20 Superhero Asli Indonesia

Hallo kawan, pada postingan kali ini saya ingin mengupas tentang beberapa superhero asli Indonesia. Langsung saja simak daftarnya berikut ini, hehe.

1.Gundala Putra Petir

sumber: kaskus.co.id

Gundala adalah tokoh fiksi ciptaan Hasmi yang dibuat pada tahun 1969. Menurut Hasmi, ide kekuatan Gundala yang berupa petir didapat dari tokoh legenda Jawa Ki Ageng Sela yang diceritakan bisa menangkap petir. Sementara bentuk fisik Gundala terinspirasi dari superhero Amerika yaitu The Flash. Meskipun desain dan kekuatan hampir mirip dengan superhero Amerika, akan tetapi alur ceritanya tetap bergaya Indonesia banget. Lokasi cerita dari superhero ini sering bertempat di Yogyakarta. Gundala memiliki kekuatan untuk mengeluarkan petir dari kedua telapak tangannya.

2.Godam Manusia Besi


sumber: infindonesia.blogspot.co.id

Godam adalah tokoh komik ciptaan Wid NS, Ia memiliki kekuatan super seperti Superman, kekuatan itu ia peroleh dari pakaian sakti dan jubah yang dikenakannya. Kedua benda itu ia dapat sewaktu ia melarikan diri dari Ratu Candalani yang kejam akibat pemberontakan yang ia perbuat. Musuh bebuyutam Godam adalah Roh Doktor Setan yang berwujud kalung berliontin batu permata.

3.Zantoro


sumber: www.lorongperihal.id

Zantoro pandai memainkan pedang, sekilas ia terlihat seperti villain atau anti-hero. Namun, ia begitu membenci ketidakadilan. Diceritakan bahwa ia berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Ia tinggal bersama ayahnya yang merupakan ahli pembuat pedang. Kemampuan itu ternyata diwarisi oleh Zantoro.

4.Aquanus


sumber: www.deviantart.com
            
Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa kekuatan dari superhero ini berkaitan dengan air. Kata Aquanus sendiri berasal dari Aqua dan Dhanus yang merupakan nama asli dari Aquanus. Kemampuan utama Aquanus adalah dapat bernafas di dalam air serta dapat mengeluarkan sinar dengan daya hancur yang amat tinggi. Kekuatan bernafas di dalam air ia peroleh sejak lahir, karena sejatinya ia berasal dari Planet Zyba. Bangsa yang hidup di planet itu mampu hidup di darat dan di air seperti amfibi.


Baca juga: 3 Serial Chouseishin yang Keren

5. Sembrani


sumber: bintang.com
            
Sembrani adalah tokoh komik ciptaan Hasmi. Ia muncul pertama kali dalam serial Gundala dalam cerita yang berjudul 1000 pendekar pada tahun 1974. Ia memiliki kekuatan untuk menetralisir medan magnet, medan listrik, dan racun. Ia mendapatkan kekuatan itu dari sebuah kalung yang diberikan oleh seorang panglima perang yang telah lama mati yang bernama Ohtorb melalui proyeksi tiga dimensi. Kelemahan terbesar Sembrani adalah emas, logam itu dapat melumpuhkannya selama seminggu.
6.Caroq


sumber: tokopedia.com
            
Caroq merupakan seorang pahlawan super Indonesia karya Ahmad Thoriq yang dibuat pada tahun 1992. Nama aslinya adalah Ongko yang berprofesi sebagai sopir taksi. Caroq memiliki senjata dua bilah celurit sakti yang panjang dan memiliki kemampuan sihir untuk membantunya dalam menghadapi musuh-musuhnya.

7.Elang Hitam


sumber: and4noven.wordpress.com

Identitas asli Elang Hitam adalah seorang pemuda yang bernama Hendro Petrusno. Ia bergabung dengan kepolisian untuk membasmi para penjahat. Para penjahat takut kepada Elang Hitam karena kemampuan menembaknya yang sangat akurat dan gerakannya yang sangat gesit juga tidak terlihat.

8.Volt


sumber: http://www.wovgo.com

Volt adalah superhero yang sedikit terinspirasi dari Hollywood Amerika namun ceritanya khas Indonesia. Volt merupakan salah satu komik dari Skylar Comics. Kekuatan Volt adalah mampu menyerap energi listrik di sekitarnya lalu mengubahnya menjadi serangan atau menggunakannya untuk bertahan. Komik ini masih terus up-date hingga sekarang.

