Review Singkat 17 Kamen Rider Era Heisei (Kuuga-Ghost)

sumber: https://polizeiberichte.info

Hallo kawan, pada kesempatan kali ini saya ingin mereview singkat tentang tapak tilas dan seluk beluk kamen rider era Heisei sejak seri Kuuga hingga Ghost. Sebenarnya ide ini sudah bersarang sejak beberapa bulan yang lalu, namun berhubung saya masih sibuk kuliah dan baru kemarin saya menyelesaikan series kamen rider secara utuh, maka ini adalah waktu yang pas untuk menulis uneg-uneg saya tentang para rider ini.

1.Kamen Rider Kuuga


sumber: http://rider48.blogspot.co.id

Kuuga adalah kamen rider pertama sekaligus pembuka di era Heishei. Tokoh utama dalam serial ini adalah Godai Yuusuke yang secara tidak sengaja menemukan belt atau sabuk kuno yang membuatnya berubah menjadi ksatria bernama Kuuga. Ia mendapatkan kekuatan luar biasa dan menumpas musuhnya yang disebut dengan Grongi(rata-rata memakai konsep hewan). Monster Grongi ini memiliki sebuah agenda misterius dengan membunuh para Linto (sebutan mereka untuk manusia). Pembunuhan yang dilakukan mereka juga cukup misterius karena setiap monster memiliki pola-pola yang berbeda.

Serial kamen rider ini memakai konsep single rider karena hanya ada satu rider yaitu Kuuga itu sendiri. Meskipun demikian, Kuuga memiliki berbagai bentuk perubahan dengan kekuatan spesial dalam setiap bentuk. Godai memanfaatkan perubahan itu tergantung tipe musuh yang dihadapinya. Selain itu, dalam setiap aksinya ia dibantu oleh pihak kepolisian yang tugasnya mengamankan masyarakat sekitar. Peran kepolisian akan sering dipakai di serial kamen rider berikutnya.

Pada awalnya saya menganggap serial kamen rider ini agak sebelah mata karena tampilan grafis video yang masih kurang bagus dibandingkan dengan kamen rider berikutnya. Efek-efek pertempuran juga masih minim kebanyakan hanyalah ledakan ketika pertempuran selesai. Namun, cerita ini memiliki alur yang cukup menarik menurut saya terutama ketika menantikan pola-pola pembunuhan para Grongi. Hal lain yang cukup menarik adalah pertempuran Kuuga dengan Grongi yang cukup greget karena adu tinju di antara keduanya seolah itu real.

Akan tetapi, yang paling mengecewakan adalah adanya penurunan cerita dan penggarapan ending yang terburu-buru. Ada beberapa scene yang tidak ditampilkan dan secara tiba-tiba cerita sudah loncat pertarungan akhir. Dan dengan tiba-tiba tanpa adanya penjelasan atau minimal pengantar cerita Kuuga sudah mendapatkan final form dan hendak berhadapan dengan Daguva (lawan terakhir dan yang paling kuat). Memang saya akui pertarungannya sungguh badass, tapi dari segi penceritaan ada yang miss dan itu sungguh annoying. Dan pada akhirnya motif atau tujuan dari para Grongi melakukan pembunuhan itu tidak tersampaikan dengan jelas. Namun secara keseluruhan saya cukup menikmati kamen rider ini. Konon, Kuuga adalah salah satu rider terkuat dibandingkan rider yang lain.

2. Kamen Rider Agito


sumber: tokusatsuindo.com

Karakter utama di serial ini adalah Souichi Tsugami yang memiliki amnesia. Ia tidak mengerti alasan mengapa ia mampu berubah menjadi Agito, dan hal itulah yang membuat penonton penasaran dan menantikan misteri-misteri dalam serial ini terpecahkan. Kamen rider ini masih ada benang merah dengan kamen rider Kuuga. Desain form-nya pun masih terlihat mirip dengan Kuuga tapi lebih matang. Timeline dari kamen rider ini adalah dua tahun sejak Grongi dimusnahkan oleh Kuuga. Keadaan yang damai tiba-tiba mulai berubah ketika terjadi pembunuhan misterius yang membuat resah pihak kepolisian. Pembunuhan itu dilakukan oleh Unknown (monster yang lebih kuat dari Grongi). Orang yang dibunuh oleh para Unknown bukanlah sebarang orang, melainkan mereka yang memiliki kekuatan supranatural. Di pertengahan cerita dijelaskan bahwa Unknown takut dengan mereka karena dikhawatirkan orang yang memiliki kekuatan supranatural akan menjadi Agito. Souichi Tsugami sendiri kehilangan ingatannya pada sebuah insiden di tengah laut. Ia menaiki kapal Ferry bersama beberapa penumpang lain yang juga memiliki kekuatan supranatural. Kapal itu diserang oleh salah satu Unknown dan spontan Tsugami berubah menjadi Agito lalu bertarung melawan Unknown tapi ia kalah dan dibuang ke laut. Hal itulah yang membuatnya hilang ingatan. Tentunya masih ada misteri-misteri lain dalam serial ini yang membuat penonton bertanya-tanya.

