10 Dimensi Alternatif yang Paling Menarik dalam Komik Marvel


Selain berfokus pada petualangan superhero dalam melawan penjahat, komik Marvel juga mengeksplorasi berbagai dimensi atau universe alternatif yang berperan penting dalam cerita. Hal itulah yang membuat alur cerita superhero Marvel jadi lebih seru.

Dari sekian banyaknya dimensi alternatif yang ada di dunia Marvel, berikut ini MogiMogy telah merangkum daftar dimensi alternative yang paling menarik dan terkenal. Yuk, langsung kita bahas aja berikut ini!

10. Astral Plane

Berbeda dengan dimensi sebelumnya, Astral Plane adalah sebuah dimensi alternatif yang ekuivalen dengan dunia nyata. Di dalam dimensi tersebut, seluruh materi terdiri dari ectoplasma dan energi kehidupan. 

Selain itu, seluruh makhluk yang tinggal di dimensi tersebut mampu merasakan kehadiran siapapun yang berpergian ke dimensi tersebut. Meskipun demikian, dimensi astral itu hanya bisa dikunjungi oleh orang yang mempunyai kekuatan sihir atau psikis, seperti Dr. Strange atau Psyclocke.

Untuk pergi ke sana, seseorang harus memproyeksikan tubuh astral mereka. Tak hanya itu, mereka bisa memanipulasi tubuh mereka sesuka hati. Sebagai contoh, mereka bisa mengubah tubuh mereka menjadi senjata atau memanipulasi ukuran tubuh mereka.

9. Dream Dimension

Dream Dimension merupakan sebuah dimensi menarik yang tercipta dari alam bawah sadar seluruh manusia. Bisa dibilang, dimensi ini adalah manifestasi dari keseluruhan psikis umat manusia yang ada di dunia.

Dimensi ini terletak di sebuah lokasi bernama Dreamtime. Mirip seperti dimensi astral, seseorang bisa mengunjungi dimensi ini melalui proyeksi astral. Tentu saja, hal itu hanya bisa dilakukan oleh karakter yang sangat terampil

Selain itu, dimensi ini dikuasai oleh salah satu entitas tergelap Marvel yang dikenal sebagai Nightmare. Nightmare sangatlah jahat. Nightmare mampu mengontrol mimpi atau alam bawah sadar siapapun yang ada di dalam dimensi tersebut. 

8. Brimstone Dimension

Brimstone Dimension merupakan sebuah dimensi khusus yang terhubung dengan seluruh titik yang ada di Bumi. Dimensi tersebut pertama kali ditemukan oleh sekelompok ras mutan yang dikenal dengan nama Cheyarafim.

Di masa lalu, ras tersebut terlibat pertarungan sengit melawan mutan kuat bernama Neyaphem, ras mutan yang dipimpin oleh Azazel alias ayah Nightcrawler. Dalam pertarungan itu, Neyaphem berhasil dibuang ke dimensi Brimstone oleh Cheyarafim.

Mereka pun mulai menyusun kekuatan agar mereka bisa bebas dari dimensi tersebut. Di bawah perintah ayahnya, Nightcrawler berusaha untuk membuka portal agar Neyaphem bisa melarikan diri. Namun, usaha mereka berhasil digagalkan oleh X-Men.

7. Crossroads

Crossroads adalah salah satu dimensi yang memegang peran penting dalam cerita. Dalam cerita Marvel, dimensi tersebut bisa dibilang sebagai titik nexus yang menghubungkan berbagai dimensi alien di alam semesta.

Dimensi ini pertama kali menarik perhatian pembaca ketika Hulk mulai mengamuk dan tak terkendali hingga mengkonsumsi sosok Bruce Banner secara penuh. Melihat hal itu, Dr. Strange pun tidak tinggal diam.

Ia pun membuang Hulk ke dimensi Crossroads agar Hulk bisa memilih sebuah dunia yang cocok dengan kekuatannya yang tak terkendali. Hulk sempat berkelana selama berminggu-minggu hingga ia akhirnya dipaksa keluar dari Crossroads dan kembali ke Bumi.

6. Utopian Parallel

Utopian Parallel termasuk dimensi yang memiliki pengaruh besar terhadap multiverse. Dimensi tersebut menariknya terletak di luar waktu dan multiverse itu sendiri. Pencipta dari dimensi ini adalah Demiurge.

Selain itu, Utopian Parallel merupakan kampung halaman dari superhero Marvel di masa depan yang dikenal sebagai America Chavez. Superhero tersebut dikenal karena kemampuannya sebagai pelompat dimensi.

