Apa Saja Kekuatan Shigeo Kageyama dalam Cerita Mob Psycho 100?


Shigeo Kageyama alias Mob merupakan karakter utama dalam cerita Mob Psycho 100 yang sangat unik. Dari penampilan luar, dia memang terlihat seperti bocah SMP yang polos dan lemah. Namun, dia  adalah seorang esper yang mempunyai kekuatan psikis dalam jumlah yang sangat besar.

Mob pun menunjukkan berbagai kemampuan yang menarik di sepanjang cerita Mob Psycho 100. Apa sajakah itu? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Telekinesis

Salah satu kemampuan Mob yang paling utama adalah telekinesis. Dengan kekuatan psikisnya, Mob terbukti mampu mengangkat objek-objek berat seperti barbel hingga bangunan tanpa merasa kesulitan.

Lebih jauh lagi, Mob mampu menciptakan medan kekuatan yang susah untuk ditembus. Dia pun bisa meningkatkan kekuatan fisik serta kecepatannya dalam pertempuran. Selain itu, dia mampu menghancurkan materi dan mengkonstruksinya dalam level molekuler.

Menyerap Energi Psikis Esper Lain

Ketika Shigeo telah mencapai mode 100%, Mob menunjukkan kemampuan unik yang memungkinkan dia untuk menyerap energi psiskis esper lain. Dia bisa menguras energi esper tersebut atau menyerap serangan psikis yang tertuju ke arahnya.

Bukan cuma itu saja, Mob pun mampu menyerap emosi yang dirasakan orang lain. Contohnya adalah ketika dia bertarung melawan Katsuya. Dia turut mampu merasakan kesedihan yang dialami oleh Katsuya. 

Kemampuan menyerap energi ini memang mengesankan, tetapi hal itu juga berdampak buruk bagi Mob. Apabila Mob terlalu banyak menyerap energi psikis orang lain, Mob akan mengalami rasa sakit selama prosesnya. 

Mentransfer Energi Psikis

Selain menyerap energi psikis orang lain, Mob juga bisa mentransfer energinya kepada seseorang, baik esper maupun non-esper. Kemampuan tersebut diperlihatkan oleh Mob ketika dia memasuki mode Gratitude 100%.

Mob pun bisa menyalurkan ingatan serta emosinya melalui kemampuan tersebut. Dalam satu momen, Mob sempat mentransfer energinya kepada Reigen dan membuatnya jadi kuat secara mendadak.

Ledakan Emosi 100%

Total energi psikis yang bisa dikeluarkan oleh Mob pada dasarnya tergantung dari presentase emosinya, mulai dari 0% sampai 100%. Semakin besar presentasenya, kekuatan psikis Mob semakin meningkat. 

Saat emosi yang dirasakan oleh Mob mencapai 100%, Mob terlihat seperti meledak-ledak dan mampu mengintimidasi musuhnya. Meskipun begitu, cara dia menggunakan kekuatan tersebut tergantung dari emosi yang dia rasakan.

Ketika Mob dipenuhi emosi positif, dia bisa menggunakan kekuatan psikisnya untuk tujuan yang baik, seperti melindungi temannya. Begitupun sebaliknya. Apabila amarah Mob mencapai 100%, dia bisa menghancurkan apapun yang ada di sekelilingnya.

???%


???% merupakan sebuah kondisi spesial yang terjadi ketika Mob kehilangan kesadarannya akibat stress dan tekanan yang menumpuk. Ketika dia memasuki keadaan itu, dia akan mengeluarkan energi psikis dalam jumlah yang tak terbatas.

Mob pun bisa kehilangan kontrol terhadap kekuatannya karena instingnya akan mengambil alih. Dia pun bisa membawa bencana di sekelilingnya, seperti yang ditampilkan di akhir musim ketiga. Mob seringkali menyesal setiap kali dia memasuki kondisi itu. 

Kemampuan-Kemampuan Pendukung

Selain kemampuan-kemampuan di atas, Mob punya beberapa kemampuan pendukung, seperti kesadaran spiritual. Mob mampu merasakan energi psikis dari roh dan esper lain yang ada di sekitarnya. Dia mampu memperluas jangkauan “antenanya” hingga mencapai radius 20 km.

Mob menariknya juga bisa melakukan proyeksi astral. Selain itu, dia juga bisa memanipulasi tanaman dan mempercepat proses pertumbuhannya lewat energi psikis seperti yang dilakukan oleh Toshiki Minegishi.

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan seputar kekuatan Shigeo Kageyama dalam cerita Mob Psycho 100. Jika kalian menyukai artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan kepada penulis!

Previous Post Next Post

Contact Form