Game-Game NES yang Bikin Kangen

Kali ini gue pengen berbagi sedikit tentang beberapa game zaman dulu terutama pas gue masih SD. Kalau jaman gue dulu orang biasa menyebutnya video game atau mungkin ada juga yang menyebutnya game NES. Langsung aja ini beberapa game dulu yang bikin kangen.

1.Yi-Ar Kungfu


Sedikit tentang game ini, berisi tentang pertarungan kungfu antar karakter. Karakter utama disini kecil, sedangkan lawannya ada yang memakai senjata ada yang gendut dan ada yang sangar.

2.Bom-Ber Man


Game ini juga cukup simple, kita memasang bom dibeberapa tempat untuk membuka jalan dan juga untuk menemukan pintu ke step selanjutnya kalau nggak salah. Hati-hati ada monster-monster kecil yang juga berbahaya, kalau sampai menyentuhnya bisa dipastikan permainan akan berakhir. Dan hati-hati juga dengan bom yang dipasang, jaga jarak jangan sampai terkena, kan nggak lucu, hehe.

3.Karateka


Ini menurut gue juga game yang lumayan unik menggelitik, gimana enggak. Misal ketika kita pertama bermain lalu bertemu lawan, belum mukul eh kepukul duluan. Masih mending kalau langsung bangkit, kena sekali pukulan lawan langsung game over, wkwkwk.

4.Excitebike


Game balap sepeda dengan berbagai tantangan dilintasan. Lumayan asik, yah meskipun rada unik menggelitik juga sih. Tapi yang bikin gue seneng dari game ini, kita bisa jungkir balik beraksi diudara setelah melewati tanjakan, ya resikonya jatuh dilintasan dan juara terakhir, wkwkwkwk.

5.Galaxian


Untuk yang satu ini, game ini adalah game tembak-tembakan digalaksi antariksa. Kita menggunakan pesawat tempur kita dengan beberapa life point yang tersedia, dihadapan kita ada banyak pesawat musuh yang berbaris siap menyerang. Kita dituntut untuk menghabisi semua musuh itu dan juga menghindar dari serangan-serangan mereka.

6.Circus Charlie


Bagi yang gemar menonton sirkus, game ini merefleskikan pertunjukan-pertunjukan sirkus yang bervariasi. Menunggangi singa lalu melompati api, berayun dengan gantungan diudara, berjalan diatas bola-bola. Game ini cukup menantang untuk dicoba, terlebih apabila kita udah sampai dilevel-level atas.

7.Duck Hunt


Kadang ketika kita pertama kali membeli konsol game NES, kita biasa mendapatkan bonus pistol-pistolan, di game ini pistol tersebut akan sangat bermanfaat. Jiwa berburu dalam diri kalian mulai bangkit ketika kalian memainkan game ini. Lucunya, ketika kalian gagal menembak sasaran, ada anjing kecil yang muncul dari semak-semak menertawakan kalian, hehehehe.

8.Battle City


Permainan perang dengan menggunakan tank. Game ini cukup asik, kita berlindung dibalik besi menyamar kemudian menembak tank-tank musuh. Greget deh pokoknya. Nilai plus dari game ini, kita juga bisa membuat arena perang sendiri.

9.Pac Man


Game ini simple banget, kita dituntut untuk menghabiskan snack-snack kuning disepanjang jalur sampai habis. Tantangannya, jangan sampai bertabrakan dengan lawan karena hal itu menyebabkan permainan akan berakhir. Game ini juga merupakan game favorit dieranya.

10.Super Arabian


Game ini berbau kearab-araban. Cara mainnya kita tinggal mencari huruf-huruf tersembunyi kalau nggak salah, gue juga sedikit lupa. Tapi lumayan asik kok game ini.

11.Hyper Olympic


Game ini mengajarkan anak tentang apa itu olahraga, hehe. Banyak kompetisi-kompetisi olahraga yang dimainkan disini. Misalkan lari 100m, lompat pagar, lempar lembing, lompat galah, dll.

12.Pokemon


Game yang diapadaptasi dari kartun jepang ini juga nggak kalah asik dengan game yang lainnya. Game ini genre-nya adventure, dan menurut gue tingkat kesulitan dari game ini lumayan tinggi, sampai gue mainnya dengan cara kotor, wkwkwkwk.

13.Soccer


Untuk yang satu ini, buat gue lucu-lucu gokil. Game olahraga dengan grafik biasa-biasa, terlebih karakternya yang cebol ditambah kalau lari pelan banget. Tapi dulu lumayan asik kalau dimainkan dengan temen kita yang hobi sepakbola.

14.Baseball


Masih satu paket sama yang diatas, game olahraga yang satu ini lumayan asik juga. Dari segi grafis mungkin lebih baik dari soccer. Cara mainnya ya kita mencari skor sebanyak-banyaknya mengikuti aturan baseball pada umumnya. Yang paling gue seneng dari game ini, ketika gue memukul bola dan gue mendapatkan Home Run. Its Amazing

15.Load Lunner


Game ini ya gitu deh, gue bingung jelasinnya. Kita disuruh buat ngumpulin jerami-jerami, trus ada juga musuh yang menghalangi. Di stage-stage berikutnya semakin sulit tentunya, gue belum pernah khatam main game ini soalnya.

16.F1 Race


Buat yang suka balapan mobil F-1, game ini dulu juga jadi game yang asik buat dimainkan. Kita yang masih kecil main game ini seakan-akan seperti pembalap beneran, hehe.

17.Road Fighter


Balapan mobil mini dengan jalur lurus dan ada berbagai macam dilintasan. Yang unik disini adalah ketika kita mulai kehabisan bensin, kita harus mencari tambahan bensin. Yang paling gue inget dari game ini adalah ketika hampir finish ada superman terbang disekitar lintasan, wkwkwkwk.

18.Popeye


Game yang juga diadaptasi dari film kartun ini juga asik banget dimainkan. Si Popeye disuruh untuk mengumpulkan lambang hati dari olive, tentunya hal itu nggak semudah yang diperkirakan. Karena ada Bruce yang suka menghalangi Popeye demi mendapatkan cintanya si Olive.

19.Zippy Race


Mungkin banyak yang asing dengan game yang satu ini. Game balapan motor ini juga lumayan asik kalau dimainkan. Tantangan dalam game ini terbilang cukup sulit, karena harus menghndari jalan becek, jalan berlubang, dan bis atau mobil yang lewat.

20.Elevator


Cerita dari game ini, kita adalah agen rahasia yang memeriksa kamar per kamar. Dimulai dari lantai atas, lalu turun dengan elevator ke lantai bawah. Kalau ada musuh, tinggal tembak, tapi hati-hati kita juga terancam kalau misalkan kita tertembak oleh musuh.

21.Spiderman

Game yang diadaptasi dari salah satu komik Marvel ini juga nggak kalah asik kalau dimainkan. Anak kecil kan suka banget sama superhero, jadi kalau main game ini serasa jadi superhero beneran, hehe.

22.Kage

Game yang mengisahkan petualangan dari seorang ninja kalau nggak salah, grafisnya lumayan oke. Jalan mainnya juga cukup menegangkan menurut gue, asik banget dah pokoknya. Terlebih ketika kita ketemu sama bos dari setiap level, adrenalin kita dipacu agar kita bisa menang. Senjatanya juga lumayan asik, ada yang pakai pisau ada juga pisau berantai, dilengkapi bom dan shuriken.

23.Double Dragon


Hampir sama dengan yang diatas, game yang juga mengisahkan petualangan ini nggak kalah asik juga kok. Cuman tokoh utamanya disini adalah dua orang berandalan, yang berjalan melewati gang-gang dan markas musuh untuk bentrok. Jurus yang paling gue senengi adalah ketika si tokoh utama meloncat ke atas dan berputar-putar kayak angin puyuh buat menyerang lawan.

24.Spartan


Tokoh utama dalam game ini mungkin hampir mirip dengan jackie chan. Game ini juga asik banget kalau dimainkan, jadi kita seolah kayak bertarung beneran seperti jackie chan.

25.Pinball


Dulu pas main ini gue mainnya ngacak banget, karena kita tinggal melempar bola trus ya pencet seadanya supaya bisa dapet poin yang banyak. Jangan sampai bola itu jatuh keluar arena permainan.

26.Binary Land


Kalau game yang satu ini kita juga lumayan mikir, karena kita harus menyesuaikan langkah kedua tokoh. Istilahnya kalau dalam pacaran kita harus berjalan seiring dan seirama untuk menamatkan game ini, hehehehe.

27.Gun Nac


Game pesawat tempur antariksa ini keren banget pokoknya. Kita bisa memakai banyak variasi tembakan, ada yang laser atau kayak bom gitu. Sayang dulu kaset gue rada bermasalah sehingga gue gak bisa optimal main game ini.

28.Tetris


Permainan yang simple tapi juga nggak kalah asik dengan game-game lainnya. Kita hanya tinggal menyusun balok-balok menjadi susunan yang rapi dan teratur. Menurut gue game ini adalah game yang dinamis karena mampu menyesuaikan perkembangan jaman.

29.Contra


Game adventure dan tembak-tembakan terbaik menurut gue. Sampai ada beberapa seri dari game yang satu ini mulai dari Contra 1 hingga seterusnya. Disetiap level yang makin kedepan makin sulit dan greget, membuat game ini menjadi game yang legend banget buat para gamers dulu. Terlebih senjatanya yang bermacam-macam, ada yang kayak laser, senjata api, peluru biasa, hingga multi peluru.

30.Super Mario Bross


Udah nggak perlu dipertanyakan lagi bahwa game ini adalah game paling legend dan menjadi ikon dari NES itu sendiri (dalam opini gue). Namanya udah pasti diketahui para gamer yang ada diseluruh dunia. Game yang bercerita tentang sosok bernama mario yang berpetualang melawan jamur-jamur kecil dan kawan-kawannya demi menyelamatkan kekasihnya yang kelihatannya adalah bonek barbie, wkwkwkwk. Menjadikan game ini salah satu game yang wajib dimainkan zaman dulu.

****

Mungkin itu aja beberapa game NES yang bikin kangen menurut gue. Gue nulis ini tanpa mengurutkan game-game itu berdasarkan peringkat mana yang terbaik dan mana yang terburuk. Jadi nomor yang ada nggak menunjukan tingkat kualitas game itu. Kadang inget game-game itu kita teringat masa-masa kecil kita. Sekian dari gue, thanks udah mampir.

(sumber gambar: google image)

Baca artikel lainnya:


EmoticonEmoticon