Kamen rider ini mulai memperkenalkan konsep multiple rider. Ada empat rider dalam serial ini Agito, G3, Gills, dan another Agito. Darisinilah konsep pertarungan antar rider mulai diperkenalkan meski pada akhirnya mereka bertarung di kubu yang sama. Masing-masing rider memiliki kekuatan yang berbeda dan memiliki evolusi bentuk yang berbeda kecuali another Agito. Agito sendiri memiliki banyak perubahan form, dan yang patut saya apresiasi adalah perubahan final form-nya yang menurut saya sungguh epic dan sungguh menyakinkan. Sedangkan G3 merupakan rider milik kepolisian dengan bersenjatakan alat-alat tingkat tinggi untuk menumpas unknown, dan untuk berubah tidak secara otomatis melainkan secara manual dengan dibantu oleh tim khusus. Untuk Gills bentuk formnya lebih condong ke antagonis, seperti monster.

Dari segi penceritaan, kamen rider ini cukup bagus untuk dinikmati. Klimaks cerita juga oke meski kurang terlalu greget menurut saya dibandingkan kamen rider lain. Dan juga mulai ada penambahan efek-efek yang lebih bervariasi. Sayangnya, konsep kepolisian dan  Yang paling mengganggu buat saya di serial ini adalah  karakter Houjou (salah satu detektif di kepolisian) yang sikapnya menyebalkan dan membuat jengkel hampir di setiap episode.

3.Kamen Rider Ryuki


sumber: id.pinterest.com

Ini adalah seri ketiga dari kamen rider era Heisei. Kamen rider ini merupakan salah satu yang saya favoritkan. Tokoh utama yang berperan sebagai Ryuki adalah Kidou Shinji yang berprofesi sebagai seorang wartawan. Kebetulan ia mendapatkan tugas untuk meliput tentang hilangnya orang-orang secara misterius. Kemudian diketahui bahwa hilangnya orang-orang itu disebabkan oleh monster cermin. Secara tidak sengaja ketika ia mengunjungi sebuah apartemen kosong ia menemukan sebuah deck, dan itu membuatnya diburu oleh monster naga dari dunia cermin. Ia pun memutuskan untuk membuat kontrak dengan naga itu dan berubah menjadi Ryuki. Salah satu rider yang menjadi rivalnya dalam cerita ini adalah Akiyama Ren (Rider Knight).

Pencipta dari deck-deck itu sekaligus sebagai tokoh antagonis dalam cerita ini adalah Kanzaki Shiro. Ia membuat ketiga belas deck dan menyerahkan deck itu kepada orang-orang tertentu yang memiliki sebuah keinginan. Mereka yang memiliki deck mampu menjadi rider dan terhubung dengan dunia cermin. Untuk mewujudkan keinginan masing-masing mereka harus saling bertarung dan membunuh rider yang lain, Rider yang menjadi pemenang terakhir akan terkabul keinginannya. Ia membuat permainan ini dengan tujuan menghidupkan adiknya, Kanzaki Yuki yang akan menghilang dari dunia di umur tujuh belas tahun.

Kelebihan dari kamen rider menurut saya sendiri adalah konsep pertarungan antar rider itu sendiri. Bentuk form rider yang beraneka ragam dengan mengusung tema hewan menjadi daya tarik untuk dinikmati. Pertarungan-pertarungan antar rider juga sangat asik ditonton, ada yang saling berbenturan pandangan dan ada juga yang bertarung dengan alasan konyol. Satu hal yang juga patut diapresiasi adalah budget yang digunakan juga tidak main-main karena biaya produksi banyak rider tidaklah murah.

Minus dari kamen rider ini adalah pemanfaatan karakter yang kurang efektif. Ada beberapa yang hanya muncul dua sampai tiga episode lalu kalah dan mati di dunia cermin. Hal itu patut disayangkan karena jika dieksplor lebih jauh cerita akan lebih seru. Selain itu, pertengahan episode menurut saya ceritanya mengambang dan kesannya hanya untuk memperpanjang cerita tanpa ada nilai tambah.Kemunculan rider alternatif juga cukup annoying karena desainnya yang berbeda dari rider lain, meski kontribusinya cukup besar dalam cerita ini tapi menurut saya tanpa ada karakter itu pun cerita pasti masih oke-oke saja. Satu lagi yang dapat dijadikan catatan sekaligus kekecewaan, ada tiga rider yang belum dimunculkan di seri episode, rider itu muncul di film sebagai bagian terpisah. Menurut saya, ending dari kamen rider ini cukup ambigu tapi juga logis.

4. Kamen Rider Faiz


sumber: http://eragonmaster.blogspot.co.id

Kamen rider Faiz adalah kamen rider keempat era Heisei. Karakter utama dalam serial ini adalah Takumi Inui, ia secara tidak sengaja berubah menjadi kamen rider untuk menyelamatkan Sonoda Mari dari ancaman Orpenoch. Orpenoch adalah manusia yang berevolusi menjadi monster setelah mereka mati, tidak sembarang orang dapat berubah menjadi Orpenoch. Para Orpenoch mengambil jiwa manusia agar tetap hidup. Ada sebuah organisasi yang terdiri dari Orpenoch kuat yang bernama Clover. Mereka merupakan musuh utama kamen rider Faiz dalam serial ini. Mereka dilindungi koorperasi Smart Brain, perusahaan besar yang menciptakan tiga Gears Riders (Faiz, Kaixa, Delta). Di satu sisi, Kiba Yuji dan kawan-kawannya yang tidak sengaja berubah menjadi Orpenoch bertekad untuk tidak membunuh manusia. Hal itu membuat mereka diburu oleh para anggota Clover karena menolak kodrat mereka sebagai Orpenoch.


