahaya. Karena ia tidak bisa berubah menjadi raksasa, Logia menggunakan mecha ini untuk melawan Chouseishin milik Gransazer.

DaiLogian memiliki motif mirip serigala dan kekuatan mecha ini bisa dibilang hampir setara dengan DaiSazer. Robot ini selalu stand by di luar angkasa dan hanya Logia yang dapat memanggilnya. DaiLogian memiliki kemampuan untuk menyerap laser beam ke dalam dadanya dan mengembalikan serangan itu kepada lawan.

Meskipun sempat menjadi lawan mematikan, DaiLogian akhirnya berhasil dikalahkan oleh Tenma pada pertarungan kedua melawan Logia. Robot ini kemudian diambil alih oleh JSDF (Japan Self-Defence Force) sebagai bahan penelitian.

9. Yuuhi

Terakhir nih sebagai penutup, ada Type-05 GS Assist Robot Yuuhi yang dikembangkan oleh JSDF berdasarkan mecha milik Logia. Tujuan dari diciptakannya Yuuhi adalah agar mereka bisa membantu Gransazer untuk melawan pasukan jahat yang ingin menghancurkan bumi.

Yuuhi dikendalikan dari jarak jauh menggunakan voice-command dan diluncurkan dari bunker bawah tanah. Robot ini dapat mengakses berbagai macam senjata, seperti meriam ganda 120mm serta dilengkapi peluncur rudal yang kuat. Sayangnya, Yuuhi hancur berkeping-keping dalam pertarungan melawan Troious.

Previous Post Next Post

Contact Form