Nostalgia! Game-Game Ps1 yang Bikin Kangen

Jumpa lagi temen-temen, kalau kemaren gue baru ngebahas game-game NES yang ngangenin, sekarang gue pengen ngajak kalian buat nostalgia mengenai game-game ps1 yang dulu sering banget kita mainkan. Oke ini dia beberapa game PS1 yang ngangenin.

1.Bloody Roar



Pasti nggak asing lagi dengan game yang satu ini. Game arcade yang mengusung tema liar dengan karakter-karakter yang bisa berubah menjadi hewan-hewan ganas, sangat keren dimainkan. Game ini juga cukup ngeri, terutama ketika karakter yang berbuah jadi hewan liar menggigit lawannya hingga berdarah-darah. Contoh aja Gado yang berubah jadi Singa, Long yang berubah jadi Harimau, Alice bertransformasi jadi Kelinci, Greg jadi Gorila, dll.

2.Super Shoot Soccer


Rasanya kurang lengkap kalau belum main game yang satu ini. Super Shoot Soccer, bukan sembarang sepakbola. Disini kita bisa mengeluarkan jurus-jurus super dilapangan. Tentu menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri dari game ini. Contoh saja klub Korea yang bisa mengeluarkan tendangan api, klub Brazil dengan tendangan kayak naga, lalu ada lagi klub China yang bisa mengeluarkan pertahanan Great Wall, dll.

3.Time Crisis


Buat yang suka tembak-tembakan, game ini bisa dijadikan alternatif untuk dimainkan. Menurut gue game ini nggak kalah dengan Counter Strike, bahkan game ini lebih greget dan lumayan sulit. Kita disini kayak sedang dalam misi, kita berburu waktu untuk menyelesaikan misi tersebut. Kalau waktu yang tersedia udah habis, permainan akan berakhir.

4.Tekken 3

Untuk yang satu ini juga nggak kalah keren. Game arcade yang mengusung tema beladiri cukup asik dimainkan. Berbagai macam karakter dengan gaya bertarung masing-masing menjadikan game ini gregetnya minta ampun. Contoh karakternya yang keren: Jin (ahli karate), Paul (Kick Boxing), King (Gulat),  Xiayou (Kungfu Shaolin), Hwoarang (Taekwondo),  Eddi (Kapoera), dll.

5.Pro Skater – Tony Hawk 3

Game olahraga yang satu ini, menurut gue jujur keren banget. Walaupun gue jarang menang sih, tapi disini kita bisa bergaya free style dengan skateboard lewat karakter dalam game ini. Kita bisa jungkir balik, nglewati tanjakan dan arena, dll.

6.One Piece Grand Battle Adventure


Game yang diadaptasi dari Manga Eichiro Oda ini juga nggak kalah keren dengan game lainnya. Banyak karakter-karakter manga itu yang dihadirkan dalam game ini. Meskipun karakternya nggak sebanyak karakter dimanga-nya, tapi nggak mengurangi keseruan game ini. Arena-arenanya juga keren, ditambah kita bisa mengeluarkan jurus-jurus spesial sesuai karakter yang kita pilih. Misalkan kita memilih Luffy, kita bisa megeluarkan jurus seperti gomu-gomu no storm, atau kalau kita memilih Zoro kita bisa juga mengeluarkan jurus seperti Oni giri dan Tatsumaki.

7.Dragon Ball


Hampir mirip dengan poin keenam, game yang juga diadopsi dari manga ini juga nggak kalah menarik. Bagi penggemar dragonball, game ini patut dicoba. Emang sih karakternya mungkin terbatas, tapi pertarungan di game ini cukup keren. Kita bisa mengeluarkan super saiya, sama kayak kamehameha kalau kita tahu caranya.

8.Winning Eleven

Game sepakbola yang sangat populer dikalangan gamer terlebih buat yang suka sepakbola. Berbeda dengan super shoot soccer yang bisa ngeluarin jurus-jurus tertentu, game ini lebih natural, dan yang menentukan kemenangan adalah skill bermainmu sendiri dalam mengendalikan pemain.