Baca juga: 3 Serial Chouseishin yang Keren

Berdasarkan review yang saya baca dari blog orang, kamen rider ini merupakan salah satu kamen rider terbaik dari alur cerita. Memang ada beberapa kamen rider lain yang tak kalah bagus ceritanya, tapi saya juga sepakat bahwa kamen rider ini alur ceritanya sangat rapi dan bagus. Salah satu plot twist dalam cerita ini adalah  kebenaran identitas Takumi yang merupakan seorang Orpenoch. Hal itu merupakan bagian yang mengejutkan, dan itulah alasan mengapa ia bisa menggunakan belt Faiz. Selain itu, adalagi cerita-cerita menyedihkan seperti kematian Mari. Poin plus lagi adalah desain kamen rider yang simple dan bisa menyala itu jadi kesan tersendiri.

Beberapa hal yang cukup mengganggu bagi saya ketika menonton kamen rider ini adalah belt Faiz yang beberapa kali digunakan oleh karakter lain semisal Kiba Yuji. Entahlah, intinya saya kurang suka hal tersebut. Dan raja Orpenoch yang menjadi lawan terakhir Faiz kurang greget desainnya, menurut saya nggak ada kesan raja dan intimidas sama sekali, malah terlihat lucu dan biasa.

5.Kamen Rider Blade


sumber: http://www.animenewsnetwork.com

Kamen rider ini mengusung konsep kartu remi yang berjumlah 52 + Joker (musuh terakhir). Konsep dari kamen rider ini masih sedikit mirip dengan Ryuki karena memakai kartu sebagai sumber kekuatan tempur. Tokoh utama dalam kamen rider ini adalah Kenzaki Kazuma yang tergabung dalam sebuah organisasi bernama BOARD. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan meneliti monster-monster yang tersegel dalam kartu. Monster itu dinamakan undead (mereka tidak bisa mati, hanya dapat disegel). Diceritakan bahwa 10.000 tahun yang lalu para undead bertarung untuk memperoleh kekuatan. BOARD juga mengembangkan rider system dengan memakai empat simbol pada kartu (sekop, wajik, hati, dan keriting). Suatu hari terdapat insiden yang membuat monster-monster itu bebas dari segelnya dan membuat kekacauan, BOARD pun hancur. Namun, sebagai kamen rider Blade, Kenzaki Kazuma tetap bertarung demi keadilan dibantu Hirose salah satu staff Board yang masih tersisa. Ia mahir memanfaatkan komputer untuk melacak keberadaan Undead. Salah satu karakter penting lainnya adalah Hajime Aikawa yang merupakan kamen rider Chalice. Ia adalah sosok misterius dalam serial ini. Kamen rider yang lain adalah Garren dan Leangel.

Saya penasaran dengan kamen rider ini karena dulu pernah tayang di ANTV tapi tidak selesai saya tonton. Konsep perpaduan monster dan kartu ini juga cukup kreatif dan match. Kita sebagai penonton turut penasaran dengan monster yang akan muncul di episode selanjutnya. Monster-monster itu kekuatannya juga teragantung dari nomor kartu, contoh kartu level tinggi adalah Jack, Queen, dan King. Selain itu, evolusi form dari kamen rider Blade juga memanfaatkan kartu setingkat Jack. Untuk itulah Kenzaki harus menyegel terlebih dahulu, lalu dengan memanfaatkan alat khusus ia bisa berubah bentuk untuk mengalahkan monster yang lebih kuat. Tak lama kemudian ia mampu mendapatkan final form, kekuatannya berasal dari monster nomor dua hingga setingkat King. Namun efek dari final form adalah ia perlahan berubah menjadi undead dan kehilangan kemanusiaannya. Plot twist dari kamen rider ini adalah ketika identitas Hajime terbongkar, Ia merupakan Joker yang telah dikoar-koarkan sejak pertengahan episode. Ia harus bertarung melawan Kenzaki di akhir cerita. Minus dari kamen rider ini mungkin adalah kemunculan Trial (monster buatan), entah mengapa itu lumayan mengganggu menurut saya. Tapi setelah saya baca review dari blog lain, kamen rider ini kurang terlalu difavoritkan.

6. Kamen Rider Hibiki


sumber: storyweaver12346.wordpress.com

Selanjutnya ada kamen rider Hibiki. Tema yang diusung dalam kamen rider ini sangat jauh berbeda dan begitu menyimpang dari kamen rider sebelumnya. Kamen rider ini jauh dari kesan modern, malah unsur tradisional cukup kental dalam cerita. Meskipun menyimpang, namun cukup unik dan berani. Tema dari kamen rider ini adalah Oni dan Musik. Fokus cerita dalam kamen rider ini adalah seorang pria bernama Hibiki yang secara tidak sengaja bertemu dengan pemuda labil bernama Asumu. Mereka lalu menjadi akrab, berhubung Asumu sendiri begitu mengagumi Hibiki. Kekuatan Oni yang dimiliki Hibiki diperoleh dari hasil latihan kerasnya. Dan kekuatan itu harus terus diasah untuk mengalahkan Makamou (monster yang berpasangan dan seekor hewan raksasa).