9.Sri Dewi


sumber: planetsuperhero.wordpress.com

Sri Dewi adalah tokoh komik superhero ciptaan R.A Kosasih pada tahun 1973. Ia menggunakan kostum yang sedikit berbeda dari superhero lain yaitu kostum khas pewayangan. Sri Dewi memiliki kekuatan super dan bisa terbang, juga memiliki kekebalan. Serangan andalannya adalah ilmu “pukulan Halilintar” dan kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi raksasa. Diceritakan bahwa Sri Dewi bertarung demi melindungi nusantara melawan penjahat luar angkasa.

10. Valentine


sumber: planetsuperhero.wordpress.com


Valentine juga merupakan salah satu komik dari Skylar Comics (sama seperti Volt). Dalam membasmi kejahatan ia memanfaatkan kemampuan bela dirinya yang sangat hebat, tetapi tidak semuanya berjalan mulus, terkadang ia juga babak belur menghadapi musuh-musuhnya.

11.Gatot Kaca


sumber: www.hrexcellency.com

Tokoh ini merupakan superhero legendaris di hati masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang cinta akan dunia pewayangan. Gatot Kaca digambarkan sebagai lelaki kekar dengan kostum pewayangan dan yang paling khas adalah brengosnya yang kayak Pak Raden.  Konon katanya, jimat Kalimasada yang dimilikinya mampu menangkal segala marabahaya.

12.Si Buta dari Goa Hantu


sumber: pamunkaze.deviantart.com

Si Buta dari gua hantu merupakan tokoh komik karangan Ganes TH pada tahun 60-an. Komik ini merupakan salah satu komik silat pertama yang telah mempopulerkan cerita silat khas nusantara. Si Buta ini dalam beraksi selalu ditemani kawannya, seekor lutung/monyet yang bernama Wanara. Kemampuan dari si Buta ini pun bermacam-macam yakni ahli bela diri, ahli memakai senjata, memiliki pengetahuan tentang aji-ajian langka, dan memiliki penciuman serta pendengaran yang tajam.
13.Panji Manusia Millenium


sumber: tokopedia.com

Panji manusia millenium merupakan sebuah sinetron superhero yang tayang di televisi pada tahun 1999 hingga tahun 2001. Karakter Panji diperankan oleh Primus Yustisio. Dikisahkan bahwa Panji memiliki kekuatan layaknya Superman. Kekuatan itu awalnya ia dapat dari sebuah gelang super buatan profesornya. Ia pun harus bertarung melawan Donclo yang seringkali membuat kekacauan di bumi. Di samping itu, ia juga jatuh cinta kepada Nadia, dan harus menjaga keselamatan perempuan itu ketika beraksi.

14. Saras 008


sumber: feed.id

Saraswati adalah seorang gadis yang mendapatkan kekuatan dari kucingnya yang telah mati melalui mimpi. Ia memiliki tanggung jawab untuk menyelamatkan bumi dari ancaman Mr.Black. Dalam beraksi ia selalu dibantu oleh seorang detektif amatiran, Mas Yudhis, yang diperankan oleh Dorman Borisman. Saras 008 adalah sebuah sinetron yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh anak 90-an.

15.Samson Betawi


sumber: www.mncchannels.com

Samson Betawi menceritakan tentang seorang pemuda Betawi yang perkasa bernama Samson. Ia suka berkelahi dan selalu berhasil dalam pertandingan gulat. Kelemahan terbesarnya adalah jika bulu ketiaknya dicukur maka kekuatannya akan menghilang.

16. Wiro Sableng


sumber" kaskus.co.id

Wiro Sableng merupakan sebuah novel karya Bastian Tito pada tahun 90-an yang kemudian dibuat sinetron mulai tahun 1989 sampai dengan 1994. Dikisahkan bahwa Wiro Sableng berkelana keliling nusantara untuk menemukan jati dirinya dan membebaskan rakyat dari tirani dan kekuasaan tokoh jahat dunia persilatan. Ia memiliki jargon yang khas yaitu “Pendekar 212”. Senjatanya yang paling terkenal adalah kapak maut Naga Geni. Ia juga mempunyai kemampuan silat dan berbagai jurus yang diperoleh dari gurunya, Sinto Gendheng. Beberapa jurusnya yaitu pukulan Harimau Dewa, pukulan Sinar Matahari, pukulan Benteng Topan melanda Samudera, dan lain-lain. Jurusnya yang paling terkenal adalah Ilmu Silat Orang Gila.