9.Captain Commando

Salah satu karakter dari CAPCOM ini juga merupakan game PS1 yang asik buat dimainkan. Game ini bergenre adventure/petualangan, dimana kita bisa memilih salah satu dari empat karakter untuk kita mainkan. Karakternya antara lain: Captain Commando, Mummy, Ninja, dan juga Bayi Robo, entah gue lupa namanya. Tapi dicoba aja, entar pengen nambah hehe.

10.Marvel VS Capcom


Untuk yang satu ini merupakan game arcade dengan beberapa kombinasi. Karakter dari game ini adalah gabungan dari tokoh-tokoh MARVEL dan juga tokoh CAPCOM. Yang unik disini kita juga bisa mengeluarkan jurus-jurus dari masing-masing karakter. Contoh karakter antara lain: Spiderman, Zang If, Chun Li, Ryu, Wolverine, Megaman, Wolverine, Gambit, Hulk, dll.


Baca juga: 15 Permainan Tradisional yang Hampir Punah

11.Crash Bandicot 1/Crash Bandicot 2/Crash Bandicot 3: Warped




Salah satu game petualangan yang juga asik buat dimainkan. Karakter utama disini adalah Crash Bandicot, seekor musang berwarna oranye. Ia berpetualang ke berbagai wilayah, untuk seri ke-1 dan ke-2 ia hanya berpetualang dihutan belantara dan ada juga wilayah lain mungkin. Tapi di seri ke-3 arenanya lebih bervariasi dan cara bermainnya juga nggak hanya satu model, tergantung arenanya. Kadang ada arena untuk balap motor, arena untuk didasar laut, ada juga yang menunggangi hewan, pokoknya seru deh.

12.Road Rash 3D/Road Rash: Jailbreak



Game balapan liar gaya khas anak berandalan ini, seru banget deh pokoknya. Kita berkeliling kota atau kita juga bisa balapan dengan geng motor lain sambil membawa senjata, lalu ditengah jalan kita tawuran sama mereka. Dulu, ini juga salah satu game yang paling asik menurut gue, dan mungkin buat para gamer yang lain.

13.Pepsimen


Game absurd banget menurut gue, tapi keren. Intinya disini kita cuman kejar-kejaran memburu waktu. Mungkin game ini juga merupakan ajang promosi dari produk minuman PEPSI, tapi overall game ini bikin ketagihan. Dan gue dulu juga pengen banget menamatkan ini, sayang kaset gue rada problem sebelum game ini tamat.

14.Crash Team Racing


Masih sama karakternya yaitu Crash Bandicot. Cuman disini dia udah nggak berpetualang lagi, dia ceritanya sekarang beralih profesi jadi pembalap bersama temen-temennya yang lain. Disini juga ada petualangannya, ketika kita adu balapan buat memperoleh karakter baru. Gue kangen banget masa-masa itu.

15. 3Extreme


Salah satu game balapan yang juga nggak kalah asik dengan game balapan lainnya. Disini kita bebas memilih karakter dengan properti mana aja, ada yang hanya memakai skateboard, ada lagi yang memakai sepatu roda, ada juga yang memakai sepeda. Kalau dikenyataan mungkin yang pakai sepedalah yang menang, tapi digame ini nggak gitu kok (yaelah, namanya juga game, hehe). Kita bisa ikut turnamen untuk mendapatkan karakter-karakter baru.

16.Digimon Rumble Arena


Masih inget dengan kartun Digimon, monster kecil yang bisa bertransformasi jadi monster atau robot prajurit. Game arcade ini jujur asik juga buat dimainkan, dengan berbagai karakter dari beberapa seri Digimon. Tantangan tersulit adalah ketika kita harus berhadapan dengan raja dari para karakter yaitu Reapermon, sulit banget buat ngalahin dia. Mungkin kita harus kalah dulu berkali-kali untuk bisa menang dari dia.

17.Metal Slug X


Game tembak-tembakan yang juga bergenre petualangan ini merupakan game yang legend menurut gue. Tentu dulu game ini sering dimainkan oleh anak-anak. Karakternya yang lucu dengan senjata yang bisa berubah-ubah, musuhnya para alien, zombie, kadang juga tentara berseragam ijo. Yang paling diinget disini adalah bapak-bapak berambut dan berjenggot oranye yang diikat trus minta tolong ke kita, lalu kita bisa dapet imbalan berupa bom atau mungkin senjata.

18.Vigilante 8


Kalau pernah nonton film Death Race, kalian mungkin udah ngerti game ini tanpa perlu dijelasin panjang lebar. Game ini kurang lebih seperti itu, tapi disini mobil diadu diarena dengan beberapa senjata yang tersedia bukan dengan balapan seperti di film itu. Game ini sebenernya keren, tapi gue kurang suka main game ini karena gue sering kalah sama lawan gue, hehe.

19.Bishi Bashi Special


Game ini merupakan gabungan dari beberapa game ringan. Ya lumayan asik kalau kita lagi nganggur trus main game ini. Mungkin tantangan dari game ini adalah kita harus adu cepat supaya bisa menang dari lawan kita. Contoh kecil dari game ini adalah menebak gambar, ngumpulin koin, membunuh kecoa, dll.

20.Megaman X5/Megaman X4


Gue jadikan satu aja, karena kedua game ini hampir mirip dan mungkin kalau ada perbedaan ya nggak terlalu signifikan. Game adventure modern ini merupakan game yang keren menurut gue, sekaligus game ini lumayan sulit terutama ketika kita harus melawan para raja dari setiap stage. Ada dua karakter yang bisa kita pilih dalam game ini yaitu Megaman (Bazooka) dan juga Zero (Pedang).


Baca juga: 3 Serial Chouseishin yang Keren

21.Rampage 2


Game ini bercerita tentang para monster yang berpetualang dikota lalu menghancurkan gedung-gedung bertingkat. Tingkat kesulitan game ini menurut gue medium, nggak terllau sulit-sulit amat. Mungkin kalau yang belum terbiasa rada sulit di stage-stage 10 keatas. Monster yang bisa kita gunakan adalah monster Gorilla, Monster Badak, Monster Tikus, dan ada karakter baru lagi kalau kita udah menamatkan misi.

22.Dark Stone



Mungkin banyak yang masih asing dengan game yang satu ini. Game petualangan kayak pemburu-pemburu gitu dan nuansanya mistis banget. Minusnya dari game ini adalah loadingnya biasanya lama banget, tapi kalau udah main serius asik banget. Musuhnya juga macem-macem, kita masuk kehutan ketemu kayak zombie, kelelawar, orc, dan lain-lain. Coba aja, menantang banget kok.

23.Rumble


Nggak asik kalau kalian belum tahu game yang satu ini. Ini game yang wajib ada dijajaran kaset-kaset kalian. Game balapan mobil terkeren menurut gue. Dengan berbagai lintasan balapan, beragam jenis mobil mulai dari sport hingga truk ayam, ditambah jurus-jurus gokil, menjadikan game ini asik banget kalau dimainkan sendirian ataupun bareng temen.

24.WWE Smack Down


Yang senengnya berantem, dan hobi banget nonton tinju sama gulat. Game ini jadi alternatif untuk dimainkan. Tentunya bahaya banget untuk anak-anak dibawah umur yang belum ngerti dan masih perlu pengawasan orangtua. Yang paling gue seneng dari game ini adalah karakter-karakter WWE yang bermacem-macem, dan dengan ketika mengunci lawan atau nye-mack down lawan, gregetnya super banget. Contoh karakter: Big Show, Mankind, Undertaker, dll.

 25.Ninja Shawdow of Darkness


Jujur aja gue nggak terlalu seneng main game ini, bukan perkara game-nya jelek tapi karena gue nggak terlalu jago mainnya. Game ini menurut gue juga bagus dan keren, dengan karakter khas ninja dengan pedangnya berpetualang dihutan-hutan sama tempat-tempat kuno lainnya. Cuman dilevel satu gue kemudian berhenti.

26.Kamen Rider Agito


Yap, yang dulu sewaktu masih kecil seneng banget nonton kamen rider. Game arcade ini juga keren dan asik buat dimainkan. Dengan berbagai macam karakter tentunya, karakter utama disini adalah kamen rider agito, ia bisa berubah menjadi dua versi. Ia bisa berubah dalam mode angin ataupun api, tentunya keren dong. Ada lagi kamen rifer V3 dan yang satunya lupa gue. Kita juga bisa menggunakan karakter jahat dalam permainan ini.