Kelebihan dari kamen rider ini menurut saya adalah konsepnya yang cukup unik dan juga senjata para rider (Hibiki dengan pemukul gendang, Ibuki dengan terompet, dan Zanki dengan gitar). Kerjasama mereka dalam menumpas Makamou juga menjadi nilai tambah. Selain itu, banyak cewek-cewek cantik dalam serial kamen rider ini yang membuat saya betah menonton meski agak dipaksakan karena alur cerita yang agak membosankan di pertengahan. Ada kontroversi dalam kamen rider ini yaitu pergantian sutradara dan penulis naskah yang membuat cerita ini menyimpang dari konsep dasar. Dan sampai episode terakhir pun saya masih bingung dengan arah cerita kamen rider ini, seperti ada yang miss. Meski sulit untuk dikatakan, namun agak kamen rider ini agak mengecewakan dari segi penceritaan.

7. Kamen Rider Kabuto


sumber: id.pinterest.com

Dari berbagai serial kamen rider, ini adalah kamen rider yang paling saya suka. Entah mengapa, kamen rider ini begitu meninggalkan kesan setelah saya menontonnya. Karakter utama dalam serial ini adalah Tendou Souji. Ia merupakan karakter yang karismatik, meski keberadaannya bukan untuk melawak tapi tingkah konyolnya membuat saya terhibur. Dalam kamen rider ini, Kabuto bertarung melawan Worm yang mampu menduplikat wajah dan ingatan orang. Worm berasal dari sebuah meteor yang jatuh 7 tahun yang lalu, pada saat itulah Tendou mendapatkan belt yang membuatnya mampu berubah menjadi Kabuto. Untuk menumpas keberadaan Worm, organisasi yang bernama ZECT mencoba mengajak Tendou bekerja sama. Namun ia menolak, lalu kemudian ia diburu oleh rider milik ZECT.

Kelebihan dari serial kamen rider ini dibandingkan rider yang lain adalah sistem cast off dan clock up. Ada dua tahap perubahan yaitu bentuk awal dengan armor pertahanan dan bentuk utama pertempuran. Untuk beralih bentuk tersebut para rider harus melakukan cast off, namun hal ini tidak berlaku pada kamen rider Kick Hopper dan Punch Hopper. Sedangkan sistem clock up adalah sistem percepatan waktu, para Worm juga memiliki kekuatan demikian. Jadi, mereka bertarung dengan kecepatan yang tinggi tanpa disadari oleh manusia biasa. Selain itu, karakter Tendou Souji yang serba bisa dan sering mengeluarka petuah neneknya menjadi aset yang cukup besar sebagai daya tarik cerita, juga karakter Tsurugi yang konyol dan lucu. Alur cerita dari kamen rider ini juga menarik, salah satu plot twist adalah ketika mengetahui bahwa Hiyori (adik Tendou) merupakan worm. Satu hal yang kurang saya sukai dari kamen rider ini adalah final form Kabuto yang kurang ramping dan terkesan meriah.

8. Kamen Rider Den-O


sumber: tokusatsuindo.com

Kamen rider kedelapan era Heisei adalah Den-O. Tokoh utama dari kamen rider ini adalah Nogami Ryotaro. Ia merupakan salah satu singularity point (seorang manusia yang dapat hidup terpisah dari waktu itu sendiri). Ryotaro merupakan pria yang malang dan lemah, ia seringkali jadi bahan bully dari orang sekitarnya. Tanpa sengaja ia menemukan sebuah tiket yang membuatnya bisa masuk ke dalam Den-Liner (kereta yang menembus waktu, terutama masa lalu). Ia harus bertarung melawan imajin yang berniat untuk menghancurkan masa lalu demi mengubah masa depan. Dalam bertarung ia dibantu oleh imajin baik dan kocak yaitu Momotaros, Urataros, Kintaros, dan Ryutaros. Ada empat form utama dari den-O dan itu menyesuaikan dengan kekuatan empat imajin tersebut.

Kelebihan dari kamen rider ini menurut saya adalah banyak adegan kocak dari para imajin. Hal ini menjadi nilai tambah ketika Ryotaro sering berganti-ganti kepribadian karena keempat imajin itu sering berebut untuk merasuki Ryotaro. Satu hal yang cukup beda jika dibandingkan dengan seri rider yang lain adalah untuk berubah karakter utama harus bergabung atau bekerja sama dengan monster. Konsep ini kemudian dipakai kembali di serial kamen rider setelahnya. Mbaknya Ryotaro, Nogami Airi juga sangat cantik nan bohai, sehingga lumayan untuk cuci mata.

Kekurangan dari kamen rider ini menurut saya adalah alur cerita yang stagnan, meskipun kocak alurnya saya kurang terlalu menikmati. Entah mungkin karena saya yang kurang fokus. Satu hal lagi yaitu karakter Kai yang dapat memanipulasi para imajin juga kurang sesuai menurut saya dan terkesan aneh. Tapi berdasarkan track record, kamen rider den-O merupakan kamen rider yang menelurkan banyak movie dibandingkan kamen rider yang lain.