17.Ben 7


sumber: www.rapifilms.com

Ben 7 adalah sinetron yang diproduksi oleh Rapi Films ditayangkan di MNC TV. Sesuai namanya, sinetron ini diadaptasi oleh kartun Ben 10. Dikisahkan bahwa Ben merupakan murid dari padepokan merah putih. Ia seringkali dijaili oleh teman-temannya. Suatu ketika ia mendapat hukuman untuk membersihkan gudang, secara tidak sengaja ia menemukan sebuah kitab tanpa huruf. Lalu munculah para pendekar sakti yang kemudian memberikan kekuatannya kepada Ben, meski pada awalnya Ben ketakutan karena berpikir bahwa pendekar itu hantu. Pendekar sakti mau memberikan kekuatan mereka karena melihat tujuh tahi lalat di telapak tangan Ben. Mereka bilang bahwa Ben adalah orang yang akan mewarisi kekuatan mereka. Secara tiba-tiba tubuh Ben diselimuti oleh cahaya keemasan dan cahaya-cahaya itu pun menyatu membentuk sebuah sabuk yang menyimpan kekuatan maha dahsyat beserta rahasia dari masing-masing kekuatan.
18. Bima Satria Garuda


sumber: www.rcti.tv

Bima Satria Garuda merupakan serial tokusatsu pertama di Indonesia. Serial ini merupakan hasil kerjasama antara MNC Media dan Ishimori Production pembuat kamen rider. Bima terinspirasi dari kamen rider Jepang namun dikemas dengan nilai-nilai budaya Indonesia untuk menjadi pahlawan super baru di Indonesia. Dikisahkan bahwa Ray Bramasakti mendapatkan Powerstone Merah dari seorang pemuda misterius untuk menghentikan segala upaya Rasputin dan Kerajaan VUDO untuk mengambil alih bumi. Dengan kekuatan Powerstone itu Ray bisa berubah menjadi Bima sang Satria Garuda.

19. Super Santai


sumber: malesbanget.com

Super Santai merupakan sebuah komik fantasi komedi yang dibuat oleh Beny dan Dewe yang dapat dibaca di Webtoon. Komik ini menceritakan tentang 5 orang dengan latar belakang berbeda yang diusulkan menjadi pahlawan super oleh Shabi (makhluk planet asing). Komik ini sungguh kocak dan keren, meski beberapa part masih ada sisi seriusnya. Selain itu, monsternya juga kocak-kocak konsepnya.

20. Super Dede


sumber: sinetron-indonesia.com

Super Dede merupakan sinetron komedi yang ditayangkan di MNC TV. Sinetron ini menceritakan tentang kehidupan Dede yang kurang beruntung. Ia tinggal bersama ibu angkatnya dan kedua adiknya. Ia harus bekerja keras banting tulang mulai dari membersihkan rumah, berjualan koran, dan bekerja di tempat cucian mobil. Teman-temannya kerap mengejeknya dan itu membuatnya sedih. Suatu ketika di tengah derasnya air hujan ia bersedih lalu mendapat kejutan berupa sambaran petir. Hal itu membuat tubuhnya hangus tapi ia masih bisa bernafas. Dede mati suri, dan ia pun mendapatkan kekuatan yang luar biasa. Ia bisa berlari secepat The Flash, memelarkan tangannya seperti Mr. Fantastic dan melompat tinggi layaknya Superman. Kekuatan itu ia pergunakan untuk menolong sesama. Dan ia merupakan salah satu superhero yang paling sederhana karena kostumnya hanya bermodalkan sarung dan topeng dari bahan apa saja (kresek atau koran).

Baca juga: 10 Kartun Nickelodeon yang Populer di Indonesia

2 comments

Caroq??? kayak yang ada di Madura, pasti terinspirasi dari madura tuh

Richtig gan, dari kostum dan senjatanya emang khas dari Madura


EmoticonEmoticon