27.Kamen Rider Ryuki


Ini adalah kamen rider yang paling gue suka dari kamen rider lainnya. Kamen rider yang bertarung menggunakan kartu-kartu andalan ini, seru banget ceritanya. Terlebih ada 13 rider yang ada. Di game ini kita bisa memilih salah satu dari rider-rider tersebut untuk kita mainkan. Yang menurut gue keren adalah Rider Ryuga, Naga Hitam. Tapi rider-rider lainnya juga nggak kalah keren kok.

28.Nightmare Creatures 2


Game horor yang berbau petualangan ini cukup asik juga ketika kita mainkan. Nuansanya yang serem membuat game ini menjadi menegangkan. Ceritanya disini karakter utama yang tubuhnya lusuh dan juga penuh perban terjebak dirumah kosong, ia harus mencari jalan keluar. Hanya bermodalkan kapak ia keluar dari kamar itu, menyusuri lorong-lorong bertemu para zombie atau mungkin monster buruk rupa. Dengan kapak itu kita bisa menyerang zombie itu membabi buta, dan tantangan tersulit adalah ketika kita bertemu monster yang lumayan kuat, kalau kita nggak hati melawannya kita bisa kehabisan darah dan game over. Terlebih mencari tambahan life point disini juga lumayan susah. Hemmm

29.Yu-Gi-Oh Forbidden Memories


Game yang juga terinspirasi dari manga ini juga lumayan asik untuk dimainkan. Kita bisa berduel dengan lawan kita menggunakan kartu yang ada di deck kita. Kita bisa menggabungkan beberapa kartu menjadi kartu baru dengan attack yang lumayan tinggi. Tentu kita harus tahu kartu mana aja yang bisa di fusion. Tapi makin tinggi level makin sulit juga lawan kita, terlebih ketika ia memiliki kartu-kartu yang attack dan defense-nya jauh diatas kita.

30.Samurai Shodown


Ini juga merupakan game arcade yang lumayan menarik. Karakter-karakter disini adalah para samurai yang mempunyai karakteristik tersendiri. Ada yang memakai pedang, tombak, ada juga yang memakai pedang ganda. Dengan karakter yang lumayan ganas dan sangar membuat game ini asik banget dimainkan. Ditambah pertarungan dengan karakter lain yang greget dan makin lama kekuatan lawan makin kuat.


Baca juga: 37 Mainan Masa Kecil yang Membuat Nostalgia

31.Gundam Battle Assault


Yang seneng banget sama robot-robotan, kalian dulu pasti sering banget main game ini. Game yang juga terinspirasi dari manga Jepang ini merupakan game arcade tentang robot yang keren banget. Karakter-karakternya ada banyak banget, kalau kita menang biasanya kita dapat karakter baru. Tantangan terberat adalah ketika kita berhadapan dengan musuh yang mengendarai robot besar dan kita susah banget buat ngehancurinya.

32.Spiderman


Bagi pecinta komik MARVEL, dan juga yang hobi banget sama tokoh superhero yang satu ini, kalian bisa main game ini. Game yang bercerita tentang petualangan ini asik juga kalau dimainkan. Kita bisa berayun dari satu gedung ke gedung yang lain, melawan musuh disetiap level kayak Venom, dan juga rhino, dll. Yang paling asik adalah ketika kita bisa berubah menjadi spiderman hitam, wow its amazing.

33.Moto Racer 2


Game balapan motor ini juga nggak kalah ngangenin. Kita main game ini kayak berasa di sirkuit balapan. Melawan banyak saingan, memacu kecepatan, belokan yang berlika-liku, udah kayak pembalap beneran, hehe.

34.Jackie Chan Stunt Master


Kalian pasti udah pada tau siapa itu Jackie Chan, yap seorang artis dengan kemampuan akting dan beladirinya yang keren banget. Udah banyak film yang diperankan oleh dia. Game yang satu ini juga bercerita tentang Jackie Chan, yang berpetualan dikota dan bertarung dengan para berandalan. Kadang kita juga bertemu dengan bos-bos yang lumayan susah untuk dikalahkan.

35.Toy Story 2


Pernah lihat filmnya, tentang kisah boneka yang bisa hidup. Game ini bercerita tentang perjuangan buzz lightyear yang berusaha menyelamatkan Moody si koboi. Di awal-awal game ini seru banget, tapi karena makin lama makin sulit, gue nyerah deh ditambah kaset gue dulu macet ditengah jalan, hehe.

36.Eternal Wing


Ya, yang suka sama tamiya dan hobi banget main begituan, dulu pasti juga sering banget main game ini. Berbagai macam tamiya bisa kita pilih untuk kita mainkan. Sayang gue juga lupa nama-namanya. Kesulitan dari game ini adalah kita harus pandai-pandai mengatur strategi untuk bisa menang melawan tamiya-tamiya yang lain, wkwkwkwk.

37.Crush Gear


Pernah nonton animenya kan di Indosiar. Game ini juga nggak kalah seru untuk dimainkan. Dulu gue juga seneng banget sama anime tersebut sampai gue ngebet untuk dibelikan mainan begituan sama orangtua gue. Berbagai model gear tersedia disini, kita harus menang untuk bisa mendapatkan karakter-karakter baru.

38.Guitar Hero/ Perfect Performance Yellow Monkey


Guitar Hero di PS1 mungkin nggak se-epic diPS2 atau digame android. Lagunya terbatas, namun jaman dulu game ini juga nggak kalah asik dimainkan. Kita bisa memilih karakter yang ingin kita mainkan, apakah kita pengen jadi vokalis atau drummer atau gitar atau bass. Lucunya kalau kita salah mencet dan berulang kali kita melakukan itu, bisa-bisa game over dan karakter kita berubah jadi ayam, wkwkwk pasti inget yang dulu sering main.

39.Harvest Moon: Back To Nature


Menurut gue ini game PS1 paling legend diantara game-game lainnya. Game-nya simple banget, kita hanya menanam tanaman, lalu kita rawat dan kemudian kita jual. Jujur gue dulu main game ini sampai berlarut-larut karena saking asiknya. Gue juga nggak tau apakah game ini ada endingnya apa nggak. Karena kita hanya main-main aja, kalau pengen mancing ya pergi kelaut trus kita pelihara dikolam, dijual juga bisa nambah tabungan. Ya sederhananya game ini mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari kita. Uniknya karakter utama disini bisa menikah lo, hehe.

40.Game Shark


Jangan ngaku gamer kalau nggak tau yang satu ini. Ini bukan game sih melainkan kumpulan dari cheat-cheat game lainnya. Gunanya untuk mempermudah kita bermain, tapi ya hati-hati aja kadang cheat disini menghambat jalannya permainan, karena biasanya permainan jadi error, hehe.

Baca juga: Review Singkat 17 Kamen Rider Era Heisei (Kuuga-Ghost)

**(Bonus) Memory Card + Stick PS1**


Kedua hal ini adalah hal wajib yang harus ada supaya kita bisa main PS dengan nyaman dan lancar. Memory card berguna untuk menyimpan file-file permainan kita, sayang banget kalau kita udah main lama dan nguras tenaga tapi nggak kesimpan, kan nggak lucu, hehe. Untuk Stick PS juga merupakan hal yang wajib ada, kalau nggak ada stick gimana mau main, wkwkwk.

*****


Yap, mungkin itulah beberapa game PS1 yang ngangenin menurut gue. Kadang inget masa-masa itu bikin airmata ini menetes, hehe cih lebay banget bos. Mungkin kalian punya pendapat tersendiri, so nggak perlu emosi kalau nggak sependapat. Bagi yang kangen dan pengen banget main game-game itu lagi, kalian bisa cari Emulator PS1 digoogle sekaligus game-gamenya yang biasanya berformat ISO. Gue akhiri sampai disini, sekian dan semoga menghibur. Thanks udah mampir !

(Sumber gambar: Google Image)
Baca juga: Game-Game NES yang Bikin Kangen


5 comments

Aaa... pingin balik jaman SD
Ketika kehidupan hanya sesederhana main game ps1 T.T

hhaha,,terharu gua..ingat deh jaman 2003, awal main PS, smpe skrg,, g tamat2

jadi pengen main lagi pake emulator


EmoticonEmoticon