9.Kamen Rider Kiva


sumber: randoman92.deviantart.com

Kamen rider Kiva mengusung tema vampir yang disebut dengan istilah Fangire. Karakter utama di serial ini adalah Kurenai Wataru dan Kurenai Otoya, mereka berdua adalah anak dan ayah. Kurenai Wataru merupakan setengah manusia dan setengah Fangire, oleh sebab itu ia mampu menggunakan kekuatan Kiva untuk mengalahkan para Fangire. Selain itu, di serial ini juga terdapat organisasi khusus yang bertujuan untuk membasmi para Fangire yang bernama Aosora. Penceritaan kamen rider ini dibagi menjadi dua yaitu tahun 2008 masanya Wataru dan tahun 1996 masanya Otoya. Hal ini membuat cerita lebih variatif dan menarik, ini merupakan salah satu kelebihan kamen rider Kiva dibandingkan kamen rider yang lain.

Satu lagi yang menjadi daya tarik dari kamen rider Kiva adalah seluk beluk cinta Otoya sehingga mempunyai anak, Wataru. Ia terlibat cinta segitiga dengan Yuri (anggota Aosora) dan Maya (ratu Fangire). Otoya pada awalnya tergila-gila dengan Yuri, pada waktu itu ia harus bersaing dengan Jirou yang juga mencintai Yuri. Namun, suatu ketika ia bertemu dengan Maya dan jatuh cinta dengan perempuan itu. Tantangan yang dihadapinya tidaklah mudah, ia harus berhadapan dengan raja Fangire karena mencintai Maya. Dalam dunia Fangire, jatuh cinta terhadap manusia adalah sebuah kejahatan, oleh sebab itu Maya dihukum oleh raja Fangire dengan diambil kekuatannya. Pada akhirnya Otoya harus mati setelah berhadapan dengan raja Fangire.

Selain kisah cinta Otoya, di serial ini juga diceritakan kisah cinta Wataru yang tak kalah pilu. Ia dan Taiga (kakaknya yang merupakan Fangire) jatuh cinta kepada orang yang sama, Mio. Mereka terlibat perkelahian karena memperebutkan Mio meski faktanya Mio juga mencintai Wataru namun Wataru terlalu takut untuk menentukan pilihan. Pada akhirnya Mio dibunuh oleh salah satu bawahan Taiga karena dendam pribadi.

Kekurangan dari kamen rider ini menurut saya adalah konsep form dan karakter yang sekilas mirip dengan rider sebelumnya. Sosok Wataru terlihat lemah dan pemalu, mirip sekali dengan Nogami Ryotaro, sedangkan untuk berganti form Kiva harus menggunakan kekuatan dari monster sejenis Fangire (ras Wolfen, ras Mermen, ras Franken) konsepnya hampir mirip dengan den-O yang menggunakan kekuatan imajin untuk berubah.

10. Kamen Rider Decade


sumber: mysteriosaja.blogspot.co.id

Ini adalah kamen rider kesepuluh era Heisei, seusai dengan namanya decade (masa dasawarsa). Konon Decade adalah kamen rider terkuat karena ia bisa menyalin kekuatan para rider sebelumnya mulai dari Kuuga hingga Kiva. Decade juga dikenal sebagai penghancur dunia. Tokoh utama dalam serial ini adalah Tsukasa Kadoya. Ia adalah seorang pria tanpa ingatan, hobinya adalah fotografi. Ia berpetualang mencari dunianya, karena setiap dunia yang ia tempati menolaknya. Suatu ketika dunia para rider mengalami kekacauan termasuk dunia Tsukasa saat ini, untuk mencegah kehancuran tersebut Tsukasa harus berpetualang melintasi dunia para rider lain. Untuk berpindah dari satu dunia ke dunia yang lain ia menggunakan sebuah lukisan besar di dinding rumah.

Unsur yang menarik dari kamen rider Decade adalah konsep berpindah dari satu dunia ke dunia lain dan bertemu berbagai rider. Bagi yang belum pernah nonton kamen rider sama sekali, menonton Decade terkesan begitu luar biasa, saya pun begitu. Namun setelah saya menonton kamen rider yang lain, kesan saya jadi berubah. Cerita para rider di Decade ini bertolak belakang dari cerita aslinya. Entah mengapa itu jadi aneh menurut saya. Dan yang saya tidak suka lagi adalah final form dari Decade yang terkesan aneh dan nggak matching sama sekali. Serial ini merupakan serial terpendek dari kamen rider lain, normalnya serial kamen rider berjalan 48-50 sedangkan serial ini hanya berjalan 31 episode. Dan ending-nya juga menggantung, ending dari Decade dapat dilihat sendiri di movie-nya.

Menurut saya movie-nya cukup keren karena menghadirkan seluruh rider dalam berperang melawan dai shocker dan musuh-musuh rider yang lain, hal ini juga akan dipakai dalam movie-movie rider selanjutnya. Sebagai penutup saya paling suka slogan dari Tsukasa yang berbunyi “Aku hanyalah kamen rider yang numpang lewat.” Terdengar simple tapi cukup berkesan.