Saat ia masih berusia 6 tahun, America kehilangan kedua orang tuanya dalam sebuah insiden. Kedua orang tua America mengorbankan hidupnya demi menyelamatkan Utopian Parallel yang berada di ambang kehancuran.

5. Weirdworld


Weirdworld adalah salah satu dimensi yang tidak biasa dalam cerita Marvel. Dimensi tersebut diciptakan bersama dimensi Crystallum dan Polemachus di sebuah tempat yang dikenal dengan nama Battleworld.

Weirdworld dikuasai oleh Witch Queen le Fay yang sangat ahli dalam menggunakan sihir. Selain menjadi tempat berkumpulnya para penyihir, dunia tersebut juga berisi berbagai sains aneh yang tak masuk akal.  

Ketika Weirdwolrd menjadi dimensi dan tanah secara mandiri, banyak superhero yang pergi ke tempat tersebut dengan berbagai tujuan. Contoh superhero yang pernah ke sana adalah X-Men, Spider-Man, Deadpool, dan Black Knight.

4. Elysium

Tidak seperti dimensi sebelumnya, Elysium terinspirasi dengan konsep dunia yang ada dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi tersebut, Elysium merupakan salah satu bagian dari Hades atau Underworld.

Dimensi ini pertama kali diperkenalkan dalam cerita Thor pada tahun 60’an. Di era modern, Amadeus Co diceritakan menemani Hercules ke Elysium untuk menyelamatkan Zeus yang terjebak di sana.

Selain menemani Hercules, Amadeus pun bertemu dengan kedua orang tuanya yang telah mati. Ia pun mengetahui kebenaran yang sesungguhnya di balik kematian kedua orang tuanya. 

3. Dark Dimension

Bagi penggemar cerita Dr. Strange, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Dark Dimension. Dimensi tersebut merupakan dimensi yang menjadi tempat pembuangan makhluk jahat bernama Dormammu dan Umar. 

Kedua makhluk tersebut merupakan bagian dari Faltine, makhluk yang murni tercipta dari energi sihir. Karena kejahatan mereka, Faltinian lain membuang mereka ke dimensi tersebut. Setelah itu, dimensi tersebut pun dikuasai oleh mereka berdua.

Tak hanya itu, Dormammu dan Umar pun tertarik untuk menguasai dimensi lain. Mereka tidak ragu-ragu memanfaatkan penghuni dimensi tersebut demi mencapai tujuan mereka. Tak cuman itu, mereka berdua juga sangat licik. 

2. Negative Zone

Negative Zone bisa dibilang sebagai salah satu dimensi yang paling terkenal dalam komik Marvel. Dimensi ini pertama kali ditemukan oleh Reed Richard beserta anggota Fantastic Four. Selain itu, dimensi ini mempunyai cara kerja yang berbeda dengan universe lain.

Dimensi ini terdiri dari anti materi dan usianya terlihat jauh lebih tua dibandingkan semesta Marvel 616. Untuk memasuki dimensi ini, seseorang perlu mengubah polaritas mereka ke tingkat molekul.  Dengan cara itu, tubuh mereka tidak akan hancur sesampainya ke dimensi ini.

Hal itu juga berlaku bagi penghuni dimensi ini jika mereka ingin pergi ke universe lain. Menariknya, kebanyakan wilayah di Negative Zone tidak berpenghuni karena tingkat evolusi di tempat tersebut sangat lama dan waktu berjalan dengan sangat cepat. 

1. Microverse

Microverse alias Quantum Realm bisa dikatakan sebagia dimensi yang paling menarik dan sangat familiar bagi penggemar komik Marvel. Dimensi ini pada ada dasarnya adalah sekumpulan dimensi paralel yang eksis di dalam universe.

Para superhero beserta villain bisa mengunjungi dimensi ini dengan menggunakan Partikel Pym yang menyusutkan tubuh mereka hingga ke tingkat molekul. Selain itu, tempat tersebut memegang peran penting dalam berbagai pertarungan superhero.

Contoh superhero yang pernah bertualang dan bertarung di Microverse adalah Fantastic Four. Di tempat inilah, mereka mengalahkan Doctor Doom yang berniat menguasai dunia. Selain itu, dimensi ini juga menjadi saksi dari kekalahak Psycho-Man yang ingin mengambil alih bumi.

0 Response to "10 Dimensi Alternatif yang Paling Menarik dalam Komik Marvel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel