9 Ajang Pencarian Bakat di Indonesia Terpopuler


Pada kesempatan kali ini, gue ingin membahas tentang ajang-ajang pencarian bakat yang populer di Indonesia terutama dalam bidang tarik suara. Sebenernya masing-masing ajang punya visi yang sama yaitu mencari bakat-bakat terbaik anak Indonesia. Hanya konsep dari masing-masing ajang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Baik, inilah dia ajang-ajang pencarian bakat yang populer di Indonesia.

1.Indonesian Idol



Ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol, Inggris ini diselenggarakan oleh RCTI. Tentu acara ini menarik berjuta penonton diseluruh Indonesia karena kontestan-kontestannya yang bersuara keren dan lagu-lagu yang dibawakan kebanyakan lagu international. Juri-jurinya juga merupakan musisi papan atas Indonesia, seperti Ahmad Dhani, Indra Lesmana, Agnes Mo, Titi DJ, Anang Hermansyah, dll.  Lewat ajang ini muncul beberapa nama yang sampai sekarang dikenal oleh masyarakat luas, contoh saja Judika, Mike Mohede, Citra Scholastika, dll.

2.X-Factor Indonesia


Pertama kali muncul dilayar TV, X-Factor Indonesia menyita perhatian publik. Kontestan-kontestannya yang dinilai bersuara emas dan memiliki faktor X membuat acara ini semakin dinikmati oleh pemirsa. Berbeda dengan Indonesian Idol, para kontestan di X-Factor dimentori oleh para juri. Pementoran ini didasarkan pada beberapa kategori, ada yang grup, solo perempuan, solo laki-laki, dan mature/dewasa. Berkat ajang ini muncul bintang-bintang terkenal, contohnya Fatin Sidqia Lubis, gadis kecil yang suaranya begitu khas. Sampai-sampai Bruno Mars memasang video Fatin disitus web resminya ketika Fatin membawakan lagu Grenade miliknya. Ada juga Novita Dewi dengan suara seraknya yang khas.

3.The Voice Indonesia


Acara yang satu ini tampil pertama kali di Indosiar dengan juri Arman Maulana, Giring Nidji, Sherina, dan Glenn Fredly. Dengan konsep yang cukup unik membuat acara ini tak kalah menarik dengan acara pencarian bakat lainnya. Yang dicari diacara ini murni suara tanpa mempedulikan penampilan seseorang, mau tua ataupun muda. Namun karena acara ini diadakan hampir bersamaan dengan X-Factor, membuat acara ini kalah pamor. Padahal kontestannya juga lumayan keren semisal Billy Simpson.

Di tahun 2016, acara ini digelar kembali, tapi yang menayangkan bukan Indosiar lagi melainkan RCTI. Dengan juri baru dan juga kontestan-kontestan terbaik. Jurinya adalah Ari Lasso, Kaka Slank, Agnes Mo, dan Judika. Dan tahun ini melahirkan juara yaitu Mario G Klau.

4.Rising Star Indonesia


Acara ini juga sempat jadi trending topic ditahun 2014. RCTI kembali menayangkan acara pencarian bakat dengan konsep yang baru. Yang menilai kontestan disini bukanlah juri, melainkan masyarakat sendiri dengan aplikasi voting khusus yang tersedia di Playstore.  Para peserta bernyanyi dibalik sebuah layar besar, dan ketika vote penonton telah melewati target yang ditentukan maka layar itu akan terangkat. Pemenang dari ajang ini adalah Indah Nefertari, adalagi Hanin Dya dan Ghaitza Kenang.

5.AFI (Akademi Fantasi Indosiar)


Mungkin inilah cikal bakal ajang pencarian bakat bernyanyi dari tak dikenal hingga menjamur di Indonesia. Karena mungkin dulu AFI satu-satunya pencarian bakat bernyanyi di Indonesia, membuat acara ini sangat terkenal mulai dari anak kecil hingga dewasa. Hingga para kontestan sering dilibatkan dalam bermain sinetron. Dulu yang populer banget adalah Fery AFI dan Mawar AFI, kalau enggak salah. Tapi seiring berjalannya waktu nama mereka perlahan tenggelam. Meskipun begitu ada juga kok jebolan AFI yang masih eksis sampai sekarang, seperti T2 (Tika dan Tiwi) , Widi (vokalis Hello).

6.D’Academy


Ketika acara ini muncul, banyak respon positif yang datang dari masyarakat. Setelah sekian lama acara dangdut vakum dari dunia hiburan, Indosiar membangkitkan bara api dangdut lewat ajang yang satu ini. Terlebih dangdut adalah musik khas Indonesia yang digandrungi semua kalangan, membuat acara ini cepat populer dimasyarakat. Karena jarang mengikuti jalannya kompetisi, saya kurang tahu siapa-siapa pemenangnya. Tapi berkat acara ini muncul beberapa nama seperti Danang, Rizky Ridho, Lesti, dll.

7.KDI

Jauh sebelum D’academy muncul, acara ini lebih dulu populer dimasyarakat. Acara ini sempat tayang berkali-kali, dulu TPI. Karena dangdut memang musik khas yang digandrungi masyarakat luas, membuat ajang ini juga cepat menempati hati pemirsa. Namun acara ini vakum bertahun-tahun. Hingga muncul kembali tahun kemarin beriringan dengan meningkatnya popularitas D’academy. Karena masyarakat mungkin lebih menyukai D’academy membuat KDI tahun kemarin kalah saing dan kurang menarik. Dari kontes dangdut ini juga muncul nama-nama besar seperti Nazar KDI, Siti KDI, dan lain-lain.

8.Indonesia Got Talent


Berbeda dengan ajang pencarian bakat yang lain, ajang yang satu ini menjaring bakat-bakat menarik yang tidak terbatas pada satu bakat. Sayang, penulis kurang mengikuti acara ini jadinya nggak tahu siapa-siapa aja yang jadi juara.

9.Indonesia Mencari Bakat


Hampir mirip dengan Indonesia Got Talent, tapi dalam kamus bahasa yang berbeda. Acara ini lebih digandrungi oleh masyarakat. Acara ini ditayangkan di Trans TV, dengan juri-juri berbakat seperti Adi MS, Dedy Corbuzier, Titi Syuman, dll. Ada banyak bakat-bakat menarik yang pernah unjuk gigi dipanggung megah IMB, seperti pelukis pasir, pesulap, dancer, pool dance, dll.

Para penyanyi/musisi yang juga merupakan jebolan dari  acara ini adalah Josua Pangaribuan, Putri Ayu, Klantink, Hudson, Sandrina dll.

Mungkin itu temen-temen, ajang pencarian bakat yang paling populer di Indonesia versi penulis. Terlepas adalagi ajang-ajang lain yang nggak kalah populer,seperti acara Stand Up Comedy, Pildacil, dan lain-lain. Maaf kalau ada kesamaan ide ataupun tutur kata yang salah. 

Thanks udah mampir!


EmoticonEmoticon