11. Kamen Rider Double


sumber: ryuzakilogia.net

Di sebuah kota kecil bernama Fuuto hidup seorang detektif swasta bernama Hidari Shoutaro. Ia bersama rekannya, Philip menawarkan jasa detektif kepada orang-orang yang memerlukan bantuan. Kebanyakan kasus-kasus mereka berkaitan dengan ulah para monster yang disebut Dopantz. Monster ini adalah manusia yang berubah menjadi monster dengan memakai flashdisk yang disebut Gaia Memory. Untuk melawan para Dopantz, Hidari dan Philip berubah menjadi kamen rider Double dengan menggunakan sabuk dan Gaia Memory. Ketika mereka berubah Philip akan kehilangan kesadaran dari tubuh aslinya dan menyatu dengan Hidari. Selain kamen rider Double, adalagi kamen rider Accel yang konsep perubahannya seperti motor balap.

Kamen rider ini cukup unik, sesuai namanya tampilan kamen rider ini terbagi menjadi dua bagian yang berbeda di sisi kanan dan sisi kiri. Berbeda dengan kamen rider sebelumnya, bentuk form kamen rider ini lebih mirip seperti kamen rider era Showa. Selain itu, banyak juga tingkah konyol yang ditampilkan oleh karakter Hidari sehingga ceritanya lebih enak dinikmati. Alur cerita dari kamen rider ini juga semakin menarik ketika identitas asli Philip terbongkar. Nama aslinya adalah Raito Sonozaki. Keluarga Sonozaki merupakan dalang dari aksi para Dopant karena mereka menjalankan bisnis penjualan Gaia Memory.

Sayang, terdapat ketidakstabilan tempo cerita berhubung setiap dua episode berganti kasus permasalahan. Hal itu terkadang membuat saya jenuh ketika kasus yang ditangani kurang menarik atau bahkan tidak menarik sama sekali.

12. Kamen Rider OOO


sumber: http://riderhistoria.hol.es

Selanjutnya ada kamen rider OOO atau lebih dikenal dengan sebutan Oz. Tokoh utama dalam serial ini adalah Hino Eiji, ia merupakan seorang petualang yang tak memiliki tujuan. Suatu hari para Greed bangkit dari tidur panjangnya dan berbuat kerusakan di kota. Hino tanpa sengaja terlibat konflik dengan para Greed dan dengan bantuan Ankh (salah satu Greed) ia mampu berubah menjadi kamen rider Oz. Ia berubah menggunakan sebuah belt dan core medal tiga warna. Core ini merupakan salah satu penyusun utama tubuh Greed.

Para Greed memiliki tujuan untuk mengumpulkan berbagai medal dan core medal demi kebangkitan sempurna. Mereka mampu membuat Yummy dengan memanfaatkan keserakahan manusia. Setelah medal yang dikumpulkan para Yummy mencapai hasil maksimal, medal tersebut digunakan oleh para Greed untuk menambah kekuatan. Dalam pertarungannya melawan Greed dan Yummy, kamen rider Oz dibantu oleh kamen rider Birth.

Kelebihan dari kamen rider ini menurut saya adalah konsep combo yang sungguh menarik. Hal ini memungkinkan Oz berganti-ganti form mulai dari kepala, tubuh, dan kaki. Kekuatannya jadi lebih bervariasi. Jika Oz menggunakan core medal dengan tiga warna yang sama, maka ia akan mendapatkan kekuatan yang luar biasa karena telah mencapai combo yang sempurna. Satu lagi yang menarik dari serial ini adalah karakter Hina yang sungguh cantik dan bikin betah buat nonton dari episode ke episode meski ada beberapa part penurunan tempo cerita.

Beberapa hal yang tidak terlalu saya suka adalah bentuk form kamen rider Birth yang aneh dan seperti bukan kamen rider. Selain itu, pertarungan dengan para Greed yang diulang-ulang yang membuat saya menjadi agak jenuh karena itu-itu saja tanpa ada nilai tambah yang signifikan.

13. Kamen Rider Fourze


sumber: http://blakehunter.deviantart.com

Kamen rider Fourze merupakan kamen rider ketiga belas era Heisei. Tema yang diusung juga cukup fresh yaitu luar angkasa. Pertama kali saya melihat spoiler dari kamen rider ini, saya sudah berpandangan sebelah mata. Hal itu disebabkan oleh lokasi yang diambil adalah lingkungan sekolah. Sangat jauh berbeda dari setting tempat kamen rider sebelum-sebelumnya yang cakupannya lebih luas tidak terbatas pada lingkup kecil. Namun setelah menonton beberapa episode, cerita menjadi menarik karena sikap karakter utama, Kisaragi Gentarou yang bersahabat dengan semua orang. Ia mulai menjadikan satu persatu siswa sekolah sebagai sahabatnya. Suatu ketika ia tidak sengaja melihat Kengo bertarung dengan monster yang disebut Zodiarts. Ia pun secara otodidak terlibat dalam masalah tersebut, dan memaksa Kengo untuk menyerahkan sabuk Fourze agar ia bisa bertarung melawan para Zodiarts. Zodiarts adalah manusia yang berubah menjadi monster dengan sebuah switch yang berisi energi kosmik.

