Seberapa Kuatkah Sengoku dalam Cerita One Piece?


Sengoku merupakan salah satu angkatan laut yang melegenda dalam cerita One Piece. Dia pernah menjabat sebagai seorang Fleet Admiral sebelum time skip. Bersama dengan Garp, dia pernah terlibat persaingan sengit melawan Roger atau Shirohige di masa lalu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas lebih lanjut seputar kekuatan bertarung Sengoku. Kira-kira, seberapa kuatkah Sengoku dalam cerita? Cek pembahasan selengkapnya berikut ini!

Ahli Strategi

Sengoku merupakan seorang ahli strategi militer yang sangat jenius. Dialah memegang komando tertinggi pasukan angkatan laut dalam Perang Besar Marineford. Dia menggunakan berbagai macam taktik untuk mengalahkan Bajak Laut Shirohige beserta aliansinya.

Sebagai contoh, Sengoku berencana untuk mempercepat jadwal eksekusi Ace dari waktu yang diumumkan. Dia pun sempat mengumumkan identitas asli Ace di hadapan publik untuk menurunkan semangat bertarung para bajak laut, khususnya mereka yang punya dendam dengan Roger.

Sengoku pun selalu menunjukkan sikap yang tenang dan berpikir rasional. Dia mampu melihat momen yang tepat untuk mengeluarkan serangan yang bisa memberikan kerugian besar bagi musuhnya. 

Kekuatan Fisik

Meskipun tanpa mengandalkan kekuatan buah iblis, Sengoku mempunyai fisik yang terbilang di atas rata-rata. Salah satu buktinya adalah dia mampu menahan Garp yang saat itu punya niatan untuk menghabisi Akainu.

Sengoku pun menunjukkan keahlian dalam pertarungan tangan kosong. Saat dikombinasikan dengan kekuatan buah iblisnya, dia mampu mengeluarkan serangan yang sangat kuat. Buktinya, dia mampu menghempaskan para anggota Bajak Laut Kurohige yang saat itu berbuat kerusuhan di Marineford.

Kemampuan Buah Iblis 

Sengoku merupakan salah satu pengguna buah iblis Mythical Zoan. Dia memakan buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu yang memungkinkan dia untuk bertransformasi menjadi sosok mirip Buddha berwarna emas yang berukuran raksasa.

Dalam wujud tersebut, kekuatan Sengoku meningkat berkali-kali lipat. Pukulannya terbukti mampu menghancurkan panggung eksekusi dalam satu kali serangan. Selain itu, dia mampu mengeluarkan serangan gelombang kejut yang bisa menghempaskan musuhnya. 

Pengguna Tiga Jenis Haki

Meskipun Sengoku jarang diperlihatkan menunjukkan Haki, dia dikonfirmasi menguasai tiga jenis Haki, yaitu Kenbunshoku, Busoshoku, dan Haoshoku Haki

Hal tersebut terungkap dalam Vivre Card – One Piece Visual Dictionary (Card #0265). Melihat statusnya sebagai mantan Fleet Admiral, fakta tersebut tidaklah begitu mengejutkan. 

Level Kekuatan Sengoku Secara Keseluruhan

Jika kita mengambil kesimpulan secara keseluruhan, kekuatan Sengoku bisa dikatakan selevel dengan Roger, Garp, dan Shirohige. Hal tersebut diperkuat dengan perkataan Roger pada kilas balik Oden ketika dia berhadapan dengan para angkatan laut lemah. 

Dalam Perang Besar Marineford, Shirohige pun sangat berhati-hati dengan pergerakan Sengoku karena dia tahu bahwa Sengoku adalah musuh yang berbahaya. Meskipun begitu, kekuatan Sengoku sepertinya tidak lagi seprima di masa lalu karena faktor usianya yang sudah tua.

***

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa penulis sampaikan seputar seluk beluk kekuatan Sengoku dalam cerita One Piece. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian sebagai bentuk dukungan kepada penulis!

Previous Post Next Post

Contact Form