Kelebihan dari cerita kamen rider ini adalah unsur persahabatan yang sangat kental. Gentarou dan kawan-kawan membentuk kamen rider klub di sekolah untuk melawan para Zodiarts. Mereka yang menjadi Zodiarts merupakan korban dari kepala sekolah yang merupakan Horoscope Zodiarts. Yang menarik lainnya adalah senjata yang digunakan oleh kamen rider Fourze yang beraneka ragam, sekitar ada 40 Astro Switch dengan senjata yang berbeda-beda. Sayang, senjatanya ada yang absurd banget dan nggak match dengan tampilan Fourze. Cerita juga lebih menarik dengan kehadiran kamen rider Meteor yang mengemban misi pribadi dalam melawan Zodiarts. Konsep 12 Horoscope yang disebut sebagai monster terkuat di kamen rider ini juga menjadi nilai tambah dan membuat penonton penasaran.

14. Kamen Rider Wizard


sumber: yorkemaster.deviantart.com

Selanjutnya adalah kamen rider Wizard. Sesuai dengan namanya, kamen rider ini bercerita tentang seorang penyihir dan hal-hal yang berbau sihir. Penyihir adalah sebutan untuk kamen rider di serial ini. Diceritakan bahwa Souma Haruto terlibat dalam insiden gerhana matahari yang membuatnya hampir kehilangan harapan dan berubah menjadi Phantom. Namun ia mampu menahan Phantom yang ada dalam dirinya untuk tidak keluar, sehingga ia memiliki kekuatan untuk menjadi penyihir.  Ia berubah dengan menggunakan sebuah cincin dan belt yang diberikan oleh penyihir putih. Ada empat bentuk form utama dengan memakai empat elemen yaitu api, air, tanah, dan angin. Ia berjuang melawan para Phantom untuk menyelamatkan orang-orang yang hampir putus asa. Para Phantom sendiri menyerang orang-orang yang disebut Gate, mereka memiliki potensi untuk menjadi Phantom yang lain. Untuk melakukan itu, para Gate harus dibuatputus asa terlebih dahulu.

Cerita dari kamen rider ini menurut saya terbilang menarik dibandingkan seri-seri sebelumnya. Salah satu fakta yang mengejutkan adalah bahwa penyihir putih itu merupakan tokoh antagonis di serial ini. Ia merangkap menjadi pribadi ganda, sebagai penyihir putih dan Wiseman (raja Phantom). Ia berniat menghidupkan putrinya, Koyomi (teman Haruto) dengan mengorbankan hidup para penyihir, namun hal itu berhasil digagalkan oleh kamen rider Beast. Pada akhirnya, Koyomi harus mati dan menimbulkan luka dalam di benak Haruto. Yang menarik lainnya adalah bentuk form kamen rider Wizard yang seperti menggunakan jaket. Konsep ini selanjutnya dipakai di kamen rider selanjutnya. Karakter Nitou (kamen rider Beast) dan Rinko yang seksi juga menambah warna dalam cerita. Yang tidak saya sukai di serial ini adalah karakter Shunpei yang menurut saya tidak penting banget dan banci penjual donat yang niatnya melucu tapi tidak lucu.

15. Kamen Rider Gaim

sumber: tokusatsuindo.com

Kamen rider ini memakai tema buah-buahan, konsep yang sungguh absurd namun menarik perhatian. Karakter utama dari serial ini adalah Kazuraba Kouta. Ia memiliki rival yaitu Kumon Kaito. Keduanya tergabung dalam sebuah tim penari jalanan, dan para tim tersebut memiliki sebuah permainan baru yaitu pertarungan Inves. Hasil pertarungan tersebut menentukan peringkat masing-masing tim. Selang beberapa waktu, Inves tersebut mampu berevolusi menjadi monster setelah memakan buah dari hutan Hellheim. Kouta berubah menjadi kamen rider Gaim dengan memakai Lockseed dan bertarung melawan monster-monster itu. Kadang ia juga bertarung melawan Kaito yang juga rider.

Cerita semakin menarik ketika keduanya mendapati kecurigaan terhadap perusahaan Yggdarasi, yang berjasa dalam membangun kota Zawame menjadi lebih maju. Perusahaan itu melakukan penelitian terhadap hutan Hellheim dan menyembunyikan kebenaran tersebut dari masyarakat. Kouta dan Kaimon pun menentang sepak terjang perusahaan itu. Meskipun cerita pada awalnya membosankan, tapi di pertengahan cerita hingga akhir temponya semakin meningkat dan rahasia-demi rahasia dari hutan Hellheim mulai terkuak. Ada beragam pengkhianatan yang tak hanya satu kali yang membuat greget serial ini. Para rider juga saling bertarung demi kekuatan. Puncaknya adalah ketika Kaito harus bertarung melawan Kouta demi memperebutkan buah emas dari hutan Hellheim. Hutan itu merupakan hutan yang mempercepat evolusi manusia, dan siapa yang mendapat buah emas itu maka ia akan mendapatkan kekuatan untuk melebihi manusia.

Satu lagi yang patut diapresiasi adalah desain form rider yang dipadukan dengan konsep samurai dan buah-buahan menjadi nilai tambah bagi serial ini. Evolusi form dari kamen rider Gaim juga mantap dan sangar. Sayangnya, ada satu atau dua episode yang out of topic itu menjadi sebuah ketidaknyamanan menurut saya.

15.Kamen Rider Drive


/sumber : www.funnyjunk.com

Kamen rider ini bertemakan mobil, dan kendaraan dari kamen rider ini bukanlah motor melainkan mobil. Karakter utama dari serial ini adalah Tomari Shinnosuke, seorang detektif dari unit khusus kepolisian. Ia menjadi kamen rider Drive dan bertarung melawan para Roidmude, monster yang diciptakan oleh profesor gila. Para Roidmude ini jumlahnya terbatas, mereka memiliki kemampuan untuk menyalin manusia dan menciptakan kelambatan. Hal ini sekilas mirip dengan kamen rider Kabuto, namun jika diamati kedua kamen rider ini memiliki konsep yang berbeda. Tomari didampingi Kiriko (polwan yang cantik) bertarung melawan para Roidmude. Selain itu, ia juga berusaha memecahkan kasus kematian ayahnya.

Pada awalnya saya tidak terlalu menikmati kamen rider ini karena konsep detektif dan kepolisian yang menurut saya sudah cukup mainstream. Namun, selang beberapa episode tempo cerita meningkat dan lebih enak dinikmati. Desain perubahan form kamen rider Drive menurut saya juga cukup sangar meski form utamanya absurd banget. Salah satu momen terbaik dari serial ini adalah kematian Shinnosuke setelah bertarung melawan Roidmude no.001, lalu ia dihidupkan kembali berkat bantuan teman-temannya dengan metode khusus. Satu lagi yang membuat saya betah adalah karakter Kiriko yang cantik dan tidak membosankan ketika ditonton. Ending dari serial ini meski tak terlalu super tapi pas dan mantap. Dan yang paling penting karakter-karakter dari serial ini pemanfaatan perannya cukup baik dan punya kontribusi yang besar untuk cerita.

Satu hal yang tidak saya suka di serial ini adalah desain utama kamen rider Drive yang kurang match. Ada beberapa pertarungan yang terus diulang-ulang dan menjadikan itu sebuah kejenuhan. Tapi keseluruhan, saya suka kamen rider ini.

17. Kamen Rider Ghost


sumber: bagusseven.blogspot.com

Setelah kamen rider Drive, muncul lagi kamen rider dengan memakai konsep hantu dan dikombinasikan dengan para pahlawan. Karakter utama di serial ini adalah Tenkuji Takeru. Ketika ia berumur 18 tahun ia dibunuh oleh Ganma. Lalu secara tidak sengaja ia diberi kekuatan menjadi kamen rider Ghost dan diberi waktu 99 hari untuk mengumpulkan Eyecon para pahlawan. Jika ia berhasil maka ia bisa menghidupkan dirinya lagi. Namun, dalam perjuangannya mengumpulkan Eyecon ia dihalangi oleh banyak musuh yang berkepentingan sama.

Menurut saya, kamen rider ini merupakan kamen rider tergendut dibandingkan rider yang lain. Desain form-nya juga sedikit ada kesamaan dengan Wizard yaitu memakai jaket. Konsep 15 pahlawan dengan berbagai karakter dan kekuatan juga patut diapresiasi, meski pada dasarnya hanya berganti-ganti jaket dan helm ketika dimanfaatkan dalam pertarungan sedangkan bentuk badannya tetap sama. Namun, final form dari kaman rider Ghost cukup matang dan tidak mengecewakan.  

Sejujurnya saya kurang terlalu menikmati cerita dari kamen rider ini. Mungkin karena saya terlalu jenuh setiap hari menonton kamen rider. Terlebih di serial ini unsur atau simbol illuminati sungguh kental sekali. Hal itu juga cukup mengganggu. Meskipun demikian, memang ada beberapa part yang sangat membosankan tapi terkadang juga sangat menyentuh dan menjadi aset penting dalam cerita.

***

Baik teman-teman, mungkin itu saja review singkat yang dapat saya berikan. Namanya juga singkat pasti ada banyak informasi-informasi yang terlewatkan, saya minta maaf jika ada kekurangan informasi atau salah kata. Dan itu semua juga pendapat pribadi saya tentang kesan selama menikmati suguhan kamen rider di era Heisei. Semoga review di atas bisa memberikan gambaran dan menggugah selera anda untuk menonton kamen rider. Terimakasih.


Baca juga: 17 Metal Heroes Dari Masa Ke Masa

10 comments

Ternyata kamen rider banyak ya jenisnya.. Jadi inget masa kecil pas hari minggu didepan tv bwt nonton kamen rider..

Yoi gan, serialnya mantap-mantap

gak terlalu suka sama rider sih, sukanya rangers :v nice post om

Wkwkwk saya jg suka power ranger gan

Sebagai masukan, tambahkan urutan kamen rider terbaik versi mogymogy untuk referensi...

Oke gan, makasih masukannya. Akan saya buatkan artikelnya nanti

Ttp kuuga dan agito di hati 😎 efek maen ps1 maen game kuuga ma agito 😂

Kalau Showa Rider yang terngiang ngiang sampai sekarang itu Black RX... :ng
Untuk Heisei Raider sebetulnya banyak seeh (Den-O,W,Decade,OOO,Fourze,Wizard) tapi favorit saya pilih Ryuki karena konsep bertarung antar ridernya yang bikin menarik.
Cuma sayang tokoh utama kok harus mati... =(

kok Bima X gak dibahas? bukannya Bima X termasuk kamen rider juga? cuma syuting di Indonesia aja seeh...

Sesuai tagline brother era Heisei jadi yg dibahas yg di Jepang aja hehe. Bima itu bukan kamen rider tp termasuk tokusatsu setahu saya


EmoticonEmoticon